Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2021 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Jogjakarta / Desa Wisata Mojo di Gunungkidul, Yogyakarta

Desa Wisata Mojo di Gunungkidul, Yogyakarta

/

Menikmati Suasana Desa Sambil Berwisata Mojo Berbelanja di Gunungkidul, Yogyakarta

Direktori Wisata – Desa wisata Mojo terletak di Dusun Mojo, Desa Ngeposari, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. 

Desa wisata ini terkenal dengan karya-karya kreasinya dengan menggunakan batu kapur yang dapat dirubah menjadi barang yang memiliki nilai seni.  Maka tidak ada salahnya bila kita mengunjungi Jokjakarta bisa mampir ke desa wisata Mojo.

Desa Wisata Mojo di Gunungkidul Yogyakarta

Sebagaimana yang telah diketahui oleh masyarakat, Gunungkidul terkenal dengan sumber daya alam berupa batu putih atau dikenal dengan istilah batu kapur (karst). Kekayaan alam tersebut kemudian dimanfaatkan oleh penduduk desa Mojo untuk bahan dasar pembuatan kerajinan.

Dari tangan sebagian penduduk Desa Mojo inilah batu kapus tersebut kemudian diolah menjadi barang-barang kerjainan yang memiliki nilai seni. Benda-benda seni yang karya penduduk Desa Mojo dimanfaatkan sebagai hiasan-hiasan untuk memperindah ruangan.

Barang-barang kerajinan yang dihasilkan diantaranya seperti relief, ornament, patung , pot lampion, sampai hiasan kamar. Semuanya ada di sini dan bisa Sahabat Direktori Wisata pilih sesuai kebutuhan di desa wisata tersebut.

Hasil karya ini tidak hanya diminati oleh wisatawan di dalam negeri, melainkan hingga luar negeri. Hal tersebut terbukti dengan diekspornya hasil karya ke negara-negara seperti Jepang, Korea Selatan, Australia, Amerika hingga Eropa.

Selain karena karya-karya dari batu kapur tersebut, Desa Mojo juga terkenal dengan keindahan alam yang dimiliki desa tersebut. Selain keindahan alam, terdapat budaya yang masih dijaga oleh masyarakat sekitar Desa Mojo yaitu adat istiadat bernama Wedi Utah.

Desa Mojo menyediakan sebuah penginapan dengan kapasitas 15 kamar. Home stay berjumlah 6 buah dengan kapasitas maksimal 40 orang dengan harga yang terjangkau. Tempat pertemuan juga tersedia apabila wisatawan ingin mengadakan pertemuan.

Baca juga : Jalan Jalan Di Kawasan Malioboro Yogyakarta

Untuk mempermudah kita menemukan lokasi desa wisata Mojo di Gunungkidul Yogyakarta ada baiknya sahabat Direktori Wisata mengikuti jalan petunjuk yang ada.

Terdapat juga pusat jajanan yang menyediakan oleh-oleh bagi para wisatawan serta lokasi tersebut didukung dengan area parkir yang luas demgam kapasitas 30 mobil, 250 kendaraan bermotor serta 2 bus.

Akses menuju Desa Wisata Mojo sangat mudah. Disamping kondisi jalan yang sudah memadai, lokasinya pun tidak jauh dari jalan utama Jogjakarta – Gunungkidul.

Sahabat Direktori Wisata bisa diakses dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Jika masih bingung, peta desa wisata mojo sudah tersedia di Google Map.

Dengan kendaraan pribadi roda dua maupun roda empat. Apabila wisatawan ingin menggunakan angkutan umum, lokasi ini juga dilalui jalur angkutan umum sehingga mudah untuk menuju ke lokasi Desa Wisata Mojo.

Jalan-jalan sambil liburan, kurang asyik bagi kita bila tidak mampir ke desa wisata Mojo di Yogyakarta sambil memperkenalkan potensi daerah yang luar biasa ini.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks :Ad Views :