Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2022 | All Right Reserved

Home / Kalimantan / Bukit Soeharto, Taman Rimba Raya Penuh Narasi Seram di Kalimantan Timur

Bukit Soeharto, Taman Rimba Raya Penuh Narasi Seram di Kalimantan Timur

/

Directory Rekreasi – Bukit Soeharto sebagai taman rimba raya yang memikat buat ditelusuri saat ada di Kalimantan Timur. Teritori rimba lindung untuk mengenali beragam tumbuhan dan satwa, dan cerita mistik dibalik keelokannya.

Bukit Soeharto, Taman Rimba Raya Penuh Narasi Seram di Kalimantan Timur

Taman Rimba Raya Bukit Soeharto sebagai salah satunya dari teritori yang terhitung pelestarian alam. Teritori ini berada di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Tempat ini sempat trending sehabis Joko Widodo sebagai presiden Indonesia berkunjung teritori ini.

Sesudah lawatan Presiden Joko Widodo ke Bukit Soeharto, daerah ini diusulkan menjadi calon ibukota Indonesia yang baru. Daerah ini lumayan strategis karena ada di Kota Samarinda dan Kota Balikpapan. Maka dari itu, ke-2  kota ini diperkirakan akan dibuat jalan tol sebagai jalan penyambung antara kota.

Teritori ini juga kental akan narasi horror. Beberapa dogma horror seperti hantu romusha terus menghantui tempat ini. Maka dari itu, banyak warga yang ingin tahu berkenaan tempat ini dengan narasi horrornya yang memikat buat didengarkan. Berikut informasi-informasi yang penting Anda kenali berkenaan Taman Raya Bukit Soeharto.

Baca juga : Daya tarik Keelokan Alam Bukit Matang Kaladan di Banjarbaru

Daya Ambil yang Dipunyai Taman Raya Bukit Soeharto

1. Narasi Seram yang Menjadi legenda

Bila Anda sukai dengan narasi seram karena itu Anda kenal dengan buku “666 Mistis Paling Ramai: Indonesia dan Dunia”. Buku itu bercerita hantu romusha yang kerap mengusik beberapa pelancong di tempat bukit ini. Bahkan juga hantu ini bisa hilangkan seorang.

Daya Ambil yang Dipunyai Taman Raya Bukit Soeharto

Seorang yang terganggu sampai ditiadakan akan susah diketemukan walau telah usaha keras menelusurinya. Dalam beberapa kasus beberapa orang itu bisa diketemukan, tetapi mereka menjadi 1/2 edan.

Nuansa seram yang menyelimutinya tempat ini ada karena pada jaman dulu teritori itu jadi tempat untuk menganiaya beberapa romusha yang sudah dilakukan oleh tentara Jepang. Menurut buku “Hantupedia: Ensiklopedi Hantu-Hantu Nusantara”, hantu itu menampakan diri dalam bentuk kelompok romusha yang bawa peti.

Ada salah satunya masyarakat yang akui pernah menyaksikan figur hantu romusha. Saat ia bekerja dalam membuat jalan di Bukit Soeharto, mendadak ada kelompok orang yang bawa peti sekalian ditodong dengan senapan oleh tentara Jepang. Berdasar pernyataan orang itu, kemunculan hantu itu diprediksi ialah karyawan romusha.

Bukan hanya narasi hantu romusha saja yang membuat nuansa seram di Bukit Soeharto. Beberapa sumber menjelaskan jika tempat ini jadi pembuangan mayat dari petrus (penembakan misteri) pada pemerintah Presiden Soeharto.

Disamping itu, di teritori bukit ini diberitakan umum terjadi kecelakaan fatal. Maka dari itu, banyak warga yang kerap menyambungkan narasi seram tempat ini dengan kecelakaan yang umum terjadi. Tetapi, narasi ini belum juga dapat ditegaskan kebenarannya. Maka dari itu, Anda harus tetap waspada saat ada di teritori ini.

Kentalnya narasi seram pada tempat ini membuat beberapa orang ingin tahu. Bahkan juga beberapa orang yang bersama-sama ke arah tempat ini untuk ketahui kebenaran dari narasi seram yang menghantui tempat ini. Maka dari itu, narasi seram yang bersemayam pada tempat ini jadi ketertarikan kuat untuk menarik hadirnya pengunjung.

2. Pusat Reintroduksi dan Pemulihan Orang Utan Wanariset Samboja

Ada pusat pelindungan orang rimba di Bukit Soeharto. Program ini dibangun oleh Yayasan BOS untuk memberi perawatan dan program pemulihan ke orang utan yang komunitas dan induknya sudah lenyap. Project ini dibuat di tahun 1991.

Dengan cara resmi teritori ini dikenali bernama Wanariset. Di tahun 2006, program ini direlokasi karena tidak mempunyai lokasi yang cukup. Selanjutnya nama tempat ini ganti jadi Samboja Lestari.

Aktivitas yang bisa Anda dapatkan pada tempat ini ibarat servis kesehatan dan perawatan pada orang utan, reintroduksi, pemulihan, pengamanan orang utan, translokasi orang utan ke komunitas yang aman, dan sebagainya. Selainnya orang utan, ada program konservasi beruang madu di Samboja Lestari.

Pelestarian rumah satwa liar khususnya yang sangat jarang bisa sukses jika ada kerja-sama dari warga, pelancong, dan faksi penting yang lain. maka dari itu, tempat ini kerap mengikutsertakan warga, pelancong, dan beberapa sekolah dalam aktivitas yang bisa menambahkan wacana sekitar pengajaran pelestarian.

Untuk Anda yang ingin tahu dan ingin ketahui selanjutnya mengenai orang utan karena itu Anda bisa berkunjung teritori ini. Disamping itu, Anda akan memperoleh banyak pengetahuan bila bertandang ke arah tempat ini. Anda harus juga jaga sikap dan patuhi ketentuan yang ada bila ingin berkunjung tempat ini.

3. Rimba Pengajaran Kampus Mulawarman

Rimba pengajaran ini sebagai Teritori Rimba dengan Arah Khusus (KHDTK) yang paling komplet di Indonesia. Teritori ini benar-benar diperlukan di periode mendatang untuk sektor keilmuan.

Peningkatan teritori rimba ini benar-benar jadi perhatian oleh pemerintahan. Bisa dibuktikan tiap tahunnya pemerintahan selalu memberi dana yang besar untuk meningkatkan teritori ini. Lebih dari 20 miliar dana yang diberi pemerintahan setiap tahunnya dalam memberikan dukungan dan lebih memajukan pengajaran di Indonesia.

Bila Anda sukai dengan teritori pengajaran seperti rimba ini jadi tidak perlu sangsi untuk selekasnya mendatanginya. Kawasannya yang paling asri membuat Anda kerasan lama-lama pada tempat ini. Disamping itu, Anda dapat berhubungan dengan beberapa orang pintar yang menuntut pengetahuan pada tempat itu hingga menolong wacana Anda makin terbuka.

4. Mempunyai Flora dan Fauna yang Beragam Macam

Taman Rimba Raya Bukit Soeharto atau umum dipersingkat dengan Tahura mempunyai flora dan fauna yang paling berlimpah. Bukit ini diputuskan jadi teritori pelestarian alam saat Indonesia masih dipegang oleh Presiden Soeharto di tahun 1991. Maka dari itu, Anda bisa menyaksikannya pada tempat ini dengan bebas.

Beberapa macam flora yang bisa Anda dapatkan diantaranya : Perupuk, Meranti, Mengkungan, Keruing, Mahang, Medang, Mengkungan, Nyatoh, Kayu Tahan, Ara, Keranji, Kapur, dan sebagainya. Bermacam macam flora ini kemungkinan susah Anda dapatkan di wilayah lain karena sangat jarang.

Beberapa macam fauna yang bisa Anda dapatkan diantaranya : Beruang Madu, Landak, Orang utan, Macan Dahan, dan sebagainya. Satwa-satwa ini diproteksi oleh negara dan sedang dilestarikan karena komunitasnya yang paling rendah.

Baca juga : Antiknya Berbelanja di Pasar Terapung Lok Baintan Banjarmasin

Satwa dan flora yang berada di tempat ini ada dalam pelindungan negara. Maka dari itu, Anda sebagai pengunjung jika liburan di Tahura Bukit Soeharto harus patuhi semua ketentuan yang sudah diputuskan oleh faksi pengurus.

5. Pantai Tanah Merah Samboja

Pantai ini sangat cantik. Meskipun nama dari pantai ini ialah Tanah Merah, tetapi pantai ini mempunyai pasir putih. Pantai ini dihias oleh pohon cemara yang berjejeran di sejauh pesisir pantai.

Meskipun pantai ini tidak seindah pantai di wilayah rekreasi yang lain, Anda masih bisa rasakan kenyamanan saat liburan di tempat rekreasi ini. Disamping itu, Anda bisa juga lakukan beberapa aktivitas yang umumnya Anda dilaksanakan di pantai secara umum.

Bibir pantai ini memiliki bentuk cukup menjuru ke laut hingga hasilkan empat yang lumayan luas untuk kemping dan wisata bersama rekanan atau keluarga. Keelokan dari pantai ini jadi daya magnet dari Bukit Soeharto.

Jalur dan Harga Ticket Masuk Tahura Bukit Soeharto

Teritori Taman Raya ini ada di Loa Janan, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Taman ini mencakup sejumlah kecil Kabupaten Panajam Paser. Anda bisa memakai kendaraan beroda 2 atau kendaraan beroda 4 untuk berkunjung tempat ini.

Jalur dan Harga Ticket Masuk Tahura Bukit Soeharto

Teritori ini terpenggal oleh kutub jalan Samarinda-Balikpapan. Jalur yang bisa Anda menempuh untuk ke arah lokasi taman raya ini lewat lajur darat dari Balikpapan sepanjang 45 menit perjalanan atau dari Samarinda dengan 1,5 jam perjalanan. Anda harus juga waspada dalam berkendaraan karena banyak kecelakaan terjadi pada tempat ini.

Harga ticket masuk agar bisa bertandang ke Taman Raya Bukit Soeharto lumayan murah. Maka dari itu, Anda tak perlu cemas permasalahan harga agar bisa liburan ke arah tempat rekreasi ini.

Baca juga : Daya tarik Pulau Derawan, Rekreasi Eksotis Tidak Terlewatkan

Aktivitas yang Menarik Dilaksanakan di Bukit Soeharto

1. Belajar Sekalian Berekreasi

Bila Anda pilih Bukit Soeharto sebagai arah rekreasi karena itu Anda bisa berkunjung beberapa rekreasi elok pengajaran yang ada. Ada tempat konservasi orang utan dan Rimba Pengajaran Kampus Mulawarman yang bisa membagi beragam jenis pengetahuan ke Anda.

Aktivitas yang Menarik Dilaksanakan di Bukit Soeharto

Disamping itu, ada beragam jenis flora dan fauna. Anda bisa memperkenalkan flora dan fauna ini ke anak-anak Anda. Anda bisa juga menolong melestarikan flora dan fauna dengan memberi info ke rekan dan keluarga berkenaan keutamaan jaga kelestarian flora dan fauna yang berada di sekitaran kita.

2. Berpose

Tahura ini mempunyai panorama yang paling cantik. Maka dari itu, ada beberapa spot photo yang baik hingga Anda bisa berpose dengan bebas.

Disamping itu, tempat ini kerap dipenuhi oleh beberapa pencinta photografi. Janganlah lupa untuk bawa perlengkapan camera yang baik dan oke untuk Anda yang hoby dalam sektor photografi. Ada banyak spot yang kemungkinan tidak dibolehkan untuk dipotret. Maka dari itu, yakinkan untuk membaca tiap ketentuan yang ada supaya tidak dikasih ancaman.

3. Bermain atau Kemping di Pantai Tanah Merah Samboja

Untuk Anda yang menyukai dengan keelokan pantai karena itu janganlah lupa untuk meluangkan waktu bertandang ke Pantai Tanah Merah Samboja. Pantai ini masih ada di teritori Bukit Soeharto hingga terletak tidak demikian jauh.

Anda bisa bermain air dengan senang di pantai ini. ada beberapa kepiting di pantai ini yang bisa Anda buru untuk dikonsumsi atau dibawa pulang. Anda bisa juga kemping bila ingin menginap di pantai ini.

4. Rekreasi

Tempat ini mempunyai tempat yang pas untuk rekreasi. Beberapa pohon rimbun melingkari tempat ini hingga memberi perasaan nyaman dan sejuk. Meskipun nuansa seram masih menempel pada tempat ini, Taman Raya Bukit Soeharto masih pantas jadi tempat untuk berekreasi bersama dengan rekanan atau keluarga.

Baca juga : Agrowisata Beruang Madu Balikpapan, Kalimanatan Timur

Sarana yang Ada di Taman Rimba Raya

Ada sarana umum seperti kamar mandi, pemondokan, warung makan, dan sebagainya. Meskipun tidak mempunyai sarana yang khusus, Taman Raya Bukit Soeharto masih sediakan sarana yang pantas untuk berlibur Anda bersama rekanan atau keluarga.

Informasi-informasi di atas menjadi pemikiran Anda untuk liburan di Taman Raya Bukit Soeharto. Tidak boleh ragu untuk bermain di tempat rekreasi ini karena Anda akan memperoleh banyak pengetahuan dan pengalaman seram yang susah diketemukan di lain tempat.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks :Ad Views :