Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2022 | All Right Reserved

Home / Aceh / Danau Laut Tawar, Eloknya Danau di Daratan Tinggi Gayo Aceh

Danau Laut Tawar, Eloknya Danau di Daratan Tinggi Gayo Aceh

/

Directory Rekreasi – Danau yang berada di Kabupaten Aceh Tengah ini juga sering disebut dengan Danau Laut Tawar oleh masyarakat Gayo. Daratan Tinggi Gayo sebagai sisi dari Pegunungan Bukit Barisan, hingga tidak mengejutkan bila mempunyai kondisi alam yang hebat cantik dan tetap terlindungi secara baik.

Danau Laut Tawar, Eloknya Danau di Daratan Tinggi Gayo Aceh

Ada satu lokasi rekreasi yang kerap didatangi di sini, karena mempunyai alam yang paling cantik dan gampang untuk dilakukan. Namanya adalah Danau Laut Tawar, warga Suku Gayo mengatakan dengan Danau Laut Tawar.

Danau ini terhampar dengan luas capai 5.472 hektar dan panjang sekitaran 17 km dan lebar 3 km, dengan kedalaman kolam sekitaran 50 sampai 80 mtr..

DIberi nama Danau Laut Tawar adalah karena lokasinya yang Luas hingga terlihat seperti sebuah lautan, dan airnya adalah air tawar.

Lokasi yang pas untuk nikmati kekayaan alam yang paling cantik, dengan panorama bukit barisan yang hijau dan birunya danau.

Baca juga : Pulau Weh: Di Balik Pesona Alam Ujung Barat Indonesia

Kamu dapat bertemu dengan beberapa hewan liar seperti musang, kucing rimba, trenggiling, landak, siamang, rusa dan ada banyak kembali. Beberapa dari hewan itu diproteksi dan tidak dibolehkan untuk dicari.

Keelokan dan lokasi dari Danau Lut Tawar akan saya bahas selengkapnya seperti berikut:

Mistis Danau Laut Tawar

Dibalik keelokan Danau Laut Tawar yang sudah tidak disangsikan, rupanya danau ini simpan mistis yang sampai ini belum juga bisa terlewati. Salah satunya yaitu:

1. Legenda Putri Ijo

Danau Laut Tawar konon dijaga oleh sosok makhluk yang seperti putri duyung, makhluk itu namanya Putri Ijo. Keyakinan itu telah lama berkembang di Warga Takengon.

Disamping itu ada pula makhluk yang seperti naga yang sempat ketangkap camera sedang keluar dasar Danau Lut Tawar di tahun 2001 lalu.

2. Lembide

Mistis yang lain berkembang disekitaran Danau Laut Tawar adalah, ada makhluk penyedot darah yang menempati danau itu. Makhluk itu sukai mengisap darah pengunjung yang berenang.

Hal itu dikuatkan dengan selalu ada korban terbenam tiap tahunnya, dan sebagian besar korban mempunyai cedera sisa gigitan dikakinya. Yang serupa dengan sisa gigitan drakula sama seperti yang berada di beberapa film horror.

3. Bom Aktif Yang Tidak Dapat Terangkut

Suku Gayo mempunyai riwayat tertentu saat Indonesia masih dijajah, hal itu dipercaya dengan ditemukan bom aktif yang besar sekali dengan mempunyai berat sekitaran 1,5 ton yang disebut warisan Jaman Belanda.

Bom aktif itu diketemukan di kedalaman sekitaran 18 mtr., selainnya bom itu masih tetap ada beberapa alat membawa senjata yang lain seperti bom nanas, peluru, senjata, dan bom-bom kecil yang lain.

Belum semua diangkat ke dataran, temasuk bom yang terbesar. Karena bagiannya beberapa telah menempel pada batu-batuan, hingga harus benar-benar berhati-hati saat mengusungnya.

Tetapi, hal itu kerap dihubungkan dengan beberapa hal mistik, yaitu masyarakat sekitaran yakini jika bom itu dipertahankan oleh makhluk penghuni Danau Lut Timur untuk selalu ada di sana.

Baca juga : 12 Destinasi Wisata Sumatera Wajib Untuk Dikunjungi Wisatawan

Mistis yang berada di sekitaran Danau Laut Tawar ini berkembang dari mulut ke dalam mulut, warga di tempat yakini beberapa kejadian di atas. Walau semuanya tidak bisa ditunjukkan kebenarannya, kita cuman harus menghargai dan menghormati kepercayaan masyarakat sekitaran.

Lokasi Danau Laut Tawar Aceh

Lokasi Danau Laut Timur ada di Daratan Tinggi Gayo, Kabupaten Aceh tengah, Propinsi Nangroe Aceh Darussalam.

Jalur Ke arah Danau Laut Tawar

Jalur ke arah Danau Laut Tawar dari Ibu Kota Aceh tengah yaitu Takengon, cuman bisa dilakukan dengan perkiraan waktu sekitaran 10 menit saja.

Jalur Ke arah Danau Laut Tawar

Bila kamu bergerak di luar Aceh, kamu harus memakai pesawat terbang dan landing di Lapangan terbang Sultan Iskandar Muda, Banda Aceh. Disana kamu dapat memakai bus umum atau sewa mobil untuk ke arah Takengon.

Perjalanan yang hendak kamu menempuh sekitaran 32 km sama waktu perjalanan sekitaran 8 sampai 9 jam. Tetapi sejauh perjalanan kamu akan disajikan panorama yang paling cantik.

Baca juga : Wisata Alam Aceh Baru, Menunggangi Gajah Di Hutan Banlantar Aceh

Bila kamu pergi dari Medan, kamu akan tempuh perjalanan sekitaran 3 sampai 4 jam lama waktunya. Dengan keadaan jalan yang cukup berliku.

Jam Membuka Danau Laut Tawar

Jam operasional Danau Laut Tawar dibuka awal hari Senin sampai Minggu sepanjang 24 jam non-stop . Maka kamu bisa mendatanginya kapan pun kamu ingin.

Ticket Danau Laut Tawar

Ticket masuk Danau Laut Tawar belum ditetapkan atau masih gratis.

Sarana Danau Laut Tawar

Sarana yang berada di Danau Laut Tawar salah satunya:

* Tempat parkir mobil atau motor

* Beberapa warung minuman dan makanan

* Tempat untuk sekedar duduk manja

* Masjid

* Pemondokan

Daya Ambil Danau Laut Tawar Aceh

1. Keelokan Danau Laut Tawar

Saat kamu mulai memijakkan kaki di lokasi rekreasi yang ini, kamu akan menyaksikan secara riil sebuah bentangan air yang warna biru elok. Sepintas kamu akan berpikir jika kamu sedang ada di lepas pantai.

Daya Ambil Danau Laut Tawar Aceh

Tetapi rupanya kamu salah, kamu lagi ada dalam suatu danau yang paling luas dengan mempunyai air warna biru seperti lepas pantai. Disamping itu, kamu akan menyaksikan cantiknya pegunungan bukit barisan yang lengkapi situasi cantik di Danau Laut Tawar.

Dimulai dari Bukit Ujung Toweran sampai Bukit Ujung Bale Atu. Bukit-bukit itu banyak oleh pohon-pohonan yang paling teduh dan telihat terang warna hijau.

Luangkan waktu untuk berkeliling-keliling melingkari keelokan Danau Laut Tawar ini, dengan sewa perahu motor atau mungkin dengan sewa sepeda.

Kamu tidak dianjurkan untuk berenang di danau ini, karena kedalaman kolamnya sekitar di antara 50 sampai 80 mtr.. Hingga tidak pas untuk aktivitas berenang apa lagi buat kamu yang belum mengusai.

2. Pelabuhan Dedalu

Ada sebuah pelabuhan di atas danau yang ada di Dusun Dedalu, Kecamatan Laut Tawar, kamu bisa menyaksikan keelokan Danau Laut Tawar disini. Dan pelabuhan ini kerap dipakai pengunjung untuk tempat berpose.

3. Aktivitas Camping Dan Memancing

Danau Laut Tawar kerap dipakai untuk aktivitas memancing oleh masyarakat sekitaran, di mana di danau itu ada ikan epidemik yang umum disebutkan Ikan Depik.

Ikan Depik ini serupa dengan ikan teri, badannya kecil dan berwarna-warna. Jika dimasak akan berasa gurih dan renyah sekali.

Disamping itu kamu bisa lakukan aktivitas camping bersama dengan teman komune atau sebuah instansi. Tempat campingnya langsung menyaksikan keelokan Danau Lut Tawar.

Habiskan malam di alam terbuka dengan didampingi bintang-bintang, udara pada malam hari akan berasa dingin jadi seharusnya kamu mempersiapkan baju hangat.

4. Melihat Festival Laut Tawar

Di Danau Laut Tawar tiap tahunnya selalu diselenggarakan aktivitas festival yang umum diadakan di Bulan Desember. Ada beberapa kegiatan bagus yang sudah dipersiapkan.

Aktivitas itu salah satunya Panggung Seni Budaya Laut Tawar, Gayo Art Carnival, Daerah Seni Gayo, Parade Perahu Hias, dan Lomba Balap Perahu.

Aktivitas itu kerap disemarakkan oleh vokalis Ibu Kota atau vokalis wilayah di tempat. Arah diadakannya festival itu, satu diantaranya adalah untuk memancing ketertarikan beberapa pengunjung untuk selalu berkunjung Danau Laut Tawar.

Baca juga : Pesona Wisata Gayo Highland, Bagai Surga yang Tercecer di Aceh Tengah

Apa saja mistis yang menghias keelokan Danau Laut Timur, tidak menyulutkan beberapa pelancong untuk selalu banyak yang datang.

Bila kamu sedang ada di Daratan Tinggi Gayo, coba berkunjung untuk nikmati keelokan Danau Laut Tawar.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :