Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / 10 Destinasi Wisata Jawa Tengah Yang Menarik Dikunjungi Saat Liburan

10 Destinasi Wisata Jawa Tengah Yang Menarik Dikunjungi Saat Liburan

Catet, 10 Destinasi Wisata Jawa Tengah Ini Akan Membuat Liburanmu Lebih Berkesan

Direktori Wisata – Tempat dan obyek wisata Jawa Tengah yang menjadi destinasi liburan menarik dikunjungi  saat musim libur tiba oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

Komplek Candi Arjuna Dieng Jawa Tengah

Habiskan waktu liburan di kawasan Kabupaten Jawa Tengah menjadi sebuah impian bagi mereka para petualang yang mencitai destinasi unik dan menarik untuk dikunjungi dengan menyajikan panorama alam dan budaya serta kearifan lokal masyarakatnya yang indah.

Jawa Tengah sendiri memiliki beraneka ragam jenis destinasi wisata, mulai dari wisata kuliner, wisata alam, wisata sejarah, wisata budaya hingga wisata keluarga. Bagi sahabat Direktori Wisata yang berdomisili baik di Jawa Tengah maupun di luar provinsi ini tentunya akan sedikit bingung ketika ingin memutuskan untuk berlibur.

Sebenarnya provinsi ini memiliki banyak sekali tempat wisata yang populer di Jawa Tengah yang dapat menjadi destinasi liburan, namun, untuk memudahkan sahabat Direktori Wisata Indonesia kami sudah merangkum daftar tempat wisata populer di Jawa Tengah yang bisa dikunjungi saat liburan,

Berikut destinasi liburan yang menjadi tempat wisata paling terkenal disetiap Kabupaten di Jawa Tengah bisa sahabat kunjungi saat mengisi hari libur.

Wisata Candi Gedong Songo Bandungan, Semarang, Jawa Tengah

Destinasi wisata Jawa tengah dikenal salah satunya dengan memiliki destinasi wisata sejarah dan alam yang menarik dikunjungi. Bila sahabat Direktori Wisata berkunjung di daerah Bandungan Kabupaten Semarang, maka kita bisa berkunjung ke salah satu obyek wisata yang populer di sana salah satunya adalah obyek wisata Candi Gedong Songo yang letaknya di sebelah selatan pegunungan Ungaran. Obyek wisata candi ini merupakan tepat wisata sejarah dengan latar belakang pemandangan alam pegunungan yang indah.

Wisata Candi Gedong Songo Bandungan Jawa Tengah

Obyek wisata Candi Gedong Songo ini pada awalnya ditemukan dalam beberapa tahap. Pada awalnya candi ini disebut dengan sebutan gedong pitu atau 7, karena pada awalnya hanya ditemukan 7 buah bangunan candi, kemudian baru temukan lagi candi lainnya meski bentuk bangunan candinya dalam keadaan tidak utuh. Sehingga total bangunan candi keseluruhannya menjadi 9 atau yang disebut songo candi. Makanya candi ini disebut Candi Songo. Itulah sekelumit kisah catatan sejarah keberadaan candi tersebut yang sekarang ini menjadi tempat wisata alam dan sejarah di Kabupaten Jawa Tengah yang populer di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara.

Obyek bangunan Candi Gedong Songo tak hanya menawarkan wisata sejarah saja, di objek wisata yang terletak di Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah ini juga menawarkan destinasi wisata alam yang juga cukup menarik. Di sekiataran area obyek wisata Candi Gedong Songo kita juga dapat melihat pemandangan alam Kabupaten Semarang yang sangat mempesona, selain itu dari sini kita juga bisa melihat megahnya Gunung Merbabu, Merapi hingga Gunung Sumbing.

Wisata Candi Borobudur Magelang Jawa Tengah

Destinasi Wisata Jawa Tengah yang wajib sahabat Direktori Wisata kunjungi saat liburans jika ingin jalan-jalan ke Jawa Tengah adalah Candi Borobudur. Candi ini merupakan bangunan monumen Buddha terbesar di dunia dan menjadi salah satu ikon destnasi wisata di Jawa Tengah yang menampilkan pesona wisata Jawa Tengah yang eksotis. Konon, informasinya candi ini dibangun pada masa pemerintah Wangsa Syailendra. sejak tahun 770 Masehi.

Candi Borobudur berada di Kabupaten Magelang, sekitar 40 km ke arah barat laut dari Jogja. Candi Borobudur juga merupakan salah satu tempat wisata di Indonesia yang masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO. Tidaklah heran bila beberapa tokoh dunia juga pernah berkunjung ke Candi Borobudur.

Candi Borobuur Magelang

Sebelum Mark Zuckerberg, si pendiri Facebook berkunjung pada tahun 2014 lalu. Bukan hanya itu, tokoh kocak Charlie Chaplin juga pernah berkunjung ke obyek wisata Candi Borobudur di Jawa Tengah ini pada tahun 1932.

Untuk pengalaman yang lebih berkesan, sahabat Direktori Wisata Indonesia juga bisa berkunjung ke tempat wisata Candi Borobudur Jawa Tengah saat perayaan Waisak dimana akan ada festival lampion yang begitu indah yang setiap tahunnya dirayakan.

Wisata Alam Gunung Andong Magelang, Jawa Tengah

Wisata alam pegunungan di Jawa Tengah memiliki ragam tempat wisata alam pegunungan yang menarik di kunjungi, bahkan beberapa tempat wisata di Jawa tengah yang menyajikan keindahan alam pegunungan bisa kita temukan di setiap kawasan kabupaten yang ada di provinsi ini, salah satunya adalah obyek wisata alam Gunung Andong Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Wisata Alam Gunung Andong Magelang, Jawa Tengah

Lokasi obyek wisata alam Gunung Andong ini merupakan surga bagi para pecinta alam khususnya bagi para petualang yang baru pertama kali naik Gunung. Karena kita hanya memerlukan waktu sekitar 2 jam hinga sampai puncak gunung ini. Jadi lumayan lah bagi kita yang baru dan akan menikmati tempat wisata Jawa Tengah yang eksotis ini saat libur usim tiba.

Dari atas puncak wisata alam Gunung Andong di Jawa Tengah ini, kita bisa menikmati pemandangan indah kota Magelang, Kota Ambara dan Kota Salatiga. Dan yang tidak kalah menariknya pada titik spot ini, kita juga bisa dapat memandang Gunung Merapi, Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing dari kejauhan.

Baca juga : Wisata Alam Bukit Posong Lembah Gunung Sindoro Temanggung

Selain jalur pendakian di Gunung Andong ini terbilang sangat pendek, namun bagi kita yang baru pertama kali akan merasakan liburan diatas puncak gunung lokasi ini sangat cocock sekali. Karena di lokasi sudah terdapat jalur pendakian anak tangga yang tebuat dari bambu. Jalur ini telah disiapkan oleh para pengelola kawasan wisata alam Gunung Andong.

Wisata Umbul Cokro Klaten, Jawa Tengah

Obyek wisata Umbul Cokro Klaten, Jawa tengah ini merupakan salah satu tempat wisata di Klaten yang populer dan banyak di kunjungi saat musim liburan tiba.  Tempat wisata Umbul Cokro termasuk istimewah di bandingkan tempat wisata air dan pemandian sejenisnya di Klaten Jawa Tengah.

Tempat wisata Umbul Cokro Klaten

Selain dilengkapi fasilitas waterboom, ember tumpah hingga mandi bola di tempat wisata umbul cokro ini terbilang sangat jernih.Setiap tahun di obyek wisata padusan di Klaten Jawa Tengah ini juga sering digunakan tradisi padusan, yaitu sebuah tradisi masyarakat lokal untuk melakukan bersih-bersih di mata air menjelang bulan suci Ramadhan dan hari besar lainnya.

Obyek wisata Klaten di Jawa Tengah, bisa menjadi salah satu destinasi pilihan saat musim libur tiba nanti. Dan sahabat Direktori Wisata Indonesia dapat menikmati sajian destinasi wisata Jawa Tengah yang menarik untuk dikunjungi saat berkunjung di tempat wisata Klaten ini.

Wisata Baturaden Banyumas, Jawa Tengah

Obyek wisata alam Baturaden tereletak di dataran tinggi yang bertepatan di bawah kaki Gunung Slamet dan termasuk salah satu destinasi wisata Jawa Tengah yang populer dan ramai dikunjungi saat liburan. Obyek wisata alam ini menjadi tempat yang bagus untuk kita melihat berbagai pemandangan indah yang berada di dataran rendah yang berada di lokasi bawah yaitu Kota Purwokerto, Nusa Kambangan dan berbagai pantai di Cilacap yang terletak di bagian Selatan.

Bateraden Banyumas

Tempat wisata Baturaden Jawa Tengah akan terlihat dari kejauhan pada saat siang hari. Selain kita dapat menikmati cuaca yang sejuk serta pemandangan alam indah dari ketinggian yang dapat memanjakan mata, di tempat wisata Baturaden juga kita dapat melihat berbagai tujuan wisata lain yang masih terdapat dalam kawasan wisata Baturaden yang terletak di Kabupaten Banyumas.

Sebagai salah satu tempat wisata di Jawa Tengah yang berada di daerah pegunungan, obyek wisata alam Baturaden di Jawa Tengah ini memiliki hawa sejuk yang membuat kita merasa nyaman ketika berada di sana. Kawasan Baturaden sendiri terdiri atas beberapa spot menarik seperti Pancuran Pitu, Pancuran Telu serta Telaga Sunyi. Kawasan wisata Baturaden merupakan objek wisata unggulan di Banyumas, Jawa Tengah.

Wisata Kampung Batik Laweyan Solo, Jawa Tengah

Solo merupakan pusatnya pengrajin batik di Jawa Tengah, sebenarnya di Solo terdapat banyak tempat untuk berburu kain batik dengan corak ciri khas daerah ini yang unik dan indah, dari banyaknya tempat tersebut, terdapat satu kawasan di Solo yang cukup direkomendasikan untuk membeli batik yaitu Kampung Batik Laweyan.

Kampung Batik Laweyan Solo Jawa Tengah

Kampung Batik Laweyan terdapat banyak penjual batik yang bisa kita kunjungi satu persatu, uniknya lagi bangunan-bangunan di Kampung Batik Laweyan memiliki bentuk yang hampir mirip dengan arsitektur Eropa zaman dahulu.

Di lokasi ini sahabat Direktori Wisata bukan hanya menemukan kerajinanan kain batik, bahkan di lokasi ini kita juga bisa belajar membuat batik. Selain menjadi surga wisata belanja batik berkuaitas bagus kawasan kampung Laweyan juga menyimpan banyak keunikan tersendiri di dalam. 

Tidak ada salahnya bagi sahabat bila berkunjung Solo sempatkan diri untuk mengjungi kawasan Kampug Batik Laweyan.

Wisata Keraton Kesultanan Surakarta, Jawa Tengah

Tempat wisata di Jawa Tengah selanjutnya masih berada di Solo, yaitu Keraton Kesultanan Surakarta, bagi kamu yang menyukai wisata sejarah dan budaya, Keraton Kesultanan Surakarta merupakan tempat yang wajib sahabat Direktori Wisata Indonesia kunjungi di Solo saat liburan.

Panggung Sanggabuana Keraton Surakarta

Untuk bisa memasuki kawasan Keraton kita diwajibkan berpakaian sopan, di dalam Keraton kita dapat melihat berbagai koleksi yang berhubungan dengan Kesultanan Surakarta Hadiningrat.

Baca juga : Mengenal Potensi Wisata Jawa Tengah

Wisata Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah

Obyek wisata Dieng, Jawa Tengah merupakan salah satu destinasi wisata di Jawa Tengah yang mendapatkan julukan tempat tanahnya para dewa. Demikian orang menyebut Dataran Tinggi Dieng. Julukan itu merujuk pada lokasi Dieng yang berada di dataran tinggi.

Obyek Wisata Alam Kawah Sikidang Dataran Tinggi Dieng Jawa Tengah

Dataran Tinggi Dieng sendiri secara administratif masuk wilayah Kabupaten Banjarnegara dan Wonosobo dengan titik tertingginya berada di Gunung Prau. Ada beberapa spot terkenal di kawasan Dataran Tinggi Dieng antara lain Kompleks Percandian Arjuna, Kawah Sikidang, Telaga Warna, Bukit Sikunir dan tentu saja Gunung Prau.

Kunjungi 5 Tempat Wisata Dieng Yang Menarik Dikunjungi

Untuk mendapatkan pengalaman yang lebih berharga saat berkunjung ke Dieng mungkin kamu bisa menyesuaikan kunjunganmu dengan agenda tahunan Dieng Culture Festival. Acara utama dari festival tersebut adalah pemotongan rambut gimbal anak-anak setempat. Festival ini berpusat di sekitaran Kompleks Percandian Arjuna

Wisata Kalibaya Park Pasir Panjang Brebes Jawa Tengah

Obyek wisata Kalibaya Park di Jawa Tengah ini kita juga bisa menikmati ragam fasilitas yang ditawarkan oleh pengelola, seperti gardu panjang, menara pantau dan padang savana yang berlatar belakang pemandangan waduk Malahayu Pasir Panjang nan eksotis di kawasan wisata alam Jawa Tengah.

Wisata Alam Kalibaya Brebes

Di kawasan wisata alam kalibaya Park Pasir Panjang ini sahabat Direktori Wisata juga bisa mencoba wahana permainan ATV, berkuda, outbound, taman bermain, gazebo untuk istirahat pengunjung, dan sarana penunjang wisata alainnya.

Obyek wisata Jawa Tengah yang ada di Brebes ini tergolong baru, dan menurut informasi pemandu wisata lokal setempat kepada Direktori Wisata, kawasan wisata alam Kalibaya Park ini dikelola oleh lembaga masyarakat desa hutan dan pemerintah setempat.

Wisata Kalibaya Park di Salem Brebes Jawa Tengah begitu pas untuk isi aktivitas berlibur kita dari kesibukan sehari-hari, terlebih waktu berlibur panjang seperti libur nasional, maupun hari ibur yang lain. Bila sahabat berada di Brebes bisa langsung menju ke lokasinya.

Baca juga : 8 Destinasi Wisata Boyolali Unik dan Menarik di Jawa Tengah

Destinasi wisata Jawa Tengah yang kami rangkum dan sajikan di atas merupakan bagian kecil dari potensi wisata Jawa Tengah yang ada yang masih banyak harus di explore keindahannya. Bila sahabat ingin mencari tahu obyek wisata di Jawa Tengah lainnya bisa mencari melalui kotak pencarian di website ini yang telah kami explore. Selamat menikmati perjalanan liburan di Jawa Tengah.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate ยป
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :