Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Jawa Barat / Sukabumi / Curug Awang Ciletuh Geopark di Sukabumi

Curug Awang Ciletuh Geopark di Sukabumi

/
/

Surga Wisata Alam Curug Awang Ciletuh Geopark di Sukabumi, Jawa Barat

Direktori Wisata – Surga Wisata Alam Geopark di sebelah Selatan Sukabumi yang menyimpan keindahan alam yang eksotis yang terbentuk akibat perubahan alam dari laut purba.

Obyek wisata alam Curug Awang adalah salah satu air terjun yang berada di kawasan Geopark Ciletuh di Sukabumi dan berada pada aliran Sungai Ciletuh. Selain air terjun ini terdapat dua air terjun lain yang masih dalam satu aliran sungai, yaitu Curug Tengah dan Curug Puncak Manik.

Curug Awang Ciletuh Sukabumi

Konon informasi yang Direktori Wisata Indonesia dapatkan di lokasi Curug Awang ini merupakan air terjun pertama dari aliran Sungai Ciletuh dan berada pada urutan tertinggi. Karena hal itu pula air terjun ini dinamakan sebagai Curug Awang. “Awang” dalam bahasa sunda berarti “Angkasa”.

Lanjut informasi, nama “Awang” yang disematkan pada air terjun ini dikarenakan letak air terjun ini berada pada urutan tertinggi, layaknya angkasa yang berada jauh diatas langit.

Sebenarnya masih ada dua aliran air terjun lainnya sebelum dari Curug Awang ini, yaitu Curug Puncak Jeruk dan Curug Anying. Karena kedua air terjun tersebut berada di desa yang berbeda maka yang sering disebut air terjun dari Sungai Ciletuh adalah Curug Awang, Curug Tengah dan Curug Puncak Manik.

Curug Awang ini konon terbentuk dari sebuah proses alam yang luar biasa. Tebing yang tegak dengan ketinggian lebih dari 40 meter seperti yang tampak pada Curug Awang, menjadi bukti adanya dinding yang terpotong akibat sesar yang menyebabkan terbentuknya air terjun.

Dari air terjun ini sahabat Direktori Wisata dapat melihat batuan dasar sungai yang sangat datar yang terdiri dari batu pasir bagian dari Formasi Jampang. Pada bagian dinding dari air terjun ini dapat dilihat perlapisan tebal batupasir yang berumur lebih muda dari batuan yang berada di kompleks Ciletuh.

Keunikan dari air terjun awang ini adalah ukurannya yang sangat besar dan lebar. Pada musim penghujan debit air akan sangat deras dan hingga menutupi seluruh tebing dari ujung ke ujung. Karena keunikan tersebut, banyak yang menyebut air terjun ini sebagai miniatur Air Terjun Niagara yang berada di Amerika atau Mini Niagara van Java

Dan menurut informasi yang Direktori Wisata Indonesia terima, air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 40 m dan lebar 60 m. Waktu terbaik untuk menikmati keindahan alam dari Curug Awang ini adalah saat musim penghujan tiba.

Sedangkan pada saat musim kemarau, debit air terjun dari Curug Awang ini akan semakin kecil dan tak sampai menutupi seluruh area tebing, namun hanya mengisi sisi sebelah timur dari air terjun ini.

Meskipun tidak selebar saat musim penghujan air terjun di sini, keeksotisan dari Curug Awang saat musim kemarau sangat sayang untuk dilewatkan jika berkunjung ke kawasan wisata Ciletuh Geopark di Sukabumi.

Untuk bisa menikmati keindahan dan kemegahan dari Curug Awang ini, sahabat atau pembaca Direktori Indonesia bisa menikmatinya dari atas bukit yang berada sedikit lebih tinggi dari Curug Awang.

Namun, jika sahabat Direktori Wisata Indonesia akan menikmati keindahan Curug Awang dari sisi lain, kamu bisa turun dengan menuruni sebuah tebing menuju danau dari hasil tumpahan air Curug Awang. Dari tempat ini kita bisa melihat Curug Awang dari bawah dan melihat lebih dekat air yang tumpah dari atas tebing.

Secara administratif, kawasan obyek wisata Geopark Ciletuh berlokasi di Desa Tamanjaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat. Dan lokasinya cukup mudah dijangkau dengan menggunakan kendaraan pribadi baik kendaraan mobil maupun motor. Dari Kota Sukabumi saja memerlukan waktu sekitar 3-4 jam perjalanan.

Dari pengalaman Direktori Wisata Indonesia berkunjung ke obyek wisata Ciletuh Geopark dari Kota Jakarta sekitar 8-10 jam perjalanan, tergantung dari kemacetan saat dijalan. Kawasan Ciletuh Geopark ini searah dengan rute menuju Pelabuhan Ratu atau pun Pantai Ujung Genteng. Sebagai informasi tambahan, untuk menuju ke lokasi tempat wisata Ciletuh Geopark di Sukabumi ini sahabat harus hati-hati melalui medan rute yang kita lewati ya….

Kunjungi Kawasan Obyek Wisata Curug Cikodang Cianjur Sukabumi

Sedangkan untuk fasilitas dan sarana di tempat wisata Curug Awang ini sudah terdapat fasilitas yang cukup lengkap. Mulai dari tempat parkir, toilet, saung, serta beberapa warung yang menjual makanan dan minuman.

Kunjungi Pesona Tempat Wisata Curug Cikaso Sukabumi

Fasilitas yang masih kurang dari tempat ini adalah akses jalannya yang masih kurang baik, serta musholla yang masih belum tersedia, dan yang paling terlihat tidak layak untuk para wisatawan yang datang, toilet yang ada masih belum maksimal.

Rute jalan menuju lokasi obyek wisata Curug Awang Ciletuh Geopark Sukabumi dari Jakarta bisa lihat di dalam peta. Semoga informasi ini dapat memberikan sebuah pilihan obyek wisata alam di daerah Sukabumi bagi sahabat dan pembaca setia yang akan mencari suasana liburan yang menarik dikunjungi di sana.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :