Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2022 | All Right Reserved

Home / Karawang / Curug Cigentis, Histori Dibalik Kecantikan Air Terjun Di Karawang

Curug Cigentis, Histori Dibalik Kecantikan Air Terjun Di Karawang

/

Directory Liburan – Curug Cigentis yang ada dalam Kampung Mekarbuana, Karawang. Tempat tamasya air ini terus ramai disinggahi oleh turis yang hadir dari bermacam wilayah, ditambah lagi apabila akhir minggu.

Curug Cigentis, Histori Dibalik Kecantikan Air Terjun Di Karawang

Karawang ada gak jauh dari Ibu Kota, dan bersebelahan langsung dengan Kabupaten Bekasi serta Kabupaten Bogor di sisi barat.

Walaupun Karawang termasyhur selaku kota industri, nyatanya miliki tempat tamasya air yang paling mempersejuk yang wajib kamu singgahi.

Berikut penjelasan lebih komplet tentang Curug Cigentis, cek this out!

Lintasanking Tuju Curug Cigentis

Sewaktu kamu udah masuk lajur tuju Curug Cigentis, jalannya tidaklah terlalu lebar tapi tetap ringan dilintasi kendaraan mobil.

Di sejauh perjalanan kamu bisa lihat gunung yang bediri tegak dihias pohon-pohon yang menghijaukan mata menyaksikan.

Lajur yang kamu lintasi dipenuhinya oleh kelokan dimulai dengan yang umum saja hingga yang terjal, oleh karenanya terus hati-hati serta focus sewaktu mengemudi.

Ingin dekati ruang parkir Curug Cigentis, kamu bakal lewat tanjakan yang terjal dihias dengan kelokan. Beloklah ke kiri tiba kamu di ruang parkir mobil Curug Cigentis.

Menyambung perjalanan dengan jalan kaki sepanjang 1,5 km mesti kamu melakukan, atau kamu dapat meneruskannya dengan naik ojeg yang telah siap mengantarmu tuju Curug Cigentis.

Apabila kamu bawa kendaraan beroda 2, kamu bisa menyambung perjalanan sampai dekati ruang loket masuk Curug Cigentis. Dari sana kelak tersedia ruang parkir motor.

Naiki anak-anak tangga yang dibikin dari batu sebelumnya tuju loket ticket masuk, sesudah itu menyambung perjalanan dengan menjajaki tangga itu sampai datang di Curug Cigentis. Seputar 250 mtr. jaraknya dari loket masuk.

Baca juga : 7 Tempat Wisata di Purwakarta dan Sekitarnya Yang Lagi Hits

Sejauh perjalanan kamu bakal lihat saluran sungai yang airnya begitu jernih pun bersih, dan alam diseputarnya yang masih amat asri. Akhir tangga berbatu bakal membawamu tuju Curug Cigentis.

Daya pikat Kecantikan Curug Cigentis

Curug Cigentis punya tinggi seputar 25 mtr. serta ada dalam bawah kaki Gunung Sanggahbuana. Karenanya tidak terheran apabila alam diseputarnya masih amat alami. Pohon-pohon yang ada dalam seputar curug masih amat lebat.

Tebing tinggi yang memutari curug seperti memperbanyak kecantikan alam yang didatangkan, tambah lagi dengan deburan curugnya yang merehatkan jiwa.

Airnya mengucur merembet lewat tebing batu maka gak menyebabkan arus yang lumayan besar. Kolam tempat penampungan yang ada dalam bawahnya terus siap terima tumpahan air Curug Cigentis.

Curug Cigentis tidak kering sekalinya di musim kemarau, apabila musim penghujan datang airnya lantas tetap warna masih bersih serta jernih.

Baca juga : Pesona Wisata Bahari Muara Gembong Yang Eksotis Dan Menarik

Air yang disalurkannya selalu mengucur lewat sungai yang dihias batu-batuan dengan bermacam ragam ukuran. Dimulai dengan yang besar sampai yang kecil, berantakan di sekeliling ruang Curug Cigentis.

Variasi Liburan Di Curug Cigentis

Variasi liburan yang bisa kamu melakukan sewaktu ada dalam Curug Cigentis, antara lain:

1. Mandi Di Kolam Alami

Perihal pertama-tama yang mesti kamu melakukan sewaktu datangi suatu tempat tamasya air merupakan mandi di kolam tempat penampungan curugnya.

Merasai segarnya air Curug Cigentis mencuci tubuhmu, ditambah lagi apabila kamu naik ke batu-batuan cocok di bawah saluran airnya. Waiihh,,,, fresh sekali rasanya merasai tubuhmu lakukan pijatan.

2. Main Air

Main air Curug Cigentis adalah satu diantara variasi liburan yang wajib kamu melakukan, merasai segarnya air yang disalurkan.

3. Hunting Poto

Menyimpan kecantikan curug dan alam di seputar Curug Cigentis jangan pernah kamu terlewat. Beberapa pengunjung yang menyimpan kecantikan Curug Cigentis, adapula pada mereka bergaya dengan latar suatu tulisan “Curug Cigentis”.

Histori Serta Legenda Asal Mula Curug Cigenti

Ada suatu histori yang iringi kemunculan Curug Cigentis. Di era dulu lokasi Curug Cigentis adalah rimba belantara serta tak ada mata air sama sekalipun.

Histori Serta Legenda Asal Mula Curug Cigenti

Pada waktu penebaran Agama Islam wilayah Curug Cigentis dikunjungi oleh wali songo yang ingin sebarkan tuntunan agama Islam di wilayah itu.

Lokasi itu ada di bawah kekuasaan Prabu Siliwangi, karena menganggap sangsi dengan kehadiran banyak wali songo Prabu Siliwangi lantas memohon biar dalam penebarannya terus diawasi.

Sebab tak ada mata air maka menyusahkan wali songo buat ibadah, selanjutnya mereka memohon dengan khusyuk biar dikasihkan air pada Si Khaliq.

Secara mendadak keluarlah air dari suatu batu yang lumayan besar serta membuat suatu curug, lihat perihal itu Nu Geulis Nyi Geuntis yang mengawasi wali songo seketika kegirangan.

Beliau lantas langsung mengucapkan sukur di Tuhan serta mengikrarkan diri mengikut tuntunan yang ditebarkan oleh Wali Songo, setelah itu menceburkan dirinya sendiri ke kolam.

Perihal itu dituruti oleh banyak asisten yang lain, Wali Songo selanjutnya berikan nama curug itu berikut nama Curug Cigentis.

Seperti itulah peristiwa histori dibalik berlangsungnya Curug Cigentis, berdasar pada narasi itu kita mesti selalu ucapkan syukur untuk sesuatu yang udah dikaruniai Tuhan pada kita.

Posisi Serta Alamat Curug Cigentis

Posisi serta alamat Curug Cigentis berada di Kampung Mekarbuana, Kecamatan Tegalwaru, Karawang, Jawa Barat.

Trayek Tuju Curug Cigentis

Trayek tuju Curug Cigentis apabila kamu bergerak dari arah Jakarta, kamu dapat melesatkan kendaraan lewat Depok setelah itu melintasi lajur Cileungsi serta Jonggol.

Atau dapat juga dengan melintasi Cibubur setelah itu ketujuan Cariu lalu teruskan perjalananmu tuju Pasar Loji.

Baca juga : Wisata Edukasi Di Al-Azhar Memorial Garden

Buat kamu yang bergerak dari Karawang, kamu bisa lewat jalan tol Cikampek setelah itu keluar di pintu tol Asper. Teruskan perjalanan tuju lokasi Parakan Badak setelah itu ke Kampung Jayanti.

Ticket Masuk serta Parkir Curug Cigentis

Ticket masuk serta parkir Curug Cigentis dilabeli sebagaimana berikut:

* Ticket masuk : Rp. 20.000,- /orang

* Naik ojeg : Rp. 15.000,-

Layanan Di Curug Cigentis

Layanan yang siap di Curug Cigentis antara lain:

* Ruang parkir motor serta mobil

* Sejumlah warung minuman serta makanan

* Kamar mandi umum

Jam Operasional Curug Cigentis

Jam Operasional Curug Cigentis waktu new normal ini masih membuka sehari-hari start pukul 06.00 pagi s/d waktu 16.00 sore. Dengan masih melihat prosedur kesehatan yang udah ditentukan oleh pemerintahan.

Teknik Liburan

Berikut saya berikan sejumlah teknik liburan buat kamu yang ingin mendatangi Curug Cigentis, ialah:

* Masih turuti prosedur kesehatan dengan memanfaatkan masker serta menjaga jarak.

* Sebab kamu bakal bertandang ke arah tempat terbuka, yakini situasi cuaca sewaktu ingin pergi.

* Persiapkan fisik kamu buat menjajaki anak-anak tangga dengan situasi naik.

* Apabila bermaksud buat mandi atau main air, perlu diingat persiapkan busana tukar atau perabotan yang lain.

* Terus menjaga kebersihan serta keasrian posisi Curug Cigentis.

* Hindarkan tingkah laku yang bisa memberikan kerugian diri kita sendiri serta pihak lain.

* Persiapkan hp kamu buat menyimpan kecantikan Curug Cigentis.

Kembali pada alam adalah cara yang cocok sewaktu kamu lagi bosan, walaupun situasi waktu ini belum seperti dahulu akan tetapi refreshing begitu kita perlukan.

Masih dengan menaati prosedur yang udah ditentukan tentulah. Rasakanlah begitu menyegarkannya alam di seputar kita. Ditambah lagi Curug Cigentis posisinya gak jauh dari Ibu Kota.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :