Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Sumatera / Sumatera Utara / Danau Toba: Sepotong Surga Titipan Dewa

Danau Toba: Sepotong Surga Titipan Dewa

Menilik Pesona Danau Toba Bagaikan Sepotong Surga Titipan Dewa Di Ujung Barat Indonesia

Dirkeotri Wisata. – Danau Toba merupakan kawasan wisata yang menawan, tidak seperti yang kita kenal terbentuk saat pertama kali akibat letusan Gunung Api Toba Purba yang terjadi sekitar 74 ribu tahun silam yang telah meluluh lantakan yang hampir tidak berbentuk dan tidak memiliki kehidupan apapun.

danau-toba

Dari catatan para pakar geologi, konon mereka telah membuktikan bahwa letusan yang terjadi selama hampir seminggu nan maha dahsyat itu hampir melenyapkan 40 persen populasi manusia di dunia.

Lanjut informasi……

Debu vulkanik akibat dari letusan Gunung Api Toba Purba juga menyebar separuh kekawasan tempat yang ada di bumi hingga ke selatan Benua Afrika dan Kutub Utara.

Namun, bila kita perhatikan disisi lain, akibat dari letusan Gunung Api Toba Purba tersebut menghasilkan sebuah fenomena alam geologi yang merupakan “anugerah”.

Kaldera yang terbentuk lambat laun terisi air dan menjadi sebuah danau yang luas. Tidak lama bermunculan pulau-pulau di tengah danau akibat desakan aliran magma dan gerakan tektonik lempeng bumi.

Danau dan pulau-pulau di sekitarnya itu kemudian membentuk sesuatu bentang alam yang kita kenal sebagai kawasan Danau Toba. Keindahan danau akibat geologis itu telah melegenda sampai mancanegara.

Dari sebuah catatan Danau Toba memiliki luas sekitar 3.638 kilometer persegi, dengan ukuran panjang 87 kilometer dari barat ke tenggara dan dari lebar 27 kilometer dari timur laut ke barat daya.

Kono informasi yang Direktori Wisata terima, kawasan ini menjadikan kawasan danau vulkanik tektonik tersebut menjadi terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara karena luasnya. Secara administrasi Danau Toba membatasi delapan kabupaten di Provinsi Sumatera Utara.

Kunjungi juga : Rumah Bolon Saksi Bisu Raja Purba Simalungun

Kini bila kita melakukan perjalanan wisata di kawasan Danau Toba, kita hanya menyaksikan jejak kedasyatan geologi. Dan untungnya jejak itu hanya berupa keindahan alam yang eksotis.

Kunjungi Kawasan Eksotisme Keindahan Air Terjun Sipiso-Piso

Dengan budaya masyarakat lokal yang mendiami tanah bekas letusan itu pun penuh keunikan dan kaya dengan warna-warni cerita rakyat tentang legenda masyarakat tentang orang batak.

Bagi sahabat Direktori Wisata Indonesia yang akan melihat dari dekat keindahan pesona alam Danau Toba, kalian dapat langsung menuju ke lokasinya. teman-teman bisa mengikuti rute jalan yang ada di dalam peta yang di bawah ini.

Melihat hal ini semua, sudah sepatutnyalah wilayah seputaran Danau Toba disebut sebagai “sepotong Surga titipan dewa” untuk selalu dijaga, dipelihara, dan dilestarikan dalam keselarasan hidup di alam raya garis khatulistiwa bumi Nusantara.Selamat menikmati keindahan alam Danau Toba ya teman.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

8 Comments

  1. baru tw sy … danau toba berawal akibat letusan gunung berapi … 😀

    • Semoga bermanfaat untuk kita semua kisah cerita Danau Toba secara garis besar yang di angkat dari ilmu pengetahuan ini. 😀

  2. indah sekali, belum pernah aku kesana, untuk sejarah terciptanya danau toba yang melegenda ini mas, kayaknya menarik kalau diulas semakin dalam.. makasih

    • Bila di kupas tentang Danau Toba ini dengan ilmu pengetahuan memang mengasyikan ya Mba he,, he,, he,,,

  3. Melihat danau toba itu seperti melihat laut kecil

    • Bila di lihat dari kejauhan memang seperti itu Mba, Danau Toba terlihat bagaikan laut yang ecil namun indah ya…

  4. sungguh dasyat sekali ya kang letusannya sampai-sampai terbentuk sebuah Danau yg begitu Indah. Sejarah Danau Toba tentang letusan ini baru saya denger kang hehehe… makasih ya kang informasinya

    • Sama-sama Kang, semoga bisa bermanfaat kiash dari terbentuk danau toba ini untuk kita semua ya Kang.

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :