Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2022 | All Right Reserved

Home / Kalimantan / <strong>Daya tarik Bukit Batu Tjilik Riwut yang Jadi Favorit Kabupaten Katingan</strong>

Daya tarik Bukit Batu Tjilik Riwut yang Jadi Favorit Kabupaten Katingan

/

Directory Rekreasi – Daya tarik Bukit Batu Tjilik Riwut sebagai tujuan favorit Kabupaten Katingan. Tempat wisata religius (pertapaan) di Kalimantan tengah karena ada 9 batu keramat.

Daya tarik Bukit Batu Tjilik Riwut yang Jadi Favorit Kabupaten Katingan

Nama bukit batu ini di inspirasi dari nama seorang pahlawan nasional yang sekalian sebagai putra Dayak. Tjilik Riwut ialah gubernur pertama di Propinsi Kalimantan tengah. Sedangkah bukit batu ini sebagai lokasi yang sering jadi tempat bertapa oleh Tjilik Riwut. Namun, asal mula batu di sini masih ditebak-terka sebetulnya berasal darimanakah, karena lokasi bukit ini yang kurang memungkinkannya.

Bila dihubungkan dengan material gunung berapi, tidak mendapati titik jumpa, karena lokasinya yang jauh dengan gunung berapi. Jika diprediksi dari batu-batuan sungai, tidak mendapati titik jumpa. Ini karena tidak ada sungai yang terletak bersisihan dengan bukit itu. Dan berdasar legenda, batu yang berada di bukit itu sebagai batu dari kahyangan.

Legenda itu bermula dari cerita bidadari yang diperisitri seorang manusia. Selanjutnya mereka mempunyai seorang anak. Satu saat, bidadari bersama dengan anaknya pulang ke Kahyangan. Namun, saat selesai si anak telah dewasa, karena itu dia harus balik lagi ke bumi. Saat pengurangan anak itu terjadi halilintar yang bergelora dibarengi batu memiliki ukuran besar yang turun ke bumi.

Baca juga : Danau Purba Kakaban:: Liburan Bersama Ubur-Ubur

Daya Ambil yang Dipunyai Bukit Batu Tjilik Riwut

1. Batu-batuan Dengan Warna yang Menarik

Luas Bukit Batu Tjilik Riwut capai 1/2 dari ukuran lapangan yang dipakai untuk bermain sepak bola. Bukit ini tersusun atas batu memiliki ukuran besar dan kecil yang sama-sama bertumpukan. Mayoritas batu yang berada di bukit mempunyai warna abu-abu dan hitam. Di sejumlah sisi batu ada banyak sisi yang warna belang putih dan mempunyai wujud yang memikat.

Daya Ambil yang Dipunyai Bukit Batu Tjilik Riwut

Saat masuk tempat rekreasi, Anda akan menyaksikan tulisan “Petehku Isen Mulang, Tjilik Riwut” pada suatu batu yang memiliki arti “Pesanku Pantang Mundur”. Di bukit ini ada 9 biji batu yakni batu gaib, batu kamiak, batu sakral, batu apes, batu dewa, batu tingkes, batu teras pambelum, batu raja, dan batu darung bawan. Di mana masing-masing batu itu dipercayai mempunyai sebuah tuah.

2. Batu-Batu yang Dapat Memberi Faedah Tertentu

Batu gaib dipercaya sebagai batu tempat Tjilik Riwut dulu lakukan pertapaan. Hal itu kelihatan dari ada sisa tapak kaki beliau pada batu itu. Dan batu lainnya dipercayai bisa memberi beberapa faedah. Jika pelancong yang bertandang sanggup naiki batu dewa, karena itu semua harapan yang ingin dicapainya dapat diwujudkan.

Dan batu apes dipercayai bisa buang apes. Batu ini ada di tempat tangga masuk atau di pintu masuk samping kanan. Batu ini mempunyai warna belang-belang, hingga memancing ketertarikan beberapa pelancong untuk berpose dengan background batu apes. Keelokan bukit batu tidak stop di sini saja, saat Anda lewat balai sakral dan pendopo, akan terlihat tempat khusus bukit batu Tjilik Riwut ini.

Seterusnya, bila pelancong yang bertandang sanggup lewat sempitnya lorong di batu tingkes dan seberang sampai segi luar, dipercaya jika semua rintangan yang hendak ditemui dapat dilewati secara mudah. Dan batu teras pambean bermakna sebagai batu yang bisa memperkuat hidup. Batu teras pambean ini mempunyai wujud pyramid sama ukuran yang tidak demikian besar.

3. Ada Telaga Bawin Kameloh

Di bagian barat bukit batu ada sumber air yang dikenali dengan panggilan Telaga Bawin Kameloh. Perlu Anda kenali jika telaga ini tidak pernah jadi kering atau kering. Air di telaga ini dipercaya mempunyai manfaat tahan lama muda untuk pengunjung yang melemparkan coin ke telaga selanjutnya membersihkan muka memakai air telaga itu.

Anda dapat menemui telaga ini saat naik ke bukit, karena Anda pasti melaluinya lebih dulu. Telaga Bawin Kameloh berada di bagian kaki bukit itu dan dikitari dengan pagar beton dan ada batu iris dengan tinggi sekitar satu mtr.. Disekitaran telaga ini ada sesajen berbentuk bendera kuning yang diikatkan pada suatu pohon atau dikibarkan menggunakan tiang.

Baca juga : Wisata Alam dan Heritage Kabupaten Berau

Di sini ada pohon beringin yang tetap berdiri kuat. Warga yakini bila pohon itu tumbuh sendirinya dan dipercayai sebagai tempat dihuninya makhluk gaib. Telaga Bawin Kameloh dulu cuma berbentuk rimba belantara. Tetapi, seiring waktu berjalan, alam alami peralihan dengan alami, baik disebabkan karena musibah alam atau hal-hal lain di luar logika manusia.

Alamat dan Jalur Ke arah Lokasi Rekreasi Bukit Batu Tjilik Riwut

Lokasi rekreasi Bukit Batu Pertapaan Tjilik Riwut ada di daerah Kasongan Lama. Jika Anda akan bertandang dari arah Kota Palangkaraya dengan memakai kendaraan motor, karena itu Anda akan sampai dalam waktu satu sampai satu 1/2 jam. Jalan yang perlu dilewati untuk sampai di lokasi lumayan gampang untuk dijangkau, karena jalannya telah beraspal dengan demikian mulus.

Alamat dan Jalur Ke arah Lokasi Rekreasi Bukit Batu Tjilik Riwut

Bila Anda berangkat dari Kasongan melalui Jalan Pariwisata, karena itu Anda akan tempuh jarak untuk sampai di lokasi Bukit Batu Tjilik Riwut sepanjang 5,1 km. Bila Anda datang dari luar wilayah Palangkaraya, untuk mempermudah perjalanan rekreasi, Anda dapat sewa satu unit mobil untuk sampai di lokasi rekreasi.

Baca juga : Pesona Wisata Alam Danau Labuan Cermin

Lokasi yang sediakan rental mobil ini lumayan gampang untuk diketemukan. Saat Anda sewa mobil, Anda akan dikenai ongkos sewa sekitaran Rp 600.000 untuk periode sehari.

Harga Ticket Masuk Rekreasi Bukit Batu Tjilik Riwut

Untuk pelancong yang ingin nikmati daya tarik rekreasi bukit batu ini, maka dikenai biaya sebesar Rp 3.000 untuk seseorang. Anda dapat tiba ke lokasi rekreasi ini di hari apa saja, karena tempat ini selalu membuka sehari-harinya.

Harga Ticket Masuk Rekreasi Bukit Batu Tjilik Riwut

Tetapi, bila pelancong yang bertandang bawa mobil, karena itu harus bayar ongkos parkir Rp 2.000. Dan jika memakai sepeda motor sebesar Rp 1.000. Namun, biaya parkir itu tidak paten, tetapi bisa berbeda setiap saat.

Aktivitas Menarik Dilaksanakan di Bukit Batu Pertapaan Tjilik Riwut

1. Berpose

Aktivitas Menarik Dilaksanakan di Bukit Batu Pertapaan Tjilik Riwut

Batu-batuan yang berderet dan tersusun di Bukit Batu Tjilik Riwut menjadi spot photo yang memikat. Gambar yang dibuat akan memberi kesan-kesan yang unik. Karena warna dari batu-batuan yang ada pula berlainan bila dibanding dengan batu secara umum. Anda dapat mempercantik penampilan teras sosial media Anda dengan photo rekreasi di bukit batu ini.

2. Melemparkan Coin

Kegiatan rekreasi yang ini termasuk cukuplah menarik. Banyak pelancong yang ditantang untuk dapat masukkan coin yang mereka lempar ke Telaga Bawin Kameloh. Tempat rekreasi ini masih kental akan adat dan keyakinan. Tetapi, Anda bebas untuk memercayainya atau mungkin tidak.

Baca juga : Antiknya Berbelanja di Pasar Terapung Lok Baintan Banjarmasin

3. Menyeka Muka Dengan Air Telaga

Air yang berada di telaga tempat Anda melemparkan coin simpan daya magnet tertentu. Karena, dipercaya bila air itu dipakai untuk menyeka muka, karena itu dapat bermanfaat agar selalu tahan lama muda. Betul atau mungkin tidak pun tidak ada yang mengetahui, tetapi banyak pelancong yang lakukan aktivitas ini pada tempat itu.

Sarana yang Ada di Rekreasi Bukit Batu

1. Warung Makan

Sarana yang Ada di Rekreasi Bukit Batu

Saat Anda lakukan berkeliling-keliling bukit batu dan lakukan bermacam kegiatan rekreasi, Anda pasti berasa haus dan lapar. Anda tidak perlu cemas, karena disekitaran lokasi rekreasi berdiri beberapa warung yang jual bermacam minuman dan makanan. Ada warung ini benar-benar berguna untuk beberapa pengunjung, karena mereka tidak pakai repot bawa perbekalan makanan.

2. Toilet Umum

Sarana toilet ada pada tempat ini. Tidak bisa disangkal, keperluan akan toilet ini juga penting. Karena mustahil pelancong akan buang air asal-asalan. Apa lagi tempat rekreasi ini dikenali sakral oleh warga di tempat, hingga pelancong jangan asal-asalan dalam melakukan tindakan.

3. Tempat Santai

Pada tempat rekreasi, tentu Anda pun ingin nikmati situasi rileks, karena tentu berikut salah satunya arah berlibur yang Anda harapkan. Pada tempat santai, Anda bisa juga sambil menyaksikan cantik panorama alam disekitaran Bukit Batu Tjilik Riwut.

4. Pemandu Rekreasi

Peranan seorang pemandu pada tempat ini termasuk cukuplah penting. Karena lokasi ini simpan banyak narasi. Bahkan juga tiap batu yang ada pula mempunyai filosofi masing-masing. Hingga info yang diberi oleh pemandu rekreasi menjadi tambahan pengetahuan untuk beberapa pelancong yang bertandang.

5. Pemondokan

Untuk Anda yang dari luar wilayah, pasti Anda memerlukan ada pemondokan untuk sesaat istirahat. Maka dari itu, di dekat lokasi rekreasi ini ada pemondokan yang dapat didatangi oleh pelancong. Ada 2 biji hotel yang ada dengan biaya bermalam yang lain, yakni Rp 728.000 dan Rp 190.000 untuk satu malam.

Baca juga : Daya tarik Keelokan Alam Bukit Matang Kaladan di Banjarbaru

Sampai saat ini rekreasi bukit batu Tjilik Riwut masih mempunyai magnet yang kuat untuk menarik pelancong banyak yang datang. Mayoritas dari pengunjung berasa tertarik sama kekhasan wujud batu-batuan yang ada dan legenda yang mengikutinya. Bahkan juga batu-batuan itu dipercayai bisa memberi manfaat masing-masing. Ditambah lagi telaga yang tidak pernah kering jadi daya magnet bukit ini.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks :Ad Views :