Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2022 | All Right Reserved

Home / Langkat / Daya tarik Air Terjun Pelaruga, Keelokan Alam Terselinap di Langkat

Daya tarik Air Terjun Pelaruga, Keelokan Alam Terselinap di Langkat

/

Directory Rekreasi – Air Terjun Pelaruga sebagai salah satunya dari beberapa rekreasi alam yang berada di Langkat Propinsi Sumatera Utara. Air terjun yang di kelilingi oleh rimba yang teduh membuat tempat rekreasi alam ini akan pas untuk beberapa pelancong yang berasa capek dengan situasi ramai di kota. Dengan rimba lebat yang hijau dan air yang warna biru jernih membuat beberapa pelancong akan lupa dengan kepenatan mereka.

Daya tarik Air Terjun Pelaruga, Keelokan Alam Terselinap di Langkat

Air yang mengucur di sejauh sungai dan air terjun ini berasal langsung dari mata air yang ada tidak jauh dari lokasi rekreasi, jadi tidaklah aneh bila berwana biru dan benar-benar fresh untuk diminum. Untuk beberapa pelancong yang tiba coba untuk melonjak dari lokasi yang cukup tinggi untuk mengetes adrenalin, rasa fresh akan berasa saat tubuh masuk air sungai.

Rekreasi alam Air Terjun Pelaruga bukan hanya tawarkan kesegaran air sungai dan kerindangan hutannya saja. Tetapi karena rimba yang teduh dan lebat ini membuat beberapa hewan yang dapat di dapatkan di sini seperti sejumlah tipe burung yang hinggap di pohon-pohonan. Kicauan suara burung, suara derunya ari terjun, dan suara angin yang terhembus antara pohon-pohonan membuat situasi damai.

Baca juga : Pesona Wisata Alam Curug Cigamea di Lereng Gunung Salak Bogor

Daya Ambil yang Dipunyai Air Terjun Pelaruga

Dari saja namanya semuanya orang akan menarik ringkasan jika daya magnet khusus dari rekreasi alam ini ialah air terjunnya. Dan memang betul bila air terjun dan keindahaannya yang jadikan daya magnet khusus tempat rekreasi alam ini. Tetapi tidak itu saja, berikut sejumlah daya magnet lain dari rekreasi alam yang berada di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.

Daya Ambil yang Dipunyai Air Terjun Pelaruga

1. Air Terjun

Sebagai daya khusus dari rekreasi alam ini adalah air terjunnya. Keelokan air terjun bersatu sama air yang demikian fresh dan warna biru jernih membuat tempat rekreasi alam ini mengundang beberapa pelancong banyak yang datang, terutama untuk mereka yang menyenangi rekreasi sungai dan air terjun akan bernafsu untuk tiba.

Bukan tanpa argumen kesegaran airnya jadi daya magnet khusus dari rekreasi alam Air Terjun Pelaruga. Ini karena ada beberapa aktivitas yang dapat dilakukan oleh beberapa pelancong di sejauh saluran air sungai dari air terjun itu.

2. Air yang Fresh

Bukan hanya air terjunnya saja yang cantik. Seperti telah di singgung awalnya, air yang ada sejauh saluran sungai ini demikian fresh dan cantik untuk dilihat. Air langsung mengambil sumber dari mata air yang ada tidak jauh dari lokasi air terjun membuat benar-benar fresh untuk merendam, bermain air atau bahkan juga meminum.

3. Rimba

Selanjutnya ialah rimba yang melingkari Air Terjun Pelaruga. Pohon-pohonan yang besar dan teduh di sekitar air terjun membuat udara yang dirasa pun demikian fresh. Suara burung yang hinggap di pohon-pohonan dan angin yang membelai beberapa pohon itu menambahkan kesan-kesan damai dan hilangkan stress untuk beberapa pelancong yang tiba ke arah tempat ini.

Baca juga : Wisata Alam Air Terjun Srambang di Kaki Gunung Lawu Ngawi

Alamat, Jalur Lokasi dan Harga Ticket Masuk Air Terjun Pelaruga

Air Terjun Pelaruga berada di Propinsi Sumatera Utara, Kabupaten Langkat. Ataupun lebih persisnya di jl. Sungai Wampu, Sei Bingai, Rumah Galuh. Memiliki jarak 50 Kilo Mtr. dari Ibu Kota Sumatera Utara yakni Kota Medan yang di menempuh lebih kurang 1 jam 40 menit memakai kendaraan motor.

Alamat, Jalur Lokasi dan Harga Ticket Masuk Air Terjun Pelaruga

Untuk jalur ke arah tempat rekreasi alam ini dapat diawali dari pusat Kota Medan selanjutnya ambil lajur ke arah Kota Binjai lalu ke Namoukur. Dari Namoukur mengambil lajur ke arah Rekreasi Alam Pelaruga di jl. Telagah.

Untuk harga ticket masuk ke rekreasi air terjun dengan harga Rp 10.000 per-orang. Dengan jam membuka dari jam 08:00 sampai jam 17:00. Ticket belum terhitung parkir, di mana harga parkir di tempat rekreasi alam ini untuk kendaraan roda 2 ialah Rp 3.000 dan kendaraan roda 4 ialah Rp 5.000.

Baca juga : Karacak Valley:: Objek Wisata Alam Hutan Pinus dan Air Terjun di Garut

Aktivitas yang Menarik Dilaksanakan di Air Terjun Pelaruga

Ada banyak hal bagus yang dapat dilaksanakan di taman ini. Sebagian besar aktivitas yang terkait sama air dapat dilakukan di sejauh saluran sungai. Berikut sejumlah aktivitas yang dapat dilakukan oleh beberapa pelancong di tempat rekreasi alam ini.

Aktivitas yang Menarik Dilaksanakan di Air Terjun Pelaruga

1. Bermain Air

Yang pertama terang bermain air, dari merendam, mandi air, bersemedi di bawah derasnya air terjun, sampai melonjak dari ketinggian dan rasakan serunya masuk ke air sungai bisa juga dilakukan di tempat rekreasi alam ini. Janganlah lupa untuk memakai pelampung untuk jaga keselamatan beberapa pelancong yang bermain air di tempat rekreasi alam ini.

2. Arum Jeram

Yang selanjutnya ialah arum jeram sepangang saluran sungai. Dengan naiki perahu atau ban beberapa pelancong bisa juga rasakan serunya saat rasakan arus air sungai dari air terjun.

Tak perlu takut karena saluran air sungai tidak begitu deras, jadi aman untuk beberapa pelancong yang baru coba rasakan kesan arum jeram. Tapi masih tetap pakai pelambung supaya masih tetap aman saat bermain.

3. Memancing

Buat mereka yang menyukai memancing bisa juga rasakan memancing di saluran sungai ini. Tidak seperti memancing di laut. Tetapi, cukup buat hilangkan rasa stress ditambahkan dengan suara alam terbuka akan membuat beberapa pelancong lebih rileks.

4. Menyelam

Ada satu spot yang tenang dan pas untuk beberapa pelancong yang ingin menyelam. Pada tempat ini saluran sungai sangai perlahan dan seolah-olah stop mengucur. Benar-benar pas untuk mereka yang ingin menyelam dan menyaksikan dasar sungai.

5. Nikmati Saluran Air Terjun Pelaruga dan Rimba Di sekitar

Untuk beberapa pelancong yang tidak mau bermain air, mereka dapat menentramkan pemikiran dan nikmati cantiknya air terjun elok ini dan rimba rimba yang ada di sekitaran mereka. Dengan santai dan nikmati semua keelokan alam ini akan membuat beberapa pelancong lupakan sesaat aktivitas mereka dan situasi hisap pikuknya keramai kota.

6. Camping

Aktivitas selanjutnya ialah camping atau menginap di sekitar rekreasi alam ini. Untuk beberapa pelancong pecinta alam dan sukai lakukan aktivitas camping bersama rekan atau keluarga dapat coba menginap di alam terbuka dengan suara air terjun yang temani sunyinya malam. Ini akan membuat pengelaman camping yang lain.

7. Berpose

Aktivitas yang wajib dilakukan masyarakat kekinian saat melancong entahlah itu kemana sajakah terhitung liburan ialah berpose. Saat tiba ke Air Terjun Pelaruga lalu bermain air dan nikmati keelokan alam terbuka dapat di selingkan dengan berpose riang. Baik itu bersama pasangan, keluarga atau dengan rekan . Maka jagan lupa bawa camera kalian saat merencanakan untuk liburan ke arah tempat ini.

Baca juga : Wisata Alam Danau Air Biru Situ Cilembang Sumedang

Sarana yang Ada di Air Terjun Pelaruga Langkat

Bukan hanya rekreasi alamnya saja yang cantik untuk di cicipi atau saluran air terjunnya yang fresh dan jernih, tetapi ada banyak sarana tambahan yang mendukung rekreasi alam Air Terjun Pelaruga supaya menarik semakin banyak pelancong untuk tiba dan liburan di tempat rekreasi alam ini. Berikut beberapa sarana yang dapat di dapatkan di tempat rekreasi alam ini.

Sarana yang Ada di Air Terjun Pelaruga Langkat

1. Tempat Parkir

Di tempat rekreasi alam ini mempunyai tempat parkir yang lumayan luas untuk beberapa pelancong memarkirkan kendaraan mereka. Tak perlu takut untuk memarkirkan kendaraan di sini, karena ada beberapa petugas akan jaga kendaraan beberapa pelancong sampai tempat rekreasi itu tutup jam 17:00.

2. Warung Makan

Ada warung makan untuk beberapa pelancong yang berasa lapar dan ingin cari makanan, baik itu makanan berat atau camilan. Ada kopi yang disediakan di tempat rekreasi alam ini untuk mereka yang ingin menelusurinya. Janganlah lupa buang sampah pada tempatnya supaya rekreasi alam ini selalu terlindungi dan dapat di cicipi oleh pelancong lain.

3. Gazebo

Selanjutnya ada gazebo atau tempat duduk yang beratap untuk beberapa pelancong santai dan nikmati berlibur. Di gazebo ini dapat memuat sampai lima orang dewasa dan dipakai untuk tempat menyimpan barang bawaan saat beberapa pelancong bermain air atau santai bersama beberapa orang paling dekat.

4. Toilet Umum

Saat beberapa pelancong telah senang bermain air, mereka dapat ganti baju di toilet umum ini. Atau untuk beberapa pelancong yang ingin bab dan kecil bisa juga ke toilet umum itu. Ada 2 tipe toilet yang berada di tempat rekreasi alam ini yakni toilet pria dan toilet wanita untuk menghindar beberapa hal yang tidak diharapkan.

Baca juga : Wisata Alam di Punthuk Mongkrong Magelang

5. Pemondokan

Ada banyak pemondokan yang ada di sekitaran air terjun yang dapat dipakai oleh beberapa pelancong untuk menginap saat lelah sepanjang hari bermain air. Untuk harga dapat dijangkau yakni dimulai dari Rp 200.000 permalam.

Air Terjun Pelaruga sebagai tempat liburan yang pas untuk beberapa pelancong yang berasa pusing dan stress dengan tugas atau keramaian kota. Dengan suara air terjun dan pohon-pohonan disekelilingnya membuat semua capek itu dapat menyusut. Untuk liburan dengan keluarga, pasangan, atau bahkan juga rekan juga pas. Mudah-mudahan berguna dan selamat liburan.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :