Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2022 | All Right Reserved

Home / Banten / Cantiknya Pulau Sangiang, Spot Eksotik untuk Pencinta Snorkeling di Banten

Cantiknya Pulau Sangiang, Spot Eksotik untuk Pencinta Snorkeling di Banten

/

Directory Rekreasi – Pulau Sangiang sendiri sudah ada semenjak era ke-19. Menurut riwayat, pada awalnya tercipta pulau ini yakni saat Raja Lampung mengimbau pada rakyatnya untuk menempati pulau ini. Untuk beberapa pelancong yang menyenangi alam bahari, pulau elok di Serang ini adalah tujuan kesukaannya. Tempat wisata khusus dari lokasi ini yakni keelokan pantai dan terumbu karang dengan ikan warna-warninya.

Cantiknya Pulau Sangiang, Spot Eksotik untuk Pencinta Snorkeling di Banten

Pulau ini mempunyai bermacam flora dan fauna yang asli. Disamping itu, lokasi ini mempunyai goa-goa warisan penjajahan Jepang yang mempunyai nilai riwayat. Pulau ini termasuk unik karena ada di Pulau Jawa dan Pulau Sumatera. Taman Rekreasi Alam ini sebagai lokasi rekreasi yang dahulunya berbentuk cagar alam.

Ada banyak warga yang belum ketahui mengenai kehadiran rekreasi Pulau Sangiang Banten ini. Keelokan dan kebersihan pulau ini juga tetap terlindungi karena kurangnya jumlah pelancong. Surga yang terselinap di Selat Sunda ini mempunyai perairan yang hijau dan asri. Warga di tempat menjelaskan jika pulau ini benar-benar eksotik. Untuk anda yang ingin tahu, coba bertandang ke dsini.

Daya Ambil yang Dipunyai Pulau Sangiang di Banten

1. Flora dan Fauna

Daya Ambil yang Dipunyai Pulau Sangiang di Banten

Flora dan Fauna yang dipunyai Pulau Sangiang benar-benar terbangun. Mereka hidup secara bebas di alam sekitaran lokasi rekreasi. Fauna yang hidup di pulau ini salah satunya landak, biawak, lutung. Disamping itu, beragam jenis ular hidup dalam hutan-hutan yang ada di pulau ini. Karang-karang dan beragam tipe ikan juga hidup di laut dengan kondisi yang paling terbangun dan terlindung.

2. Pantai Batu Mandi

Pantai ini ada di dekat pelabuhan pulau ini. Di pantai ini ada kolam alam yang dipenuhi oleh batu karang. Pantai ini akan warna jingga saat matahari terbenam dan jadi pemandangan cantik yang ditunggukan pelancong. Pantai Batu Mandi sendiri sebagai bintang di lokasi rekreasi ini.

3. Pantai Pasir Panjang

Pantai ini mempunyai pinggir yang paling panjang dan pasir ciri khas yang paling halus. Ada beberapa tebing pada sisi bagian pantai yang disebut fondasi pulau ini. Ombak di pantai ini tidak demikian beresiko hingga aman untuk bermain disekitaran pantai.

4. Gua Tungku

Gua ini sebagai gua dengan wujud unik yang hidup di Pulau Sangiang. Gua ini namanya Gua Tungku karena memiliki bentuk yang seperti tungku. Tungku sendiri yakni alat pembakaran yang dipakai untuk mengolah. Untuk sampai ke gua ini, anda harus turun naik bukit dengan tebing yang terjal agar menyaksikan keelokan gua dari jarak dekat.

5. Menara Awasi

Menara Awasi ialah menara dengan tinggi 30 mtr. yang dipakai TNI AL untuk mengawasi beberapa kapal yang bekerja disekitaran pulau. Anda dapat minta ijin ke TNI yang bekerja bila ingin coba naik ke atas pucuk.

Dari menara ini anda bisa juga menyaksikan beragam tipe warisan pulau ini. Kelihatan sisa bangunan rumah sakit dan hotel yang sempat dibuat saat sebelum berlangsungnya kritis moneter tahun 1998. Anda bisa juga melihat bangunan-bangunan dari penjajahan Jepang.

Baca juga : Pulau Oar di Banten, Pulau Dengan Panorama Yang Menganakemaskan Mata

Alamat dan Jalur Ke arah Lokasi Pulau Sangiang Banten

Pulau kecil yang ada di dua pulau besar ini beralamat di Kabupaten Serang, Propinsi Banten. Lebih persisnya pulau ini ada di Dusun Cikoneng, Kecamatan Anyer. Dalam peta, pulau ini kelihatan kecil dan kemungkinan terasingkan. Tetapi, Pulau Sangiang justru jadi pulau yang paling populer dan makin disukai banyak pelancong.

Alamat dan Jalur Ke arah Lokasi Pulau Sangiang Banten

Jalur ke arah lokasi rekreasi tidak demikian susah. Dari Kota Serang, anda perlu naiki angkutan umum seperti bus untuk sampai di Cilegon. Dari Cilegon, teruskan kembali perjalanan ke arah Dermaga Paku Anyer.

Dari Pantai Anyer ke arah pulau ini tidak demikian jauh. Dari Anyer cuma memakan waktu sekitaran satu jam untuk sampai ke tujuan lokasi. Anda tinggal seberang lautan memakai beberapa kapal yang berada di Dermaga Paku Anyer. Umumnya muatan kapal ke arah lokasi khusus cuma untuk 15 orang. Anda dapat menyebrangi lautan sekalian nikmati keelokan alam di sekitarnya.

Baca juga : Pesona Wisata Tanjung Lesung Pandeglang Banten

Prediksi Ongkos Rekreasi ke Pulau Sangiang

Untuk ticket masuk dari Pulau Sangiang sendiri yakni sekitaran 100.000 rupiah. Tetapi, anda harus mengontak call-center lebih dulu karena setiap saat harga dapat berbeda. Untuk keseluruhan pengeluaran yang perlu dipersiapkan bergantung dari tipe pemondokan yang pelancong gunakan.

Prediksi Ongkos Rekreasi ke Pulau Sangiang

Saat anda berekreasi ke pulau ini untuk kemping atau sekadar jalanan, pengeluaran juga termasuk kurang. Cuma membutuhkan sekitaran 1.000.000 rupiah saja. Tetapi, bila anda ingin nikmati keelokan pulau beberapa hari dengan bermalam membutuhkan ongkos sampai juta-an rupiah. Karena untuk bermalam telah ada sarana hotel atau pemondokan yang komplet.

Kegiatan yang Menarik Dilaksanakan di Pulau Sangiang

1. Rekreasi Budaya

Kegiatan yang Menarik Dilaksanakan di Pulau Sangiang

Pulau ini banyak memiliki warisan riwayat yang perlu dilestarikan kehadirannya. Warisan riwayat yang ada di Pulau Sangiang mayoritas ialah beberapa sisa bukti Perang Dunia II. Goa-goa dan benteng-benteng sisa pertahanan tentara jepang juga jadi saksi riwayat di daerah ini. Untuk lakukan rekreasi budaya ini harus minta ijin lebih dulu ke aparatur di tempat.

2. Rekreasi Bahari

Karena lokasi rekreasi ini ada di Selat Sunda, sudah pasti ada beberapa rekreasi bahari yang dapat dicicipi. Aktivitas dari rekreasi bahari yang umumnya dilaksanakan yakni snorkeling dan scuba diving. Dengan lakukan aktivitas ini beberapa pelancong bisa nikmati terumbu karang dengan ikannya yang cantik dan unik di taman laut.

Untuk scuba diving sendiri umumnya dilaksanakan di tempat Tanjung Raden. Antiknya dalam snorkeling atau scuba diving dilaksanakan dengan container yang tenggelam dan terbenam di perairan pulau. Pelancong luar negeri mempunyai aktivitas unik saat bertandang ke sini. Mereka umumnya berjemur dan santai di pantai berpasir atau lakukan aktivitas memancing.

3. Rekreasi Alam

Aktivitas rekreasi alam yang sudah dilakukan di Pulau Sangiang ini benar-benar bermacam. Pelancong yang bertandang umumnya berekreasi untuk pengambilan foto, aktivitas naik sepeda, bahkan juga mendaki gunung. Beberapa pelancong juga memutuskan untuk kemping supaya bisa menyaksikan keelokan pantai disekitaran pulau.

Adapula beberapa pelancong yang lakukan aktivitas treking walau lajur yang dilewati cukup terjal. Treking ini dilaksanakan dengan arah berkunjung goa kelelawar. Untuk anda yang untung bisa menyaksikan ikan hiu di tempat sekitaran goa kelelawar. Bila anda akan lakukan aktivitas ini, anda harus waspada karena harus turun naik tebing batu.

Disamping itu, anda dapat nikmati proses penangkaran penyu yang sudah dilakukan warga di tempat disekitaran pantai. Anda akan dibawa oleh warga untuk menyaksikan proses bertelur penyu atau aktivitas melepaskan tukik ke lautan.

Baca juga : Ketan Bintul:: Kuliner Khas Banten

Pemondokan Murah Paling dekat dari Pulau Sangiang Banten

1. Home Stay

Berikut pemondokan unik yang ada di Pulau Sangiang. Walau pulau ini tidak mempunyai sarana pemondokan satu juga, tetapi masyarakat mempunyai gagasan inovatif untuk ini. Masyarakat mengubah tempat tinggalnya sendiri sebagai pemondokan untuk beberapa pelancong yang ingin bermalam di lokasi rekreasi. Rumah yang dicarter juga cuma dapat untuk 15 orang. Disamping itu ada kamar mandi dan dua kamar yang luas tanpa AC.

2. The Acacia Hotel Anyer

Untuk anda yang ingin bermalam dengan sarana komplet, jalan keluarnya ialah bermalam di Anyer. Anda dapat bermain di tujuan lokasi dan kembali lagi ke Pantai Anyer saat malam hari untuk istirahat. Sarana yang dipunyai The Acacia Hotel Anyer yakni sarana hotel yang sedikit berbeda.

Pemondokan Murah Paling dekat dari Pulau Sangiang Banten

Sarana unik yang ada berbentuk pantai individu, kolam air panas, bar pinggir kolam, tempat parkir luas dan restaurant yang ideal. Anda dapat liburan dengan sarana eksklusif dan membuat berlibur anda jadi nyaman.

3. RedDoorz Pluz

Bila anda ingin liburan tetapi mempunyai bujet kurang, anda bisa bermalam di pemondokan ini. Ini ialah pemondokan paling murah di Anyer dengan mekanisme rumah. Pemondokan ini mempunyai harga sekitaran 100.000 rupiah untuk tiap malamnya.

Antiknya pemondokan dengan harga terjangkau ini mempunyai AC, TV, sarana kolam renang outdoor sampai wifi gratis. Liburan dengan pemondokan yang nyaman dan mempunyai sarana yang komplet tetapi murah ini sudah pasti disukai banyak pelancong.

Baca juga : Pesona Suku Baduy Di Desa Wisata Kanekes Banten

Sarana yang Ada di Pulau Sangiang

Untuk sarana pada tempat lokasi ini masih termasuk umum dan belum demikian komplet. Ini karena pulau ini masih termasuk asri dan masih jarang-jarang di kunjungi pengunjung. Disamping itu, lokasi rekreasi ini lebih menyajikan dalam sisi kegiatan pencinta alam.

Sarana yang Ada di Pulau Sangiang

Beberapa sarana yang ada di Pulau Sangiang sendiri lumayan komplet seperti ada pelabuhan, sarana untuk sewa alat selam dan camping ground yang luas. Untuk sisi keamanannya sendiri ada pemandu rekreasi, pusat info pariwisata, pos menjaga, sampai pencemaran rimba. Dengan sarana yang aman ini anda bisa nikmati berlibur dengan tenang dan nyaman.

Baca juga : Taman Selabintana, Taman Asri Dengan Semua Keseruanya Di Sukabumi

Pulau yang cantik dan banyak memiliki keunggulan ini harus kita lestarikan supaya makin dikenali pelancong baik nasional atau luar negeri. Bahkan juga Pulau Sangiang di Serang sekarang mendapatkan panggilan sebagai Seven Wonders of Banten. Mengenalkan tujuan rekreasi dan jaga kelestarian ialah kewajiban untuk kita sebagai bangsa.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :