Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Mancanegara / Cara Mudah Keliling Singapore

Cara Mudah Keliling Singapore

Cara Mudah Keliling Singapore Naik Transportasi Umum

Direktori Wisata. – Keliling jalan-jalan Singapore tidak terlalu sulit, dan alat transportasi umum di kota ini sangat nyaman dijadikan sarana jalan-jalan keliling Singapore.

Singapore merupakan negara kecil yang memiliki sistem tranpsortasi umum yang mudah di akses secara baik. Semua alat transportasi di kota ini mengutamakan keselamatan, tepat waktu sekaligus efisien. Hal inilah yang membuat para wisatawan domestik maupun mancanegara yang akan jalan-jalan keliling Singapore menjadi mudah.

Cara Mudah Keliling Singapore

Dari pengalaman Direktori Wisata keliling Singapore, kami tidak terlalu takut atau khawatir tersesat di kota ini. Informasi rute dan petunjuk jalan di Singapore sagat jelas dan mudah didapat di kota ini. Apalagi untuk transporatsi publik seperti taksi, bus kota, MRT (Mass Rapid Transit, dan LRT ( Light Rail Transit).

Jika kita jalan-jalan di Singapore dan menempuh jarak jauh lebih dari 3 (tiga) orang, sebaiknya menggunakan transportasi taksi, karena biayanya akan lebih murah di banding kita menggunakan bus atau pun MRT. Namun, hal yang harus diingat, untuk penumpang taksi tidak boleh lebih dari empat orang, dan yang paling penting, kita harus memperhatikan waktunya, karena pada jam-jam tertentu dan di lokasi tertentu untuk penggunaan transportasi umum taksi di Singapore kita akan dikenakan biaya tambahan.

Ada baiknya informasi tersebut dapat kita temukan pada brosur informasi dan nomor telpon taksi yang di sebar dan bisa kita dapatkan di Bandara Changi Singapore dekat area pemeriksaan imigrasi waktu kedatangan di Singapore. Sedangkan bagi kita yang akan menikmati wisata Singapore dengan menggunakan transportasi umum selain taksi , kita dapat menggunakan MRT, LRT, dan Bus.

Untuk rute bus yang terdapat di Kota Singapore akan banyak kita temukan dengan mudah di setiap halte bus yang terdapat di Singapore, sama halnya dengan rute jalur MRT atau pun LRT. Sebagai informasi tambahan, bagi yang baru akan pertama kali berkunjung ke Singapore, MRT dan LRT merupakan 2 jenis sistem transportasi umum yang berbasis rel, dan transporatsi ini dapat menjangkau hampir seluruh wilayah Kota Singapura.

Sedangkan fungsi dari ke dua alat trannsportasi ini berbeda. LRT difungsikan sebagai layanan feeder (pengumpan) bagi MRT yang lebih banyak tersedia di kawasan perumahan sebagai layanan transportasi publik jarak dekat dan mempermudah warga Singapore dalam mengakses transportasi MRT. Sedangkan LRT biasanya sebagai punghubung dengan salah satu stasiun MRT dan dikenal dengan sebuatan kereta bawah tanah Singapore.  

Cara Mudah Keliling Singapore

Cara mudah keliling Singapore kita harus membeli tiket MRT, LRT dan Bus. Ada tiga jenis e-tiket yang dapat kita gunakan untuk kita gunakan menikmati transportasi yang ada di Singapore, yaitu ;

Single Card (Standard Ticket), ini merupakan jenis tiket yang dapat kita beli sesuai dengan jarak tempuh atau tergantung jauh dan dekatnya jarak tujuan yang akan kita gunakan pada saat akan naik MRT atau pun LRT, tidak berlaku untuk naik Bus.  Kita dapat mebelinya di setiap stasiun MRT. Namun, kekurangan dari jenis tiket Single Card ini kita hanya bisa menggunakannya hanya sekali pakai, dan tidak bisa berulang kali.

Baca : Jalaur Akses Wisata Singapore Dengan MRT

Untuk memberli Standard Tiket sendiri kita dapat datang ke mesin GTM (General Ticket Machine) yang terdapat di setiap stasiun MRT. Bila kita sudah berhadapan dengan mesinnya, kita akan melihat sebuah layar sentuh, dan di sana kita tinggal memilih menu Standard Ticket. Stelah itu akan muncul peta MRT yang akan menjadi pilihan tujuan kita. Lalu pililah jumlah tiket yang akan kita beli, dan masukan uang di mesin.

Hal yang harus kita perhatikan pada saat membeli Standard Ticket melalui mesin, kita harus memperhatikan benar petunjuk yang ada di mesin tersebut. Karena dari masing-masing mesin ada yang menerima sampai dengan maksimal $10 SGD, namun ada juga yang hanya menerima $3 SGD. Pada langkah ini yang harus diperhatikan adalah nilai uang yang akan di terima oleh mesin, dan jangan lupa untuk menambahkan setiap harga tiket dengan deposit $1 SGD yang akan dikembalkan setalah kita sampai ditujuan.

Bila kita tidak memiliki uang pecahan kecil, kita dapat menukarkannya di counter Passenger Service yang letaknya dekat dengan pintu masuk dan keluar. Dan bila kita akan mengambil deposit yang ada di tiket pada saat sampai di tujuan, kita tinggal menuju GTM lalu pilih “Return Deposit” lalu masukan kartu ke lubang yang disediakan. Bila kita masih bingung bisa bertanya kepada ptugas yang terdapat di stasiun MRT.

Kunjungi : Masjid Sultan:: Bagunan Masjid Begaya Muslim Klasik di Singapura

Bagi kita yang akan keliling jalan-jalan Singapore dengan transportasi umum MRT, LRT dan Bus, dapat juga menggunakan katu EZ-Link, kartu ini berfungsi untuk membayar tiket MRT, LRT atau Bus dan dapat dipergunakan berkali-kali, dan dapat diisi ulang di stasiun MRT atau pun Bus. Kita dapat mebeli kartu EZ-Link ini dengan menggunakan menjukan pasport pada saat membeli. Nilai minimum yang terdapat di kartu EZ-Link minimum adalah $10 SGD dan yang maksimal adalah $100 SGD ( Deposit untuk kartu EZ-Link $5 SGD unrefundable  dan $3 SGD refundable ). Sisa saldo yang terdapat di kartu EZ-Link bisa kita simpan untuk jalan-jalan kita berikutnya di Singapore, atau kita bisa ambil kembali.

Dan yang terakhir, untuk menikmati jalan-jalan di Singpore dengan transportasi umum kita bisa menggunakan Singapore Tourist Pass (STP), kartu ini fungsinya sama dengan EZ-Link, dan ini merupakan kartu yang cocok untuk kita yang melakukan perjalanan wisata Singapore hanya 1 sampai dengan 3 hari. Dalam satu hari kita hanya dikenakan $8 SGD dapat keliling Singapore dengan mengunakan MRT, LRT, dan Bus kemana saja. Dan untuk kartu ini kita akan dikenakan biaya deposit $10 SGD, dan dapat di refund asalkan tidak lebih dari 5 hari. Cara pembelian kart Singapore Tourist Pass (STP) sama seperti kart EZ-Link seperti yang dijelaskan di atas.

Bila kita telah mengetahui cara mudah untuk keliling Singapore, kita tidak perlu takut dan ragu lagi jalan-jalan sendiri di Singapore. Untuk menekan biaya di Singapore kita bisa memulai mengunjungi 4 tempat wisata Singapora yang meanrik di kunjungi. Dan jangan lupa kunjungi obyek wisata unik dan yang berbeda Singapore yang terdapat di Pulau Ubin Singapore.

Cara mudah keliling Singapore tersebut di atas merupakan dari pengalaman Direktori Wisata pada saat jalan-jalan ke Singapore. Bila ada teman-teman yang akan berbagi pengalaman jalan-jalan di Singapore dan berbagai kepada para pembaca yang mebutuhkannya dapat menambahkannya di kolom kometar di bawah ini. Dengan catatan tidak menaruh link hidup atau pun link mati, link promo terselubung atau pun spam pada kolom komentar.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :