6 Destinasi Libur Lebaran Yang Mebuatmu Betah Liburan di Purwakarta

posted in: Purwakarta | 0

Pesona Libur Lebaran Yang Favorit dan Bikin Betah Mudik Sambil Liburan di Purwakarta

Direktori Wisata – Destinasi wisata yang memiliki pemandangan indah dan asik dikunjungi saat musim libur lebaran panjang setelah idul Fitri di Purwakarta.

Libur lebaran menjadi momen yang banyak dinantikan bagi warga untuk berkumpul dan menghabiskan waktu bersama mengisi hari libur menyenangkan bersama keluarga dan kerabat. Bahkan bagi kita yang  setiapharinya disibukan dengan segala aktivitas pekerjaan dan kegiatan, momen libur panjang saat merayakan hari raya Idul Fitri ini menjadi waktu yang tepat untuk melakukan plesiran.

Bagis sahabat Direktori Wisata Indonesia yang berada di daerah Jakarta, Bekasi, Bandung, Kerawang dan sekitarnya yang akan mengisi libur lebaran dengan destinasi wisata yang berbeda, kalian dapat mencoba berkunjung ke daerah Kabupaten Purwakarta. Selain tempatnya yang mudah dijangkau dengan akses jalan tol, kawasan ini juga menyediakan beragam destinasi libur lebaran yang menarik dikunjungi untuk mengisi waktu libur panjang di hari raya Idul Fitri.

Berikut ini beberapa destinasi wisata yang bisa kalian kunjungi jika sedang berada di Purwakarta pada musim libur lebaran hari raya Idul Fitri versi Direktori Wisata Idnonesia

Taman Air Mancur Sri Baduga

Kabupaten Purwakarta memiliki banyak objek wisata yang unik, asri, nyaman, dan juga wisata buatan air mancur yang diyakini bakal mendunia. Namanya, Air Mancur Sri Baduga. Keberadaan air mancur berjoget  sudah setara dengan air mancur di Dubai Uni Emirat Arab dan Guangzhao, Cina.

Destinasi Libur Lebaran di Taman Wisata Air Mancur Sribaduga Purwakarta

Inilah taman air mancur terbesar se-Asia Tenggara. Di sekitar air mancur ini terdapat Situ Beleud yng informasi Direktori Wisata terima dari petugas setempat dengan luas 4 hektar yang makin mempercantik pemandangan sekitar air mancur. Air mancur di Taman Sri Baduga ini disebut-sebut bakal menyaingi air mancur Wing of Time di Singapura yang ramai dikunjungi di salah satu objek wisata Sinagpura yang menjadi target kunjungan para wisatawan.

Untuk menuju ke Taman Sri Baduga, sahabat Direktori Wisata dapat langsung mengikuti akses petunjuka jalan yang ada di dalam peta di bawah ini.

Curug Cipurut

Selain taman bermain dan rekreasi di tengah kota, Purwakarta juga memiliki beragam destinasi libur lebaran bernuansa alam yang menyenangkan. Bagi kalian sahabat Direktori Wisata Indonesia yang ingin mencoba liburan di dunia petualangan yang masih asri bersama teman teman terdekat, kalian bisa berkunung di objek wisata alam Curug Cipurut.

Destinasi Libur Lebaran di Curug Cipurut Purwakarta

Sebagai informasi tambahan bagi kalian, destinasi wisata alam Curug Cipurut merupakan salah satu air terjun di Purwakarta yang wajib masuk dalam daftar kunjungan liburan bagi para wisatawan. Air terjun ini tidak terlalu tinggi dan terdiri dari 3 tingkatan dimana tingkat tertinggi berukuran 25 meter.

Curug Cipurut hanya berjarak 30 kilometer dari pusat Kota Purwakarta atau tepat berada di kaki Gunung Burangrang. Bagi sahabat Direktori Wisata  yang berkunjung bisa bermain air di kolam alaminya yang berada di bawah air terjun maupun sekedar refreshing menikmati udara pegunungan yang segar.

Sedangkan untuk akses menuju ke tempat curug cipurut tergolong mudah sebab kalian bisa menumpang angkutan desa atau jalan kaki dari terminal Wanayasa. Atau bagi kalian yang embawa kendaraan pribadi, dapat langsung menuju ke lokasi dengan mengikuti rute jalan yang terdapat di dalam peta yang ada di bawah ini.

Gunung Cupu

Bukan hanya pesona libur lebaran Purwakarta yang bisa kalian nikmati dengan segala keunikan air terjunnya, bila sahabat Direktori Wisata melakukna perjalanan liburan di Purwakarta kalian juga dapat berkunjung ke puncak Gunung Cupu yang terletak di daerah Anjun, Plered.

Destinasi Libur Lebaran di Gunung Cupu Purwakarta

Pesona wsata alam Gunung Cupu Purwakarta ini selain menampilkan pemandangan alam yang indah dari puncaknya juga memiliki kisah legenda yang mirip dengan kisah Jaka Tarub.

Konon infromasi yang Direktori Wisata terima dari pemandu wisata lokal yang berasal dari masyarakat setempat dulu ada bidadari yang mandi di telaga dekat gunung ini, kemudian bajunya dicuri seorang pria desa yang akhirnya ia nikahi. Setelah memiliki anak si pria mengembalikan pakaian tersebut dan bidadari pun pulang ke khayangan. Sebelum kembali ke khayangan bidadari meninggalkan cupu tempat perhiasan untuk pegangan anaknya. Cupu tersebut masih diyakini masyarakat tertinggal di puncak gunung yang kemudian dinamakan Gunung Cupu.

Terlepas dari kisah kebenaran legenda masayakat setempat, objek wisata Gunung Cupu Purwakarta menjadi salah satu destinasi wisata Purwakarta yang banyak diminati oleh para wisatawan untuk mengunjunginya.

Kunjungi juga kawasan Wisata Alam Taman Batu Cijanun Purwakarta

Untuk menuju ke lokasi Gunung Cupu, sahabat Direktori Wisata dapat mengikuti jalur akses jalan yang terdapat di dalam peta yang ada di bawah ini langsung menuju ke lokasi.

Gunung Lembu

Habikan waktu libur panjang lebaran dan ingin hunting golden sunrise di Purwakarta sahabat Direktori Wisata Indonesia wajib mempertimbangkan untuk mengunjungi destinasi libur lebaran di Gunung Lembu sebagai destinasi selanjutnya yang harus dikunjungi.

Destinasi Libur Lebaran di Gunung Batu Lembu Purwakarta

Gunung ini bisa kalian daki melalui desa Panyindangan, Kecamatan Sukatani, Purwakarta. Gunung ini cukup bersahabat untuk didaki sebab tingginya hanya sekitar 780 mdpl. Yang menarik dari gunung ini adalah suguhan pemandangan yang ada di puncak gunung.

Waktu yang tepat untuk berkunjung ke tempat wisata Purwakarta yang satu ini adalah pada pagi hari atau kemping di sana, pesona golden sunrise akan membuat kagum ditambah dengan indahnya pemandangan waduk Jatiluhur yang menghampar luas.

Untuk menuju ke objek wisata alam Purwakarta di Gunung Lembu ini, kalian sahabat Direktori Wisata bisa mengikuti akses jalan yang terdapat di dalam peta yang ada di bawah ini.

Gunung Parang

Di Purwakarta ada Wisata Via Ferrata yang mengambil tempat di Gunung Parang. Gunung ini sendiri merupakan gunung dengan tebing batu menjulang yang terletak di dusun Cirangkong, desa Pasanggrahan, sekitar 28 km dari pusat kota.

Wisata Gunung Parang di Purwakarta

Di gunung ini sahabat Direktori Wisata akan ditawari kegiatan ekstrim berupa rock climbing di ketinggian 983 mdpl. Wisata Via Ferrata sendiri merupakan wisata panjat tebing dengan menaiki anak tangga besi yang dilengkapi dengan alat pengaman khusus bernama lanyard double system. Dengan begitu bagi sahabat Direktori Wisata yang masih pemula pun bisa menikmati kegiatan wisata petualangan ekstrim ini tanpa perlu memiliki skill khusus seperti panjat tebing di kawasan Gunug Parang.

Kunjungi juga 7 Tempat Wisata di Purwakarta dan Sekitarnya Yang Lagi Hit

Habiskan waktu libur lebaran idul fitri di Purwakarta, tentunya sahabat Direktori Wisata banyak disajikan pilihan destinasi wisata berkonsep petualangan yang sangat menantang dengan beragam pilihan. Tidaklah heran kawasan Kabupaten Purwakarta ini banyak menyajikan pesona libur mudik lebaran yang menggda setiap wisatawan yang melinats di kawasan daerah ini.

Untuk menuju ke lokasi kawasan Gunung Parang Purwakarta, sahabat Direktori Wisata Indonesia dapat mengikuti akses rute jalan yang terdapat di dalam peta yang ada di bawah ini untuk lengsung menuju ke lokasi tersebut.

 

Waduk Jatiluhur

Tidak lengkap bila sahabt Direktori Wisata datang ke Purwakarta tanpa mengunjungi waduk ikonik yang namanya sudah dikenal luas dan sering muncul pada pelajaran Geografi, Waduk Jatiluhur.

Waduk jatiluhur Purwakarta

Waduk ini letaknya hanya 9 km dari pusat kota dan menjadi salah satu wisata air andalan Purwakarta. Seperti diketahui kabupaten ini tidak memiliki batas laut sehingga mereka tahu betul bagaimana mengoptimalkan sumber daya air yang ada di wilayahnya.

Menurut informasi yang diperoleh Direktori Wisata Indonesia di lokasi, waduk Jatiluhur ini dibangun pada tahun 1957 dan menjadi waduk serbaguna pertama di Indonesia yang digunakan sebagai sarana irigasi, pembangkit listrik, budidaya ikan, bahan baku air minum hingga kebutuhan wisata.

Sedangkan untuk sarana dan fasilitas yang tersedia di objek wisata Waduk Jatiluhur antara lain hotel dan bungalow, bar dan restoran, lapangan tenis, kolam renang dengan water slide, gedung pertemuan dan playground serta masih banyak lagi fasilitas ynag tersedia di lokasi untuk menunjang kalian menikmati salah satu pesoana libur lebaran di Purwakarta yang ada di sekitar daerah waduk.

Untuk menuju ke kawasan destinasi libur lebaran di Waduk Jatiluhur Purwakarta, sahabat Direktori Wisata Indonesia dapat langsung mengikuti rute akses jalan yang dapat disesuaikan dari jalur awal pemberangkatan menuju ke lokasi dengan peta yang ada di bawah ini secara online.

Destinasi libur lebaran yang menarik dikunjungi saat musim mudik libur lebaran di Purwakarta yang ada di atas merupakan bagian kecil untuk refrensi perjalanan liburan sahabat Direktori Wisata saat mengisi liburan.  namun, untuk tempat wisata Purwakarta lainnya kalian dapat menemukan destinasi liburan yang ada di website Direktori Wisata Indonesia.

Follow Direktori Wisata:

Direktori Pariwisata Dunia menyajikan keragaman tempat wisata dunia dengan keindahan alam, budaya dan kearifan lokal serta wisata kulinernya.