Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2022 | All Right Reserved

Home / Jalur Akses Wisata / Cara Ke Pulau Ubin Singapore

Cara Ke Pulau Ubin Singapore

Cara Ke Pulau Ubin Singapore Tempat Wisata Konservasi Laut Singapore

Direktori Wisata. – Cara Menuju Pulau Ubin Singapore hanya dapat di tempuh dengan menggunakan kapal ferry penyeberangan dari Changi Point Ferry Terminal.

changi-point-ferry-terminal
Changi Point Ferry Terminl Singapore

Dari informasi yang di dapat Direktori Wisata, Changi Point Ferry Terminal Singapore ini merupakan demaga kecil penyeberangan untuk menuju tempat wisata kawasan Taman Konservasi Laut Singapura yang berada di Pulau Ubin, dan juga untuk menuju ke kawasan Pengerang yang berada di Malaysia.

Untuk menuju kawasan Pulau Pengerang kita diwajibkan membawa pasport dan menunjukkan oleh petugas di pintu dermaga, sedangkan ke Pulau Ubin, kita tidak harus menunjukkan pasport. Namun, demi kenyamanan perjalanan liburan kita selama di Singapore, pasport ada baiknya selalu di bawa ke mana saja kita keluar dari penginapan atau hotel.

informasi-keberangkatan-ke pulau-ubin-singapore
Changi Point Ferry Terminal Bumboat Singapore

Memasuki Changi Point Ferry Terminal kita akan menemukan sebuah papan pengumuman untuk penjadwalan serta harga tiket ferry boat yang akan kita tumpangi menuju Pulau Ubin.

Melalui papan pengumuman yang mudah dilihat oleh setiap orang yang akan menyebrang ke Pualu Ubin Singapore, kita bisa tahu bahwa penyebrangan ke tempat wisata konservasi alam Pulau Ubin di buka selama 24 jam, dan harga tiket menuju Pulau Ubin untuk sekali jalan $2.50 SGD / orang. Sedangkan untuk sepeda $ 2 SGD / sepeda.

cara-ke-pualu-ubin-singapore_
Changi Point Ferry Terminal Singapore

Untuk kapasitas ferry boat penyebrangan hanya 12 orang untuk sekali jalan. Setelah kita masuk di dalam kita pun sudah harus mendaftar kepada petugas, karena kapal boat akan jalan kalau sudah berjumlah 12 orang.

Bila penumpang belum mencapai 12 orang, maka kita harus menunggu sabar hingga penumpang komplit, baru nakoda kapal akan menjalankan boatnya.

Changi Point Ferry Terminal Singapore

Sesampainya kami di ujung dermaga boat Changi Point Ferry Terminal, satu persatu kami pun naik ke kapal ferry boat yang terbuat dari kayu. Setelah duduk tempat yang disediakan di boat, ongkos penyeberangan boat barulah di minta satu persatu kepada penumpang yang berada di atas boat.

Setelah proses pembayaran administrasi di atas boat selesai di atas kapal, barulah sang nakoda kapal memulai perjalanan penyeberangan menuju Pulau Ubin Singapore.

bumboat-pulau-ubin
Bumboat Pulau Ubin Singapore

Menurut informasi yang Direktori Wisata terima kapal boat penyeberangan ini disebut dengan nama “bumboat”. Entalah kenapa dikatakann dengan nama Bumboat, mungkin, karena suara ombak yang selalu terdengar menghantam dinding kapal maka dikatakan “Bumboat”.

Ruangan pengemudi kapal boatnya pun hanya terdapat dua tempat duduk, satu untuk pengemudi, dan satu lagi untuk asisten. Namun, perjalanan kali ini kami hanya dengan nakoda kapal boat seorang yang menghantarkan kami ke Pulau Ubin.

wisata-pulau-ubin-singapore
Liburan ke Pulau Ubin Singapore

Selama perjalanan liburan menuju Pulau Ubin Singapore, kami ditemani oleh suara motor boat dan desiran ombak yang menghantam dinding kapal. Ombak lautnya pun tidak terlalu tinggi dan cukup tenang, air laut akan menampakan ombak besar bila ada kapal yang jalan saja terasa goncangannya agak besar, selebihnya ombak akan kembali normal.

Lajunya kapal boat yang kami tumpangi membuat perjalanan selama +/- 15 menit penyebrangan tanpa terasa menghantarkan kami hingga sampai di dermaga Pulau Ubin yang menjadi tempat tujuan liburan Singapura kali ini.

dermaga-kapal-pulau-ubin.
Pulau Ubin Singapore

Sebuah pemandangan dergama kapal boat Pulau Ubin yang terlihta jelas akan menyambut kehadiran kita pada saat sampai di pulau tersebut. Satu persatu para penumpang kapal turun dari kapal menuju ke lokasi kawasan area dermaga kapal untuk melanjutkan perjalanan wisata Singapore di Pulau Ubin.

Baca juga : Menyusuri Legenda Pulau Ubin & Sekudu Singapore

Sebagai informasi tambahan, ada baiknya sebelum kita melakukan penyeberangan ke Pulau Ubin, sebaiknya kita mengisi atau mencari perbelakan di kawasan Changi Villege. Di kawasan ini terdapat banyak kedai atau warung yang menjajakan makanan dan minuman yang bisa kita bawa menuju ke pulau tersebut.

Terutama bagi wisatawan muslim yang akan menyeberang, karena di Pulau Ubin kita akan sulit menemukan tempat makan yang nyaman, namun bila hanya untuk mendapatakan minuman, kita bisa menemukan di pulau tersebut, tentu dengan harga yang agak mahal sedikit.

Baca juga : Cara Naik Bus di Singapura

Untuk sampai di Changi Point Ferry Terminal kita bisa menggunakan MRT dan turun di Stasiun Tanah Merah, lalu perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan bus SBS Transit No. 2 menuju Changi Villege Terminal yang posisinya tidak bersebelahan dengan Changi Point Ferry Terminal.

Bila kita berada di lokasi lain di sekitar Singapore, dan ingin menggunakan bus, cari bus dengan jurusan Changi Villege saja. Melalui peta di bawah ini kita dapat melihat peta jalur akses dari Changi Point menuju Pulau Ubin Singapore.

Pulau Ubin Singapore

Cara Ke Pulau Ubin Singapore tersebut di atas merupakan catatan pengalaman Direktori Wisata pada saat liburan di Singapore, semoga bisa membantu para sahabat atau pun pembaca setia yang akan melakukan perjalanan wisata menuju ke Pulau Ubin Singapore.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

4 Comments

    • Benar Kang, kalau mau ke Pulau Ubin menyebrangnya harus kapal boat seperti itu ­čśÇ

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate ┬╗
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :