Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2022 | All Right Reserved

Home / Bogor / Curug Cibulao, Birunya Kolam Rekreasi Hebat di Megamendung, Bogor

Curug Cibulao, Birunya Kolam Rekreasi Hebat di Megamendung, Bogor

/

Directory Rekreasi – Curug Cibulao ada di Dusun Megamendung, yang populer karena keelokan kolamnya yang memikat warga sekitaran Bpgorpad saat berlibur.

Curug Cibulao, Birunya Kolam Rekreasi Hebat di Megamendung, Bogor

Kecamatan Megamendung simpan kekayaan curug yang bukan hanya ada satu, rupanya banyak curug yang ada di kecamatan ini dengan mempunyai keunikan masing-masing.

Dimulai dari Curug Panjang, Curug Naga, Curug Priuk, dan Curug Barong. Rupanya ada lagi satu curug yang perlu kamu datangi yaitu Curug Cibulao.

Berikut pembahasan lebih komplet mengenai Curug Cibulao.

Trackking Ke arah Curug Cibulao Megamendung

Perjalanan yang hendak kamu lewati untuk ke arah Curug Cibulao adalah dengan ke arah lajur khusus Jl. Raya Pucuk selanjutnya masuk ke Gang Cilember.

Sesudah masuk Gang Cilember lajurnya kecil tetapi bisa dilewati mobil. Selain itu jalannya tidak rata dan berlubang.

Kamu akan melalui lajur yang berliku dengan keadaan jalan yang tidak begitu lebar, jadi harus waspada saat meluncurkan kendaraan yang kamu membawa.

Di persilangan jalan tujukan kendaraanmu ke kiri ke arah Jl. Pesantren, disini kamu tinggal lempeng terus. Keadaan jalannya hampir sama dengan awalnya.

Dekati tempat Curug Cibulao lajurnya makin naik, dengan segi kanan jalanmu berbentuk jurang. Kamu bisa menyaksikan cantiknya panorama dari ketinggian, tumbuhan yang warna hijau makin exist memperlihatkan diri.

Hati-hatilah saat menyetir kendaraan, kamu akan mendapati beberapa kelokan yang tajam dengan keadaan jalan yang berlubang. Bila kamu telah mendapati mobil yang berderet diam di tepi jalan, itu maknanya kamu telah ada di tempat parkir Curug Cibulao.

Sesudah mencacirkan kendaraan, kamu teruskan perjalanan dengan jalan kaki menjejaki jalan setapak dengan keadaan jalan berbentuk bebatuan yang telah dipadatkan sekitaran 400 mtr. jauhnya.

Lajurnya cukup datar, cuman kadang-kadang saja kamu berjumpa lajur yang turun terjal. Dekati tempat curug kamu harus menuruni anak-anak tangga. Selanjutnya sampai juga kamu di loket masuk Curug Cibulao.

Baca juga : Pesona Wisata Alam Curug Cigamea di Lereng Gunung Salak Bogor

Karena kolam Curug Cibulao dalam, kamu diwajibkan sewa pelampung untuk keselamatan diri. Sesudah ambil pelampung kamu akan menuruni tangga yang cukup terjal untuk ke arah Curug Cibulao.

Daya tarik Keelokan Curug Cibulao

Curug Cibulao datang dari bahasa sunda, Curug Maknanya Air Terjun, Ci maknanya air dan Bulao memiliki arti Biru. Berdasar ha itu, Curug Cibulao memiliki kandungan arti Air Terjun yang mempunyai air yang warna biru.

Daya tarik Keelokan Curug Cibulao

Hal itu memang betul ada, kolam tempat penampungan alami Curug Cibulao warna biru dan benar-benar jernih. Kamu bahkan juga dapat menyaksikan kedasar kolamnya, tetapi berhati-hati kolamnya benar-benar dalam jadi selalu pakai jaket pelampungnya.

Curug Cibulao mempunyai dua jenjang curug dan mempunyai dua kolam tempat penampungan. Ketinggian curugnya tidak berapa, tetapi air yang disalurkannya benar-benar jernih bersih.

Karena sebagai sumber mata air dari beberapa air terjun yang ada, seperti Curug Panjang dan Curug Orok. Kedalaman kolamnya berlainan, kolam yang di atas mempunyai kedalaman sekitaran 5 mtr. dan yang tempat bawah capai 8 mtr..

Untuk capai Curug Cibulao sisi atas kamu harus menjejaki batu-batuan dekat saluran air Curug Cibulao sisi bawah. Dengan berpegangan pada seutas tali yang membentang di tepi kolam.

Baca juga : Liburan Di 8 Tempat Wisata Bogor Yang Populer

Curug Cibulao sisi atas dikitari oleh tebing batu yang lumayan tinggi, kolamnya juga tidak terlampau lebar. Tetapi, saat ada disitu kamu seperti ada di kolam pemandian alami individu. Tidak ada yang mengganggu, cuman ada kamu dan alam.

Macam Rekreasi Di Curug Cibulao Megamendung

Macam rekreasi hebat yang bisa kamu kerjakan saat ada di Curug Cibulao yaitu:

1. Berenang Atau Menyelam

Yang memikat dari Curug Cibulao adalah kejernihan airnya yang seolah panggil kita untuk selekasnya menceburkan diri ke kolamnya.

Kolam alaminya benar-benar jernih dan bersih, dan tentunya warna biru sama sesuai namanya. Pakai selalu pelampung saat berenang, karena kedalamannya cukup membuat napasmu tersengal-sengal.

Bila kamu ingin menyaksikan ke dasar kolamnya, hal itu bisa kamu kerjakan secara menyelam ke dasar kolam. Tidak ada rintangan yang memiliki arti saat menyelam karena ditolong oleh jernihnya air.

2. Melonjak Dari Ketinggian

Macam rekreasi hebat yang lain yang bisa kamu kerjakan yaitu melonjak di atas tebing batu yang berada dari sisi kolam.

Naiklah ke tebing batu itu selanjutnya siapkan dirimu untuk melonjak dari ketinggian ke arah kolam bening yang ada dibawahnya.

3. Spot Selfie

Didekat loket masuk ada spot selfie yang harus kamu coba. Tetapi janganlah lupa untuk mendokumentasikan keelokan Curug Cibulao dan keelokan kolamnya tersebut.

Baca juga : Liburan di Obyek Wisata Baru Devoyage Kampung Eropa Bogor

4. Camping

Buat kamu beberapa pencinta alam kamu bisa lakukan aktivitas camping di tempat sekitaran Curug Cibulao. Kemping dengan didampingi kekayaan alam yang masih asri, disertai oleh suara serangga semalaman.

Lokasi Dan Alamat Curug Cibulao

Lokasi Curug Cibulao ada di kaki Gunung Hambalang Barat. Alamat selengkapnya berada di Dusun Megamendung, Kecamatan Megamendung, Bogor, Jawa Barat.

Jalur Ke arah Curug Cibulao

Jalur ke arah Curug Cibulao yaitu dengan arahkan kendaraanmu ke arah pucuk, kamu dapat lewat lajur tol Jagorawi atau lewat Curug Panjang. Dari Jl. Raya Pucuk, belok ke kiri ke arah Dusun Cilember selanjutnya belok ke kiri ke arah Jl. Pesantren.

Ticket Masuk Dan Parkir Curug Cibulao

Ticket masuk dan parkir Curug Cibulao seperti berikut yakni:

* Ticket masuk : Rp. 12.000,- per-orang

* Sewa pelampung : Rp. 10.000,-

* Parkir motor : Rp. 5.000,- per unit

* Parkir mobil : Rp. 10.000,- per unit

* Ticket camping : Rp. 20.000/orang/malam

Jam Operasional Curug Cibulao

Jam operasional Curug Cibulao dibuka tiap hari start pukul 07.00 pagi s/d jam 17.00 sore. Waktu terbaik berkunjung Curug Cibulao adalah saat weekday, di mana pengunjung tidak banyak.

Baca juga : Wisata Sambil Berkemah di Alam Curug Cipamingkis Bogor

Sarana Curug Cibulao

Sarana yang ada di Curug Cibulao yaitu:

* Warung minuman dan makanan

* Kamar mandi umum

* Tempat spot photo

* Camping ground

* Tempat parkir motor

* Ruangan tukar dan ruangan basuh

* Masjid

* Persewaan pelampung

Pemondokan Paling dekat Curug Cibulao

Bila kamu ingin bermalam di Megamendung, kamu bisa mendapati pemondokan sekitaran lebih dari 3 km jaraknya dari Curug Cibulao.

Baca juga : Wisata Alam di Bogor Curug Cilember

Panduan Rekreasi

Panduan rekreasi berikut saya beri buat kamu yang akan berkunjung Curug Cibulao, yaitu:

* Lihat keadaan cuaca saat kamu pergi. Jauhi kondisi cuaca yang mendung apa lagi sedang turun hujan.

* Persiapkan kendaraanmu sebagus mungkin, seharusnya memakai kendaraan beroda 2.

* Selalu pakai pelampung saat ada di Curug Cibulao.

* Bila arus sedang deras lebih bagus jauhi untuk berenang di kolamnya, untuk menghindar beberapa hal yang tidak diharapkan.

* Hati-hatilah saat berenang dan saat lakukan lompatan.

* Selalu konsentrasi saat berkendaraan.

* Menjaga selalu kebersihan dan keasrian alam Curug Cibulao.

* Jauhi tindakan yang bisa bikin rugi diri kita atau seseorang.

* Persiapkan handphone kamu untuk mendokumentasikan keelokan Curug Cibulao.

Menyaksikan keelokan alam yang hebat sanggup menentramkan raga dan jiwa, yang sejauh ini capek dengan kegiatan rutin yang ada.

Sebagai opsi yang pas bila kamu berkunjung Curug Cibulao, tumbangkan semua rasa sulit tukar dengan ketenangan.

Janganlah lupa persiapkan photo terbaikmu saat ada di Curug Cibulao,[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :