Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Mancanegara / Singapura / Cara Mudah Naik Bus Di Singapura

Cara Mudah Naik Bus Di Singapura

Cara Keliling Singapura Dengan Bus Kota Sangat Mudah

Keliling Singaura dengan Bus Kota sangat mudah, praktis dan tidak perlu berjalan jauh seperti halnya kita menggunakan transportasi MRT atau LRT.

Dari pengalaman kami bersama rekan-rekan Direktori lainnya Jalan-jalan di Singapura, Sarana tempat pemberhentian bus di Singapura di rancang sedemikian rupa agar para calon penumpang merasa nyaman dan terlindung dari sengatan terik matahari atau hujan.

Pada saat ini pengoperasian bus kota di Singapura sangat membantu bagi para wisatawan dan masyarakat di sana untuk naik kendaraan umum dengan harga ekonomis dan sangat terjangkau harganya untuk kita keliling ke seluruh penjuru Kota Singapura, bahkan sampai ke negara tetangga, yaitu Malaysia.

Hampir setiap jalan-jalan utama di Singapura terdapat rute bus yang terintegrasi dengan rute lainnya, kita dapat berpindah-pindah rute dengan ongkos total berdasarkan jarak dari lokasi kita naik hingga sampai di tujuan akhir.

bus-singapura

Di setiap lokasi pemberhentian bus stop atau halte bus, kita dapat menemukan rute perjalanan bus yang melewati lokasi tersebut, dengan nomor bus dan rute tujuan yang informatif, sehingga mebuat semua warga masyarakat Singapura dan juga para wisatawan yang datang ke SIngapura tidak perlu lagi banyak bertanya. Karena papan informasi sangat jelas ada di lokasi dan terawat sangat baik.

bus-service-singapore

Bus umum di Singapura sangat nyama dan bersih. Di dalamnya semua menggunakan AC atau pendingin ruangan. Tempat duduknya tertata rapih, dan untuk bagian tengah yang dekat dengan pintu keluar bus, terdapat sebuah area yang di khususkan untuk para manula yang menggunakan kursi roda, atau bisa juga dipergunakan tempat kereta dorong bagi bayi.

Dari pengamatan Direktori Indonesia, hal yang menarik dalam melihat pelayanan transportasi umum bus di Singapura secara langsung di halte bus dan terminal bus yang kami temukan secara tidak sengaja. Untuk para tunawisma atau penyandang catat yang menggunakan kursi roda mereka sangat mengutamakan pelayanan yang aman dan nyaman bagi mereka yang membutuhkan.

pelayanan-bus-singapura

Pelayanan Bus Singapura Kepada Penyandang Cacat Dan Lansia
Bus berhenti secara nyaman di halte bus dan merapatkan posisi pemberhentian kendaraannya dekat dengan trotoar yang terdapat di halte bus, setelah itu bus di posisikan agak miring dengan menurunkan suspensi pada balon busnya, setelah itu si pengemudi langsung mempersiapkan jalur penyambung yang terdapat di bus untuk jalan kursi roda bagi calon penumpang, dan si penumpangpun di dorong dengan nyaman ke dalam bus di taruh di posisi yang telah di siapkan di area tengah bus. Begitu juga pada waktu mereka turun dari dalam bus. Semua pelayanan dilakukan oleh pengemudi bus, dan dibantu dengan para penumpang yang tergerak hatinya.

Baca : Cara Mudah Mendapatkan Hotel Di Singapura

Cara Naik Bus Di Singpura
Berikut merupakan catatan kecil pengalaman Direktori Wisata di Singapura pada saat akan menggunakan transportasi umum bus di Kota Singapura ;

  • Cari rute bus melalui map yang terdapat dalam brosur rute bus yang mudah di dapat di pintu masuk Singapura seperti Bandara Changi Singpura, pelabuhan penyeberangan ferry yang menuju Indonesia di Harbourfront dan pintu masuk Singapura penyeberangan dari Johor Malaysia yang terdapat di Woodland.
  • Perhatian dai setiap map rute yang terpasang di setiap halte bus atau pun stasiun bus yang ada di Kota Singapura, cocokan dengan arah dan tujuan bus yang akan kita pergunakan.
  • Budaya mengantri dan tertip sangat diutamakan di Singapora. Dan dahulan bagi penyandang catat, orang tua, wanita hamil untuk naik dan duduk di dalam bus.
  • Periapkan kartu Singapora e-tiket sebagai alat pembayaran mudah menggunakan bus di Singapura. Untuk informasi pengunaan dan mendapatkan kartu e-tiket di Singapura.

  Baca : Cara Mudah Keliling Singapura 

Keliling jalan-jalan Singapura kalau mau ekonomis, kita bisa menggunakan transportasi Bus Kota. Di samping aman dan nyaman ngkutan ini bisa menjangkau lokasi yang tidak terjangkau dengan transportasi umum MRT atau LRT. Semoga informasi ini sangat membatu teman-teman atau pun sahabat dan pembaca setia Direktori Wisata yang akan melakukan perjalanan wisata ke Singapura.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

6 Comments

  1. dilihat dari Fasilitas yang ada di dalam Bus Umum tersebut, sangat memberikan kenyamanan ya kang buat Penumpangnya. Apalagi ada area khusus untuk para Manula dan yang membawa kursi roda atau kereta dorong Bayi. dan di setiap Halte Bus Rute Bus yg sangat informastif sehingga memudahkan penumpang yg mau bepergian .. 🙂

    • Benar kang, belum lagi CCTV yang terdapat di dalam bus berfungsi dengan baik dan dimonitor langsung bukan oleh pengemudi tapi di pusatkan langusng di suatu tempat, hal ini akan terus memonitor para penumpang dan mebuat penumpang merasa aman. Jdinya cukup dilayani dengan satu pengemudi saja untuk bus umum di sana.

  2. saya jg paling suka naik bus di singapura… bahkan ke KL biasanya jg naik bus.. udh nyaman, aman trs ga mahal… beda bgt ama bus di negri sendiri -__-

    • Selain bersih aman dan nyaman bus di sana akan selalu diingat ya Mba pelayanannya. 😀

  3. Liat fasilitasnya kok jadi iri banget ya 🙂

    • Siapapun bila mendapatkan pelayanan dengan fasiltas standar yang benar-benar di terapkan dengan serius dan mengutaman mutu pelayanan baik bagi pengguna transpotasi umum seperti bus kota di Singapura ini, pasti akan senang naik bus-nya. 😀

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks :Ad Views :