Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Nusa Tenggara Timur / Destinasi Wisata Pulau Alor:: Surga Tersembunyi Di Timur Indonesia

Destinasi Wisata Pulau Alor:: Surga Tersembunyi Di Timur Indonesia

Menyibak Keindahan Lempengan Surga Kecil Yang Tercecer di Pulau Alor NTT

Direktori Wisata – Pesona wisata alam Pulau Alor menyuguhkan keindahan yang menjadikannya daerah ini tidak pernah bosan untuk dikunjungi di Indonesia Timur.

Alor merupakan sebuah pulau yang terletak di ujung timur Nusa Tenggara. Pulau yang dibatasi dengan laut Flores dan laut Banda di sebelah utara. Selat Ombak di selatan yang memisahkan dengan Pulau Timor serta Selat Pantar di barat yang memisahkan dengan Pulau Pantar.

Pulau Alor juga dikenal dan mejadi salah satu pulau dari 92 pulau terluar di Indonesia, hal ini dikarenakan Pulau Alor berbatasan langsung dengan Timor Leste yang ada di sebelah selatan.

Penerbangan Ke Kupang

Untuk menuju Pulau Alor dari Jakarta dalam perjalanan wisata Pulau Alor kali ini kami tempuh dengan perjalanan menggunakan pesawat terbang yang memakan waktu +/- 4 jam penerbangan untuk menuju Kupang, dan dilanjutkan dengan penerbangan dengan pesawat kecil menuju Alor dari Kupang yang memakan jarak waktu tempuh +/- 1 jam.

Sebagai tambahan informasi penerbangan menuju Alor dari Kupang hanya ada 1 x penerbangan dalam sehari, dan bila kita telat maka akan menunggu penerbangan hari berikutnya seperti pengalaman Direktori Wisata  untuk menuju Pulau Alor kali ini. Namun hal ini tirak menjadikan kami bersama rekan-rekan lainnya menjadi patah arang. Untuk mengisi kegiatan kita bisa mengunjungi tempat wisata Kupang yang bisa kunjungi di daerah ini.

Hari berikutnya kami pun melanjutkan perjalanan untuk ke Pulau Alor dengan menggunakan penerbangan komersial, namun untuk penerbangan menuju Alor hanya ada peswat kecil yang akan mengantarkan kita menuju ke pulau tersebut. Tepat waktu yang telah ditentukan maka pesawat yang kami tumpangi pun menuju Alor lepas landas dengan mulus.

Jajaran Pulau Alor yang membentang nan hijau serta dihiasi kias awan putih berarak nan indah. Sungguh sebuah hadiah alam dari Tuhan Sang Maha Pencipta. Rasa Kagum dan takjub dengan segala keindahan yang terbentang memanjakan mata dengan suguhan pandangan menhijau yang dipertegas garis pulau nan indah diperuntukan Sang pemahat alam yang tiada tandingnya.

Penerbangan Menuju Alor

Hanya decak kagum bagi siapa saja yang menyaksikan lukisan alam Alor dari ketnggian angkasa raya dalam penerbangan kami dari Kupang menuju Alor. Udara panas yang menyengat saat Direktori Wisata beserta rombongan tiba di Kabupaten Alor yang kaya dan memiliki suku yang beraneka ragam serta dikarunia +/- 50 bahasa daerah.

Pesona Wisata Alor

Pesona wisata alam Alor menyuguhkan keindahan yang menjadikan daerah ini tidak pernah bosan untuk dikunjungi, dimana alamnya yang indah dengan keramah-tamahan masyarkat lokalnya menjadikan stigma yang melekat dalam kesan pertama kami pada saat melakukan perjalanan wisata Alor kali ini, tdak dipungkiri bahwa semua itu bukan menjadi kiasan semata namun demikianlah adanya Alor.

Konon, dari kisah yang diceritakan oleh pemandu wisata lokal dulunya masyarakat Alor sebelum masuk agama-agama besar menganut pemahaman animisme dan dinanisme,  mereka menyembah matahari atau yang disebut dengan “lera”, bula atau ‘wulang”, sungai atau “neda”, hutan adi atau “dewa hutan”, dan laut atau “hari”

Pantai Sah Banjar Pulau Alor

Salah satu pantai terindah di Alor kita bisa menikmatinya di pantai Sah Banjar. Pantai ini menyajikan pemandangan yang indah yang menyajikan keindahan alam pantai dengan bentangan pasir putih dan beningnya air laut yang memberikan warna keindahan alam yang berwarna jingga di sore hari. Pantai Sah Banjar Pulau Alor ini memang tidak terkenal dengan pantai-pantai lainnya seperti pantai Marmo atau  pantai Deere yang ada di Pulau Alor.

Wisata Alor NTT

Perjalanan wisata Pulau Alor yang menyajikan pesona wisata alam Alor yang indah, hal ini seketika membuat  perjalanan kami pun menjadi salah satu perjalan jelajah wisata Indonesia yang mengasyikan untuk menyelusuri keindahan Indonesia bersama beberapa rekan lainnya berlatar belakang profesi yang berbeda.

Tidaklah heran bila Alor dijadikan salah satu destinasi wisata yang menjadi tujuan bagi para pelaku seniman baik dari lokal maupun dalam negeri. Banyak diantara mereka yang menjadi pulau ini sebagai obyek pengambilan gambar film atau pun hanya sekedar jalan-jalan ala photography discovery travel.

Sebagai tambahan informasi, Alor memiliki 8 yang berpenghuni dan 6 pulau yang tidak berpenghuni, dan salah saunya adalah Pulau Kepa yang akan menjadikan salah satu destinasi wisata Alor pilihan kami untuk dikunjungi kali ini bersama rekan-rekan. Pulau Kepa ini dikenal dengan hamparan keindahan alam dan sangat cantik untuk dikunjungi.

Namun untuk menuju ke Pulau Kepa ini kami harus menggunakan kepal perahu kayu kecil milik nelayan yang telah disediakan untuk mengantar perjalanan wisata kami kali ini menuju Pulau Kepa. Sesampainya Direktori Wisata di Pulau Kepa, kami pun dapat melihat dari dekat keindahan pantai nan cantik ini. Setelah puas bermain dan melakukan aktifas di lokasi perjalananpun kami lanjutkan menuju  penginapan yang terdapat di Pulau Alor Kecil.

Penginapan Di Pulau Alor Kecil

Walaupun terlihat sama-sama indah, namun suasa di Pulau Alor Kecil sangat berbeda dengan Alor Besar. Kenyamanan penginapan bentuk rumah Loppo yang tertata rapih nan indah menjadi tempat bermalam kami bersama rombongan menginap di kawasan Alor Kecil yang terlihat sederhana dengan bangunan yang unik dan klasik.

Setelah meneletakan barang-barang bawaan kami, kami pun mengunjung beberapa tempat yang terdapat dia pulau ini seperti loksii belakang pulau ini terdapat sebuah pantai yang dinamakan Pantai Adat Haribatang, di pantai inilah yang sering dijadikan tempat berkumpulnya masyarakat untuk menyelesaikan segala permalasahan dengan cara adat. Dilokasi ini juga terdapat sebuah tempat yang dikeramatkan dan disakralkan oleh adat setempat yang diberinama Mesbah.

Mesbah dan phon beringin ini konon informasi yang Direktori Wisata terima, sudah  ada berabad-abad lamanya dan tempat ini yang dipercaya sebagai tempat bertemunya penjaga laut dan penjaga darat yang dipercaya oleh masyarakat lokal hingga sekarang ini, penjaga laut tersebut disebut “Bui Haripanatu“, sedangkan penjaga darat disebut dengan”Muji Mujemo

Bila kiita merasakan kelahan akibat seharian keliling jalan, maka bersanai ria di pantai yang berada di depan lokasi penginapan yang membentang luas. Kita bisa bersantai sambil menikmati indahnya alam pantai Alor sambil memulihkan tenaga selama perjalanan wisata Alor yang telah dilalui seharian.

Dan pada hari berikutnya perjalanan kami pun dilanjutkan untuk menuju Pulau Ternate. Untuk menyiapkan tenaga menuju tempat wisata Alor beriutnya yang ada di Pulau Ternate, kami pun memutuskan untuk beristirahat di salah satu penginapan yang ada di Pulau Alor yang telah disiapkan untuk kami.

Pagi hari yang cerah dengan udara dan suasana khas Alor kami pun melanjutkan perjalanan wisata Alor yang telah tersusun rapih dengan pihak panitia, Perjalanan kali ini kami pun akan menyeberang ke Pulau Ternate dengan menggunakan kapal. Pada perjalanan wisata Bahri Alor kali ini kami pun bertemu dengan beberapa rombongan wisatawan lainnya, namun lebih banyak terlihat wisata mancanegaranya dari pada lokalnya.

Beberapa group dari kami pun dibagi mejadi beberapa kelompok, dan ini diberlakukan bagi wisatawan yang akan melakukan penyelaman di Alor, dimana masing-masing dari kelompok didampingi oleh salah satu dive master. Di mana Kabupetn Alor memiliki tempat wisata bawah laut yang sangat indah.

Namun , bagi kita yng tidak suka dengan dunia menyelam, Alor memilik destinasi wisata lainnya yang meanrik dikunjungi di Pulau Ternate. Di pulau ini kita bisa mengetahu secara langsung tempat pembuatan kain khas Alor yang dikenal dengan bahan pembuatannya dari bahan dasar alami.

Wisata Pulau Alor selalu mengingatkan kita akan sebuah surga tersembunyi di sebalah timur Indonesia yang indah yang akan mebuat kita tidak akan pernah bosan untuk menyusuri setiap jengkal kawasan Alor yang indah. Dan ini merupakan catatan kecil perjalanan wisata Alor yang kami tuangkan dalam konten ini secra garis besar dalam website Direktori Wisata Indonesia,[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

1 Comments

  1. Pulau Alor memang penuh dengan destinasi wisatanya ya mas. Terutama keindahan alam bawah lautnya. Btw, tempat penginapannya unik sekali mas.

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :