Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Mancanegara / Jepang / Cara Apply Visa Jepang Lengkap Dengan List Formulir Dokumen

Cara Apply Visa Jepang Lengkap Dengan List Formulir Dokumen

/
/

Pahami Cara Lengkap Pengurusan Untuk Apply Visa Jepang

Direktori Wisata – Cara mudah mudah visa waiver , visa single entry, visa multiple entry dan visa transit dengan list formulir dokumen apply visa Jepang.

Jepang memang memiliki banyak keunikan tempat wisata yang ditawarkan. Mulai dari wisata belanja sampai wisata budaya dan sejarah, Jepang punya!

Pastinya banyak di antara kamu yang menjadikan Negeri Sakura Jepang sebagai destinasi wisata impian.

Cara Apply Visa Jepang Lengkap Dengan List Formulir Dokumen

Liburan ke luar negeri tidak cukup hanya bermodal biaya atau catatan rencana perjalanan. Dua hal pertama yang kamu butuhkan untuk bisa masuk ke negeri asing adalah paspor dan visa.

Tanpa dua hal ini, kamu tak akan bisa traveling ke luar negeri meskipun persiapan lainnya sudah matang.

Pastinya ada beberapa di antara kamu yang masih bertanya-tanya, gimana sih cara pengajuan visa Jepang dengan mudah dan cepat.

Bila kalian belum tahu caranya, pas banget nih karena bakal menjelaskan cara apply visa Jepang termudah buat kamu.

Untuk permasalahan apply visa Jepang, sahabat Direktori Wisata harus cek dulu jenis paspor yang kalian miliki.

Apakah kamu adalah pemegang paspor elektronik alias e-paspor ? Ataukah justru paspor yang kamu miliki adalah paspor biasa ?

Karena nanti akan mempermudah untuk pengurusan apply visa Jepang dilihat dari jenis paspor yang kita punya.

Cari tahu : Cara Mendaftar & Membuat E-paspor Hingga Selesai

Ada perbedaan terkait pengajuan visa Jepang untuk pemegang e-paspor dan paspor biasa. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan selengkapnya di bawah ini ya.

Perbedaan Visa Waiver dan Visa Biasa

Bagi sahabat Direkori Wisata warga Negara Indonesia (WNI) pemegang e-paspor, dapat meminta visa waiver alias bukti registrasi bebas visa kalau ingin berkunjung ke Negeri Sakura.

Namun, apa sih bedanya visa waiver dan visa biasa? Visa waiver ini semacam bukti bahwa kita telah melapor ke Kedutaan Besar Jepang bila akan mengunjungi negaranya.

Sedangkan visa biasa adalah dokumen izin untuk memasuki suatu negara. Tentunya, perbedaan yang paling mendasar adalah pada pengurusannya.

Proses pengurusan visa waiver relatif jauh lebih mudah dan cepat dibanding visa biasa. Semudah apa sih untuk mengurus visa waiver ini.

Cara Pengajuan Visa Jepang E-Paspor

Bagi sahabat Direktori Wisata Warga Negara Indonesia (WNI) pemegang e-paspor, ada keuntungan buat kalian yang ingin ke Jepang karena berlaku Bukti Registrasi Bebas Visa (Visa Waiver).

Cara Apply Visa Jepang Lengkap Dengan List Formulir Dokumen

Visa Waiver adalah program pembebasan visa yang merupakan hasil kerja sama antara dua negara dengan kebijakan tertentu, seperti durasi kunjungan yang dibatasi.

Setelah itu, bawa formulir yang telah diisi lengkap dan e-paspor ke kantor Kedutaan Besar Jepang. Umumnya, butuh waktu dua hari untuk mengurus Visa Waiver ini.

Selanjutnya, kamu akan mendapatkan stiker khusus di halaman e-paspormu sebagai tanda bebas keluar masuk Jepang selama tiga tahun.

Perlu diingat, waktu tinggalmu di Jepang dibatasi selama maksimal 15 hari sekali kunjungan. Sebagai contoh yang dapat dilihat dalam gambar di atas tersebut.

Meskipun kadang kamu mendengar istilah “ke Jepang bebas visa” untuk pemegang e-paspor, sebenarnya tetap perlu mendaftarkan e-paspor untuk mendapatkan Bukti Registrasi Bebas Visa berupa stiker yang bisa ditempelkan di e-paspor.

Syarat Membuat Visa Waiver Jepang E-Paspor

Syarat visa waiver Jepang untuk pemegang e-paspor hanyalah membawa e-paspor dan formulir permohonan visa yang bisa di-download.

Kalau sudah download formulir pengajuan visa waiver, kamu bisa mencetak dokumen tersebut di kertas A4 dan mengisinya selengkap-lengkapnya.

Jika nggak ada alat print di rumah, nggak usah khawatir karena kamu nggak perlu pinjam print tetangga.

Kamu tinggal mengambil formulir permohonan visa waiver di Kedubes Jepang dan mengisinya dengan bolpoin hitam.

Begitu syarat e-paspor dan pengisian formulir sudah kamu penuhi, kamu tinggal menunggu sekitar 2 hari kerja untuk mendapatkan striker visa waiver kamu.

Soal biaya visa waiver Jepang, biayanya gratis. Sahabat Direktori Wisata bisa langsung mendwonloadnya melalui kolom di bawah yang bisa gunakan.

Periode Pengajuan & Masa Berlaku Visa Waiver Jepang

Visa waiver diberikan untuk kamu yang ingin melakukan kunjungan singkat ke Jepang, entah itu untuk wisata, bisnis atau kunjungan keluarga.

Kamu nggak bisa menggunakan visa waiver untuk kunjungan lebih dari 15 hari ke Jepang, Soalnya durasi untuk satu kali kunjungan sudah dibatasi 15 hari aja.

Bukan berarti setelah berkunjung ke Jepang 15 hari, visa waiver kamu hangus alias nggak berlaku lagi.

Kamu masih bisa berkunjung ke Jepang sampai 3 tahun ke depan dengan visa waiver yang sama. Dengan syarat setiap kali berkunjung, durasi kunjunganmu nggak lebih dari 15 hari.

Perhatikan soal masa berlaku visa waiver. Kamu perlu juga mengecek batas akhir masa berlaku paspor kamu.

Jika pada tanggal registrasi visa waiver masa berlaku e-paspor, sekurang-kurangnya 3 tahun atau lebih dari 3 tahun.

Kalian bisa menggunakan visa waiver tersebut untuk wisata ke Jepang sampai 3 tahun ke depan.

Lain lagi kalau masa berlaku paspor kamu kurang dari 3 tahun. Kamu nggak bisa dapat full masa berlaku visa waiver yang 3 tahun seperti penjelasan di atas.

Misalnya nih registrasi visa waiver kamu tertanggal 1 Juni 2019, sementara masa berlaku paspor kamu habis pada 3 Mei 2020.

Berarti kalian harus melakukan registrasi visa waiver ulang saat e-paspor kamu ganti meskipun masa berlaku visa waiver kamu seharusnya belum habis.

Cara melakukan registrasi ulang untuk visa waiver Jepang ini juga Tidak susah. Kamu tinggal membawa e-paspor lama dan e-paspor baru kamu.

Kalau nggak bisa membawa e-paspor kamu yang lama, kamu harus melampirkan surat keterangan kehilangan dari lembaga yang berwenang.

Perlu dicatat, kita tidak bisa masuk Jepang pakai visa waiver yang lama, kalau e-paspor kamu sudah ganti yang baru.

Cara Apply Visa Jepang Untuk Paspor Biasa

Sudah dijelaskan di atas bahwa ada perbedaan pengajuan visa Jepang untuk pemegang e-paspor dan pemegang paspor biasa.

Untuk WNI yang memiliki paspor biasa, kamu tidak bisa melakukan registrasi visa waiver dan harus mengurus visa biasa untuk bisa masuk ke Jepang.

Tempat Membuat Visa Jepang untuk Paspor Biasa

Cara bikin visa Jepang untuk paspor biasa dilakukan di Japan Visa Application Center (JVAC). Alamat JVAC di Jakarta adalah di Lotte Shopping Avenue, Lantai 4, Karet Kuningan, Setiabudi, Jakarta Selatan.

Selain melayani visa untuk paspor biasa, JVAC juga melayani pengajuan visa waiver.

Sahabat Direktori Wisata yang berada di wilayah Surabaya, Medan, Denpasar, dan Makassar, Pengajuan visa Jepang tetap dilakukan di masing-masing kantor Konsulat Jenderal Jepang yang ada di setiap wilayah terkait.

Syarat Membuat Visa Jepang untuk Paspor Biasa

Untuk kamu yang memiliki paspor biasa dan ingin membuat visa Jepang, berikut ini adalah syarat-syaratnya.

  1. Paspor
  2. Formulir permohonan visa yang bisa kamu download
  3. Pas foto terbaru 6 bulan terakhir ukuran 4,5×4,5 cm dengan background putih (tanpa latar, bukan editan).
  4. Fotokopi KTP & kartu mahasiswa atau kartu pelajar.
  5. Bukti pemesanan tiket pesawat PP
  6. Jadwal perjalanan atau itinerary selama berada di Jepang. Download Form Perjalanan.
  7. Dokumen undangan jika visa diajukan untuk kunjungan keluarga atau teman.
  8. Daftar pemohon visa untuk pengajuan visa lebih dari 1 (satu) orang, kamu bisa mengunduh List of Visa Applicants
  9. Melampirkan visa masuk negara tujuan utama jika hanya ingin mengajukan Visa Transit di Jepang. Jika visa yang diajukan bukan Visa Transit.
  10. Bukti keuangan (rekening koran atau buku tabungan 3 bulan terakhir), apabila pemohon visa yang bertanggung jawab atas biaya perjalanan ke Jepang serta surat dari kantor tempat pemohon bekerja.
  11. Jika yang bertanggung jawab terhadap biaya keuangan adalah pihak pengundang yang berada di Jepang, maka harus ada Surat Jaminan Keuangan dari pihak pengundang berupa Surat Keterangan Pembayaran Pajak (nouzei shomeisho), Surat Pemberitahuan Tahunan atau SPT (kakutei shinkokosho hikae), Surat Keterangan Penghasilan (shotoku shomeisho), Surat Referensi Bank, fotokopi buku tabungan 3 bulan terakhir, dan surat keterangan bekerja.

Setelah semua persyaratan dalam cara apply visa Jepang untuk paspor biasa ini dipenuhi, kamu bisa mengajukan semua persyaratan ini ke JVAC (untuk area Jakarta) atau ke Konsulat Jenderal Jepang di wilayah domisili kalian pada hari Senin hingga Jumat.

Untuk sahabat Direktori Wisata yang akan mengurus visa ke JVAC, kamu bisa membuat janji kedatangan dulu via online di website VFS Global.

Biaya Pengajuan Visa Jepang

Untuk kamu yang ingin membuat visa ke Jepang, per 1 April 2019 biaya pembuatan visa Jepang berbeda untuk tipe visa yang berbeda. Berikut ini rinciannya:

  1. Visa Single Entry: Rp380.000,-
  2. Visa Multiple Entry: Rp770.000,-
  3. Visa Transit: Rp90.000,-

Waktu Pengurusan Visa Jepang

Proses pembuatan visa Jepang untuk pemegang paspor biasa membutuhkan waktu minimal 4 hari kerja dan bisa lebih, tergantung dari kelengkapan dokumen kamu.

Namun, mengajukan 2 minggu sebelum keberangkatan itu pun rasanya pasti udah deg-degan banget.

Makanya, kamu sebaiknya prepare waktu untuk pengajuan visa kunjungan Jepang. Dan ingat, waktunnya jangan terlalu dekat ya kawan,

Jadi, kalau ada yang bertanya kapan sebaiknya mengajukan visa sebelum ke Jepang, jawaban dari pertanyaan ini sebenarnya kembali ke masing-masing orang.

Untuk yang lebih suka terburu-buru plus deg-degan dalam mengurus visa, kamu bisa menghitung waktu pengajuan visa ditambah waktu yang dibutuhkan untuk menunggu sampai visa kamu jadi.

Namun, untuk kamu yang ingin semuanya terencana, mengajukan visa sekitar 2 bulan sebelum keberangkatan ke Jepang bisa jadi pilihan yang tepat.

Soalnya, buku tabungan atau rekening koran yang harus dilampirkan harus 3 bulan terakhir sebelum pengajuan aplikasi dan berangkat ke Jepang.

Bila pembuatan visa Jepang sudah berhasil, kalian bisa melakukan perjalanan liburan ke tempat wisata Kyoto dan tempat wisata Tokyo. Selamat melakukan perjalanan ke Jepang.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :