Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

 
Home / Tips Wisata / Cara Mengatasi Mabuk Di Pesawat

Cara Mengatasi Mabuk Di Pesawat

 

Tips Cara Mengatasi Mabuk Di Pesawat

Direktori Wisata -Dalam setiap perjalanan wisata dengan menggunakan pesawat terbang, tidak semua orang memiliki kondisi fisik yang siap. Ada beberapa orang yang mengalami mabuk pada saat naik pesawat terbang.

Sebenarnya hal ini merupakan yang wajar, ini terjadi karena sebuah faktor ketidak biasaan menggunakan pesawat terbang. Dan untuk beradaptasi dengan goncangan-goncangan yang sering terjadi di dalam kabin pesawat terbang pada saat mulai lepas landas, selama penerbangan, hingga pendaratan di landasan pacu pesawat, Pada saat seperti itu biasanya tubuh kita akan mengalami suatu perubahan, bagi yang tidak terbasa akan membuat rasa mual dan pusing dikepala.

Cara Mengatasi Mabuk Selama Perjalanan di Pesawat Terbang

Bagi para sahabat dan pembaca setia Direktori Wisata yang belum terbiasa naik pesawat terbang tentu hal ini akan terlihat wajar. Pada waktu pertama kali kami naik pesawat juga seperti itu, namun setelah dewasa dan terbiasa naik pesawat lambat laun mabuk udara yang kami alamipun telah hilang.

Dari pengalaman kami menggunakan pesawat terbang hal ini terjadi dikarenakan faktor keadaan fisik kita sedang tidak sehat dan mudah terserang dengan rasa mual yang disebabkan kontraksi dalam perut kita karena faktor goncangan di dalam pesawat dan perubahan suhu udara yang kita peroleh dari dalam kabin pesawat.

Untuk mencegah mabuk di pesawat biasanya kami melakukan sarapan dengan mengkonsumsi makanan ringan yang cukup seperti roti, dan usahakan jangan terlalu kosong perut sebelum kita naik pesawat. Bila kita sempat sarapan dirumah, kita bisa membeli makanan yang terdapat di bandara.

 

Selanjutnya, kita bisa mensiasati dengan waktu kedatangan di bandara lebih cepat dari jadwal penerbangan. Hal ini akan mempermudah kita mendapatkan kursi pesawat dekat jendela. usahakan datang 2 jam sebelum waktu boarding, Dengan waktu yang segang kita bisa istirahat dulu di bandara sambil menikmati makanan atau minuman yang kita bawa atau dibeli di sana.

Baca juga : Cara Mengatasi Delay Pesawat Di Bandara

Setelah masuk dalam pesawat kita bisa menyetel tempat duduk sesuai dengan tingkat kenyamanan kita. Ikuti aturan petunjuk keselamatan penerbangan yang diberikan oleh petugas sebelum lepas landas, dan bukalah kaca jendela pesawat dari sekatnya, agar kita bisa melihat pemandangan luas.

Tips Perjalanan Dengan Penerbangan Pesawat

Dalam proses lepas landas pesawat hingga posisi aman yang telah ditentukan oleh kapten pilot pesawat, kita bisa melakukan aktifitas dengan mendengarkan musik. Gunakanlah segala fasilitas pesawat yang ada di sekitar kursi pesawat kita untuk hiburan. Bila kita membawa kamera photo atau pun gadget kita bisa membuat kegiatan kecil seperti mengabadikan gambar foto.

Baca juga : Menikmati Penerbangan Sambil Hunting

Untuk penerbangan promo, biasanya kita tidak mendapatkan makanan atau minuman dengan waktu jarak tempuh 1 sampai dengan 2 jam. Namun, kita bisa membeli makanan atau minuman yang dijual di atas pesawat. Sedangkan untuk penerbangan harga biasa alias tidak promo atau murah, makanan tetap disajikan untuk para penumpang. Pda kesempatan ini, kita juga bisa menggunakan waktu kita untuk menikmati sajian menu kuliner yang disediakan pada saat penerbangan.

Baca juga : Cara Liburan Murah Budget Ekonomis

Biasanya pilot peswat akan memberitahukan kepada kita bila pesawat akan mendarat sebelum 15 menit waktu tiba. Pada waktu ini, kita bisa santai atau mengambil gambar foto-foto pemandangan dari dalam pesawat ke luar. Biasanya kita akan menikmati pemandangan yang bagus sebelum mendarat, bahkan pada saat pesawat melakukan manuver mengambil posisi jalur untuk landing.

Bila selama penerbangan kita melakukan aktivitas positif dan tidak mengganggu kenyamanan orang lain selama penerbangan, hal ini dapat mencegah rasa mual dan pusing timbul selama perjalanan kita. Semoga cara mengatasi mabuk di psawat dalam perjalanan wisata ini dapat bermanfaat untuk para sahabt dan pembaca sekalian. Selamat Liburan….[]

 
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
 
 

23 Comments

  1. saya suka agak takut kalo mendengar pesawat terbang mas, soalnya lumayan banyak kejadian pesawat hilang..
    jadi kalo sudah terbiasa rasa mual mabok udara akan hilang ya mas..

    • Kalau masalah hilang di darat malah lebih banyak mas yang hilang 😀
      Kalau sudah terbasa sih naik pesawat rasa mual akan hilang ko, yang penting perut jangan sampai kosong dan tubuh dalam keadaan fit. 😀

  2. kalau mual idur aja, itu sih tips saya buat anak-anak

  3. Saya juga parno soal pesawat Kang … 🙁
    Ngeliat berita akan pesawat jatuh dan gambar-gambarnya .. bikin ngeri … tapi, ini tips bagus banget … tak terapin nannti kalau tiba waktuku naik pesawat …

    • Sebanranya sih kisah-kisah pesawat hilang dan jtuh juga membuat kita menjadi parno sih kang, namun kalau dikembalikan pada takdir lebih baik kita pasrah dan berdoa saja mudah-mudahan diberikan keselamatan dalam penerbangan. Dan ini hanya kisah pribadi saya saja sih untuk berbagi, mungkin ada yang punya pengalaman yang bagus nanti dari teman-teman atau pembaca lainnya. 😀

  4. Kondisi fisik memang sangat berpengaruh bisa mabuk diperjalanan, parahnya yg sy alami jika perjalanan darat yang cukup jauh dengan roda 4, sumpek dikit langsung tepar hehe…
    Salam!

    • Benar mas, tidak hanya kendaraan di darat dan laut, namun di udara seperti pesawat ini kondisi fisik kita akan menjadi penentu juga untuk beradaptasi menghadapi perubahan cuaca dan sebagainya, makanya biar tidak mual dan pusing sebaiknya buat kegiatan kecil saja. 😀

  5. Waktu pertama naik pesawat tidak pernah membayangkan rasanya naik pesawat. Setelah tahu kok sama juga ya naik pesawat dengan naik truk di jalan desa hehehehe malah ada kejadian yang sampai kini saya masih mengingatnya, pesawat batal mendarat karena ada awan yang bahaya itu, yang lain pada cemas, saya malah seneng karena waktu terbang pesawat jadi lebih lama hadeueuhh…kalau kepikiran jadi degdegan juga…Alhamdulillah waktu itu tidak terjadi apa-apa.

    • Benar kang, yang paling terasa waktu lewat awan hitam dan cuaca tidak baik, pasti kita akan merasakan sebuah goncangan di dalam kabin pesawat, walau itu memang hal biasa sih yang harus dilalui di setiap penerbangan dengan cuaca buruk. Dengan begitu kita jadi ingat kan kalau diri kita ini masih butuh pertolongan Tuhan. 😀

  6. Jujur saya belum pernah naik pesawat bli jadi tidak bisa membayang kan tapi mungkin karena kebiasaan saja kali ya yg bisa membuat mual.Bagi yg biasa mungkin sudah terbiasa jadi bisa enjoy

    • Mudah-mudahan suatu hari bisa kesampaian Kang Amiiin, sama saja ko seperti kita naik kendaraan di darat. Kalau pesawatnya besar dan bagus, berarti kelasnya sama kita naik mobil mewah rasanya, tapai sebaliknya seperti itu. 😀

  7. saya belum pernah Naik Pesawat Kang hikhikhik… ternyata Naik Pesawat juga bisa menyebabkan Mabuk perjalanan ya kang… 😀

    • Benar kang karena goncangan bisa jadi perut kita ikut kontraksi dan berasa mual dan pusing 😀

  8. dulu pernah mabuk juga kalau naik mobil, tepi sekarang udah enggak. kalau pesawat mas, kayaknya aman-aman saja. namun yang sering alami kalau pesawatnya jatuh, makanya saya sering parno sendiri kalau naik pesawat. ok makasih pencerahannya. salam sahabat blogger.

    • Iya Kang, saya juga sama ngalamani seperti itu, tapi lebih baik kita atasi dengan berdoa dan pasrah diri saja Kang dengan Tuhan, Insaya Alloh penerbangan akan menjadi lancar dan aman. Amiiiin….

  9. Assalamu Alaikum Wr.Wb… kalau saya Pribadi seumur umur belum pernah merasakan yang namanya naik pesawat, saya biasanya mabuk kalau naik Mobil, sepertinya kalau saya naik pesawat pasti akan lebih mabuk lagi Mas…

    • haha saya juga baru 1kali ternyata mabuk juga . kalau laut dan darat alhamdulillah aman saja

  10. saya termasuk orang yang mabuk udara ya satu satunya cara ya ampuh ya tidur.

    • harus banyak-bayak terbang Kang dengan pesawat agar terbiasa. Siapa tahu hilang kebiasaan mabuk naik pesawatnya.

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
 
Translate »
Ad Clicks :Ad Views :