Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2022 | All Right Reserved

Home / Mancanegara / Danau Baikal di Rusia, Danau Membeku Dengan Panorama Super Cantik

Danau Baikal di Rusia, Danau Membeku Dengan Panorama Super Cantik

/

Directory Rekreasi – Bila kamu cari spot rekreasi di luar negeri yang unik dapat coba bertandang ke Danau Baikal di Rusia.

Danau Baikal di Rusia, Danau Membeku Dengan Panorama Super Cantik

Rusia bukan hanya dikenali sebagai negara terluas di dunia. Tetapi, kekayaan alam didalamnya mencatat riwayat penting. Satu diantaranya Danau Baikal yang disebut danau terluas sekalian terjernih di dunia.

Bahkan juga luasnya hampir sama dengan luas salah satunya negara di benua Eropa. Bukan hanya luas, danau ini mempunyai keelokan alam yang tidak terelak. Tidaklah aneh bila danau yang berada di selatan Siberia ini masuk menjadi satu diantara Situs Peninggalan Dunia UNESCO.

Lokasi Danau Baikal di Rusia

Danau alami ini berada di negara Rusia, persisnya di daerah selatan Siberia. Danau Baikal ada di Oblast Irkutsk di barat laut dan Buryatia di tenggara Rusia.

Riwayat Danau Baikal Rusia

Adapun nama Baikal sendiri sebetulnya diambil dari bahasa Tartar, yakni “Bai-Kul”. Danau ini mempunyai makna danau yang kaya. Sama seperti yang sudah dijumpai bahasa Tartar sebagai bahasa Turki yang dipakai bangsa Tartar, khususnya yang ada di sekitaran Siberia.

Riwayat Danau Baikal Rusia

Disebut juga jika pada awal 1900-an, sebuah armada Rusia memperoleh kapal feri yang dapat merusak es pertama kalinya. Peristiwa itu membuat menyebut kapal itu sebagai “Baikal”. Kapal ini melaut lumayan lama di Danau Baikal, yakni sampai tahun 1918.

Bila disaksikan dari permukaan perairannya, danau ini sebagai yang paling besar ke-7  di dunia. Panjang danau ini capai 636 km dengan lebar 79 km. Luas permukaan air danau ini capai 31,494 km2.

Tetapi danau ini sebagai yang paling besar di dunia bila disaksikan dari jumlahnya airnya. Hal yang membuat kagum ialah danau ini berisikan air tawar sekitaran 20% dari jumlahnya semua air tawar di dunia. Dalam kata lain, yakni sekitaran 90% dari keseluruhan air tawar yang berada di negara Rusia.

Baca juga : Air Terjun Niagara Wisata Amerika Dan Kanada Rute Lokasinya

Lalu, bagaimana Danau Baikal dapat simpan air tawar sekitar itu? Ini karena perairan danau ini dikenali benar-benar dalam, bahkan juga rerata capai 758 mtr.. Dan sisi danau yang paling dalam capai 1,637 mtr..

Danau Baikal sebagai Danau Terbersih di Dunia

Harus dipahami jika air yang berada di Danau Baikal dikenali demikian bersih dan jernih. Tidaklah aneh bila danau ini dikukuhkan sebagai yang terbersih di dnuia. Karena sangat jernihnya, perairan danau ini sering membuat takut beberapa penumpang kapal yang lewat.

Mereka dapat menyaksikan secara jelas kedalaman danau sampai 50 mtr.. Untuk yang takut ketinggian, kemungkinan ini bisa menjadi pengalaman yang mendebarkan. Adapun salah satunya argumen yang membuat danau ini demikian jernih ialah karena ada Epsichura baikalensis.

Itu ialah semacam krustasea yang memiliki ukuran micro. Binatang itu mampu memfilter lumut dan bakteri secara baik. Sama seperti yang sudah dijumpai, lumut dan bakteri sebagai salah satunya pemicu danau-danau di beberapa penjuru dunia jadi kotor.

Baca juga : Destinasi Wisata Romantis Romeo And Juliet Verona Italy

Bukan hanya jernih, tetapi kekayaaan bahari di danau ini dikenali lumayan banyak. Kamu dapat menyaksikan banyak udang di perairan ini. Mereka memaan beberapa sisa organik yang dapat membusuk hingga membuat rantai makanan.

Binatang dan Tumbuhan Epidemik di Danau Baikal

Siapa saja akan berasa terkesima dengan beberapa ribu tipe binatang dan tumbuhan yang berada di Danau Baikal. Beberapa diantarkannya bahkan juga telah memiliki sifat epidemik yang maknanya cuman hidup disekitaran danau ini.

1. Anjing Laut Air Tawar

Salah satunya binatang epidemik di danau ini dan cukup iconic ialah nerpa, yakni anjing laut Baikal. Sama seperti yang sudah dijumpai, tipe anjing laut yang hidup di air tawar memang lumayan sangat jarang. Nerpa adalah spesiesnya yang dapat dijumpai di Danau Baikal.

2. Crustacea Danau Baikal

Sesuai namanya, Epischura baikalensis sebagai spesies Crustacea yang karakternya epidemik di danau ini. Sama seperti yang telah disebut awalnya, krustasea ini benar-benar berperanan saat membuat perairan di Danau Baikal benar-benar jernih.

3. Ikan Omul

Sepintas ikan ini mempunyai wujud dan warna yang hampir sama dengan ikan bandeng. Ikan omul menjadi satu diantara tipe ikan yang sering dicari nelayan di tempat. Ini karena cita-rasanya yang sedap hingga dicintai orang sekeliling.

Baca juga : Kuta Mandalika Lombok, Pesona Pantai Cantik Legenda Putri Mandalika

Umumnya sajian ikan omul dipasarkan pedangang sedelah diproses dengan pengasapan. Tidaklah aneh bila masakan ikan omul ini menjadi satu diantara keunikan disekitaran Danau Baikal.

Permukaan Danau Baikal Membeku

Ada momen di mana permukaan danau ini akan membeku. Masa pembekuan danau ialah sepanjang 5 bulan dalam satu tahun, yakni dimulai dari bulan Januar hngga Mei. Waktu itu, dataran Siberia telah masuk musim dingin.

Permukaan Danau Baikal Membeku

Adapun musim dingin di Danau Baikal cukup ekstrim, temperaturnya capai -19 sampai -21 derajat Celcius. Tidaklah aneh bila air permukaan danau ini pada akhirnya sampai membeku. Menariknya, permukaan yang membeku itu kelihatan demikian benting.

Bahkan juga cukup banyak beberapa pelintas yang menduga susunan es di danau ini berasa tipis, walau sebenarnya tidak. Ketebalan permukaan es itu yakni sekitaran 0,5 sampai 1,4 mtr.. Dengan tebal itu, sebetulnya tidak cuma manusia yang dapat lewat, tetapi kendaraan juga.

Saat permukaan es membeku, ada beragam kegiatan bagus yang dapat dilaksanakan. Ini jadi peristiwa berekreasi yang tidak terlewatkan. Pengunjung danau ini dapat bermain ski, bermain kereta luncur, dan naik sepeda di permukaan danau.

Tidak itu saja, beberapa pengunjung bahkan juga menyengaja menelusuri danau ini untuk pengalaman yang hebat. Mereka jalan sepanjang beberapa ratus km dan membangun tenda-tenda supaya bisa kemping di atas es.

Baca juga : Eksotisme Cologne Cathedral (Kölner Dom) Bergaya Gotik Di Köln, Germany

Danau Baikal memang menjadi satu diantara situs peninggalan dunia yang penting dilestarikan kehadirannya. Danau ini dikenali sebagai harta karun Siberia dengan semua kekayaannya. Kehadiran danau ini jadikan Rusia sebagai salah satunya negara dengan tersedianya air tawar berlimpah.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :