Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

 
Home / Indonesia / Bali / Liburan Di Desa Wisata Penglipuran Bali

Liburan Di Desa Wisata Penglipuran Bali

 

Liburan Dengan Nuansa Alam Pedesaan Bali Tempo Dulu Di Panglipuran Bali

Diraktori Wisata – Desa wisata yang menawarkan nuansa Bali tempo dulu dengan nuansa alam pedesaan berudara segar dan kearifan lokal masyarakat Bali.

Mengunjungi kawasan desa wisata Penglipuran Bali kita tidak hanya menyaksikan tatanan struktur desa tradisional yang tetap terjaga, namun kita juga dapat menyaksikan nuansa desa dengan ruang terbuka dengan taman indah nan elok.

Liburan Di Desa Wisata Penglipuran Bali

Desa wisata Panglipuran yang terletak di Kabupaten Bangli yang merupakan desa percontohan sebagai desa wisata pertama di Indonesia. Kawasan desa ini mudah ditemui, karena letaknya berada di jalan utama Kintamani Bangli, dan lokasinya berada 40 kilo meter di utara Kota Denpasar, Bali.

Konon, nama desa Penglipuran ini berasal dari kata “pengelingpuran” artinya tempat suci untuk mengenang para leluhur.Tetapi dari informasi yang Direktori Wisata dapatkan yang mengartikan sebagai tempat penghibur. Karena pada jaman kerajaan tempo dulu banyak raja mengunjungi desa ini untuk menghibur diri karena alamnya yang indah dan suasananya yang damai.

Desa Wisata Penglipuran Bali

Desa wisata Penglipuran Bali ini, konon pernah mendapatkan Kalpataru pada tahun 1995. Pemerintah Kabupaten Bangli pun menetapkan desa Penglipuran sebagai salah satu desa wisata Bali.

Memasuki kawasan desa wisata Palipuran ini kita akan melewati perbatasan desa (catu pate) dan kita dapat menemukan bangunaan balai desa yang masih dipergunakan untuk pertemuan dengan konsep ruang yang terbuka hijau dengan berbagai fasilitas desa lainnya. Dan kita disuguhi perumahan yang memiliki karakter bangunan terseragam, mulai dari bentuk, pola, dan juga kerangkanya, Rumah-rumah ini tersusun dari hulu desa sampai ke hilir desa dari dataran tinggi hingga ke dataran yang lebih rendah.

Lanjut…….
Memasuki rumah penduduk kita akan melewati angkul-angkul atau yang disebut dengan pintu gerbang khas Bali. Kita dapat menyaksiakan rumah tradisional Bali yang beratapkan bambu, sebab itulah kenapa di kawasan desa-desa adat kita selalu menemukan hutan bambu selain hutan kayu.

Tidaklah heran bila kita berkunjung di kawasan desa wisata Penglipuran Bali ini akan merasakan hawa sejuk dengan nuansa alam pedesaan yang khas. Untuk dinding-dinding rumahnya terbuat dari batu padas yang mulai mengelupas yang dimakan waktu.

 

Kunjungi Juga Desa Wisata Prataman Jasri Berkonsep Budaya Dan Kearifan Lokal Bali

Menurut informasi yang Direktori Wisata dapatkan di lokasi, di sini harus ada tiga bangunan yang harus sama yaitu pintu depan atau angkul-angkul, balai sub gendem atau balai yang dijadikan berbagai kegiatan upacara kegamaan, dan satu lagi adalah dapur yang harus berada di depan balai sub gendem

Kunjungi 9 Desa Wisata Yang Menarik di Kunjungi dan Lagi Nge Hits di Indonesia

Panorama khas Bali terlihat sangat terwakili di desa wisata Bali yang lengkap dengan pesona keindahan alam, adat istiadat, dan budaya. Kisah yang bertahan hingga kini ditandai dengan banyaknya kunjungan wisatawan ke lokasi ini setiap harinya.

Untuk bisa masuk ke dalam desa wisata Penglipuran ini kita harus membayar tiket sebesar Rp. 10.000,- / orang. (untuk WNA), sedangkan untuk WNA anak-anak dan WNI orang dewasa Rp. 7.500,- / orang sedangkan untuk WNI anak-anak biayanya Rp. 5.000,- / orang.

Liburan di Bali, kita tidak hanya menikmati panorama pantai dan gemerlapnya wisata malam yang ada. Namun, di Pulau Dewata ini pun kita bisa menikmati nuansa liburan yang unik dan klasik dengan nuansa berbeda di mana kita lebih bisa banyak belajar dan memahami sebuah destinasi wisata Bali yang dapat bertahan dan selalu dapat mempertahankan nilai sebuah tradisi dan kearifan lokal melalui pesona wisata Bali yang tersaji di desa wisata Bali yang selalu hidup dan terjaga hingga kini. Selamat. liburan di Bali.[]

 
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
 
 

2 Comments

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
 
Translate »
Ad Clicks :Ad Views :