Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Kalimantan / Danau Purba Kakaban:: Liburan Bersama Ubur-Ubur

Danau Purba Kakaban:: Liburan Bersama Ubur-Ubur

/
/

Liburan Dan Bermain Bersama Ubur-Ubur Di Pulau Kakaban

Direktori Wisata – Tempat wisata di danau purba dengan spesies jenis ubur-ubur yang bersabat sebagai sahabat liburan bersama alam yang menyenangkan.

Pulau Kakaban termasuk salah satu pulau yang tidak berpenghuni yang terletak di Kabupaten Berau Kalimantan Timur ini memiliki destinasi wisata yang menarik dikunjungi. Di Pulau Kakaban ini terletak sebuah danau yang menjadi habitat endemik ubur-ubur. Yang menjadi keunikan dari ubur-ubr di danau ini adalah tidak menyengat seperti ubuur-ubur lainnya.

Perjalanan Direktori Wisata menuju Pulau Kakaban bersama rekan-rekan dimulai dari Pulau Derawan dengan menggunakan speadboat dengan menempuh waktu perjalanan +/1 jam.

Memandangi birunya air laut yang menawan bersama semilir angin laut dan deburan ombak yang memecah dinding kapal, menjadikan perjalanan penyeberangan ini semakin menantang bagi rakan-rakan yang tidak terbiasa melakukan perjalanan wisata bahari seperti ini.

Pulau Wisata Kakaban

Setelah sampai di dermaga kapal Pulau Kakaban kami langsung di sambut sebuah pemandangan dermaga kecil kapal yang menjorok ke laut dengan ltar belakang tumbuhan tanaman pepohonan yang lebat.

Setelah beristirahat sejenak dengan merapihkan beberapa barang bawaan, kami pun melanjutkan perjalanan menuju danau ubur-ubur yan berada di Pulau Kakaban tersebut.

Informasi yang Direktori Wisata terima dari pemandu wisata lokal setempat,  nama kakaban sendiri berasal dari bahasa suku Bajo yang artinya memeluk. Dan Pulau Kakaban ini berada di gugusan kepulauan Derawan, dan memiliki luas sekitar 774,2 hektar dan pulau ini termsuk dalam wilayah Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Dan air danau tersebut merupakan air laut yang terperangkap di tengah pulau. Dan danau inilah yang disebut dengan danau kakaban.

Danau Kakaban

Melewati pintu gerbang samasuk kawasan dari dermaga kapal Pulau Kakaban, perjalanan dilanjutkan melalui jalur anak tangga yang tersusun rapih dan menanjak +/- 5 menit kita akan menyaksikan luas dan indahnya danau kakaban yang indah. Konon danua ubur-ubur kakaban ini menjadi salah satu danau ubur-ubur terbesar Di Indonesia setelah danau haji buang di Pulau Maratua Kepulauan Derawan dan juga di Raja Ampat Papua.

Ubur-Ubur Danau Kakaban

Konon dikarenakan perubahan evolusi yang cukup lama oleh air hujan dan air tanah. Air danau Kakaban ini lebih tawar dari pada air yang ada atau yang terdapat disekitar Pulau Kakaban. Dimana perubahan ini juga berdampak pada adaptasi fauna laut yang ada di dalam danau Kakaban ini, seperti ubur-ubur yang mengalami keterbatasan makanan akhirnya mereka beradaptasi dengan melakukan simbosis mutualisme dengan alga.

Lanjut….
Di danau Kakaban ini memiliki 4 janis ububur-ubur yang tidak menyengat seperti ububur jenis bulan atau yang dsebut dengan nama latinnya “Aurelia Aurita, jenis ubur-ubur totol atau yang disebut dengan nma latin Mastigias papua, ubur-ubur kotak atau yang dikenal dengan nama latinya Tripedalia Cystaphora, dan yang paling unik ubur-ubur di danau Kakabn ini adalah jenis ubur-ubur terbalik atau yang disebut dengan nama latin Cassiape ordata.

Jenis ubur-ubur totol (Mastigias papaua) merupakan jenis ubur-ubur yang terbanyak populasinya di danau Kakaban ini, dan ubur-ubur jenis inilah yang paling lincah melakukan pergerakan dan berenang di perairan danau Kakaban ini.

Sementara jenis ubur-ubur Cassiape atau jenis ubur-ubur kotak merupakan uur-ubur yang paling jarang dan susah ditemui di danau Kakaban. Konon, jinis ubur-ubur kotak merkea tidak selalu berenang dan diam saja di dasar danau dalam posisi terbalik.

Keberadaan 4 jenis ubur-ubur di danau kakaban ini membuat danau kakaban ini menjadi nominasi sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO. Dan ke-4 spesies ubur-ubur di danau ini sangat di lndungi keberadaannya. Dan untuk menikmati pesona keindahan alam danau ubur-ubur Kakaban ini ada baiknya kia harus berhati-hati dan jangan berlama-lama berenang di dalam danua ini.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

1 Comments

  1. Kakaban menjadi salah satu daya tarik tersendiri 😀

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :