Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2022 | All Right Reserved

Home / Jakarta / Belajar Budaya Betawi dan Bermain Air di Setu Babakan

Belajar Budaya Betawi dan Bermain Air di Setu Babakan

/

Directory Rekreasi – Liburan ke perkampungan Setu Babakan yang asri dan mempunyai keunikan tertentu menjadi alternative rekreasi diakhir minggu.

Belajar Budaya Betawi dan Bermain Air di Setu Babakan

Bila kamu ada di Jakarta dan ingin pelajari lebih dalam berkenaan suku Betawi, karena itu kamu dapat usai minggu ke Setu Babakan Jagakarsa.

Selainnya tawarkan keelokan alam dan rekreasi air, di Setu Babakan kamu bisa juga meng-eksplore macam budaya dan tradisi istiadat suku Betawi.

Setu babakan ialah objek rekreasi alam dengan keunikan budaya Betawi. Pada tempat ini kamu akan merasakan segala hal yang terkait dengan budaya Betawi baik bangunan tradisi, seni, kulineran, sampai aksen bahasa.

Setu Babakan mempunyai luas teritori sekitaran 32 hektar yang dijepit oleh dua danau bikinan yakni danau Babakan dan danau Mangga Berlubang.

Di danau Babakan kamu dapat nikmati beragam sarana permainan air sekalian menelusuri danau.

Selainnya lumayan luas untuk lakukan beragam aktivitas rekreasi, Setu Babakan dikitari oleh tumbuhan dan pohon-pohonan teduh hingga udara udaranya benar-benar sejuk dan benar-benar nyaman untuk santai.

Setu Babakan mulai dibangun di tahun 2000. Sesudah proses pembangunan yang memerlukan waktu satu tahun, objek rekreasi ini selanjutnya disahkan di tahun 2001 oleh Gubernur Jakarta waktu itu yaitu Bapak Sutiyoso.

Mulai sejak itu, Setu Babakan mulai mendapatkan perhatian masyarakat Jakarta yang bersama-sama menghampirinya pada beberapa hari liburan.

Baca juga : Kebun Raya Cibodas, Teritori Dengan Banyak Rekreasi Alam

Selainnya sebagai tempat rekreasi, Setu Babakan sekarang sudah jadi teritori cagar budaya tempat peningkatan dan konservasi budaya Betawi.

Sesudah disahkan sebagai cagar budaya di tahun 2004, sampai sekarang Setu Babakan masih diatur oleh pemerintah provinsi DKI yang bekerja bersama dengan dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta.

Daya Ambil dan Aktivitas di Setu Babakan Jagakarsa

Beberapa hal bagus yang dapat kamu dapatkan saat bertandang ke Setu Babakan. Kamu dapat sepuasnya mengeksplore macam tradisi budaya Betawi seperti kesedapan kulinerannya sampai kekhasan bahasanya.

Daya Ambil dan Aktivitas di Setu Babakan Jagakarsa

Nach, untuk kamu yang belum pernah tiba ke Setu Babakan, berikut sejumlah aktivitas yang dapat kamu kerjakan di situ :

1. Berkunjung pusat konservasi budaya Betawi di zone A Setu Babakan

2. Berkunjung pusat kulinter Betawi di zone B Setu Babakan

3. Pelajari budaya Betawi di zone C

4. Melihat pergelaran seni badaya Betawi

5. Melihat festival budaya di daerah Betawi

6. Menyaksikan beberapa benda produk budaya di museum budaya Betawi

7. Nikmati beragam sarana permainan air di danau Babakan

Di pusat konservasi budaya kamu dapat menyaksikan peningkatan budaya ciri khas Betawi seperti beragam model rumah tradisi, museum purbakala, gedung teater sampai gedung berpenampilan saat ini yang kental dengan tradisi Betawi.

Sementara di tempat-area yang lain, kamu dapat pelajari dan melihat beragam pertunjukan panggung seni seperti seni tari, seni musik, pencak silat, bahkan juga pelajari cara membuat kulineran ciri khas Betawi seperti dodol Betawi, ketoprak, kerak telor, sampai gulali Betawi.

Baca juga : Desa Pelangi Sentul (De’ Pes), Rekreasi Alam Di Bogor

Dan di danau Babakan, kamu dapat lakukan akrifitas rekreasi air yang hebat seperti naik sampan melingkari danau, memancing, bermain perahu kayuh sampai hunting photo di beberapa spot elok sekitaran danau.

Harga Ticket Masuk Setu Babakan

Setu Babakan sampai ini hari masih gratis untuk dimasuki. Kamu tak perlu keluarkan uang sepeser juga untuk beli ticket masuk Setu Babakan.

Harga Ticket Masuk Setu Babakan

Tetapi untuk kamu yang tiba memakai kendaraan individu, kamu harus bayar retribusi parkir sejumlah Rp. 2000 untuk sepeda motor dan Rp. 5000 untuk mobil.

Baca juga : Pulau Komodo, Salah Satu Tempat Rekreasi Terbaik yang Dianggap Dunia

Selainnya retribusi parkir, bila akan coba sarana permainan air kamu perlu mempersiapkan ongkos sewa sarana sejumlah Rp. 10.000 sampai Rp. 15.000.

Alamat Setu Babakan

Alamat Setu Babakan ada di Srengseng Sawah, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan, DKI Jakarta.

Alamat Setu Babakan

Lokasinya ada di lokasi yang lumayan strategis hingga kamu tak perlu cemas akan kesusahan untuk mendapatinya.

Jika tiba dari pusat perkotaan Jakarta, kamu cuma memerlukan waktu sekitaran 1 jam perjalanan untuk sampai di lokasi dalam jarak sekitaran 24 km.

Disamping itu, disekitaran lokasi ada banyak objek rekreasi yang lain dapat kamu datangi sehabis berlibur ke Setu Babakan.

Baca juga : 16 Tempat Rekreasi di Gunungkidul yang Hebat untuk Bermain Air

Objek rekreasi yang dekat sama Setu Babakan diantaranya setu mangga berlubang, danau mahoni, taman kiara payung, taman tabebuya, situ pedongkelan, kebun binatang ragunan, taman UI dan ada banyak yang lain.

Sarana di Setu Babakan Jakarta

Sarana umum yang berada di Setu Babakan telah lumayan memadai.

Sarana di Setu Babakan Jakarta

Pada tempat ini kamu akan memperoleh sarana misalnya :

* Tempat Parkir

* Masjid

* Tempat Bermain Anak

* Teater Terbuka

* Pentas Atraksi

* Wisma

* Toko Souvenir

* Tempat Makan

Disamping itu, ada beberapa spot berpose yang dapat kamu tentukan seperti keinginan. Asyiknya kembali, kamu dapat berpose sekalian kenakan beragam tipe baju tradisi ciri khas suku Betawi.

Baca juga : Pulau Nipah di Lombok Utara, Pulau Dengan Kekayaan Alam Yang Cantik

Nach, tersebut narasi kami mengenai belajar budaya Betawi dan bermain air di Setu Babakan kamu dapat ambil mnfaatnya. Selamat berlibur.![]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :