Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2021 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Jawa Tengah / Semarang / Desa Wisata Kandri; Ativitas Seru Yang Bisa di Nikmati Kota Semarang

Desa Wisata Kandri; Ativitas Seru Yang Bisa di Nikmati Kota Semarang

/

5 Aktivitas Seru Yang Dapat Anda Nikmati di Desa Wisata Kandri Semarang

Direktori Wisata – Selain ke Lawang Sewu atau Kelenteng Sam Pho Kong, cobalah pergi ke Desa Wisata Kandri, sebuah desa wisata yang terletak sekitar 15 km dari Semarang.

Keelokan alam dan keaslian budayanya adalah pesona yang diunggulkan oleh desa yang berada di Kecamatan Gunung Pati, Kota Semarang, Jawa Tengah ini.

Desa Wisata Kandri Aktivas Seru Yang Bisa di Nikmati Semarang

Semarang kini menjadi destinasi wisata bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Pasalnya, dari wisata sejarah, kesenian, hingga budayanya memiliki potensi yang luar biasa untuk dikembangkan di provinsi tersebut. Salah satunya adalah Desa Wisata Kandri. 

Sebelum mengenal lebih jauh lagi tentang Desa Wisata Kandri ini, kita harus tahu terlebih dahulu mengapa Kandri ini disebut sebagai Desa Wisata.

Sejatinya yang dinamakan dengan Desa Wisata adalah sebuah kawasan pedesaan yang memiliki beberapa karakteristik khusus untuk menjadi daerah tujuan wisata. 

Di kawasan ini, penduduknya masih memiliki tradisi dan budaya yang relatif masih asli. Selain itu, beberapa faktor pendukung seperti makanan khas, sistem pertanian dan sistem sosial turut mewarnai sebuah kawasan desa wisata. 

Apa Yang Spesial Dari Desa Wisata Kandri?

Masyarakat lokal di Desa Wisata Kandri memegang teguh budaya serta adat istiadat yang bisa jadi wawasan baru sekaligus wisata edukasi seru. Ditemani dengan keindahan alam yang terjaga asri, desa wisata yang satu ini dijamin semakin memikat hati.

Lima Akttivitas Seru Yang Dapat Anda Desa Wisata Kandri Semarang

Di luar faktor-faktor tersebut, alam dan lingkungan pun masih asli dan terjaga merupakan salah satu faktor terpenting dari sebuah kawasan tujuan wisata.

Desa Kandri terletak di kecamatan Gunung Pati, berada di ujung barat kota Semarang. Letaknya yang berada di dataran tinggi, mempunyai hawa yang sejuk karena berada di dekat gunung Ungaran.

Jika diakses menggunakan kendaraan pribadi kurang lebih 30-45 menit dari pusat Kota Semarang.

Desa Wisata Kandri memiliki obyek wisata yaitu ada Goa Kreo dan juga Waduk Jatibarang. Dari kedua obyek wisata tersebut.

Goa Kreo adalah objek wisata yang konon masih berkaitan erat dengan cerita sejarah proses pembangunan Masjid Demak oleh Sunan Kalijaga. 

Sedangkan Waduk Jatibarang sendiri adalah waduk buatan yang sengaja dibentuk untuk meningkatkan potensi wisata yang ada di Desa Kandri tersebut.

Berikut 5 Aktivitas Seru Yang Bisa Nikmati di Desa Wisata Kandri

1. Nonton Pagelaran Budaya Mulai Dari Wayang Hingga Jathilan

Selain gendongan lesung, Desa Wisata Kandri juga memiliki beberapa perhelatan budaya yang rutin diselenggarakan setiap tahunnya.

Kirab Sesaji Rewanda Desa Kandri Semarang

Mulai dari pementasan kesenian ketoprak, wayang kulit, wayang suket, jathilan, sampai yang paling dinanti-nanti adalah acara Kirab Sesaji Rewanda. 

Kalau enggak ada pementasan budaya sewaktu sahabat Direktori Wisata datang, jangan sedih. Sebab masih ada kegiatan menarik lainnya yang juga wajib dicoba.

Baca juga : 10 Destinasi Wisata Baru Prioritas Indonesia

Salah satunya ialah datang ke kelompok kesenian yang ada di sekitar Desa Wisata Kandri dan belajar berbagai kesenian lokal yang biasa dipentaskan.

2. Belajar Gendongan Lesung

Gendongan lesung atau yang juga dikenal dengan nama tabuh lesung ini merupakan salah satu kesenian yang terus dilestarikan di Desa Wisata Kandri.

Souvenir Gendong Lesung Desa Wisata Kandri Semarang

Masyarakat lokal menganggap kesenian ini sebagai warisan nenek moyang yang harus dipertahankan agar tidak punah akibat perkembangan zaman.

Saking unik dan autentik-nya, banyak turis asing yang rela datang jauh-jauh untuk melihat langsung dan belajar seni tabuh lesung.

3. Mencoba Sensasi River Tubing 

Setelah puas belajar dan mengenal budaya lokal, sekarang saatnya mencoba sesuatu yang cukup menantang nih, yaitu river tubing atau masyarakat lokal menyebutnya dengan nama “Ngintir Kalijogo”.

Aktivitas arung jeram dilakukan di Kali Kreo yang panjangnya kurang lebih tiga kilometer. Meski tergolong pendek.

Baca juga : 5 Tempat Wisata Indonesia Yang Mendunia Mirip Luar Negeri

Sahabat Direktori Wisata tetap harus mempersiapkan adrenalin yang akan terpacu dengan derasnya arus dan batu-batu kali.

4. Jangan Lupa Berburu Foto Kece

Sebagai upaya untuk terus mengembangkan potensi wisata dan mengikuti tren yang ada, para pemuda di Desa Wisata Kandri membuat beberapa spot berfoto yang instagrammable banget.

Spot Foto Desa Wisata Kandri Semarang

Sebut saja spot foto awan dengan latar belakang bukit dan Waduk Jatibarang, spot balon udara, bunga sakura, dan spot salju.

5. Icip Sego Kethek (nasi monyet) Khas Desa Wisata Kandri

Kalau Yogyakarta identik dengan sego kucing (nasi kucing), Desa Wisata Kandri punya ikon kuliner yakni sego kethek atau nasi monyet.

Kuliner yang mulai dikenal sejak tahun 2010 ini dibungkus dengan daun jati dan terdiri dari nasi putih dengan aneka lauk seperti, ayam, ikan teri, belut, oseng-oseng daun pepaya, tahu, tempe, ikan asin, serta telur dadar. 

Kuliner Sego Kucing Desa Wisata Kandri Semarang

Masih ada kuliner lain yang sulit ditemukan di daerah lain, seperti pepes belut, botok belut, serta oleh-oleh unik kreasi masyarakat lokal, yaitu keripik yang terbuat kulit pisang. 

Luas wilayah Desa Wisata Kandri adalah 245,490 ha. Yang terbagi menjadi 4 RW dan total ada 26 jumlah RT. Dari keempat RW tersebut mempunyai ciri khasnya masing-masing.

Di RW I, ada yang namanya wisata edukasi yang akan dijadikan sebagai kampung Inggris dan pendidikan alam. 

Di RW II sebagai arena perkebunan yang dilengkapi dengan aneka buah, serta bisa dijadikan sebagai tempat untuk outbond.

Kemudian, di RW III sebagai kawasan budaya, sebelumnya untuk pementasan kesenian berupa wayang kulit, wayang suket, ketoprak, jathilan, dan kesenian lesung. 

Terakhir, di RW IV yang banyak dihuni warung makanan khas berpotensi sebagai wisata kuliner, dengan aneka makanan yang sering dijual meliputi kripik kulit pisang dan nasi kera.

Salah satu titik daya tarik wisata tersebut adalah spot foto salju, awan, dan sakura yang terletak di Dusun Talun Kacang, Kandri.

Baca juga : 9 Tempat Desa Wisata Yang Unik Lagi Nge Hits di Indonesia

Bahkan di spot foto salju, awan, dan sakura tersebut, Hendi, panggilan akrabnya, menyempatkan diri berfoto untuk diunggah di sosial media.

Dengan beragam potensi yang sudah ada, saat ini yang dibutuhkan adalah ide-ide kreatif dari masyarakat sebagai penggerak utama pariwisata.

Masyarakat diminta terus mengembangkan kreativitas dan inovasi untuk mengemas keunikan topografi Desa Wisata Kandri.

Buat Sobat Direktori Wisata yang ingin tahu informasi lebih lanjut tentang Desa Wisata Kandri, bisa menghubungi pihak pengelolanya Bapak Syaeful Ansori 085865676755.

Cara Menuju Ke Lokasi

Cara untuk ke Desa Wisata Kandri sahabat Direktori Wisata Indonesia dapat mengikuti rute yang ada di dalam google map.

Seni Budaya tradisional juga termasuk ke dalam satu atraksi wisata yang diunggulkan di Desa Kandri. Oleh karena itu tidak ada salahnya kita mengunjunginya.

Aktivitas budaya tradisional ini juga menjadi perhatian bagi pemerintah setempat dengan terus melakukan pembinaan secara rutin untuk menggali kekayaan lokal yang bisa ditampilkan dalam sebuah acara pagelaran budaya ataupun bagi pengunjung.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks :Ad Views :