Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Info / Cara Menjadi Travel Photography

Cara Menjadi Travel Photography

Belakangan ini banyak berkembang dunia travel photogrphy yang sangat di gandrungi oleh masyarakat. Seperti apakah profesi travel photogrphy tersebut ? Dan bagaimana cara menjadi travel photogrphy ?

Travel Photography merupakan bagian dari pengembangan ilmu fotografi yang mendokumentasikan segala moment keindahan alam yang berada di tempat obyek wisata, serta segala aktifitas kegiatan masyarakat lokal dengan warna kehidupan kultur dan budayanya.

Ilmu photography sekarang ini sangat berkembang pesat. Dulu waktu Direktori Wisata masih duduk dibangku sekolah menengah kegiatan travel photography banyak orang lebih mengenal istilah hunting foto. Dengan berkembangnya trend dunia kratif photogrphy kegiatan ini mulai bergeser dan merubah sebutan namanya menjadi travel photogrphy.

Terlepas dari perbedebatan tentang makna dan sejarah profesi travel photography. Lebih mudahnya untuk kita mengerti profesi travel photography merupakan kesenangan penggalian bakat seseorang yang menjadi sebuah profesi fografi yang suka travelling.

travel-photography

Cara menjadi travel photography itu sangat mudah. Kita hanya dituntut memiliki sebuah kamera. Adapun jenis kameranya tinggal tergantung kamera yang kita miliki, dari kamera smartphone, kamera poket sampai dengan kamera DSLR baik semi profesional hingga profesional.

Pada dasarnya seorang travel photography memulainya dengan kamera yang mereka miliki, dan mengasah imajinasi dari setiap apa yang dilihat dan diterapkan melalui bidikan lensa kameranya. Bila asa, rasa, dan karsa itu sudah menjadi satu di dalam jiwa seorang fotografi, maka dia akan dapat menghasilkan bidikan unik dari hasil setiap jepretan yang dihasilkannya.

Sampai dengan hari ini belum ada sebuah penetapan atau pun ilmu baku yang mengatakan bahwa seorang travel photography Indonesia itu harus menggunakan kamera profesional. Jadi bagi kita para pemula yang akan memulai dunia travel photogarphy tidak perlu ragu untuk menghaslkan sebuah karya photo terbaik dari kamera yang kita miliki.

Hal ini tidak berarti seorang travel photography tidak boleh menggunakan kamera profesional. Karena sebuah kecanggihan dari kamera hanya merupakan alat penunjang hasil gambar foto agar terlihat bagus, sedangkan produk hasil dari travel photography itu sendiri adalah keahlian dari seorang fotografi memainkan kameranya untuk menghasilkan gambar foto yang bagus dan dapat bercerita. ( Baca : Jalan-Jalan Ala Photography Discovery Travel )

Prinsip yang harus dimiliki untuk menjadi travel phothogrphy adalah “jangan pernah mematikan hobi dan bakat kita dengan sebuah alasan akan keterbatasan masalah kamera atau pun dana untuk traveling, karena hobi akan menjadikan pintu peluang bagi bakat untuk terus menemukan apa yang dapat menyesuaikan kebutuhan dengan hasil yang bisa didapatkannya”.

Penerapatan profesi travel photography sendiri tidak sesulit apa yang kita bayangkan. Dengan kita selalu membawa kamera kesayangan yang kita miliki kemana-mana, maka kita akan selalu mendapatkan sebuah momen unik dan indah yang bisa kita temukan selama perjalanan. Misalnya pada saat kita bekerja atau pun berkunjung ke salah satu rumah saudara dan kerabat, di tengah jalan ada acara pentas kesenian tradisional atau pun pemandangan indah, kita bisa ambil gambar fotonya dan setelah itu di simpan dan dipajang di sebuah blog atau website photography, siapa tahu ada yang minat untuk menyewa atau membeli hasil karya foto kita.

Dari pengalaman Direktori Wisata selama traveling, kami selalu mengoleksi foto-foto hasil dari perjalanan wisata. Dan ini merupakan cara termudah agar foto kita bermanfaat bagi orang banyak dan bernilai serta dapat menghasilkan, salah satunya dengan memajang di dalam setiap artikel website wisata. Hal ini juga bisa bermanfaat bagi kita yang akan membuka jasa review wisata melaui website yang kita kelola.

Kita bisa menyalurkan hobi fotografi yang menjadi kesenangan kita menjadi sebuah profesi baru, dan bila dilakukan secara senang, maka akan menjadikan peluang baru bagi kita untuk menjadi travel photography Indonesia dengan cara sederhana.Mudah bukan cara menjadi travel photogrphy ? Happy travelling and keep your style picture…. []

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

21 Comments

  1. Saya sementara ini pakai camdig heeee. Lebih praktis rasanya bawanya. Tapi tetap ada keinginan unk beli DSLR ๐Ÿ˜€

    • Benar Kang, karena kalau bawa kamera DSLR sayang banget, kalau pun di bawa mending yang bodynya tidak terlalu besar agar praktis. ๐Ÿ˜€

  2. saya pingin banget bisa menjadi travel photography mas, tapi sayangnya kameranya pasti mahal banget setidaknya 7 juta seperti punya keponakan saya hmmm ๐Ÿ™

    salam wisata !

    • Tidak harus dengan kamera yang mahal ko Mba, dengan kamera poket juga bisa, asalkan terus berlatih foto saja, dan sementara itu photonya di posting di blog atau website yang produktif, jadi bisa menghailkna ekonomi juga bukan ? he,, he, he,, ๐Ÿ˜€

  3. Pokoknya selalu diusahakan ada kamera di tas saya. Biar sewaktu-waktu bisa memotret. Apalagi kalau lagi jalan-jalan

    • Benar mba, namanya juga travel photography harus siap akan momen dan event unik yang selalu datangnya tiba-tiba. ๐Ÿ˜€

  4. Muhammad Adam Hussein, S.Pd berkata:

    Betul juga pak, dimanapun seorang fotografer harus bisa menguasai keadaan biar bisa mendapatkan foto yang alami sebab banyak sekali tantangannya. Saya juga pernah merasakannya sebab hobi juga memfoto. Hehe

    • Benar mas, karena momen yang unik itu selalu datangnya tiba-tiba dengan mood kita tentunya. ๐Ÿ˜€

    • Sambil menyalurkan hobi saja mba, siapa tahu nanti ada yang mau beli dengan hasil gambar foto saya. Amiiiin….. ๐Ÿ˜€

  5. Yuk, mas Indra kita hunting bareng-bareng ๐Ÿ˜€

  6. Untuk bekerja dibidang ini tentunya harus menguasai ilmu fotografer ya mas? Dengan begitu akan banyak menghasilkan foto-foto yang tepat sasaran, ga asal jepret saja … ๐Ÿ™‚

  7. saya nih nggak bakat atau tepatnya nggak hobby memotret mas.kalau keluar selalu lupa bawa kamera.hihihi
    punya sih kamera samsung DSLR NX2000 jarang dipake.
    cuman motret bila disuruh orang saja untuk dicetak

    • Sayang mas kalau DSLR nyadi pakai cuman buat foto-foto biasa aja. he,, he, he,, ๐Ÿ˜€

  8. Saya masih kerepotan belajar pakai dslr. Lebih praktis pakai kamera hp. Pernah ke luar negeri bawa dslr tapi hasil fotonya nggak bagus. Cuma berat2in aja. Akhirnya nggak pernah bawa lagi :)))

    • Memang kalau untuk praktisnya kita bisa bawa kamera poket atau HP ko Mba sekarang ini, apalagi sudah banyak kamrea HP yang bagus dan tajam, jadi lebih mudah dan praktis. ๐Ÿ˜€

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks :Ad Views :