Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2022 | All Right Reserved

Home / Kalimantan / Daya tarik Pulau Derawan, Rekreasi Eksotis Tidak Terlewatkan

Daya tarik Pulau Derawan, Rekreasi Eksotis Tidak Terlewatkan

/

Directory Rekreasi – Kepulauan Derawan mempunyai tiga kecamatan yakni, Pulau Derawan, Maratua, dan Biduk Biduk, Berau.

Daya tarik Pulau Derawan, Rekreasi Eksotis Tidak Terlewatkan

Minimal ada empat pulau yang populer di kepulauan itu, yaitu Pulau Maratua, Derawan, Sangalaki, dan Kakaban yang ditempati satwa sangat jarang penyu hijau dan penyu sisik. Secara geografis, berada di semenanjung utara perairan laut Kabupaten Berau yang terbagi dalam beberapa pulau yakni Pulau Panjang, Pulau Raburabu, Pulau Samama, Pulau Sangalaki, Pulau Kakaban, Pulau Nabuko, Pulau Maratua dan Pulau

Derawan dan beberapa gosong karang seperti gosong Muaras, gosong Pinaka, gosong Buliulin, gosong Masimbung, dan gosong Tababinga.

Di Kepulauan Derawan ada banyak ekosistem pesisir dan pulau kecil yang penting yakni terumbu karang, padang lamun dan rimba bakau (rimba mangrove).

Disamping itu banyak spesies yang diproteksi ada di Kepulauan Derawan seperti penyu hijau, penyu sisik, paus, lumba-lumba, kima, ketam kelapa, duyung, ikan barakuda dan beberapa spesies yang lain.

Kepulauan Derawan ini sedang dipropagandakan oleh Kabupaten Berau dan Propinsi Kalimantan Timur, sebagai salah satunya rekreasi unggulan.

Pelancong lokal dan Luar negeri, semakin berekreasi disitu, opsi selainnya untuk menyelam, menyaksikan proses bertelur penyu, nikmati pantai yang bersih dan cantik.

Sejauh pantai bersih dan tidak ada sampah. Sarana komunikasi di Kepulauan Derawan telah baik, selaku contohnya ialah telah dapat dijangkau dengan signal 3G.

Resor dan Pemondokan yang berada di Kepulauan Derawan banyak menyebar di tepi pantai, pada harga yang tambah murah misalkan dibanding dengan tempat rekreasi di Bali atau di Lombok.

Baca juga : Wisata Alam dan Heritage Kabupaten Berau

Kepulauan Derawan sudah dicalonkan menjadi Situs Peninggalan Dunia UNESCO di tahun 2005.

Keelokan Pulau Derawan

Sama seperti yang dikutip dari Indonesia, pertama kalinya menjejakkan kaki di sini, pelancong akan disongsong dengan bentangan pasir putih yang menggemaskan.

Keelokan Pulau Derawan

Warna airnya yang paling jernih membuat sebagian orang tidak dapat bergerak. Terutama untuk mereka yang menyenangi dunia photografi, disini surga yang selalu mereka mencari. Tiap pojok ialah spot yang jangan dilewati

Keelokan Pantai Derawan bukan hanya stop sampai di sana saja, ada banyak hal yang dapat dilaksanakan di sini. Spot diving dan snorkeling menjadi satu diantara spot yang jangan dilewati. Karena kegiatan ini sahabat dapat kenalan dengan beragam jenis terumbu karang.

Konon ada terumbu karang yang sangat jarang lho. Mereka juga sebagai argumen kenapa teritori ini wajib buat didatangi. Ekosistem bawah laut tempat ini betul-betul masih terbangun.

Beberapa masyarakat telah sadar benar mengenai semua kekuatan yang berada di sini hingga sekecil apa saja, beberapa masyarakat terus akan mengawasinya untuk anak cucu nantinya.

Selainnya ikan-ikan kecil, daerah Derawan dihinggapi beberapa ikan sangat jarang yang bagus sekali. Jika pelancong untung ikan-ikan sangat jarang ini akan ada dalam jumlah yang lumayan banyak. Hingga bawa camera ialah sebuah kewajiban yang jangan dilewati.

Salah satunya yang bagus yang dapat dilaksanakan pada malam hari ialah memburu penyu hijau karena di tempat ini ada penangkaran penyu hijau. Pelancong dapat menyaksikan bagaimana proses penyu hijau bertelur sampai telut itu menetas.

Umumnya penyu-penyu ini akan menetas sesudah 50 hari. Tidak boleh terlewat peristiwa ini karena tukik-tukik ini lucu-lucu setelah.

Berkeliling-keliling pulau ini sambil menyaksikan keelokan dari pojok ke pojok adalah alternative. Dapat jalan kaki, juga bisa sewa speed boat.

Cuma untuk sewanya perlu dana yang lumayan besar sekitaran 1,lima juta dengan kemampuan 3-4 orang.

Sambil menanti sunset yang turun, belanja souvenir ciri khas derawan ialah peristiwa yang jangan dilewati. Harga juga lumayan murah, dimulai dari 50 ribu rupiah. Pelancong bisa bawa oleh-olehan untuk orang yang disayangi.

Semuanya yang dijajakan di sini sebagai hasil kreasi masyarakat Suku Bajou. Masyarakat Suku Bajou ialah masyarakat yang paling ramah-ramah.

Baca juga : Pesona Wisata Alam Danau Labuan Cermin

Di sini pelancong dapat rasakan bagaimana keakraban mereka. Bawalah sedikit bergurau supaya situasi makin mencair, rasanya seperti saudara jauh yang telah lama tidak berjumpa. Berikut masa lalu yang pasti terukir lama dalam pikiran.

Alamat, Jalur dan Lokasi Pulau Derawan

Teritori ini ada di Kecamatan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Ada cara-cara yang dapat dilaksanakan pelancong untuk capai tempat wisata ini, dapat lewat jalan udara dan bisa juga lewat jalan darat.

Alamat, Jalur dan Lokasi Pulau Derawan

Tapi saat sebelum masuk ke-2  jalan ini satu langkah yang wajib dilakukan ialah masuk ke daerah Balikpapan.

Balikpapan ialah pintu gerbang khusus ke arah sebuah surga di daerah Kalimantan timur. Ke arah Balikpapan dapat memakai pesawat dari Jakarta atau bisa juga memakai kapal laut dari Surabaya.

Sama waktu menempuh berbeda. Juga bisa lakukan penerbangan ke arah Samarinda.

Tapi, penerbangan ke arah Samarinda ialah opsi yang mustahil diputuskan karena tidak ada maskapal langsung dari Jawa ke arah Samarinda.

Untuk ke arah Samarinda, pelancong harus transit ke sejumlah kota sama waktu menempuh dapat sepanjang hari.

1. Lewat Samarinda

Setelah tiba di Balikpapan, pelancong dapat ke arah Samarinda dengan memakai bis. Sesampai di Samarinda dianjurkan untuk memakai agen travel ke arah Tanjung Redeb. Di sini, wisawatawan akan dikenai ongkos sekitaran 300 – 400 ribu rupiah.

Dari Tanjung Redeb, pelancong harus berpindah ke travel lainnya ke arah Tanjung Batu, pelancong akan dikenai ongkos sejumlah 150 ribu rupiah.

Dari Tanjung Batu cara setelah itu sewa speed boat ke arah Pulau Derawan. Harga yang perlu dibayarkan ialah 100 ribu rupiah.

2. Lewat Tarakan

Perjalanan memakai lewat darat dapat dilaksanakan dengan 2 langkah kembali. Di mana pelancong dapat pilih penerbangan langsung ke Kabupaten Berau atau harus transit lebih dulu di Tarakan.

Jalur ini jadi yang paling disukai ditambah lagi jika pelancong bawa kelompok.

Selainnya harga ticket yang lumayan murah dari Balikpapan ke arah Tarakan, lajur ini dilayani oleh beragam maskapal.

Jadi pelancong tak perlu menanti lama di lapangan terbang.

Sesampai di Tarakan, pelancong dapat meneruskannya dengan sewa speed boat.

Makin bertambah penumpang karena itu speedboat ini akan makin murah sebab bisa dicarter pada harga yang paling rendah.

3. Lewat Berau

Opsi yang ke-3  ialah langsung terbang dari Balikpapan ke arah Kabupaten Berau. Ada banyak maskapal yang layani penerbangan ini.

Pelancong juga dapat pilih sesuai bujet yang dipunya.

Setelah tiba di kabupaten Berau pelancong dapat meneruskan perjalanan ke arah Tanjung Batu. Di sini pelancong dapat sewa speed boat dengan kemampuan lima orang pada harga sewa dimulai dari 300 ribu sampai 500 ribu rupiah.

Perjalanan dari Tanjung Batu ke arah Pulau Derawan lebih kurang 30 – 45 menit, bergantung dengan keadaan laut.

Dari jalur di atas karena itu harga yang dapat dijumlahkan sekitaran 2-3 juta ke atas, atau juga bisa lebih sebab harga maskapal yang berbeda.

Baca juga : Danau Purba Kakaban:: Liburan Bersama Ubur-Ubur

Belum ditambah lagi pemondokan disekitaran Derawan yang harga dimulai dari 600 ribu rupiah sampai juta-an rupiah, sesuai sarana yang diharapkan.

Ticket Masuk Pulau Derawan

Nach, untuk ke arah pantai ini, kamu tidak perlu cemas akan mengambil kantong yang dalam lho.

Ticket Masuk Pulau Derawan

Karena ongkos ke teritori rekreasi ini ialah gratis, alias pelancong tidak diambil ongkos. Tapi untuk kamu yang bawa kendaraan individu kemungkinan dikenai ongkos parkir.

Disamping itu, untuk persewaan speedboat ke arah pulau elok ini kamu akan dikenai biaya sekitaran Rp 80.000 sampai Rp 100.000 per-orang.

Dan banyak juga penawaran paket rekreasi di pantai ini pada harga yang pas untuk backpacker. Tertarik untuk coba gaes?

Umumnya sekalian menanti event sunset yang turun, untuk pelancong belanja souvenir ciri khas derawan ialah kegiatan harus dan tidak bisa terlewati.

Harga yang dibanderol juga cukup dapat dijangkau lho, dimulai dari 50 ribu rupiah.

Pada harga yang termasuk murah, kamu bisa bawa pulang oleh-olehan untuk orang yang tercinta di dalam rumah.

Semua produk yang dijajakan di teritori ini sebagai hasil kreasi masyarakat suku Bajou. Tidak bisa disepelekan, souvenir di sini cukup kece dan hebat lho.

Hal paling akhir yang tidak bisa kamu terlewat saat bertandang ke teritori rekreasi ini ialah mencicip bermacam kulineran ciri khas dari Derawan.

Kegiatan satu ini sebagai sisi favorite untuk pelancong.

Kepulauan Derawan mempunyai bermacam macam olahan seafood unik yang dapat kamu cicip.

Seperti tehe-tehe, yakni olahan ketan yang diolah bersama santan dan pandan memakai cangkang landak laut. Unik sekali dech!

Baca juga : Pulau Malenge Kepulaun Togean: Di Balik Eksotisme Keindahan Pulau Tersembunyi

Disamping itu ada juga kima-kima, yakni kerang laut yang diasinkan dan dikeringkan dan buah elai.

Jam Membuka Pulau Derawan

Teritori rekreasi yang menjadi satu diantara icon dari Kalimantan Timur ini sebagai tempat favorite dan selalu penuh oleh pengunjung lho.

Jam Membuka Pulau Derawan

Jadi tidak bingung bila banyak pelancong liburan atau singgah di lokasi ini.

Nach berita baiknya untuk kamu sang pencinta travelling, kamu tidak perlu repot tentukan agenda untuk tiba kesini karena teritori rekreasi ini selalu dibuka tiap hari lho. Tempat wisata pantai ini dibuka dari hari senin s/d hari minggu sepanjang 24 jam.

Baca juga : Selainnya Nikmati Pantai, Ini 5 Aktivitas Hebat di Wakatobi

Sehingga kamu dapat bebas tiba kapan pun. Berikut Indonesia yang sebenarnya yang memiliki beragam jenis daya tarik yang tidak tertahan cantiknya. Teritori yang hendak selalu teringat ini jadi harus didatangi.

Janganlah lupa mengajak rekan dan saudara dan keluarga berkunjung teritori Pulau Derawan ini ya! {}

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks :Ad Views :