Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

 
Home / Photography / Cara Membuat Photo Bokeh Saat Traveling

Cara Membuat Photo Bokeh Saat Traveling

 
 

Belajar Membuat Photo Bokeh Pada Saat Traveling

Direktori Wisata. – Seni photo bokeh yang menjadi trending topik dikalangan pecina seni photography menjadi tantangan bagi para pecinta dunia traveller untuk bisa memiliki hasil jepretan photo bokeh yang baik.

photo-bokeh

Untuk informasi bagi kita para pecinta dunia wisata, photo bokeh tersebut merupakan photo yang memiliki ketamanan obyek dan berlatar belakang blur. Dan biasanya titik fokus perhatian hasil photonya lebih jelas dengan obyek yang akan diperlihatkan. Seperti yang pernah kami coba teknik pengambilan gambar photo bokeh kembang dengan latar belakang blur tersebut diatas.

Konon, informasi yang kami dapatkan dari beberapa rekan travel photography istilah photo bokeh itu sendiri berasal bahasa Jepang yaitu “Bokeaji”  yang memiliki arti “blur” yang dipopulerkan pada tahun 1996. jadi yang sebenarnya disebut dengan photo bokeh itu, obyek yang blur itulah yang disebut bokeh.

Bagi kita yang suka travelling di obyek wisata yang kita kunjungi tentu banyak memiliki kesempatan untuk menghabiskan waktu dengan kamera yang kita bawa. Di samping melakukan photo landscape, kita juga bisa membidik beberapa obyek dengan menerapkan teknik pembuatan photo bokeh. Baik di dalam ruang, maupun di luar ruangan.

photo-bokeh

Untuk uji coba pengambilan gambar photo bokeh di dalam ruangan, kita juga bisa melakukannya pada saat melakukan perjalanan wisata kuliner. Kita bisa mencoba mengambil gambar obyek makanan, rekan, atau keluarga kita yang sedang asik menikmati makanan sambil bincang-bincang dan bercanda, pasti seru. Ini semua bisa kita lakukan selama perjalanan wisata.

Walau ada beberapa anggapan bahwa membuat photo bokeh ini tidak mudah, namun hal yang harus kita terapkan dalam setiap kita memainkan lensa kamera di beberapa lokasi yang kita kita kunjungi, kita harus tetap enjoy tenang dan berani melakukan uji coba terus dan pantang menyerah. Dan yang terpenting jangan pernah malu untuk mencoba dan mengakui hasil photo yang kita hasilkan sendiri.

Photo bokeh sendiri yang sering dihasilkan dan dipergunakan oleh para travel photography profesional sekarang ini memiliki nilai seni tersendiri. Dari kualitas bokeh yang dihasilkan dalam bidikan kameranyapun tergantung lensa yang digunakan.

Hal termudah untuk menghasilkan photo bokeh pada saat travelling, kita bsa menggunakan lensa tele yang memiliki focal length yang lebar. Dan ciri dari lensa ini sangat mudah untuk dikenali dari bentuknya yang panjang. Hal inilah yang membuat lensa tele memilik efek untuk mendekatkan obyek dengan fokus yang lebih sempit dan fokus.

Dari pengalaman pribadi dan beberapa rekan travel photography Indonesia, dalam penggunaan lensa tele, semakin panjang lensa tele yang kita pergunakan akan semakin besar bukaan diafragmanya. Hal ini yang membuat berbagai obyek yang menjadi bidikan di dalam lensa berada di latar belang semakin blur.

Biasanya teknik ini digunakan oleh para photographer profesional untuk menciptakan objek utama yang menonjol disertai latar belakang blur dengan menggunakan lensa tele panjang dengan mengkombinasikan bukaan diafragma yang besar.

Photo bokeh bukan hanya didapatkan dengan melalui penggunaan lensa tele saja. Selain lensa tele, kita juga bisa menggunakan lensa fix dengan bukaan diafragma sampai F/1,6. Dan hasilnya pun cukup lumayan bagus, hal ini bisa membuat latar belakang photo menjadi blur.

Hal yang biasanya selalu kami ingat dari para master photography profesional dan hasil yang selalu kami dapatkan untuk menghasilkan photo bokeh pada saat travelling yang dihasilkan melalui lensa prime itu lebih indah dan natural dibanding dengan lensa zoom, kususnya lensa kit. Namun hal ini dikembalikan lagi kepada pribadi masing-masing.

Baca juga : Cara Mudah Travel Photography Hasilkan Uang

Mungkin juga ada yang beranggapan bahwa photo bokeh itu mudah dibuat dengan menggunakan salah satu sofwer editting photo yang bisa kita pilih. Namun, bila kita bisa menghasilkan photo bokeh dengan hasil yang natural, itu akan lebih enak. Karena hasil bahan dasar photo yang bisa kita bikin kalau sudah bagus akan lebih enak dilihat. Seperti apa yang dikatakan para photographer profesional.

Baca juga : Cara Mudah Membuat Foto Landscape Pada Saat Traveling

Cara membuat photo bokeh saat travelling ternyata tidak sesulit apa yang dibayangkan. Karena banyak kesempatan selama perjalanan wisata kita selalu melakukan uji coba. Dengan menyatukan rasa hati dan pikiran, maka akan tercipta sebuah karsa yang bisa kita hasilkan dari dalam sebuah bingkai kamera lensa kita dengan hasil yang sempurna. Karena sejelek-jeleknya hasil photo buatan kita akan lebih indah terlihat bila hati dan pikiran kita pada saat melakukan pemotretan itu dilakukan secara santai, hingga kita bisa menikmatinya.[]

 
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
 
 

6 Comments

  1. Kameraku mirrorless, sudah ada menunya, nggak perlu distel heheee…. Kalau kamera digital beneran gitu pasti hasilnya lebih baik tp yg sederhana saja aku blm maksimal pakasi fasilitasnya, nggak mudeng, kebanyakan auto saja.

    • Tinggal faktor kebiasan saja ko Mba, saya malah kalau pakai kamera poket juga bisa ko, tapi harus pegangan saya, kalau yang lain harus menyesuaikan diri dulu. 😀

  2. owh semacam foto lebih fokus getu ya mas, saya sih pernah coba pakai kamera hape, agak susah, tapi kalau edit foto pakai aplikasi sih pernah, memang terlihat keren foto nya

    • Kalau pakai kamera HP memang agak susah Mba, namun kalau sudah ketemu dan menjadi kebiasaan sih nantinya juga bisa, tapi hasilnya tidak maksimal. 😀

  3. saya juga sering mengambil gambar kalau ada yg senangi kang, tapi yaitu biasanya dgn kamera HP yg saya punya…

    • Wah keren, HP Kang Eka bisa buat ambil gamabr, kalau saya mah hanya bisa buat photo saja Kang 😀

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :