6 Destinasi Libur Lebaran Yang Lagi Hits dan Recommended di Kediri

posted in: Kediri | 0

Liburan Lebaranmu Lebih Berkesan Dengan Mengunjungi 6 Destinasi Libur Lebaran Yang Lagi Hits di Kediri Ini

Direktori Wisata – Pesona Destinasi libur lebaran di Kota Kediri dan sekitarnya yang membuat kita lebih menikmati liburan panjang saat mudik lebaran di Kediri.

Perayaan hari lebaran idul Fitri mejadi momen yang banyak di nanti sebagain masyarkat Indonesia yang memiliki tradisi untuk kembali ke kampung halaman setelah sekian lama merantau dari kmpung halamannya. Apalagi bagi mereka yang masih memiliki orang tua dan keluarga di kampung halaman, libur mudik lebaran pastinya menjadi agenda yang benar benar dipersiapkan dari jauh jauh hari sebelum waktunya tiba.

Bagi sahabat Direktori Wisata yang kembali ke daerah Kediri, kini tidak perlu risau dan merasa khawatir bila ingin mengajak keluarga jalan jalan ke luar kota untuk dapat menikmati hari libur lebaran bersama, Walau  destinasi Kediri memang tidak setenar Banyuwangi. Namun, Kediri tetap memiliki potensi yang sangat luar biasa.

Banyak orang belum mengetahui keindahan Kediri. Justru momen Lebaran ini sangat baik bagi sahabat Direktori Wisata yang melintas dan kembali merayakan mudik lebaran di hari raya idul fitri kali ini ikut merasakan perubahan suasana daerah ini dengan penyajian destinasi wisata baru Kediri yang memukau banyak orang.

Kota yang terletak 130 kilometer di barat daya Surabaya, Kediri menjadi salah satu kota yang perlu disinggahi saat perjalanan libur panjang lebaran, jika kalian ingin berwisata dan menjelajahi kota-kota di Jawa Timur, kota ini menjadi destinasi liburan lebaran yang mengasikan saat musim lsekarang ini.

Berikut merupakan destinasi libur lebaran yang lagi hits dan recommended di Kediri yang menyajikan destinasi menarik versi Direktori Wisata Indonesia.

Monumen Simpang Lima Gumul

Pernah mendengar tentang Arc de Triomphe? Ya, Arc de Triomphe adalah sebuah monumen terkenal berbentuk gerbang raksasa yang ada di Kota Paris, Perancis. Nah, untuk menikmati keindahan yang serupa, kini sahabat Direktori Wisata Indonesia tidak perlu jauh-jauh terbang ke Perancis karena di Kediri, terdapat Monumen Simpang Lima Gumul yang berbentuk seperti Arc de Triomphe.

Destinasi Libur Lebaran di Monumen Simpang Lima Gumul Kediri

Monumen gerbang raksasa ini berlokasi di bundaran Simpang Lima Gumul dan memiliki tinggi 25 meter. Monumen Simpang Lima Gumul dihiasi oleh relief-relief yang menggambarkan sejarah Kediri dan arca Ganesha. Bila sahabat Direktori Wisata Indonesia masuk ke dalam ruangan monumen ini maka kalian akan menemukan ruang pertemuan, auditorium, dan pusat souvenir.

Bahkan jangan heran bila kalian mndapatkan informasi atau menemukan ruangan bawah tanah yang serba guna di lantai basemen monumen. Meskipun lokasinya cukup jauh dari pusat kota, monumen ini tidak pernah sepi. Ada banyak pedagang kaki lima yang menawarkan jajanan khas berselera di ekitar lokasi.

Di akhir pekan atau pun pada saat musim libur panajang lebaran seperti sekarang ini, monumen ini juga dikunjungi oleh banyak warga yang menikmati segarnya udara Kediri sembari berlari pagi. Jika sahabat Direktori Wisata berkunjung ke Kediri, tidak ada salahnya untuk mengunjungi monumen ini sembari menyantap jajanan khas Kediri sambil menikmati suasana  Pesona Libur Lebaran di Kota Kediri.

Karena letak dan posisinya berada di pusat Kota Kediri, destinasi libur lebaran di Monumen Simpang Lima Kediri ini mudah di temukan. Namun bagi sahabat Direktori Wisata yang dari luar kota dan baru datang pertama kali ke Kediri tentu hal ini tidak semudah bagi kalian yang sudah sering ke daerah Kota ini.

Untuk menuju ke lokasi Monumen Simpang Lima Gumul Kediri, kalian dapat langsung mengarahkan kendaraan kalian dengan mengikuti jalur akses jalan yang terdapat di dalam peta di bawah ini. Dan lupa kalian juga bisa mengarahkan titik awal pemberangkatan kalian menuju ke lokasi secara online dalam menggunakannya.

Masjid Agung Kediri

Selain menjadi tempat ibadah bagi masyarakat Kediri, Masjid Agung Kediri ini juga sering menjadi salah satu destinasi wisata Kota Kediri bagi mereka yang berasal dari kota pada saat berkunjung di daerah ini. Pada saat musim libur lebaran di Kediri, masjid inipun ramai dikunjungi oleh warga dan pengunjung.

Destinasi Libur Lebaran di Masjid Agung Kediri

Diresmikan pada tahun 2006, Masjid Agung Kediri merupakan masjid terbesar di kota Kediri. Masjid megah ini terdiri atas tiga lantai, dengan menara masjid yang menjulang setinggi kurang lebih 49 meter.

Gaya arsitektur Eropa mendominasi masjid ini. Meskipun demikian, nuansa etnik tetap bisa Anda rasakan dari ukiran-ukiran kaligrafi dari kayu yang mempercantik bagian dalam masjid.

Berada di pusat kota, masjid ini menghadap langsung ke arah alun-alun dan pendopo kota Kediri. Masjid ini juga berseberangan dengan Dhoho Plaza, salah satu pusat perbelanjaan di kota Kediri.

Bagi sahabat Direktori Wisata  yang ingin menikmati suasana kota Kediri, kalian bisa singgah ke masjid ini untuk beribadah sembari menikmati suasana alun-alun dan beristirahat sejenak.

Bukit Kura-Kura Ongakan

Sekitar delapan kilometer dari kecamatan Kepung, terdapat destinasi wisata baru yang cocok bagi sahabat Direktori Wisata Indonesia  yang menyukai pemandangan alam. Destinasi libur lebaran Kediri yang satu ini akan mngajak kalian untuk menyaksikan surga keindahan alam yang tersembunyi di balik lereng Gunung Kelud yang eksotis yang sulit kalian dapatkan di tempat lainnya.

Destinasi Libur Lebaran di Bukit Kura Kura Ongakan Kediri

Destinasi libur lebaran bernuansa alam nan eksotis di Bukit Kura Kura Ongakan terletak di lereng Gunung Kelud, Bukit Ongakan dikenal juga sebagai Bukit Kura-Kura karena bentuknya yang tampak seperti kura-kura.

Ketika menuju bukit, sahabat Direktori Wisata akan berjalan menyusuri hutan pinus yang cukup panjang dan sunyi. kalian juga bisa mencapai puncak bukit dengan menggunakan sepeda motor. Sayangnya, di area ini belum terdapat jalan yang cukup lebar sehingga kalian harus mengandalkan jalan setapak dengan medan yang cukup berat.

Meskipun perjalanan untuk menuju ke lokasi diperlukan perjuangan yang cukup melelahkan dengan menda yang menanjak dan naik turun bukit, perjuangan sahabat Direktori Wisata Indonesia akan terbayarkan dengan Pesona Libur Lebaran Kediri yang menawan disuguhkan dari Bukit Ongakan Kediri.

Di atas bukit, terdapat beberapa platform kayu untuk mengambil foto-foto. Selain panorama perbukitan, terdapat air terjun yang bisa dikunjungi. Mengenai biaya masuk, kalian hanya perlu membayar biaya retribusi sebesar Rp. 5.000,- / orang.

Untuk menuju ke lokasi destinasi libur lebaran di bukit Kura Kura Ongakan Kediri, sahabat Direktori Wisata Indonesia dapat mengkikuti jalur akses jalan seperti yang ada di bawah ini.

Pusat Tahu Takwa

Tahu merupakan salah satu makanan yang mampu dikonsumsi oleh kalangan masyarakat secra umum.Kota Kediri di jawa Timur dikenal sebagai kota penghasil tahu yang berbeda tahu pada umumnya yaitu tahu kuning. Tidaklah heran bila sahabat Direktori Wisata Indonesia berkunjung ke Kediri maka kalian akan melihat sebuah jajanan makanan tradisinal yang masih tetap diminati oleh para pecintanya.

Destinasi Libur Lebaran Jajanan Oleh Oleh Khas Kediri

Untuk informasi sedikit bocoran bagi sahabat Direktori Wisata, selain dari kedelai rasanya yang khas dari tahu takwa juga berasal dari bunga peka kering. Dan manfaat dari bunga peka itu sendiri adalah  memberikan rasa yang khas dan juga aroma yang harum pada makanan.Jadi tnpa bunga peka, olahan kedelai belum bisa dikatakan tahu takwa. he,, he,,he,

Tidak sah rasanya jika sahabat Direktori Wisata tidak menikmati lezatnya kuliner tahu di kota Kediri. Ada beberapa tempat yang bisa disinggahi untuk membeli tahu takwa, seperti jalan Yos Sudarso dan jalan Pattimura. Di sana, ada banyak toko yang menjual produk tahu, seperti toko Tahu & Takwa POO yang berlokasi di jalan Yos Sudarso nomor 36.

Kalian juga bisa menikmati beragam olahan tahu, seperti tahu kuning goreng, tahu pong, hingga snack tahu yang renyah dan bisa di bawa pulang sebagai bahan oleh oleh jajajan khas dari Kota Kediri.

Produk-produk tersebut dijual dengan harga yang cukup terjangkau, dari mulai Rp. 3.000,-  hingga belasan ribu. Untuk tahu kuning goreng sendiri, biasanya tahu disajikan dalam besek yang berisi empat hingga sepuluh buah tahu. Selain itu, Anda juga bisa membawa pulang produk-produk tersebut sebagai buah tangan untuk kerabat dan sahabat.

Gunung Kelud

Berjarak 27 kilometer dari pusat kota Kediri, objek wisata Gunung Kelud menawarkan pesona pemandangan hutan yang menyelimuti pegunungan. Dari pusat kota, perjalanan ke objek wisata ini dapat ditempuh dalam waktu sekitar satu setengah jam menggunakan mobil.

Kawah Bung Kelud

Sebelum mencapai area parkir, sahabat Direktori Wisata akan melewati jalan “misterius”. Konon, jika kalian mematikan mesin kendaraan mobil dan memindahkan gigi ke posisi netral, mobil akan tetap “mendaki” jalan yang menanjak. Hal yang sama juga bisa sahabat Direktori Wisata Indonesia buktikan dengan meletakkan sebotol air mineral di atas jalan dan melihat botol tersebut menggelinding ke arah jalan yang menanjak.

Setelah dikejutkan dengan misteri tersebut sahabat Direktori Wisata Indonesia akan berjalan melewati terowongan kuno untuk mencapai gunung. Bagian dalam terowongan sudah dilengkapi dengan penerangan sehingga kalian tidak perlu khawatir. Setibanya di gunung, point of interest utama yang bisa kalian lihat adalah kubah lava raksasa yang dikelilingi oleh perbukitan hijau.

Selain melihat kubah lava, sahabat Direktori Indonesia juga bisa menghangatkan diri di sumber air panas Gunung Kelud. Terdapat pula beberapa atraksi menantang seperti flying fox dan ATV. Tiket masuk menuju objek wisata ini ternyata cukup terjangkau, yaitu lima Rp. 5.000,- / orang untuk hari kerja dan Rp. 10.000,- untuk akhir pekan.

Untuk menuju ke kawasan wisata Gunung Kelud,, sahabat Direktori Wisata tinggal mengarahkan kendaraannya dengan mengikuti jalur akses jalan menuju ke lokasi peta di bawah ini secara online.

Kampung Aggrek Kediri

Jalan jalan dan menikmati libur panjang di momen mudik lebaran kali ini, tentunya tidak menutup kemungkinan bagi para pecinta tanaman anggrek untuk bisa menikmati hobinya, Karean di Kediri juga terdapat destinasi liburan lebaran yang menarik bagi para pecinta tanaman anggrek.

Destinasi Libur Lebaran di Kampung Anggrek Kediri

Di kawasan destinasi libur lebaran Kampung Agrek di Kediri ini kita bisa menikmati sejuknya kawasan lereng Gunung Kelud sambil memanjakan mata dengan melihat keragaman warna bunga anggrek koleksi langka maupun angrek koleksi silangan atau hibrida yang menjadi daya tarik tempat wisata Kediri yang banyak dikunjungi oleh kaum pecinta tanaman angrek.

Destinasi agrowisata Kampung Agrek Kediri ini juga menyediakan 5 buah green house untuk menampung tanaman anggrek yang telah berbunga. Konon informasi yang Direktori Wisata Indonesia terima di lokasi, di green house ini tidak kurang dari 1.000 tanaman anggrek dengan aneka jenis dan warna yang siap di bawa pulang oleh para pengunjung.

Untuk harga tanaman anggrek di objek  wisata Kediri ini pun terbilang cukup relatif murah yaitu dari kisaran harga Rp. 25.000,- hingga Rp. 50.000,- untuk jenis anggrek hidronium, sedangkan untuk anggrek bulan di bandrol dengan harga dari Rp 80.000,- sampai Rp. 100.000,- .

Namun, bagi kalian yang ingin belanja tanaman anggrek di Kampung Anggrek Kediri ini jangan khawatir, karena tiap tanaman anggrek yang dijual sudah terdapat harganya di tempel di potnya, jadi bagi pengunjung yang berminat tinggal bayar saja sesuai dengan bandrol harganya.

Bagi sahabat Direktori Wisata yang akan mengunjungi destinasi wisata Kampung Angrek ini, kalian tinggal bisa langsung mengarah ke lokasi tersebut dengan mengikuti rute jalan yang terdapat di dalam peta yang ada di bawah ini. Sedangkan untuk titik keberangkatannya kalian bisa menyesuaikannya secara online.

6 Destinasi libur lebaran Kediri tersebut di atas merupakan bagian kecil beberapa tempat wisata Kediri yang dapat sahabat Direktori Wisata Indonesia kunjungi saat mengisi kegiatanan libur panjang mudik lebaran. Sedangkan bagi kalian yang akan lebih banyak tahu tentang objek wisata di Kediri dan sekitarnya bisa menggunakan kotak pencarian yang ada di website Direktori Wisata ini. Selamat merayakan hari libur lebaran bersama keluarga.[]

Follow Direktori Wisata:

Direktori Pariwisata Dunia menyajikan keragaman tempat wisata dunia dengan keindahan alam, budaya dan kearifan lokal serta wisata kulinernya.