Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2022 | All Right Reserved

Home / Kuningan / Cerita Patung Wanita di tengah Keelokan Telaga Biru Cicerem Kuningan

Cerita Patung Wanita di tengah Keelokan Telaga Biru Cicerem Kuningan

/

Directory Rekreasi – Telaga Biru Cicerem di Dusun Kaduela, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan telah menjadi satu diantara icon tujuan rekreasi. Telaga Biru Cicerem benar-benar terkenal di kelompok pelancong, keelokan air danau warna biru dengan beberapa ratus ikan berwarna-warna jadi daya magnetnya.

Cerita Patung Wanita di tengah Keelokan Telaga Biru Cicerem Kuningan

Tetapi dibalik itu, Telaga Biru Cicerem simpan cerita legenda didalamnya. Cerita legenda itu adalah cerita seorang wanita namanya Nyi Bomas Inten. Pengurus Talaga Biru Cicerem selanjutnya membuat suatu patung yang memvisualisasikan figur itu.

Iim Ibrahim pengurus Telaga Biru Cicerem yang sekalian putra asli Dusun Kaduela mengutarakan Nyi Bomas Inten sebagai salah satunya masyarakat di Dusun Kaduela yang selanjutnya menikah dengan pria turunan turunan Keraton Cirebon, Syekh Abdul Iman pada jaman Walisongo dahulu.

Baca juga : Woodland Kuningan, Tempat Rekreasi Baru Di Kuningan Yang Hits Dan Hebat Sekali

Menurut Iim waktu itu Syekh Abdul Iman ditugaskan untuk menebarkan agama Islam di Dusun Kaduela yang saat itu sebagian besar masyarakatnya beragama Hindu.

“Jika figur wanita ini sejarahnya dahulu ada wanita namanya Nyi Bomas Inten yang dipersunting oleh Syekh Abdul Iman. Dahulu di sini (Kaduela) agamanya Hindu, jadi Syekh ini tiba untuk menebarkan agama Islam dan berjumpa Nyi Bomas Inten,” kata Iim.

Tetapi Iim akui tidak ketahui tepat perjalanan Nyi Bomas Inten dan Syekh Abdul Iman dalam menebarkan agama Islam di Dusun Kaduela. Yang jelas katanya, Nyi Bomas Inten ini dipercayai masih jaga Telaga Biru Cicerem sampai sekarang ini.

Baca juga : Talaga Surian Camp Park, Ngecamp Di Kuningan serta Lebatnya Rimba Pinus

“Jadi istilahnya patung ini memvisualisasikan figur penunggu di sini yaitu Nyi Bomas Inten itu karena ucapnya masih jaga tempat ini,” katanya.

Telaga Biru Cicerem Kuningan

Dia menerangkan dibikinnya patung wanita itu didasari supaya warga Dusun Kaduela dapat ingat dan ketahui sedikit riwayat dusun. Disamping itu patung itu dibikin untuk jadi icon dari Talaga Biru Cicerem.

“Patung ini dibikin supaya angkatan muda bisa juga ingat riwayat Dusun Kaduela ini bagaimana jadi menyengaja dibikin patung ini. Patung ini kita menjadikan icon Talaga Biru Cicerem, agar orang jika saksikan patung ini ingat ada di sini,” bebernya.

Baca juga : Kebun Raya Cibodas, Teritori Dengan Banyak Rekreasi Alam

Walau memvisualisasikan figur penunggu Telaga Biru Cicerem tetapi patung wanita tidak terlihat menakutkan. Pengurus menyengaja membuat patung ini lengkap sama air mancur supaya kelihatan cantik.

“Patungnya ada air mancurnya, jadi tidak menakutkan, hanya icon saja. Tetapi ada maknanya, air mancur dan bawa bakul istilahnya seorang wanita yang menyayangi dan memberikan kehidupan untuk warga Dusun Kaduela,” tutup Iim.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :