Oh Snap!

Please turnoff your ad blocking mode for viewing your site content

Cara Menggunakan Kamera Saat Traveling

Tips Cara Menggunakan Kamera Saat Traveling Untuk Membuat Gambar Bercerita

Direktori Wisata – Cara mudah menggunakan kamera untuk pengambilan gambar yang dapat bercerita saat mengisi liburan.

Travel blogger berperan dalam penyampaian obyek yang menjadi tempat untuk mengisi liburan di suatu daerah secara cepat melalui sudut pandang para si pelakunya. Tidak jarang dengan kegiatan aktivitas para travel blogger menceritakan segala aktifitas liburan mereka dalam sebuah konten di blog atau website pribadinya. Kegiatan ini justru akan terangkat lebh dulu dan dikenal oleh halayak umum untuk mengetahui tempat wisata yang menjadi obyek liburan.

Cara Menggunakan Kamera Saat Travelling

Karena sebuah travel blog yang dibuat oleh para pecina dunia travelling berasal dari berbagai latar belakang, maka peralatan yang digunakan untuk merekam momen tidak perlu membutuhkan peralatan yang profesional. Kita bisa merekam momen peristiwa dengan sebuah kamera biasa yang kita miliki, baik dari kamera poket, gadget, samrtphoe dan kamera jenis lainnya.

[the_ad id=”13728″]

Agar gambar dari hasil pengambilan kamera yang kita gunakan saat travelling bisa bercerita kita membutuhkan yang namanya teknik pengambilan gambar dengan urutan secara teratur, contohnya seperti long shoot, medium shoot dan close up shoot.

Cara Membuat phot Long Shoot Saat Travelling

Untuk pengambilan gambar photo long shoot yaitu pengambilan gambar dengan kamera secara keseluruhan yang jauh dari obyek yang akan menjadi bidikan kita. Hal ini bertujuan untuk menunjukan lingkungan di sekitar obyek wisata, atau bisa juga untuk memberikan gambaran secara utuh tentang obyek yang akan kita bicarakan baik dalam sebuah konten website travel blog maupun website travel photography yang kita miliki.

Tips Menggunakan Kamera Saat Travelling

Sedangkan untuk pengambilan gambar photo dengan teknik medium shoot kita hanya mengambil gambar obyek mulai dari lutut atau dari pinggang ke atas. Teknik pengmbilan gambar photo medium shoot ini berfungsi agar obyek terlihat lebih dekat. ( Baca : Cara Membuat Photo Bokeh Saat Travelling )

Cara Membuat PHoto Close Up

Dan yang terakhir dengan cara pengambilan gambar photo dengan cara close up, yaitu pengambilan gambar photo obyek yang akan menjadi perhatian utama dari bahu ke atas. Gambar photo close up berfungsi untuk menunjukan ekspresi dari obyek yang menjadi bidkan kamera. Kita juga bis mengambil gambar diteil obyek seperti bagian mata, tangan dan identitas.

Untuk mempermudah kita membuat sebuah gambar bercerita dari sebuah perjalanan travelling di salah satu tempat wisata yang akan kita kunjungi, pengambilan gambar close up sangat disarankan agar lebih banyak dari gambar lainnya seperti long shoot ataupun medium shoot. Hal ini bertujuan agar gambar terlihat lebih detil dan bercerita bla kita akan tempilkan dalam sebuah konten yang bisa menceritakan kegiata travelling yang kita lakukan. ( Baca : Membuat Foto Landscape Travelling )

Sebagai contoh bila kita bertamasya ke obyek wisata alam dan akan menceritakan sebuah obyek wisata yang kita kunjungi, kita bisa mebat sebuah photo pemandangan dengan long shoot, medium shoot, dan close up. Untuk photo close up yang akan menjadi bidikan kamera kita pastinya kegiatan yang ada di sekitaran obyek tersebut, misalnya kegiatan hewan yang bisa rakam dalam bidikan kamera kita, atau aksi dan ekspresi para wisatawan lainnya dalam menikmati suasana obyek wisata tersebut.

Sedangkan untuk pencahayaan pengambilan gambar pada kamera sering kali dalam pengambilan gambar bergerak kondisi pencahayaan juga berubah mengikuti pergerakan obyek. Agar obyek tetap dalam pencahayaan yang baik kita bisa menggunakan fitur dasar yang ada pada kamera yang kita miliki.

Agar mendapatkan fokus pencahayaan yang baik, cara yang sering di gunakan oleh para travel blogger unuk merekan momen-momen indah saat travelling adalah dengan menyentuh atau mengklik satu kali layar smartphone pada saat mengambil gambar foto. Pada kamera digital lainnya pun kita bisa bisa menemukannya di layar lensa yang menampilkan kotak titk fokus. Cara yang sederhana dan mudah ini memang cukup berhasil.

[the_ad id=”13728″]

Namun, saat gambar bergerak atau pindah obyek, fokus dan pencahayaannya pun ikut berubah. Sehingga pencahayaan bisa terlalu gelap atau terlalu terang. Untuk mengatasi permasalah tersebut kita bisa menyentuh lagi layar untuk mengatur ulang pencahayaan. Namun hal ini akan memakan waktu yang bisa mengakibatkan kita kehilanga momen-momen berharga saat travelling.

Saat menghindari pencahayaan berubah saat obyek bergerak, sebelum mengambil gambar photo kita bisa menyentuh layar agak lama di titik yang diinginkan sampai sebuah garis kotak muncul di layar. Garis kotak menunjukan bahwa kamera telah mengunci pencahayaan. Sehingga saat obyek bergerak pencahayaan tidak akan berubah. Mudah bukan ?…. ( Baca : Cara Menjadi Travel Photography )

Cara Mudah menggunakan kamera saat travelling tersebut di atas merupakan sebuah tehnik dasar atau tips travel photography yang bisa kita manfaatkan bagi yang akan menjadikan website atau blog travelnya memiliki gambar yang cukup baik dan bercerita dalam sebuah konten yang disajikan dalam sudut pandang yang bisa dikembangkan secara positif. Silahkan mencoba. Selamat travelling.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
  • stumbleupon
This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks :Ad Views :