Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2022 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Jawa Barat / Sukabumi / Curug Sawer Sukabumi, Ticket, Macam Rekreasi Hebat Keelokan Alam Yang Dibalut Modernisasi

Curug Sawer Sukabumi, Ticket, Macam Rekreasi Hebat Keelokan Alam Yang Dibalut Modernisasi

/

Direktori Wisata – Nama Curug Sawer memanglah bukan cuman berada di Sukabumi saja, tetapi ada pula di Tasikmalaya, di Bogor Bandung.

Curug Sawer Sukabumi, Ticket, Macam Rekreasi Hebat Keelokan Alam Yang Dibalut Modernisasi

Walau namanya sama, tetapi tentunya mempunyai karakter curug yang lain. Berikut pembahasan lebih jauh berkenaan Curug Sawer Sukabumi, cek this out!

Sukabumi saat ini memiliki tempat rekreasi yang asri, kekinian, juga cantik. Kombinasi di antara alam dengan modernisasi jadi suatu hal yang mengagumkan.

Tempat rekreasi ini ada di Teritori Pegunungan Taman Nasional Gunung Besar Pangrango, yaitu Curug Sawer namanya.

Trackking Ke arah Curug Sawer Sukabumi

Untuk ke arah Curug Sawer Sukabumi, beberapa pengunjung umumnya dengan melalui Situ Gunung Suspension Bridge atau Jembatan Menggantung Situ Gunung lebih dulu. Karena jembatan itu memberi kamu pengalaman yang mengagumkan.

Sesudah melalui jembatan menggantung itu kamu harus meneruskan perjalanan dengan jalan kaki di atas lajur batu-batuan yang telah dipadatkan, dengan ada pegangan di samping kanan jalannya.

Lajurnya dipenuhi oleh turunan yang cukup terjal, tetapi dihias panorama yang paling cantik dan masih alami.

Selanjutnya saat sebelum ke arah Curug Sawer Sukabumi kamu akan mendapati beberapa penjual souvenir dan tempat foodcourt. Pada akhirnya tiba kamu di tempat Curug Sawer Sukabumi.

Lajur trackking ke arah Curug Sawer Sukabumi dari Jembatan Menggantung Situ Gunung memerlukan waktu sekitaran 30 menit sampai 1 jam lama waktunya. Lajurnya dapat dilewati oleh anak-anak atau orangtua.

Daya tarik Keelokan Curug Sawer Sukabumi

Curug Sawer Sukabumi ada di teritori Gunung Besar Pangrango, hingga dikitari oleh pohon-pohonan yang lebat dan berdiri kuat.

Ketinggian Curug Sawer Sukabumi sekitaran 35 mtr., menyalurkan air dengan derasnya dibalik tebing batu yang dihias tumbuhan menjalar di kiri dan kanannya.

Baca juga : Jembatan Menggantung Situ Gunung Cisaat Sukabumi

Air yang disalurkan benar-benar jernih warna putih, jatuh ke kolam alami yang ada di bawahnya dengan hasilkan angin yang dibarengi gemercik air. Airnya terus mengucur ke arah sungai yang dihias batu-batuan.

Macam rekreasi Curug Sawer Sukabumi

Macam rekreasi hebat yang bisa dilaksanakan di Curug Sawer Sukabumi adalah:

1. Nikmati Keelokan Alam

Tempat Curug Sawer Sukabumi benar-benar asri, masih dipenuhi dengan pohon-pohonan yang teduh dan udara yang paling fresh sejuk.

Suara deburan air curugnya cukup deras, sanggup menentramkan jiwa yang disanggupi kepenatan. Dengan duduk di muka curug sekalian menyaksikan ke sekitar, menambahkan rasa sukur dan kagum akan ciptaan Tuhan.

2. Bermain Air

Kamu dilarang mandi pas di kolam tempat jatuhnya air, karena arusnya cukup deras dan tidak aman untukmu. Kamu bisa bermain air disekitaran saluran air, dengan batu-batuan yang berantakan.

Bila bertandang ke sebuah tempat rekreasi air tidak komplet rasa-rasanya bila kita tidak rasakan segarnya air yang disalurkan. Rasakan kesegaran air pegunungan sentuh tubuhmu, tetapi kamu harus siap dengan temperaturnya yang dingin.

Di atas saluran sungainya ada sebuah jembatan, yang bisa kamu pakai untuk dekati tempat curug dengan masih tetap kering. Di atas jembatan kamu bisa rasakan terpaan angin karena deburan air Curug Sawer Sukabumi.

3. Hunting Photo

Macam rekreasi ini kali sebuah kewajiban, yaitu hunting spot photo terbaik buat kamu posting di Facebook, Instagram, atau jadi status di Whatsapp.

4. Glamping

Glamping sebagai akronim dari Glamorous Camping, yang maknanya aktivitas kemah yang eksklusif. Tidak seperti camping secara umum yang perlu tidur di dalam tenda, dengan sarana seadanya.

Glamping sebagai aktivitas camping dengan sarana yang ideal, dan kamu tidak perlu repot untuk membangun tenda.

Baca juga : Curug Cimarinjung Air Terjun Melambung Tinggi Di Sukabumi

Tidak jauh dari Curug Sawer Sukabumi ada sebuah tempat glamping yang lumayan luas, kamu dapat nikmati malam hari dengan situasi pegunungan dan suara saluran air semalaman.

5. Melalui Situ Gunung Suspension Bridge Atau Jembatan Menggantung Situ Gunung

Situ Gunung Suspension Bridge sebuah jembatan menggantung dengan panjang 243 mtr. dan lebar 18 mtr.. Dan ucapnya sebagai jembatan menggantung paling panjang yang berada di Asia.

Tidak boleh cemas apa lagi takut saat melewati jembatan menggantung ini, karena saat sebelum menyebrangi jembatan kamu akan diberi sebuah ikat pingang yang bisa dipasangkan ke sebuah tali yang berada di sejauh jembatan.

Injakan jembatan juga dibuat dari kayu ulin yang dihadirkan langsung dari Papua, tipe kayu ini benar-benar kuat. Situ Gunung Suspension Bridge bisa memuat sekitaran 60 orang pada sebuah waktu.

Ada diketinggian 161 mtr. di permukaan tanah, kamu bisa menyaksikan lebih jauh keelokan alam yang terhidang. Kadang kabut akan tiba mendekati.

Riwayat / legenda Pemberian nama Curug Sawer

Pada jaman jaman dulu tempat curug ini selalu dipakai untuk ritus upacara mistik, karena itu Curug Sawer selainnya populer karena keelokan alamya populer karena keangkerannya.

Kabarnya nama Curug Sawer ini terbentuk sesudah seorang yang tinggal di kaki Gunung Ciremai, beliau benar-benar sakti, mengadakan Upacara Saweran di Sungai Cipada.

Upacara Saweran itu bermaksud untuk memperoleh karunia untuk dianya dan turunannya. Selanjutnya beliau bertapa sepanjang tahun di tempat curug ini sampai meninggal dunia.

Baca juga : Pantai Amanda Ratu, Object Rekreasi Eksotik di Sukabumi

Berdasar narasi yang berkembang jasad petapa itu tidak remuk jadi tanah tetapi beralih menjadi ular raksasa yang hidup secara gaib.

Walau ucapnya menyeramkan, tetapi Curug Sawer Sukabumi benar-benar cantik sayang untuk dilewati. Narasi yang telah berkembang itu, biarkanlah jadi narasi yang perlu kita menghargai dan hargai.

Lokasi Dan Alamat Curug Sawer Sukabumi

Lokasi Curug Sawer Sukabumi ada di Teritori Pegunungan Taman Nasional Gunung Besar Pangrango.

Alamat selengkapnya berada di Dusun Gedepangrango, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Jalur Ke arah Curug Sawer Sukabumi

Jalur ke arah Curug Sawer Sukabumi saat kamu telah melalui Mushola Agung Kota Sukabumi terus lajukan kendaraanmu ke arah Jl. Bijak Rahman, selanjutnya ke arah Jl.Babakan Pupus lalu belok ke kanan.

Jalur Ke arah Curug Sawer Sukabumi

Sesudah datang di perempatan jalan belok arah ke kiri. Lantas kamu akan berjumpa alun-alun, tujukan kendaraanmu untuk belok ke kanan ke arah Jl. Surya Kencana, lempeng terus untuk ke arah Jl. Cimumpang.

Ticket Masuk Curug Sawer Sukabumi

Ticket masuk ke arah Curug Sawer Sukabumi bila kamu melalui Situ Gunung Suspension Bridge, seperti berikut:

* Ticket masuk Taman Nasional Gunung Besar Pangrango weekday : Rp. 16.000,-

* Ticket masuk Taman Nasional gunung Besar Pangrango akhir pekan : Rp. 18.500,-

* Paket rekreasi Reguler : Rp. 70.000,- (Curug Sawer, Situ Gunung Suspension Bridge 1x balikan, welcome drink, masker)

* Paket rekreasi VIP : Rp. 100.000,- (curug Sawer, Situ Gunung Suspension Bridge bolak balik, welcome drink, masker, kendaraan antara jemput)

Ya, khusus untuk pemegang ticket VIP akan diantar ke arah Curug Sawer tak perlu capek jalan.

Jam Operasional Curug Sawer Sukabumi

Jam operasional Curug Sawer Sukabumi dibuka tiap hari, start pukul 07.00 pagi s/d jam 18.00 sore. Waktu terbaik adalah saat pagi hari dan cuaca yang ceria.

Sarana Curug Sawer Sukabumi

Sarana yang berada di tempat Curug Sawer Sukabumi lumayan komplet, yaitu karena ada:

* Tempat parkir

* Tempat food court

* Toilet

* Masjid

* Tempat camping

Panduan Rekreasi

Berikut saya berikan beberapa panduan rekreasi sebagai bahan rekomendasi buat kamu yang akan berkunjung Curug Sawer Sukabumi, yaitu:

* Karena kamu akan berkunjung alam, cuaca yang ceria ialah waktu terbaik.

* Pakai alas kaki yang nyaman dan tidak licin.

* Menjaga selalu kebersihan dan keasrian lokasi Curug Sawer Sukabumi.

* Jauhi tindakan yang bisa bikin rugi diri kita dan seseorang.

* Persiapkan handphone kamu untuk mendokumentasikan keelokan Curug Sawer Sukabumi.

Penutup

Periode wabah Covid-19 ini kita semakin banyak habiskan waktu di dalam rumah, beragam kegiatan yang umum kita kerjakan sudah tidak dapat seperti dahulu kembali.

Nikmati keelokan alam sebagai obat terbaik untuk melepas rasa capek pada diri, apalagi dengan keringanan akses ke arah lokasi.

Curug Sawer Sukabumi harus kamu kunjungi bersama dengan bagian keluarga atau rekan komune yang dipunyai.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks :Ad Views :