Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Bali / Cara Menuju Desa Trunyan Bali

Cara Menuju Desa Trunyan Bali

Melihat Sisi Kehidupan Masyarakat dan Warga Desa Trunyan Bali

Direktori Wisata – Cara mudah menuju Desa Trunyan Bali untuk menyaksikan pemakaman unik di sisi pulau Dewata.

Bali dikenal dengan kota dan pulau yang dikenal memiliki beragam destinasi wisata. Di Pulau Dewata ini banyak tempat wisata yang banyak dikunjungi. Selain wisata alam bali yang dikenal keren, di pulau ini juga terdapat wisata asli bali yang hingga kini masih terjaga kelestariaannya, dan salah satu desa wisata yang dikenal dengan asal usul dari masyarakat bali adalah Desa Trunyan.

Bila kita pernah mendengar daerah Kintamani Kabupaten Bangli, Bali maka di daerah tersebut kita dengan mudah menemukan Desa Trunyan yang dikenal dengan tempat wisata Bali yang d kenal dengan tempat wisata bali yang menyajikan tempat pemakaman unik.

Pesona Wisata Bali:: Gunung Batur

Untuk mencapai Desa Trunyan Bali tidaklah terlalu sulit, kita bisa menempuh perjalanan dengan kendaraan yang bisa ditempuh dengan waktu +/- 3 jam dari kota Denpasar Bali. Jarak tempuhnya cukup membuat lelah badan kita selama perjalanan. Namun, dijamin deh perjalanan wisata menuju Desa Trunyan Bali tidak akan pernah kecewa, karena sebelum kita sampai di lokasi kita akan disambut dengan pemandangan Gunung Danau Batur yang indah sekali.

Untuk letak lokasinya Desa Trunyan Bali terletak di sebuah desa kecil yang ada di Batur, dan memiliki destinasi wisata yang tidak bisa kita temukan di tempat wisata Bali lainnya. Untuk sampai ke Desa Trunyan kita harus menyebrang dengan menggunakan kapal menyebrang danau sekitar 15 – 20 menit waktu yang harus di tempuh selama perjalanan.

Sedangkan harga sewa speed boat untuk menyebrang pulang pergi ke Desa Trunyan, kita harus menyewa satu kapal yang di bandrol harga sewa Rp. 700.000,- / kapal. dan kita akan mendapat pelayanan pemandu wisata lokal yang akan siap mengantar kita untuk menuju lokasi. Untuk harga sewa kapal dapat berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan pengelola.

Desa Trunyan bali

Keunikan dari Desa Trunyan Bali adalah dengan adanya daerah pemakaman yang hanya bisa kita temukan di tempat ini saja, yaitu si mayat hanya di letakkan di atas tanah saja tanpa di kubur atau di bakar.  mayat dari para jenazah tersebut hanya ditutup kain dan bambu yang disusun berbentuk prisma. dan tradisi yang membiarkan jenazah di atas tanah ini sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu.

http://www.direktori-wisata.com/wisata-di-pemakaman-unik-desa-trunyan-bali/

Dari ketereangan pemandu wisata lokal yang mendampingi perjalanan Direktori Wisata saat melakukan perjalanan wisata di pemakanan unik Desa Trunyan Bali ini disebut dengan istilah Mepasah. selain dari keberadaan pohon Tarunyan yang menjadi daya tarik di tempat wisata pemakaman unik di Desa Trunyan ini, ada hal yang lain yang kami dapatkan di lokasi, yaitu jumlah pemakaman yang ada di tempat ini  hanya berjumlah 11 dan julah tersebut tidak akan bertambah maupun berkurang. jika sudah penuh tulang-tulangnya akan di geser dan dikumpulkan di tempat yang khusus.

Bila kita berjalan di area pemakaman, kita akan banyak menemukan barang-barang yang berserakan di lokasi. hal tersebut bukan berarti tempat ini tidak pernah dibersihkan atau diurus, melainkan barang-barang yang ada di tempat ni merupakan persembahan perbekalan untuk orang yang telah meninggal.

Dengan mengunjungi tempat wisata Desa Trunyan kita bisa melihat secara langsung keunikan dari sisisi masyarakat lokal atau warga desa. Di sisi Pulau Dewata yang hingga kini masih menjaga dan melestarikan upacara dan tradisi yang masih diterpkan dalam hal pemakaman di Bangli – Bali.

Meski agak menyeramkan tempat wisata Desa Trunyan Bali ini, namun tidak sedikt pula wisatawan lkal maupun mancanegara yang hadir di tempat pemakaman unik yang berada di Desa Trunyan. Karena mereka sangat pensaran dan ingin melihat sendiri keberadaan pemakaman Trunyan dari dekat dan dapat mereka saksikan sendiri.

Kunjungi juga : Desa Wisata Panglipuran Bali

Nah, bagi teman-teman dan pembaca setia Direktori Wsata yang akan mengisi liburan di Bali dengan sensasi liburan yang yang berbeda kita bisa mencoba untuk berlibur di Desa Trunyan Bali, dan kita bisa mengunjungi lokasi dengan mengikuti jalur perjalanan menuju Desa Trunyan bali yang ka buat dari Kota Denpasar bali melalui peta Google Map di bawah ini.

Bila kita sudah di kawasan Danau Batur , Kintamani Bali barulah kita mencari dan menemukan tempat penyeberangan dengan menggunakan speed boat untuk menuju Desa Trunyan Bali. Bagi yang akan mencari hotel dan penginapan di daerah Kintamani Bali, kita bila mendapatkan hotel dan penginapan di kawasan daerah tersebut. Semoga cara menuju Desa Trunyan Bali ini dapta bermanfaat untuk berbagi informasi bagi kita yag akan menuju ke lokasi. Selamat liburan di Bali.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

1 Comments

  1. Seru juga kalo ke sini nyeberang pakai boat 😀

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks :Ad Views :