Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Blog / Desa Wisata Pengrajin Khas Tenun Sukarara Lombok, Nusa Tenggara Barat

Desa Wisata Pengrajin Khas Tenun Sukarara Lombok, Nusa Tenggara Barat

Mengunjungi Destinasi Wisata Pengrajin Khas Tenun Sukarara Lombok, Nusa Tenggara Barat

Direktori Wisata – Berkunjung ke Desa Wisata Sukarara untuk berburu kain tenun sebagi oleh-oleh dan cendramata selama liburan di Lombok.

Banyak objek wisata yang harus kita jelajahi di Indonesia, banyak pulau yang belum kita ketahui yang didalamnya terdapat banyak keanekaragaman budaya, seperti di Pulau Lombok.

Lombok, sebagai satu pusat wisata yang ada di Indonesia, ternyata tidak hanya menawarkan pantainya yang bertajuk nuansa alam yang masih alami. Namun, juga menawarkan keramah – tamahan Suku Sasak yang merupakan penduduk asli Pulau Lombok.

Pulau Lombok memiliki banyak destinasi wisata seperti wisata pantai, desa, air terjun, hingga kerajinan tenun masyarkat Lombok yang bagus-bagus.

Pada liburan kali ini di Lombok, Saya mencoba hadir di desa pengrajin kain tenun yakni Desa Sukarara. Desa ini termsuk salah satu destinasi wisata Lombok yang ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Penduduk wisata desa di Lombok merupakan suku sasak asli Lombok, di antara wisata desa yang ada di Lombok.

Desa wisata Sukarara Lombok yaitu salah satu desa yang terletak di kecamatan Jonggat, Kabupaten Lombok Tengah.

Desa wisata Sukarara ini bisa Anda tempuh melalui perjalanan darat, dengan menggunakan mobil dari kota Mataram. Sahabat Direktori Wisata hanya membutuhkan waktu sekitar 5 menit untuk sampai di wisata ini dari kota Praya.

Pada saat Kami mengunjungi Desa Sukarara beberapa tahun lalu, Desa ini dikenal akan tradisi menenun yang dihadirkan oleh penduduk sekitar. Desa Sukarara terletak tidak jauh dari kedua desa wisata lainnya.

Sehingga kerap dijadikan sebagai paket perjalanan wisata yang dapat Anda pilih pada saat mengunjungi kawasan wisata Indonesia Tengah di Lombok.

Mengunjungi desa ini merupakan pilihan yang tepat bagi Anda yang suka bertravelling. Bukan hanya membawa oleh – oleh berupa barang saja namun juga membutuhkan ilmu yang bermanfaat yang bisa Anda dapatkan di desa ini.

Dari Kunjungan Secara Pribadi,
Desa Sukarara sudah erat dengan tradisi wanita yang diharuskan belajar menenun sejak masih kecil, sehingga mayoritas wanita disini bermata pencaharian sebagai penenun.

Namun, produk lokal buatan warga Desa Sukarara Lombok ini ternyata sudah menempuh berbagai negara di dunia, karena kepopuleran tenun Lombok nya yang unik.

Desa ini merupakan salah satu desa yang menjadi pusat kerajinan kain tenun di Indonesia, hampir semua perempuan yang ada di desa ini.

Bekerja sebagai penenun kain khas Lombok. Para perempuan di desa ini diwajibkan untuk mempelajari tenun yang sudah diwariskan secara turun temurun. Tidaklah heran bila desa ini mendapat julukan tempat perajin tenun khas Lombok.

Tidak heran jika kita menjumpai ibu – ibu muda atau remaja, yang sedang menenun kain disini. Kerajinan tenun Sukarara Lombok mempunyai beragam motif, dengan berbagai jenis gambar yang menggambaran kehidupan masyarakat Desa Sukarara.

Hasil Pembuatan Kain Tenun Lombok,
Motif – motifnya bisa berbentuk gambar rumah adat, gambar tokek dan gambar – gambar lain yang merupakan ciri khas Lombok.

Kualitas dari kain ini pun bagus dan cocok untuk dijadikan oleh – oleh, karena dibuat dari tangan-tangan terampil Desa Sukarara Lombok.

Sahabat Direktori Wisata dapat mengunjungi beberapa desa wisata yang ada di Lombok, seperti Desa Sade, Desa Sukarara serta Desa Banyumulek, yang merupakan Tiga desa wisata yang ada di Lombok.

Mengunjungi desa ini merupakan pilihan yang tepat bagi Anda yang suka bertravelling, namun tak ingin hanya membawa oleh – oleh berupa barang saja namun juga membutuhkan ilmu yang bermanfaat.

Desa Sukarara sudah erat dengan tradisi wanita yang diharuskan belajar menenun sejak masih kecil, sehingga mayoritas wanita disini bermata pencaharian sebagai penenun.

Namun, produk lokal buatan warga Desa Sukarara Lombok ini ternyata sudah menempuh berbagai negara di dunia, karena kepopuleran tenun Lombok nya yang unik.

Berbagai jenis tenunan sutera dapat Anda temukan disini, baik sutera emas maupun perak sekalipun, yang menandakan kemewahan dalam tenunan tersebut.

Namun, jangan khawatir Anda dapat mempelajari cara menenun di setiap rumah warga desa lokal Desa Sukarara Lombok.

Hal tersebut tentu sangat menyenangkan, mengingat meski zaman telah berubah, warga lokal tetap menyambut pendatang yang hendak belajar tradisi mereka dengan ramah tamah. Hal inilah yang menarik bagi wisatawan berkunjung di salah satu desa wisata Indonesia.

Selain kegiatan tersebut Anda juga dapat menikmati berbagai makanan khas buatan penduduk lokal Desa Sukarara, yang memang disajikan untuk setiap pengunjung sebagai bentuk keramah – tamahan warga desa.

Kunjungi juga 9 Tempat Desa Wisata Yang Unik Lagi Nge Hits di Indonesia

Sifat tradisional penduduk lokal yang diberikan kepada Anda, akan membuat Anda ingin menikmati suasana desa lebih lama lagi.

Ketika belajar menenun sekalipun, sahabat Direktori Wisata Indonesia diperbolehkan membawa salah satu kerajinan buatan Anda sendiri.

Sebagai bentuk tanda terima kasih warga sekitar karena telah berkenan mengunjungi Desa Sukarara Lombok.

Harga tenunan tersebut bervariasi dari yang berharga 30 ribu rupiah berupa selendang hingga yang berbentuk seperti songket dengan harga hingga jutaan rupiah.

Dengan tambahan warna – warna yang menarik dari benang sutera, benang sutera emas maupun sutera perak.

Baca juga : Wisata Kerajinan Tembikar Di Banyumalek Lombok

Di buat dengan alat tenun tradisional yang juga diwariskan secara turun temurun dan sederhana yang hampir semua rumah warga mempunyainya.

Kita juga dapat mengunjungi rumah warga untuk belajar menenun disini, dan membeli kain tenun khas Lombok untuk oleh-oleh.

Selain belajar menenun kain, kita bisa menginap di rumah tradisional dan merasakan bagaimana kehidupan masyarakat Desa Sukarara yang sederhana.

Namun di sini Anda pasti merasakan kesan kekeluargaan yang sangat mendalam, menggambarkan sifat masyarakat Indonesia.

Selain itu, kita juga bisa menikmati maknana khas Lombok yaitu ayam taliwang ditambah dengan nasi balap puyung dan plecing kangkung.

Lestarinya alam disekitar lokasi desa wisata Desa Sukarara Lombok, dapat menyejukkan rasa panas Anda setelah berlama – lama bekerja setiap harinya.

Tempat yang tepat untuk liburan menyaksikan keindahan alam disini bersama warga Desa Sukarara. Desa ini dapat Sahabat Direktori Wisata jadikan sebagai pengalaman berkesan bersama keluarga, kerabat ataupun orang yang special bagi Anda.

Terlebih lagi Desa wisata Sukarara,tidak hanya menawarkan desa wisata saja. Namun juga sebagai pusat belajar mengenal tenun songket selama berwisata di Lombok.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks :Ad Views :