Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2022 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Jawa Barat / Bandung / Curug Malela, Eksotisme Air Terjun Di Bandung Barat

Curug Malela, Eksotisme Air Terjun Di Bandung Barat

/

Directory Rekreasi – Curug Malela ada di Teritori Bandung Barat, persisnya ada di Daerah Manglid.

Curug Malela, Eksotisme Air Terjun Di Bandung Barat

Pada awal kehadiranya curug ini tidak terlampau populer bahkan juga berkesan terkucil, karena akses ke arah lokasi masih susah untuk dicapai.

Tetapi sekarang ini, Curug Malela sudah berbenah sebegitu rupa hingga membuat kamu terus ingin mendatanginya. Kamu akan melihat keelokan curug yang melebar ke samping, patutlah bila digadangkan sebagai Niagara Mininya Jawa Barat.

Air yang disalurkan Curug Malela datang dari hilir Sungai sisi utara Gunung Kendeng, yang disebut gunung berapi yang tidak aktif kembali.

Curug Malela sebagai curug teratas dari beberapa air terjun seperti Curug Katumiri, Curug Manglid, Curug Ngebul, Curug Sumpel, Curug Palisir sampai Curug Pameungpeuk.

Trackking Ke arah Curug Malela Bandung Barat

Sesudah mencacirkan kendaraan di tempat yang telah disiapkan, untuk ke arah curugnya kamu bisa pilih dua akses. Yaitu dengan jalan kaki atau memakai jasa ojeg.

Bila kamu memakai jasa ojeg, harus bayar di antara Rp. 25.000 sampai Rp. 30.000. Dan ongkos sewa ojeg dari arah curug sekitaran Rp. 40.000 karena naik.

Ojeg yang ada telah diubah sebegitu rupa hingga bisa meluncur di jalan yang bertanah dan berlumpur. Dan untuk kendaraan bermotor yang kamu membawa tidak bisa melalui jalanan itu.

Bila kamu memutuskan untuk jalan kaki, kamu tinggal telusuri jalan yang telah disiapkan. Keadaan jalan turun dengan lajur trackking umumnya berbentuk tanah liat dan akan licin bila basah. Dalam jarak menempuh sekitaran 1 km.

Hati-hatilah saat kamu membawa juga anak-anak, karena kamu akan melalui lajur menuruni tangga yang dibuat dari tanah dan benar-benar terjal.

Ada warung minuman dan makanan di tengah-tengah perjalanan bila kamu berasa haus, dan ada gazebo yang lumayan besar buat kamu istirahat sesaat.

Baca juga : Dago Dreampark, Tempat Wisata Hutan Pinus di Lembang Bandung

Sesudah lewat jalan yang telah bagus dengan kondisi yang lebih teratur rapi itu maknanya Curug Malela tinggal beberapa mtr. kembali. Peluh yang bercucur akan selekasnya terbayar dengan cantiknya Curug Malela.

Ticket Masuk dan Parkir Curug Malela

Ticket masuk dan parkir Curug Malela terbagi dalam:

* Ticket masuk Rp. 5.500 per-orang

* Ticket parkir motor sejumlah Rp. 2.000 per unit

* Ticket parkir mobil sejumlah Rp. 5.000 per unit

Jam Membuka Curug Malela Bandung

Jam operasional Curug Malela dibuka tiap hari start pukul 08.00 sampai jam 16.00 sore.

Sarana Curug Malela

Di Curug Malela ada sarana umum misalnya:

* Tempat parkir yang bisa memuat mobil atau motor

* Beberapa warung minuman atau makanan

* Toilet

* Spot Photo

Lokasi Curug Malela

Lokasi Curug Malela ada di Daerah Manglid, Dusun Cicadas, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Jalur Ke arah Curug Malela Bandung

Jalur ke arah Curug Malela melalui Batujajar selanjutnya ke arah Cililin yaitu belok ke kanan di pertigaan jalan. Terus lempeng lewat Citapen selanjutnya belok arah ke kiri.

Jalur Ke arah Curug Malela Bandung

Saat mendapati pertigaan jalan, mengambil arah kiri kembali. Kamu akan berjumpa persilangan jalan kembali, mengambil arah ke kanan bila ke kiri ke arah Venue Gantole.

Jalan yang dilewati tidak selama-lamanya bagus dan mulus, semakin banyak jalan yang berlubang hingga bisa perlambat pergerakan kendaraanmu.

Baca juga : 6 Tempat Wisata Alam Yang Unik di Bandung dan Sedang Hits

Panduan ke arah Curug Malela telah banyak ada, hingga kamu tidak perlu cemas tersesat. Atau kamu dapat menanyakan pada masyarakat sekitaran berkenaan arah ke arah curug.

Daya Ambil Curug Malela

Walau akses ke arah Curug Malela masih susah untuk didatangi, tetap beberapa pengunjung yang tiba untuk menikmatinya. Karena Curug Malela mempunyai daya magnet misalnya:

1. Melihat Niagara Mini Jawa Barat

Curug Malela datang tidak seperti umumnya curug secara umum, keadaan curugnya yang lebar dengan ketinggian sekitaran 60 sampai 70 mtr..

Karena memiliki bentuk yang lebar itu hingga disebut seperti Niagara Falls yang berada di Kanada. Walau sama tetapi tidak sama.

Keadaan air Curug Malela bergantung pada musim, bila sedang musim penghujan debet airnya akan deras sekali dengan keadaan air yang warna kecoklat-coklatan. Tetapi bila musim kemarau datang debet airnya tidak terlampau besar dan airnya cukup bersih.

Kamu bisa dekati tempat curug dengan ke arah jembatan yang ada, di atas jembatan kamu bisa rasakan embusan air yang diberikan.

Alam disekelilingnya sangat indah dan berkesan masih asri dengan kedatangan beberapa pohon hijau yang teduh. Tidak percumalah trackking meletihkan yang kamu kerjakan untuk capai Curug Malela.

Baca juga : Wisata Ala Jepang Kyoto di Bandung, Rindu Hadir Ke Jepang

Tidak disarankan untuk berenang di tempat curugnya, kamu cuman bisa bermain air disekitaran saluran sungai dengan sekedar duduk di atas batu besar.

2. Hunting Spot Photo

Sesudah senang nikmati keelokan Curug Malela, macam rekreasi hebat yang lain yang perlu kamu kerjakan adalah dengan hunting beberapa foto hebat. Tempat photo yang jangan kamu terlewat yaitu:

* Sebuah lokasi yang berupa lingkaran dengan tertulis Curug Malela, ini sebagai icon dari lokasi rekreasi yang ini.

* Berpose di jembatan nusa cantik, dengan berdasarkan Curug Malela tersebut.

* Berpose di jembatan satunya kembali yang terletak lebih dekat sama Curug Malela.

Panduan Rekreasi

Berikut sejumlah panduan rekreasi buat kamu yang akan berkunjung Curug Malela, salah satunya:

* Pakai alas kaki yang nyaman dan tidak licin.

* Bila membawa juga anak-anak dan orangtua lebih bagus memakai jasa ojeg.

* Bawa minuman yang cukup sebagai perbekalan di perjalanan bila kamu memutuskan untuk jalan kaki.

* Bila memakai jasa ojeg pastikanlah kamu berpegangan kuat-kuat ya.

* Menjaga selalu kebersihan dan keasrian lokasi Curug Malela.

* Jauhi tindakan yang bisa bikin rugi diri kita atau seseorang.

* Persiapkan camera kamu untuk mendokumentasikan keelokan Curug Malela.

Asal Saran Nama Curug Malela

Asal mula pemberian nama Curug Malela diambil dari sebuah nama dari penguasa teritori curug. Seperti kalian tahu curug maknanya air terjun dan Malela diambil dari nama Eyang Tadjimalela.

Konon Eyang Tadjimalela kadang akan memperlihatkan dianya dengan figur kakek-kakek berjenggot dengan memakai baju yang serba putih.

Keelokan yang hebat memang terselinap, trackking berat yang dilewati tidak diacuhkan dengan keelokan Curug Malela tersebut. Menjaga dan lestarikan keelokan alam yang terhidang, hingga kita bisa menikmatinya sampai kapan saja.

Kunjungilah Curug Malela dan saksikanlah keagungan air terjunnya, tumbangkan rasa capek trackking yang akan menghinggapi.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks :Ad Views :