Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2021 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Jawa Barat / Cianjur / Curug Citambur, Air Terjun Yang Gagah Di Cianjur Selatan

Curug Citambur, Air Terjun Yang Gagah Di Cianjur Selatan

/

Direktori Wisata – Kabupaten Cianjur Selatan sebagai dari hasil pemekaran daerah di Kabupaten Cianjur di bulan Juli tahun kemarin. Hingga saat ini Kabupaten Cianjur Selatan masih juga dalam proses peningkatan.

Curug Citambur, Air Terjun Yang Gagah Di Cianjur Selatan

Cianjur Selatan mempunyai alam yang alami, bidang pertanian memimpin wilayah itu. Tahukan kamu jika di Cianjur Selatan ada sebuah air terjun atau curug yang mempunyai tinggi sekitaran 130 mtr.?

Curug itu namanya Curug Citambur dan ada di Dusun Karangjaya, Kecamatan Pasirkuda. Kehadiran curugnya telah kelihatan semenjak kamu masih diperjalanan.

Curug Citambur mempunyai 2 jenjang yang paling cantik dengan diproteksi tebing tinggi yang paling kuat. Alam disekelilingnya kelihatan masih alami dengan rindangnya pohon-pohonan disekitaran curug.

Disamping itu, ada banyak spot photo yang memikat turut memeriahkan tempat wisata yang ini. Ditanggung kamu akan kerasan untuk lama-lama di Curug Citambur.

Curug Citambur sempat ditutup diawalnya Wabah Covid-19 menyebar di Indonesia, tetapi sekarang ini mulai dibuka lagi dengan sediakan beberapa prosedur kesehatan sama sesuai saran pemerintahan.

Berikut pembahasan komplet berkenaan Curug Citambur ini:

Lokasi Curug Citambur

LokasiCurug Citambur ada di Dusun Karangjaya, Kecamatan Pasirkuda, Kabupaten Cianjur Selatan, Jawa Barat

Jalur Ke arah Curug Citambur

Jalur ke arah Curug Citambur bila mulai bergerak dari Kota Bandung akan tempuh jarak sekitaran 72 km lewat Ciwidey. Saat kamu datang di Perkebunan Teh Rancabali, akan berjumpa jalan pertigaan.

Beloklah ke samping kanan dari pertigaan itu, perjalanan yang kamu lewati akan dipenuhi oleh tikungan dan turunan yang cukup tajam. Tetapi keadaan jalan benar-benar sangat bagus, hingga gampang untuk dilewati.

Rupanya tidak seluruhnya jalan yang dilewati bagus dan beraspal, ada sisi jalan yang cukup berlubang tetapi tidak akan terlampau mengusik perjalananmu.

Selanjutnya kamu akan mendapati kembali persilangan jalan, mengambil arah ke samping kanan. Sejauh perjalanan bentangan alam yang paling cantik temanimu.

Jalannya juga bisa dilewati oleh kendaraan beroda 2 atau beroda 4. Jalan yang berliku dan turunan akan kamu lewati, hingga yakinkan keadaan kendaraanmu pada kondisi baik.

Selanjutnya kamu akan menyaksikan pintu masuk Curug Citambur untuk ke arah tempat parkir kamu harus terus meluncurkan kendaraanmu lewat jalanan yang berbatu dan naik dan akan licin bila hujan turun.

Baca juga : Curug Citambur di Cianjur, Daya tarik Keelokan Air Terjun Dengan tinggi 130 Mtr

Lajurnya bisa dilewati mobil ko, jadi buat kamu yang memakai kendaraan mobil tidak perlu cemas. Pada akhirnya tiba kamu di tempat parkir Curug Citambur.

Jam Membuka Curug Citambur

Jam operasional Curug Citambur dibuka tiap hari Senin sampai Minggu dan sepanjang 24 jam non-stop. Waktu terbaik nikmati Curug Citambur adalah saat pagi hari.

Ticket Masuk Dan Parkir Curug Citambur

Ticket masuk dan parkir Curug Citambur sebesar:

* Untuk ticket masuk Rp. 10.000 per-orang

* Parkir motor Rp. 2.000 per unit

* Parkir mobil Rp. 5.000 per unit

Sarana Curug Citambur

Sarana umum yang berada di teritori Curug Citambur terbagi dalam:

Sarana Curug Citambur

* Tempat parkir yang lumayan luas

* Beberapa warung minuman dan makanan

* Toilet

* Masjid

* Spot photo

Daya Ambil Curug Citambur

Walau untuk ke arah Curug Citambur kamu wajib melakukan perjalanan yang tidak gampang dan lumayan lama, tetapi lokasi rekreasi yang ini sering kali ramai didatangi pelancong yang tiba dari beragam wilayah. Karena Curug Citambur mempunyai daya magnet misalnya:

Daya Ambil Curug Citambur

1. Pemandangan Alam Yang Cantik

Alam Curug Citambur kelihatan masih alami udaranya juga benar-benar sejuk karena ada di daratan tinggi, banyak berdiri beberapa pohon yang lumayan tinggi menghias tempat wisata yang ini.

Lokasi Curug Citambur ada di balik tebing Gunung Lemo, gunung itu menghampar dari daerah Rancabali sampai Pasir Kuda konon seperti huruf L.

Kondisi alamnya akan membuat kamu kerasan untuk tinggal lama-lama, lokasi yang pas untuk ajak bagian keluarga nikmati akhir minggu di alam terbuka semacam ini.

2. Curug Citambur Yang Gagah

Curug Citambur berdiri dengan gagahnya dengan ketinggian sekitaran 130 mtr. dan mempunyai 2 jenjang air terjun. Jenjang air terjun yang pertama tinggi sekali, kemungkinan tingginya sekitaran 100an mtr..

Airnya mengucur dengan derasnya hingga membuat uap air tipis disekitaran jatuhnya air, kolam alami di bawahnya tidak terlampau lebar dan airnya langsung mengucur membuat air terjun mini. Kamu dilarang untuk bermain air disekitaran kolam itu, karena benar-benar beresiko.

Air terjun hasil saluran Curug Citambur ini mempunyai 3 saluran air, tetapi saat debet air lumayan besar cuman akan kelihatan 2 saluran saja. Disekitaran curah air terjun ini ada banyak batu-batuan dengan besar yang bermacam menghias kolam disekelilingnya.

Kamu bisa bermain air disekitaran saluran air terjun ini, tetapi kamu harus siap dengan keadaan air yang cukup dingin. Airnya benar-benar jernih dan bersih, benar-benar benar-benar beri kesegaran.

3. Spot Photo Yang Ajib Sekali

Pengurus Curug Citambur telah sediakan beberapa spot photo yang keren sekali buat kamu berpose, spot photo yang terpopuler adalah spot rumah kebalik.

Ada kontruksi rumah dengan status berlainan dari umumnya, yaitu tempatnya kebalik. Di mana atapnya ada di sisi bawah. Beberapa pengunjung yang mendokumentasikannya dalam sebuah photo atau video.

Baca juga : Itinerary Satu hari di Cianjur, Rasakan Panorama Air Terjun 130 Mtr

Disamping itu ada juga spot photo sebuah gardu pandang dengan latar Curug Citamburnya, rumah pohon, seperti sebuah gapura yang tertulis Curug Citambur, dan beberapa spot photo yang lain. Agar bisa exist di sejumlah spot photo itu kamu harus bayar sejumlah Rp. 5.000,-

Riwayat Pemberian nama Curug Citambur

Curug memiliki arti air terjun, panggilan ini biasa dipakai di wilayah Jawa Barat. Dan Citambur terdiri dari 2 kata, yaitu Ci dan Tambur. Ci memiliki arti air dan Tambur maknanya alat musik yang dipukul yang namanya Tambur.

Hal itu karena air yang jatuh dari curug itu benar-benar keras dan deras hingga memunculkan bunyi seperti suara tambur yang ditabuh.

Adapula narasi yang lain menemani penyematan kata Citambur pada curug ini, yaitu pada jaman dulu lokasi ini kerap dipakai mandi oleh Prabu Tanjung Anginan. Sepanjang perjalanan ke arah curug, beberapa ajudan selalu menabuh tambur.

Yang mengakibatkan suara tabuhan tambur itu jadi tanda jika Si Raja akan ke arah curug, hingga masyarakat sekitaran menyebutkan curug itu bernama Curug Citambur.

Prabu Tanjung Anginan sebagai raja dari Kerajaan Tanjung Anginan, konon daerah di mana curug ini ada terhitung di dalam daerah kerajaan itu.

Ini diperkokoh karena ada sebuah batu yang seperti bangku di tempat air terjun, dan dipercayai batu itu sebagai tempat duduk atau singgasana dari Prabu Tanjung Anginan.

Tetapi hal itu tidak bisa ditunjukkan secara ilmiah kebenarannya, benarkah semacam itu ada atau hanya sebuah dogma yang berkembang tanpa dasar yang kuat.

Disamping itu, rupanya oleh beberapa orang memandang Curug Citambur berkekuatan magic yang lumayan tinggi. Karena itu oleh orang yang mempercayai hal itu curug ini selalu dipakai untuk bersemedi, agar tiap hajatnya tercukupi.

Panduan Rekreasi

* Pakai alas kaki yang nyaman untuk menjejaki tangga batu-batuan ke arah curug.

* Bawa pakaian hangat untuk jagamu agar tidak kedinginan.

* Jauhi untuk dekati air terjun pada bagian atas, karena airnya cukup deras.

* Menjaga selalu kebersihan dan keasrian lokasi Curug Citambur.

* Jauhi tindakan yang bisa bikin rugi diri kita atau seseorang.

* Persiapkan handphone kamu untuk mendokumentasikan keelokan Curug Citambur.

Penutup

Curug Citambur lokasinya memang terselinap tetapi keelokan alamnya benar-benar memesona, tiba dan saksikanlah sendiri gagahnya Curug Citambur.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks :Ad Views :