Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2022 | All Right Reserved

Home / Padang / Batu Malin Kundang, Rekreasi Riwayat yang Berbalut Legenda di Padang

Batu Malin Kundang, Rekreasi Riwayat yang Berbalut Legenda di Padang

/

Directory Rekreasi – Batu Malin Kundang menjadi satu diantara arah rekreasi yang hubungan demikian kuat dengan berbalut narasi legenda yang demikian terkenal di tengah warga Indonesia, yaitu Malin Kundang.

Batu Malin Kundang, Rekreasi Riwayat yang Berbalut Legenda di Padang

Kedatangan situs batu yang paling dipercayai sebagai batu sumpah semakin menambah warga bersama-sama untuk tiba ke arah tempat ini. Beberapa yakini jika batu itu sebagai salah satunya bukti riil sesungguhnya Malin Kundang bukan sekedar narasi saja.

Bahkan juga situs dari batu ini menjadi satu diantara tempat rekreasi terpopuler di Kota Padang. Karena itu, tempat itu memanglah tidak pernah sepi didatangi oleh beberapa pelancong, baik itu lokal atau asing. Ditambah lagi saat hari liburan nasional atau akhir minggu, karena itu Anda akan mendapati beberapa ratus pelancong yang padati tempat itu.

Baca juga : Kota Tua Padang, Object Rekreasi Riwayat dengan Nuansa Tempo Dahulu

Daya Ambil yang Dipunyai Batu Malin Kundang

1. Narasi Mengenai Malin Kundang

Salah satunya daya magnet khusus yang dipunyai oleh tempat rekreasi berbentuk Batu Malin Kundang itu yakni narasi berkenaan asal mula batu. Malin Kundang ialah sebuah narasi rakyat atau legenda yang paling terkenal bahkan juga sampai ke pelosok tanah air. Dipercayai sesungguhnya ia dan dengan awak dan kapal disumpah jadi batu.

Daya Ambil yang Dipunyai Batu Malin Kundang

Hal tersebut karena Malin Kundang waktu itu sakiti ibu kandungnya. Pada awalnya dia memang datang dari sebuah keluarga yang paling miskin dan hidup berdua dengan ibunya. Bersamaan dengan semakin dewasa, ia juga pergi mengelana untuk cari uang ke wilayah lain.

Si Ibu awalnya berasa sangat berkeberatan, tetapi saat menyaksikan kemauan yang demikian kuat dari anaknya itu, pada akhirnya dia mulai meluluskan. Sesudah sekian tahun lama waktunya Malin Kundang tinggalkan desa halaman ia tak pernah sekalinya pulang.

Dan pada akhirnya sesudah beberapa saat dia memilih untuk berkunjung desa halaman dan itu membuat Ibunya berasa demikian berbahagia dan segera ke arah teritori pantai.

Tetapi karena Malin Kundang berasa malu saat menyaksikan ibunya karena itu dia juga menyingkirkan dengan benar-benar kasar. Menyaksikan tindakan durhaka dari anaknya itu, karena itu si ibu demikian bersedih dan meminta pada Tuhan untuk mengubah anaknya jadi batu. Dan itu sebagai legenda yang sampai sekarang ini dipercaya oleh warga Indonesia.

2. Sarana Permainan

Daya magnet lain selainnya melihat situs Batu Malin Kundang Anda akan disuguhi oleh hal hebat yang lain saat ada di tempat rekreasi ini. Di situ pengunjung akan mendapati beberapa sarana permainan yang hebat, satu diantaranya yakni mobil ATV.

Mobil ATV ini ialah sarana favorite untuk pengunjung yang mereka ingin jalanan melingkari tempat pantai tak perlu jalan kaki. Tetapi tentu saja untuk nikmati sarana permainan yang ini pengunjung harus mengambil kantong lebih dulu.

3. Pulau Pisang

Di seberang pantai nanti Anda akan melihat sebuah pulau yang memiliki ukuran kecil. Jarak yang penting untuk Anda menempuh supaya bisa datang di pulau ini lebih kurang sepanjang 500 mtr.. Luas dari pulau cuma sekitaran satu hektar dan nama pulau itu yakni Pulau Pisang Kecil.

Dapat disebutkan pulau itu dibuka sampai 24 jam, karena jam berapa saja pengunjung dapat memilih untuk ke sana. Saat tiba pada sore atau pagi hari, pengunjung dapat jalan kaki. Tetapi saat malam hari, hal tersebut tidak mungkin karena air pasang.

Karenanya, pengunjung harus memakai jasa perahu dari nelayan sekitaran yang nanti dapat dicarter. Untuk harga sendiri pengunjung dapat lakukan perundingan langsung dengan nelayan.

Baca juga : Taman Alam Lumbini, Taman Rekreasi Hits dengan Tiruan Pagoda Shwedagon di Karo

Alamat dan Jalur Ke arah Lokasi Batu Malin Kundang

Situs Batu Malin Kundang yang terlihat seperti figur narasi legenda itu ada di tempat Pantai Air Manis. Pantai yang ini ada di Jalan Malin Kundang, persisnya yakni di Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang, Propinsi Sumatera Barat.

Alamat dan Jalur Ke arah Lokasi Batu Malin Kundang

Lokasi dari tempat ini ada di belakang Gunung Padang dan Bukit Gado-Gado. Supaya bisa datang di website batu itu karena itu pelancong nanti harus tempuh perjalanan sepanjang lebih kurang 20 menit dari Kota Padang, dan jarak yang perlu dilakukan yakni sepanjang 10 km.

Salah satunya lajur yang penting dilewati berbentuk Jembatan Siti Nurbaya. Dari arah jembatan itu karena itu pengunjung dapat lempeng, hingga sampai di jalan seberang Padang dan Gerbang Gunung Padang. Kemudian Anda dapat meneruskan perjalanan ke arah Jalan Lingkar Nipah sampai kelak datang di tempat Pantai Air Manis tempat situs batu itu ada.

Baca juga : Bukit Siguntang, Menjejaki Paninggalan Kerajaan Sriwijaya di Palembang

Harga Ticket Masuk Batu Malin Kundang

Untuk dapat melihat Batu Malin Kundang itu karena itu pengunjung harus beli ticket masuk ke teritori Pantai Air Manis. Anda tak perlu cemas karena besaran ongkos ticket masuk termasuk cukuplah dapat dijangkau. Bila Anda tiba saat hari liburan, ongkos ticket yakni sejumlah Rp 10.000, tetapi bila Anda tiba saat hari biasa, besar ticket cuma Rp 5.000 saja.

Harga Ticket Masuk Batu Malin Kundang

Selainnya ticket masuk, nanti ada ongkos yang lain perlu untuk pengunjung bayarkan, seperti misalnya ongkos parkir, ongkos sewa perahu, dan sebagainya. Untuk jam operasinya sendiri pantai ini dibuka setiap hari, yakni dari hari Senin sampai hari Minggu.

Dan untuk jam operasional pada tempat itu memanglah tidak diterapkan jam operasional atau tempat ini dibuka 24 jam penuh dan Anda dapat mendatanginya kapan saja Anda ingin. Tempat itu tentunya memikat buat Anda untuk jadikan tempat rekreasi budaya dan pembelajaran.

Baca juga : Wisata Bahari Kepulauan Mandeh di Pesisir Selatan Sumatera Barat

Aktivitas yang Menarik di Batu Malin Kundang

1. Melihat Dari Jarak Dekat Batu Malin Kundang

Beberapa ratus pengunjung yang tiba ke tempat Pantai Air Manis itu sebagai bukti sesungguhnya Batu Malin Kundang ini mempunyai beragam jenis daya magnet dan kegiatan yang dapat dilaksanakan. Salah satunya kegiatan yang paling direferensikan tentu saja yakni melihat batu monumental ini dari dekat.

Aktivitas yang Menarik di Batu Malin Kundang

Sekalinya sekarang ini sebagian besar situs batu telah tergenang oleh air, tetapi Anda masih bisa melihat beberapa bagian detil dari setiap sisi dengan jelas. Patung yang dibikin dari batu ini memvisualisasikan kejadian saat Malin Kundang yang durhaka itu disumpah oleh ibunya.

Si pembikin kreasi seni memang sungguh pikirkan lebih detil berkenaan wujud badan manusia dan property kapal yang ada di spot rekreasi riwayat itu. Bukan hanya hanya itu, ada batu yang menyengaja dibikin seperti tong kayu yang biasanya kerap disaksikan di kapal.

2. Berkunjung Pulau Pisang

Kegiatan hebat yang lain yakni Anda perlu tiba bertandang ke pulau yang ada dekat dari situs batu itu, yakni Pulau Pisang. Anda dapat jalan ke arah pulau ini saat air tengah kering. Jarak yang perlu dilakukan lebih kurang cuma sepanjang 500 mtr. saja.

3. Nikmati Keelokan Pantai

Batu Malin Kundang ini ada di tempat Pantai Air manis, karenanya saat ada di sini karena itu Anda bisa juga nikmati keelokan dari pantai yang demikian menarik. Air laut yang ada di pantai itu mempunyai gradasi warna biru muda, biru tua dan hijau kelihatan dari terlalu jauh.

Nikmati Keelokan Panta di Batu Malin Kundang

Disekitaran tempat pantai itu dipenuhi oleh pohon-pohonan yang demikian rimbun dan pohon-pohonan lain. Saat sore hari datang, matahari tenggelam bakal menjadi pemandangan yang demikian menarik pada tempat ini.

Untuk berkeliling-keliling ke tempat pantai pelancong nanti dapat sewa mobil ATV dan berkeliling-keliling ke tempat pantai sepanjang lebih kurang 1/2 jam. Atau pengunjung dapat memilih untuk jalan-jalan telusuri dan mengeksplor tempat pulau pisang.

4. Surfing

Berita baik untuk Anda yang hoby lakukan aktivitas surfing karena pada tempat itu Anda juga bisa juga beraktivitas ini. Anda dapat coba olahraga surfing. Tetapi harus dipahami hal tersebut dapat dilaksanakan cuma bila ombak pantai tengah besar.

Pantai Batu Malin Kundang ini sangat nyaman untuk Anda yang ingin bermain surfing terutamanya untuk seorang pemula.

Baca juga : 5 Kue Tradisional Sumatera Yang Membuat Kamu Ketagihan

Sarana yang Ada di Teritori Rekreasi Batu Malin Kundang

Berkenaan permasalahan sarana sendiri di lokasi rekreasi Batu Malin Kundang itu telah termasuk cukuplah disiapkan sarana yang demikian mencukupi. Anda tidak kesulitan untuk mendapati toilet atau kamar mandi umum yang dapat dipakai.

Sarana yang Ada di Teritori Rekreasi Batu Malin Kundang

Bukan hanya hanya itu, sarana lain yang ada yakni berbentuk warung makan. Untuk pengunjung yang berasa ingin tahu mencicip kulineran ciri khas wilayah Padang, karena itu Anda akan memperoleh peluang untuk mencicip makanan di beberapa warung itu.

Faksi pengurus tempat rekreasi sudah membangun tempat khusus untuk yang ingin memancing. Tidak jauh dari tempat memancing, pelancong bisa juga memakai pondok yang menyengaja dibikin untuk tempat beristirahat pelancong.

Begitu keterangan komplet berkenaan tempat rekreasi Batu Malin Kundang yang penting untuk Anda kenali. Tempat rekreasi yang ini perlu untuk Anda datangi ditambah saat hari liburan datang. Yakinkan di sini Anda membawa serta keluarga dan buah kesayangan Anda.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :