Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2022 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Bali / Dari Rekreasi Religius sampai Memburu Sunset di Pura Tanah Lot

Dari Rekreasi Religius sampai Memburu Sunset di Pura Tanah Lot

/

Directory Rekreasi – Pura Tanah Lot sebagai salah satunya tempat wisata iconic di Bali. Letak pura ini termasuk cukuplah unik yakni di atas batu karang besar di pinggir pantai.

Dari Rekreasi Religius sampai Memburu Sunset di Pura Tanah Lot

Sama sesuai namanya, Pura Tanah Lot ialah tempat beribadah untuk pengikut agama Hindu.

Pura ini cuma bisa dimasuki oleh umat Hindu. Walau demikian, Pura Tanah Lot masih tetap jadi daya pikat buat beberapa pelancong.

Keadaan ini disokong oleh lokasi pura yang dikitari oleh biru air laut ditambah lagi suara deburan ombak yang menentramkan.

Baca juga : Wisata di Pura Goa Lawah Klungkung Bali

Kombinasi di antara elemen religius dan keelokan ini yang membuat Pura Tanah Lot ramai didatangi oleh pelancong dari luar atau dalam negeri.

Upacara keagamaan Hindu di Pura Tanah Lot

Beberapa upacara keagamaan Hindu sering dikerjakan di Pura Tanah Lot. Satu diantaranya yaitu upacara Piodalan atau Pujawali yang disebut hari ulang tahun pura.

Upacara keagamaan Hindu di Pura Tanah Lot

Upacara Piodalan dikerjakan tiap 210 hari sekali menurut kalender Saka (kalender umat Hindu dari India) atau empat hari sesudah hari raya Kuningan.

Saat upacara Piodalan dikerjakan, beberapa pengunjung akan menyaksikan iringan pemedek, panggilan untuk umat Hindu yang tiba untuk ikuti pemujaan di pura tanpa ikatan khusus seperti turunan atau kawitan.

Umumnya iringan pemedek ini tiba dari beragam pelosok daerah Bali dan datang sekitaran di antara jam 4 sampai 6 hari saat air laut sedang kering.

Baca juga : Wisata di Pura Taman Saraswati Ubud Bali

Beberapa pelancong juga dibolehkan untuk bercampur dengan pemedek. Oleh karenanya, pelancong terus banyak yang datang ingin melihat upacara Piodalan.

Ada ular suci

Ada banyak ular yang dipandang suci menempati sebuah gua di Pura Tanah Lot. Ular-ular itu dipercaya sebagai penjaga pura. Tipe ular yang berada di Pura Tanah Lot termasuk beresiko.

Pura Tanah Lot

Tapi tidak boleh cemas, ular di Tanah Lot dalam pengamanan pawang. Bila cukup berani kamu juga dibolehkan berpose bersama si ular dengan ongkos suka-rela.

Tanah Lot sendiri memiliki dua pura yakni Pura Mulia Tanah Lot dan Pura Batu Berlubang. Jika ingin mengeksplor semakin banyak pura di Bali, kamu dapat berkunjung deretan pura yang lokasinya bersisihan dengan Tanah Lot.

Pura itu mempunyai arah yang berbeda. Misalnya, Pura Penataran yang berperan sebagai tempat menyembah Tuhan supaya memperoleh kebahagiaan dan kesejahteraan.

Selanjutnya ada Pura Jero Kandang untuk meminta pelindungan untuk ternak dan tanaman pertanian dari semua penyakit.

Baca juga : 9 Pesona Desa Wisata Di Bali Terpopuler Kunjungan Dan Mendunia

Tidak jauh dari Pura Jero Kandang ada Pura Enjung Galuh, pura untuk penyembahan Dewi Sri, dewi kesuburan tanah.

Nikmati peristiwa sunset

Tanah Lot ialah lokasi yang pas untuk melihat tenggelamnya matahari atau sunset di Pulau Dewata.

Nikmati Peristiwa Sunset di Tanah Lot

Didampingi wewangian laut, hembusan ombak menghempaskan pantai, sinar jingga dari matahari, dan bersama orang tercinta membuat situasi di Tanah Lot jadi romantis.

Untuk kamu yang ingin melihat sunset di Pura Tanah Lot, dianjurkan untuk tiba sekitaran jam 5 sore supaya memperoleh status yang cocok.

Baca juga : Pantai Batu Berlubang Bali yang Punyai Panorama Sunset Terbaik

Pasalnya makin sore, makin bertambah juga pelancong yang bertandang untuk memburu sunset di Pura Tanah Lot.

Nah, jika kamu ingin memburu sunset di Pura Tanah Lot, dapat dicoba. Mudah-mudahan berguna.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks :Ad Views :