Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2022 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Danau Paniai, Danau Paling indah Di Dunia Di Tanah Papua

Danau Paniai, Danau Paling indah Di Dunia Di Tanah Papua

/

Direktori Wisata – Danau Paniai makin lengkapi keelokan alam yang terhidang di tanah Papua. Lepas dari semua masalah yang ada, tetapi saya percaya jika semua setuju jika tanah papua mempunyai berjuta keelokan alam yang mengagumkan.

Danau Paniai, Danau Paling indah Di Dunia Di Tanah Papua

Bukan sekedar pilihan kata hiperbola atas keelokan Danau Paniai, tetapi hal itu sudah jadi bukti yang sudah dianggap oleh sekitaran 157 negara di dunia.

Danau Paniai berada di Kabupaten Paniai, Propinsi Papua benar-benar dirasa sekali faedahnya untuk warga sekirar pada terutamanya.

Bila status Kabupaten Paniai masuk ke salah-satu wilayah ketinggalan yang berada di Indonesia, yang diputuskan oleh pemerintahan, tetapi masalah masalah daya tarik keelokan danaunya jadi salah-satu yang paling depan di Indonesia.

Riwayat, Asal-Usul Danau Paniai

Di tahun 1938, seorang pilot bernegara Belanda sedang terbang di atas langit Papua. Sesaat matanya terganggu oleh sebuah panorama yang mengagumkan.

Riwayat, Asal-Usul Danau Paniai

Ia menyaksikan 3 biji danau yang paling menarik, hingga tidak dapat meredam keinginan untuk landingkan pesawatnya dekati tempat danau yang cantik itu.

Nama pilot itu ialah Fritz Julius Wissel, hingga nama itu jadi nama teritori 3 danau barusan. Menjadi hal wajar, bila penemu awalnya selalu dihubungkan dengan sebuah pemberian nama tempat, benda, atau hal yang lain.

Teritori 3 danau itu, pada awalnya namanya Danau Wisselmeren (Nama Belakang Pilot/penemu). Dan seiring waktu berjalan, 3 danau itu mempunyai nama tertentu. Yakni :

* Danau Paniai

* Danau Tigi

* Danau Tage

Daya Ambil Danau Paniai

Apa sebenarnya sebagai argumen sekitaran 157 negara setuju jika Danau Paniai sebagai danau yang mempunyai daya tarik yang menakjubkan? Dan berikut jawabnya :

1. Danau Cantik Yang Luas

Danau Paniai ialah danau tektonik yang berada di atas ketinggian 1700 mdpl. Sumber airnya datang dari beberapa sungai besar. Yakni :

* Sungai Weya

* Sungai Ekadide

* Sungai Agadide

* Sungai Koto

Bila supali airnya dari beberapa sungai, kebalikannya dengan arus air dari Danau Paniai cuman ke arah satu sungai saja, yakni Sungai Yawei yang berada di Kokonao.

Danau Paniai mempunyai luas sekitaran 14.500 ha, dan dikitari oleh pegunungan besar, hingga membuat sebuah cengkungan raksasa yang menarik.

Baca juga : Jaga Adat melalui Festival Lembah Baliem di Papua

Adapun kedalaman Danau Paniai rerata sekitaran 30 mtr.. Adapun titik paling dalam dari Danau Paniai dapat capai 47 mtr..

Disamping itu, Danau Paniai mempunyai pinggiran berbentuk pasir dan bebabtuan. Banyak titik yang baik untuk memburu photo yang instgrammable, dengan latar danau dan pegunungan.

Danau Paniai mempunyai faedah ekonomis khususnya untuk warga yang tinggal disekitaran pinggiran danau. Danau Paniai tidak cuma digunakan untuk tempat rekreasi saja, tetapi digunakan untuk tangkap ikan, dan udang.

Namun ada 2 permasalahan yang kerap menghalangi aktivitas warga sekitaran. Yakni :

* Tanaman Eceng Gondok yang mengakibatkan ikan sulit sekali didapat.

* Banjir di keadaan tertentu. Karena debet airnya dikuasai oleh saluran sungai-sungai yang telah diterangkan awalnya.

Lokasi Danau Paniai

Danau Paniai ialah sebuah danau yang berada di Kabupaten Paniai, Papua. Atau secara administratif berada di area Paniai Timur.

Jalur Ke arah Danau Paniai

Untuk pelancong yang ingin berkunjung Danau Paniai, bisa mengawali perjalanan dari Kota Enarotali, Ibu Kota Kabupaten Paniai. Dari Kota Enarotali, ada dua lajur ke arah teritori Danau.

Baca juga : Taman Nasional Lorentz; Taman Paling besar di Asia Tenggara

Pertama, memakai lajur darat dengan sewa bis melewati medan jalan yang curam dan berliku.

Ke-2 , ambil lajur udara dengan menumpang pesawat AMA dan AMAF. Pesawat tipe Cessna yang dapat landing di daerah daratan tinggi dengan karakter dasar dari tanah.

Jam Membuka Danau Paniai

Danau Paniai terbuka untuk didatangi di dalam 24 jam dalam satu hari . Maka pengunjung dapat bebas berencana agenda lawatan ke danau paling indah di bumi ini.

Ticket Danau Paniai

Untuk masuk dan nikmati keelokan danau, tidak ada pungutan ticket masuk. Kalaulah ada ongkos yang dikeluarkan, itu ialah bila sewa perahu untuk beraktivitas di danau paniai ini.

Sarana Danau Paniai

Banyak sarana yang dijajakan di tempat wisata Danau Paniai ini. Seperti pos menjaga untuk melindung pelancong dari beberapa hal yang memiliki sifat tidak bagus.

Ada pula pemandu rekreasi yang hendak mengantar sekalian menerangkan mengenai asal mula atau letak tempat di danau ini.

Baca juga : Eksotisme Pantai Pulau Ahe, Surga Kecil Di Nabire Papua

Sarana yang lain seperti penyewaan perahu, penyewaan perlengkapan memancing, dan beberapa warung tempat penjual minuman dan makanan.

Untuk pengunjung yang ingin menginap bisa bermalam di sejumlah pemondokan yang disiapkan atau di beberapa rumah warga di tempat. Bila ingin bermalam di hotel, dianjurkan ke kota dan akan menemui beberapa hotel.

Object Rekreasi Dekat Danau Paniai

Tempat wisata kabupaten paniai, tidak cuma danau paniai saja. Benar-benar dekat sama danau ini ada danau Tage. Bahkan juga ke-2  danau ini tersambung oleh tunel alam. Rangkaian bukit-bukit hijau dan tebing tinggi disekitaran Danau Tage membuat mata terkesima.

Pengunjung akan dibikin kagum menyaksikan daya tarik alam danau ini, Bila disaksikan dari ketinggian di salah satunya bukitnya, bentangan air di Danau Tage terlihat kebiruan. Seperti perairan laut.

Daerah kabupaten Paniai ada juga yang masukd alam tempat Taman nasional Lorentz. Taman nasional ini mempunyai keberagaman hayati yang tinggi dan didukung keberagaman budaya yang menakjubkan.

Diprediksi kebudayaan itu berusia 30.000 tahun dan sebagai tempat tempat tinggal Suku Nduga, Dani Barat, Suku Amungme, Suku Sempan dan Suku Asmat. Peluang masih ada warga yang hidup terasing di rimba belantara ini yang belum melangsungkan jalinan dengan manusia kekinian.

Begitu dapat kami sedikit katakan dari tidak terbatas keelokan yang dapat kita jumpai bila berkunjung danau Paniai. Mudah-mudahan bsia jadi penyebab untuk anda untuk berencana lawatan ke danau paling indah di bumi ini.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks :Ad Views :