Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2021 | All Right Reserved

Home / Mancanegara / Danau Titicaca Terbesar Dan Indah Wisata di Amerika Selatan

Danau Titicaca Terbesar Dan Indah Wisata di Amerika Selatan

/

Direktori Wisata – Danau Titicaca yang terletak di Pegunungan Andes, perbatasan Peru dan Bolivia ini disebut sebagai danau tertinggi di dunia karena tingginya yang mencapai 3.821 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Danau Titicaca Terbesar dan Terindah di Amerika Selatan

Titicaca pun menjadi danau terbesar di Amerika Selatan karena luasnya yang mencapai 8.372 kilometer (km) persegi. 

Danau ini juga memiliki kedalaman mencapai 20 meter dan berbatasan langsung dengan Kota Puno di sisi timur, sedangkan di bagian barat danau ini berada di Kota Copacabana, Bolivia.

Kedua kota ini juga menjadi salah satu destinasi wisata tujuan turis dunia. Kota Puno dikenal dengan arsitektur kotanya yang bergaya kolonial. 

Copacabana cenderung lebih berada dekat dengan alam, karena di sini kamu disuguhkan dengan tepi laut yang tenang dengan pemandangan ke arah danau yang eksotis. 

Selain punya panorama alam yang indah, danau ini juga kaya akan sejarah dan cerita legenda. 

Berdasarkan mitologi Inca, danau ini menjadi tempat kelahiran Raja Inca pertama yaitu Manco Capac. Masyarakat lokal pun menjuluki danau ini sebagai “tempat lahirnya matahari”.

Konon, masyarakat setempat percaya kalau dewa pencipta muncul dari Danau Titicaca sebelum menciptakan matahari, bulan dan bintang-bintang.

Masyarakat Lokal Danau Titicaca

Namun, beredar pula cerita lainnya yang mengaitkan danau ini dengan kisah kota bawah laut Atlantis. 

Meski begitu, danau Titicaca Terbesar dan Indah tetap menawarkan pesona yang menakjubkan bagi wisata Amerika Selatan

Tidak mengherankan bila danau sebesar ini juga menawarkan keragaman hayati yang luar biasa. 

Danau Titicaca menjadi rumah bagi 500 spesies makhluk hidup seperti burung Flamingo hingga Puna Ibis, hingga katak raksasa yaitu Katak Danau Titicaca yang beratnya bisa mencapai 3 kg.

Baca juga : Torres del Paine National Park, Yang Indah di Chile

Karena kekayaan alamnya, sebagian dari danau ini pun merupakan kawasan lindung dengan nama Cagar Alam Titicaca.

Berbagai kegiatan bisa kamu lakukan di sekitar danau, seperti hiking, trekking, ataupun menikmati indahnya danau dari hotel atau resort tempat menginap. 

Masyarakat Lokal Bernama Uros Danau Titicaca

Menariknya lagi, di sekitar danau kamu juga bisa menemukan pulau-pulau apung yang dihuni oleh masyarakat lokal yang bernama Uros. 

Masyarakat lokal yang diperkirakan telah ada sejak zaman pra-Kolombia ini masih mempertahankan nilai-nilai tradisionalnya. 

Di pulau Isla Amantani atau Isla Taquile, Sahabat Direktori Wisata bisa menyaksikan masyarakat lokal membuat kerajinan bahkan menenun, hingga acara tarian-tarian yang digelar di sana. 

Waktu terbaik untuk mengunjungi danau Titicaca terbesar dan Indah di Amerika Selatan ini adalah di bulan Desember hingga Maret.

Karena Sahabat bisa ikut dan menyaksikan festival de la Virgen del la Candeleria yang dirayakan di sekitar kota Puno dan Copacabana. 

Sementara itu, buat Sahabat Direktori Wisata yang mencari kenyamanan, bisa berkunjung di bulan Mei hingga September, musim dingin menjadi bulan terbaik untuk mengunjungi danau ini. 

Baca juga : Cano Cristales River, Sungai yang Punya Lima Warna Terindah di Dunia

Kalau kamu ingin menghindari keramaian kamu bisa datang di bulan April dan Oktober. Perjalanan ke Danau Titicaca bisa ditempuh menggunakan bus atau pesawat

Buat Sahabat Direktori Wisata yang berada di Lima, ibu kota Peru kamu bisa memesan tiket penerbangan ke Bandara Inca Manco Capac di Julicia yang berada 28 km dari Kota Puno.

Semoga pengalaman ini dapat memberikan sebuah gambaran bagi sahat Direktori Wisata untuk menujungi danau Titicaca terbesar dan indah di Amerika Selatan.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks :Ad Views :