Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2022 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Curug Cimarinjung Air Terjun Melambung Tinggi Di Sukabumi

Curug Cimarinjung Air Terjun Melambung Tinggi Di Sukabumi

/

Direktori Wisata – Curug Cimarinjung salah satunya tempat tamasya air terjun di Geopark Ciletuh. Dapat di sebut ini salah satunya curug elok liburan terselip di Sukabumi. Masalahnya benar-benar posisi curug yang satu berikut masih ada dalam wilayah Sukabumi.

Curug Cimarinjung Air Terjun Melambung Tinggi Di Sukabumi

Posisi Curug Cimarinjung ini ada dalam Daerah Cimarinjung, Kampung Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat. Nama air terjun Curug Cimarinjung ini sendiri diambil dari nama kampung tempat kemunculannya, Daerah Cimarinjung.

Walaupun sesungguhnya posisi cocok dari curug ini yaitu di pinggiran Kampung Ciwaru serta Kampung Girimukti, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Sedangkan buat akses ke Curug Cimarinjung lebih mudahdijangkau dari Daerah Cimarinjung, Kampung Ciwaru sebab lebih dekat.

Sesuai sama namanya ialah Curug Cimarinjung, posisinya sendiri ada dalam saluran Sungai Cimarinjung yang ada di ketinggian 100 mtr. di atas air laut (Mdpl). Sungai Cimarinjung ini pun adalah satu diantara sungai bersumber ke Teluk Ciletuh di Samudera Hindia.

Disamping ada Curug Cimarinjung, di saluran sungai itu pun ada 2 buah curug lain. Ialah Curug Dogdog yang mempunyai bentuk panjang seperti dogdog alat musik tabuh tradisionil dari Jawa Barat, serta Curug Nyelempet sebab saluran airnya sempit-sempit, diambil dari bahasa sunda nyelempet.

Walaupun dulu sedikit orang yang bertandang ke sini sebab aksesnya cukup sulit, di masa social media curug yang ada dalam Sukabumi ini saat ini makin termasyhur. Sehari-hari tambah banyak orang-orang yang bertandang buat nikmati kecantikan tempat ini.

Waktu terhebat buat nikmati liburan air terjun di Sukabumi ini yaitu sewaktu debet air lagi tinggi. Panorama air mengucur deras dari air terjun dengan tinggi seputar 45 mtr. ini dapat menjadi pertunjukan alam yang hebat elok khan?

Benar-benar panorama curug di ruang perdesaan adalah panorama yang membahagiakan mata serta hati. Kondisi alam masih alami ditambahkan dengan tumpahan air terjun mengucur begitu deras, plus panorama tebing bebabatuannya yang paling memesona.

Ya, disamping air terjun, panorama tebing memiliki warna merah kecokelatan komplet dengan tumbuhan hijau yang melekat di tebing air terjun membikin Curug Cimarinjung makin memesona.

Baca juga : Wisata Kampung Adat Sunda Cipta Gelar

Selaini itu di tempat ini terdapatnya dua bongkah batu mempunyai ukuran besar yang mengapit saluran air sebelumnya turun ke bawah. Itu pun yang membikin satu diantara liburan air terjun di Sukabumi ini tidak sama dengan lainnya.

Trik Tuju Ke Curug Cimarinjung

Curug Cimarinjung ada cukup jauh dari pusat Kota Kabupaten Sukabumi. Jaraknya seputar 99 Km dari pusat Kota Kabupaten Sukabumi, atau penting meniti perjalanan seputar 4 jam.

Akan tetapi buat datang ke satu diantara tempat tamasya di Sukabumi ini dapat memanfaatkan kendaraan beroda 4 ataupun beroda 2. Sayang tak ada angkutan publik yang dapat dipercaya, jadi diminta buat memanfaatkan kendaraan personal saja. Buat posisi Curug Cimarinjung di Google Maps.

Buat sejumlah trayek jalan tuju Curug Cimarinjung yaitu sebagaimana berikut:

* Dari pusat Kabupaten Cianjur ambilan trayek jalan raya Sukabumi-Pelabuhan Ratu-Ciemas. Opsinya trayek Sukabumi-Jampang Tengah-Ciemas. Pengin memutuskan yang mana pun ke-2  lajur ini bakal bersua di satu titik pertigaan Kiara Dua, Kampung Kertajaya, Kecamatan Simpenan. Dari pertigaan Kiara Dua barusan anyar dilanjut tuju Waluran. Sesudah tiba di pertiggaan Waluran teruskan dengan membelok kanan sampai hingga di Daerah Ciloa, Kampung Caringin Nunggal. Disini belok ke arah kanan sampai kalian hingga ke Kampung Ciwaru cocok ke lokasi pesisir.

* Atau dapat juga melintasi lajur Kota Sukabumi – Palabuhanratu lewat Citarik – Simpenan – Kiaradua – Jalan Pal Tilu – Kampung Ciemas – Kampung Tamanjaya – Kampung Ciwaru – Pantai Palangpang – Curug Cimarinjung.

* Opsinya kalian melintasi lajur Kota Sukabumi – Ujunggenteng lewat Jampang tengah – Lengkong – Waluran – Ciracap – Ciemas – Kampung Tamanjaya – Kampung Ciwaru – Pantai Palangpang – Curug Cimarinjung.

* Air terjun ini dapat juga dicapai lewat lajur laut. Ialah dengan sewa kapal dari Dermaga Ratu dengan trayek: Teluk Dermaga Ratu – Pantai Palangpang – Dilanjut jalan kaki melintasi pematang sawah serta lajur setapak. Waktu yang dipakai yaitu seputar 1 Jam perjalanan atau bisa lebih terkait situasi cuaca.

Penting dicatat. Barangkali sejumlah lajur tuju air terjun bakal ada pada situasi jelek, terpenting seusai masuk Kecamatan Ciemas. Tanjakan, turunan serta belokan yang tajam bakal menghias perjalanan kalian . Sehingga semestinya berwaspada dalam mengemudi di lajur ini.

Baca juga : Curug Awang Ciletuh Geopark di Sukabumi

Akan tetapi demikian, panorama elok seperti perkebunan serta bukit-bukit bakal kalian dapati sepanjang lajurnya. Tidak perlu grasak-grusuk diperjalanan tuju Curug Cimarinjung. Bila benar-benar letih semestinya stop buat istirahat sembari nikmati panorama yang ada.

Teknik Bertandang Ke Curug Cimarinjung Ciletuh

Buat keamanan perjalanan liburan, munkin lebih baiknya melihat sejumlah teknik di bawah ini:

Teknik Bertandang Ke Curug Cimarinjung Ciletuh

* Curug ini kurang sesuai buat liburan keluarga yang bawa anak kecil atau balita. Sebab aksesnya dapat di sebut cukup sulit.

* Tak ada layanan pondokan di dekat air terjun, jadi semestinya tak bertandang ke sini sangat sore. Diluar itu semestinya bawa bekal minuman serta makanan sendiri sebab penjual makanan belumlah banyak.

* Liburan air terjun di Ciletuh Sukabumi ini begitu sesuai buat pencinta pekerjaan alam terpenting buat yg suka air terjun.

Baca juga : Intip Surga Alam di Geopark Ciletuh Sukabumi

* Apabila pengin nikmati pemandangan tebing Curug Cimarinjung hadirlah di musim kemarau. Kebalikannya apabila pengin nikmati keistimewaan air mengucur deras di air terjun, hadirlah sewaktu musim penghujan di waktu debet air lagi tinggi.

* Layanan di dekat curug buat banyak turis yaitu toilet, masjid, pos ticket, parkir luas buat sepeda motor pun mobil serta sejumlah warung kecil menjajakan makanan minuman.

Harga Ticket Masuk Ke Curug Cimarinjung

Buat kecantikan yang siap, harga ticket masuk ke Curug Cimarinjung lumayan murah. Kalian cukup bayar ticket masuk sebesar IDR 3.000 saja kok. Diluar itu harga parkirnya yaitu IDR 3000 buat sepeda motor, serta IDR 5000 buat mobil. []

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :