Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2021 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Nusa Tenggara Barat / Lombok / Destinasi Pantai Tanjung Aan, Pasir Unik Dan Berkhasiat di Lombok

Destinasi Pantai Tanjung Aan, Pasir Unik Dan Berkhasiat di Lombok

/

Indahnya Pantai Tanjung Aan Yang Memiliki Pasir Unik Dan Berkhasiat

Direktori Wisata – Pantai Tanjung Aan, pantai yang satu ini destinasi nya pasir yang berbentuk unik dan berkhasiat. Selain memiliki keindahan alam yang luar biasa juga memiliki tekstur pasir yang lain dari yang lain di Lombok.

Ombak yang ada di Pantai Tanjung Aan tak begitu besar, bahkan suatu waktu deburan ombaknya sangat tenang. Kita dapat menemui pasir unik dan berkhasiat di Pantai Tanjung Aan.

Destinasi Pantai Tanjung Aan, Pasir Untik Dan Berkhasiat di Lombok
Pantai Tanjung Aan Lombok

Kedalaman lautnya cukup dangkal dengan dihiasi keindahan bawah laut yang dapat kita nikmati. Yang unik dari Pantai Tanjung Aan ialah keberadaan pasir putih yang memiliki bentuk seperti butiran merica. 

Sehingga jika kamu berjalan kaki di pasir pantainya tanpa alas kaki akan merasakan efek seperti menginjak butiran merica.

Bentuk pasir yang seperti itu konon katanya berasal dari fosil-fosil karang yang telah lama hancur. Warga masyarakat meyakini bahwa pasir di Pantai Aan berkhasiat untuk kesehatan.

Katanya jika sahabat Direktori Wisata berjalan kaki tanpa menggunakan alas kaki di pasirnya dapat membantu dalam menjaga kesehatan serta melancarkan peredaran darah.

Karena butiran merica tersebut dapat merangsang saraf-saraf dibalik kulit kaki sehingga dapat membuat menjadi lebih sehat.

Selain itu, butiran pasirnya dapat digunakan sebagai sarana bermain untuk anak-anak mengembangkan imajinasi yang dimilikinya.

Untuk menikmati keindahan Pantai Tanjung Aan, dengan bersantai di bawah payung beratapkan jerami yang ada di sepanjang pantai.

Dengan berbaring santai sambil menikmati segarnya kelapa muda, melihat keindahan lautan luas yang berwarna biru merupakan cara terbaik yang bisa kamu lakukan.

Lokasinya yang cukup luas membuat suasana sedikit tenang, resapi semua keindahan yang ada tanpa gangguan apapun. Hilangkan penat dalam diri dengan semangat terbarukan.

Jika musim liburan tiba, Pantai Tanjung Aan selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal yang hendak menghabiskan waktu liburan mereka. 

Sedangkan sekitar Bulan Februari lokasi wisata yang satu ini akan dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun asing.

Desatinsi Pantai Tanjung Aan Yang Memiliki Pasir Unik Dan Berkhasiat
Pantai Tanjung Aan Lombok

Area Pantai Tanjung Aan cukup luas, serta dihiasi oleh bukit hijau yang menawan. Tempat yang tepat untuk mengajak serta keluarga tercinta berlibur.

Pantai Tanjung Aan dikelilingi sejumlah bukit hijau yang menjorok ke arah laut, salah satu diantaranya ialah Bukit Merese.

Akses menuju Bukit Merese sangat mudah, kamu tinggal trekking di jalan setapak yang cukup menanjak dengan kondisi jalan yang berupa tanah karang dan bebatuan.

Oleh sebab itu gunakan alas kaki yang nyaman dan cukup tebal untuk menghindari rasa sakit ketika menginjaknya di lokasi destinasi Pantai Tanjung Aan.

Banyak pengunjung yang mendaki Bukit Merese ketika matahari hendak tenggelam. Tempatnya juga tidak terlalu jauh dari Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Madjid, Lombok.

Untuk menyaksikan proses tenggelamnya matahari yang akan menimbulkan warna alam yang sangat cantik. Ditambah dengan pemandangan indahnya Pantai Tanjung Aan yang tenang.

Jika kamu mengunjungi Pantai Tanjung Aan di bulan Februari, kamu dapat menyaksikan sebuah acara spesial yang bernama Festival Bau Nyale.

Festival tersebut berkaitan dengan mitos yang dipercaya penduduk setempat tentang Putri Mandalika yang terjun dari atas bukit.

Pengorbanan tersebut dilakukan sang putri untuk menghindari pangeran-pangeran yang berebut untuk mempersuntingnya.

Kemudian warga sekitar mencari jasad sang putri, namun hasilnya nihil. Konon katanya sang putri bereinkarnasi menjadi cacing laut atau biasa disebut “Nyale”.

Nyale merupakan sebutan warga setempat untuk cacing laut yang hanya muncul pada saat-saat tertentu. 

Tradisi menangkap Nyale tersebut sudah ada sejak dulu dan tetap dilestarikan hingga saat ini.

Dan ternyata tradisi Nyale seperti di Pantai Tanjung Aan ini, ditemukan juga dibeberapa tempat lain seperti di Maluku, Sumbawa, serta Lombok.

Lokasi Pantai Tanjung Aan berada di Desa Pengembur, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Rute menuju Pantai Tanjung Aan dari Kota Mataram akan memakan waktu sekitar 1,5 jam dengan mengarahkan kendaraanmu menuju Cakranegara.

Kemudian dilanjutkan menuju Praya lalu ke Batu Nyale, tak berselang lama tibalah kamu di Rambitan. Hingga akhirnya sahabat Direktori Wisata dapat melewati Pantai Kuta Lombok.

Dari Pantai Kuta Lombok sekitar 15 menit menuju Pantai Tanjung Aan. Lokasinya memang dekat dengan Pantai Kuta Lombok hanya sekitar 3 km saja.

Namun, jika kamu bergerak dari Sengigi, Lombok, jarak yang akan ditempuh sekitar 72 km dengan estimasi waktu sekitar  1 jam 46 menit.

Nah, sekarang sahabat Direktori Wisata sudah pada tahu destinasi Pantai Tanjung Aan, jadi tidak perlu lagi bingung bila ke Lombok ya.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks :Ad Views :