Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2022 | All Right Reserved

Home / Majalengka / Curug Cipeuteuy, Pemandangan Alam yang Menarik di Kaki Ciremai Majalengka

Curug Cipeuteuy, Pemandangan Alam yang Menarik di Kaki Ciremai Majalengka

/

Directory Rekreasi – Curug Cipeuteuy salah satunya tempat wisata alam favorite di Sindangwangi, Majalengka, Jawa Barat. Panorama alam air terjun yang eksotik dan rimba pinus yang hijau siap menghipnotis siapa saja yang bertandang.

Curug Cipeuteuy, Pemandangan Alam yang Menarik di Kaki Ciremai Majalengka

Rekreasi alam sering jadi tujuan yang membahagiakan untuk liburan bersama. Nampaknya Curug Cipeuteuy yang ada di Majalengka ini pas jadi tujuan saat hari liburan datang karena tempat wisata ini jadikan pemandangan cantik yang tidak ada duanya.

Curug menarik ini ada di teritori rimba hingga untuk capai lokasi pengunjung harus trackking lebih dulu. Sejauh perjalanan pengunjung akan dimanja dengan panorama hijau dari pohon-pohonan, bukit, sawah dan sungai menjadi perjalanan yang cukup melawan itu jadi makin membahagiakan.

Antiknya di Curug Cipeuteuy ini ada pohon Cipeuteuy atau Pete dengan bahasa Sunda karena biasanya di air terjun banyak tumbuhan liar bukan pete. Kedatangan pohon pete berikut yang membuat pengunjung ingin tahu untuk menyaksikannya. Disamping itu, tempat wisata ini diperlengkapi dengan sarana mencukupi yang bisa dipakai oleh pengunjung.

Baca juga : Curug Sempong, Air Terjun Terselinap Yang Elok Di Majalengka

Daya Ambil yang Dipunyai Curug Cipeuteuy

1. Situasi yang Sejuk

Daya Ambil yang Dipunyai Curug Cipeuteuy

Air terjun Cipeuteuy mempunyai situasi sejuk dan asri karena terletak ada di tengah rimba. Pohon pinus membubung tinggi dan beberapa tanaman liar akan Anda jumpai di sejauh perjalanan. Tempat ini benar-benar direferensikan untuk pengunjung yang ingin menentramkan pemikiran atau refreshing dari sibuknya kehidupan perkotaan.

2. Rekreasi Alam yang Terurus

Walau ada di tengah rimba tidak berarti air terjun ini tidak dirawat, malah kebalikannya. tempat ini sebagai teritori rekreasi yang bersih baik jalan ke arah air terjun sampai kolamnya. Tempat wisata ini dirawat dan dibikin bersih dengan teratur oleh pengurus supaya pengunjung dapat nikmati berlibur sampai senang dan nyaman.

3. Akses yang Gampang

Sebagai salah satunya arah rekreasi yang terkenal di Majalengka, Curug Cipeuteuy mempunyai akses yang lumayan gampang. Dari tempat parkir pengunjung dapat trackking lewat rimba dengan keadaan jalan yang telah diaspal hingga cukuplah aman bila dilalui anak-anak atau orangtua. Bahkan juga di sejumlah titik ke arah kolam ada pemisah besi yang dapat dipakai sebagai penyangga.

Baca juga : Curug Ibun Pelangi, Air Terjun Terbaik Di Majalengka

4. Arus Air Cukup Tenang

Air terjun Cipeuteuy ini tingginya cuma sekitaran 5 mtr. dengan debet yang cukup tenang hingga arus kolamnya tidak begitu deras. Dengan arus yang cukup tenang hingga aman bila dipakai untuk bermain air. Hal itu membuat beberapa pengunjung bahkan juga anak-anak membulatkan tekad untuk berenang di kolam.

5. Air Terjun dengan Kolam Bertingkat

Berlainan sama air terjun yang lain yang arusnya mengucur ikuti arah sungai, di Cipeuteuy saluran sungainya malah dibuat jadi beberapa kolam bertingkat dengan design yang elok. Bahkan juga ada yang yakin jika air yang mengucur ini sanggup memberi manfaat untuk kesehatan.

Air Terjun dengan Kolam Bertingkat

Kolam bertingkat itu diatur sebaik mungkin sampai terlihat alami dengan berundak-undak memakai batu. Selainnya untuk memuat air dari air terjun, di atas kolam dibuat jembatan yang dibuat dari bambu.

Alamat dan Jalur Ke arah Lokasi Curug Cipeuteuy

Curug elok ini ada di lokasi yang lumayan gampang dicapai dari pusat perkotaan. Dia sebagai tempat wisata yang masuk teritori rimba konvensional Taman Nasional Gunung Ciremai. Adapun alamatnya yakni Kabupaten Majalengka, Jawa Barat persisnya jalan Dusun Pasir, Bantaragung, Kecamatan Sindangwangi.

Alamat dan Jalur Ke arah Lokasi Curug Cipeuteuy

Akses jalan ke arah air terjun Cipeuteuy ini lumayan baik karena telah diaspal hingga dapat dilakukan memakai kendaraan motor baik beroda 2 atau beroda 4. Harus dipahami jika jalur ke arah lokasi cukup terjal hingga tidak direferensikan untuk Anda memakai motor matic karena cemas tidak kuat saat naik.

Adapun jalur yang bisa diambil yakni dari pusat perkotaan Majalengka ke arah Dusun Sindangwangi di mana sumber itu ada. Selanjutnya perjalanan diteruskan ke arah Dusun Pasir yang ada di Dusun Bantaragung. Akan ada beberapa papan panduan jalan ke arah tempat parkir lokasi rekreasi jadi Anda tak perlu cemas sesat jalan atau juga bisa memakai kontribusi google maps melalui handphone.

Setelah tiba pada tempat parkir, pengunjung harus meneruskan perjalanan ke arah lokasi air terjun dengan trackking rimba lebih dulu. Perjalanan yang hendak dilakukan sekitaran 300m dengan melalui tebing turun yang telah diaspal hingga dapat dilewati dengan aman. Selai itu, sepanjang perjalanan pengunjung akan disuguhi beragam panorama, kicauan burung yang membuat perjalanan berasa lebih enteng.

Baca juga : Curug Leuwi Hejo di Bogor, Rekreasi Trackking sampai Air Terjun

Harga Ticket Masuk Curug Cipeuteuy Majalengka

Harga ticket masuk teritori rekreasi Curug Cipeuteuy cukup bervariatif. Untuk anak-anak biaya ticket masuknya sejumlah Rp 10.000 dan dewasa sejumlah Rp 20.000. Harga itu belum terhitung ongkos parkir kendaraan. Ongkos parkir kendaraan beroda 2 sekitaran Rp 3.000 dan biaya parkir untuk mobil sekitaran Rp 10.000.

Harga Ticket Masuk Curug Cipeuteuy Majalengka

Selainnya nikmati panorama dan bermain di kolam air terjun, pengunjung dapat camping pada tempat ini. Untuk Anda yang berminat untuk camping akan dikenai biaya sejumlah Rp 25.000 saja. Harga itu belum terhitung dengan tenda yang langsung bisa dihuni. Dalam pada itu, tempat wisata ini membuka tiap hari dimulai dari jam 08.00-17.00 WIB.

Baca juga : Curug Kapak Kuda, Air Terjun Berundak Di Majalengka

Kegiatan yang Menarik Dilaksanakan di Curug Cipeuteuy

1. Berenang di Kolam

Ke Curug Cipeuteuy pasti tidak komplet bila tidak menceburkan diri langsung ke kolam. Air pada tempat itu benar-benar fresh bahkan juga condong dingin ingat ada di pegunungan. Sesudah tempuh perjalanan dari gerbang ke arah air terjun beberapa saat rasa capek akan lenyap saat itu juga saat Anda berenang di kolam air terjun ini.

Kegiatan yang Menarik Dilaksanakan di Curug Cipeuteuy

Kolam yang dibendung dengan batu-batuan itu membuat arus  lebih tenang hingga pengunjung baik dewasa atau anak-anak bisa berenang sepuasnya. Dan untuk Anda yang tidak mahir berenang tak perlu cemas karena kolam itu cukuplah aman dengan kedalaman cuma sekitaran 1,5 mtr. saja.

2. Berkeliling-keliling Teritori Air Terjun

Keliling di teritori air terjun Cipeuteuy ialah aktivitas yang dapat diputuskan jika Anda menyengaja liburan untuk menjernihkan pemikiran. Sepanjang berkeliling-keliling, pengunjung akan disuguhi dengan pemandangan cantik rimba, gemericik air terjun dan kicauan burung. Situasi yang memberikan dukungan ini benar-benar direferensikan untuk Anda yang capek dengan kegiatan rutin setiap hari.

3. Santai Nikmati Panorama

Selainnya melingkari tempat air terjun, pengunjung bisa juga santai nikmati panorama alam sekalian sekedar duduk di meja bangku yang disiapkan. Antiknya meja bangku itu dibuat dengan wujud unik seperti potongan kayu besar yang ditempatkan di luar ruang hingga terlihat demikian bersatu dengan alam.

Anda tak perlu cemas kekurangan tempat karena meja bangku yang disiapkan di tempat Curug Cipeuteuy lumayan banyak . Maka sekalian duduk rileks Anda dapat nikmati panorama alam di air terjun Cipeuteuy sambil didampingi cemilan atau minuman hangat.

4. Istirahat di Gazebo

Capek bermain dan berenang, pengunjung dapat istirahat di gazebo atau pemondokan yang satu tempat dengan lokasi air terjun. Gazebo pemondokan ini lebih banyak dipakai oleh pengunjung untuk tempat bergabung atau sekedar nikmati perbekalan yang dibawa dari rumah. Santai sekalian didampingi situasi sejuk dan alami ini akan membuat berlibur makin membahagiakan.

5. Kemping di Teritori Curug

Aktivitas yang dapat pengunjung kerjakan selanjutnya ialah kemping atau camping di teritori Cipeuteuy. Bila Anda ingin rasakan berlibur yang lain, camping di tempat air terjun ini pantas untuk dicoba karena ada beberapa pengalaman yang tidak dijumpai pada tempat yang lain.

Ada tempat perkemahan yang namanya Perkemahan Awilega. Tempat perkemahan itu ada di rimba dan tidak jauh dari lokasi air terjun. Walau ada di tengah rimba, Anda tak perlu cemas karena pada tempat itu telah ada listrik dan beberapa sarana yang lain. Dengan begitu berlibur di Cipeuteuy jadi berlibur yang mengagumkan apa lagi bila dengan keluarga.

Baca juga : Air Terjun Ciupang, Daya tarik Air Terjun Cantik Yang Eksotik di Pesawaran

6. Membuat Api Unggun

Saat kemping, satu aktivitas yang jangan dilewati ialah membuat api unggun. Kelihatannya kegiatan itu harus dilaksanakan khususnya saat kemping karena untuk menghangatkan tubuh dan situasi disekitaran teritori perkemahan. Tetapi, yang harus dipahami saat membuat api unggun ada di teritori aman supaya api tidak merambat ke arah tempat yang lain.

7. Hunting Photo Kece

Salah satunya aktivitas yang tidak dapat terlepas saat ada di Curug Cipeuteuy ialah berfoto. Pemandangan alamnya yang paling natural serta cantik jadi incaran daya pikat beberapa pengunjung untuk mendokumentasikan tiap pojok yang ada di lokasi rekreasi satu ini.

Disamping itu banyak spot yang memikat buat jadi tempat berpose baik sebagai panorama atau untuk latar belakang photo. Beberapa tempat yang umum jadi spot photo ialah jembatan dan kolam bertingkat.

8. Nikmati Rekreasi Kulineran

Capek lakukan beragam kegiatan, pengunjung dapat berekreasi kulineran di beberapa warung yang ada di tempat itu. Beberapa stan warung sediakan menu makanan, cemilan bahkan juga minuman hangat untuk temani pengunjung sekalian rasakan dinginnya udara pegunungan.

9. Menyaksikan Langsung Elang Jawa

Pengunjung yang tiba ke Curug Cipeuteuy bisa melihat langsung komunitas dan kehadiran Elang Jawa. Elang yang disebut spesies epidemik di Pulau Jawa ini mulai musnah hingga lestarikan diubah di Taman Nasional Gunung Ciremai.

Bila untung pengunjung dapat saksikan langsung Elang Jawa yang hidup di komunitasnya secara bebas. Supaya lebih terang, Anda dapat bawa teropong atau mendokumentasikan peristiwa sangat jarang itu dengan camera. Tetapi, bila Anda tidak ingin ribet bawa teropong dari rumah tak perlu cemas karena telah disiapkan spot teropong oleh pengurus untuk menyaksikan Elang Jawa.

10. Rekreasi Pembelajaran

Air terjun Cipeuteuy tidak cuma untuk tempat wisata alam, tetapi rekreasi pembelajaran yang bersatu dengan alam. Saat pengunjung melalui rimba ke arah air terjun elok akan melalui medan yang dikitari oleh pohon-pohonan hijau. Bila jadi perhatian lebih detil pada tiap pohon ada papan yang berisi info tentang tumbuhan itu.

Baca juga : Curug Cibadak, Rekreasi Air Terjun Eksotik Yang Alami di Garut

Sarana yang Ada di Curug Cipeuteuy Majalengka

Curug Cipeuteuy ialah rekreasi alam yang komplet. bukan hanya menyuguhkan tempat untuk berekreasi tetapi sebagai fasilitas pembelajaran. Disamping itu, tempat wisata yang terletak di tengah-tengah rimba ini diperlengkapi dengan sarana yang cukup ideal, seperti gazebo yang bisa dipakai untuk berlindung atau menyimpan tas yang dibawa.

Sarana yang Ada di Curug Cipeuteuy Majalengka

Selanjutnya untuk memberikan fasilitas aktivitas pengunjung ada toilet dengan tempat dan air yang bersih. Dan untuk pengunjung yang ingin berenang dapat memakai ruangan tukar secara bergiliran dan ada tempat parkir lumayan luas untuk memuat kendaraan beberapa pengunjung yang tiba.

Demikianlah informasi berkenaan Curug Cipeuteuy yang berada di Majalengka, Jawa Barat. Ada beberapa aktivitas bagus yang dapat dilaksanakan pengunjung di tempat wisata ini dan sarana yang disiapkan lumayan komplet supaya pengunjung bisa liburan sampai senang.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :