Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

 
Home / Indonesia / Bali / Bali Pulau Terindah Di Dunia

Bali Pulau Terindah Di Dunia

 

Direktori Wisata – Baru-baru ini Bali ditetapkan sebagai pulau terindah kedua di dunia setelah Galapagos. Selain itu Bali juga menjadi plau terindah di Asia. Penilaian ini diberikan oleh Travelanaleisure.com dalam Travel + Leisure World Best Award 2015.

Joged Bumbung Bali

Travel + Leisure merupakan majalah wisata yang berkantor pusat di New York City. Dengan lebih dari 4,8 juta pembacanya majalah wisata ini terbit setiap bulan atau 12 kali dalam setahun. Travel + Leisure sendiri merupakan majalah wisata terbaik di dunia dengan pesaing utama yaitu National Geographic Traveler. Majalah ini memberikan award kepada :

  1. Hotel Terbaik
  2. Pulau Terbaik
  3. Kota Terbaik
  4. Kapal Pesiar Terbaik
  5. Maskapai Udara Terbaik
  6. Bandara Terbaik
  7. Tempat Wisata Keluarga Terbaik
  8. Spa Terbaik
  9. Agen rental Mobil Terbaik
  10. Wisata Safari Terbaik
  11. Operator Tur Terbaik

Berbagai kategori penghargaan di atas setidaknya bisa jadi tolak ukur perbaikan dalam industri pariwisata di Indonesia. Bagaimana pun juga Indonesia adalah negara terindah di dunia. Dan itu yang belum disadari oleh masyarakat Indonesia sendiri. Hal ini terbukti dengan masih banyaknya orang-orang Indonesia yang dengan bangganya berlibur keluar negeri.

 

Padahal jika saja mereka tahu betapa indahnya wisata bahari di Pulau Seribu maka orang Indonesia tidak perlu jauh-jauh datang ke Hawaii. Atau jika saja orang Indonesia tahu betapa indahnya Pantai di peisisr selatan Jogja hingga Pacitan maka mereka tidak perlu jauh-jauh datang ke Puket. Seandainya saja orang Indonesia mau melirik Pulau Ora maka mereka tidak perlu membayar mahal menginap di Maldives.

Keindahan Pulau Bali memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Selain pantainya,budaya di Pulau Bali bisa jadi potensi wisata tersendiri. Sarana dan prasarana pariwisata juga tersedia dengan mudah di sana. Masyarakat Bali pun sudah terdidik secara alami untuk menyambut para tamu yang datang. Hal ini tidak terjadi begitu saja, semua ada prosesnya.

Sejak masa penjajahan dulu, para jurnalis Belanda telah berhasil menyebarkan berita tentang keindahan Bali. Hal ini membuat orang-orang dari luar negeri banyak yang datang ke Bali. Keindahan alam serta kekayaan seni budaya membuat Bali mendapat julukan sebagai

  • The Island of Gods
  • The Island of Paradise
  • The Island of Thousand Temples
  • The Magic of The World

Untuk mendukung kunjungan para wisatawan ke Bali maka dibangunlah “Inna Bali Hotel” pada tahun 1930 di Denpasar Bali. Hingga kini hotel tersebut masih ada dan masih dalam bentuk aslinya. Kegiatan pariwisata di Bali sempat terhenti saat meletusnya perang Dunia II sejak 1942 hingga 1945.

Barulah pada tahun 1963 pariwisata Bali mulai berkembang lagi. Hal ini diimbangi dengan dibangunnya “Hotel Bali Beach” atau yang sekarang di kenal dengan “Inna Grand Bali Beach” di Pantai Sanur Bali. Saat itu Hotel Bali Beach merupakan satu-satunya bangunan berlantai 10 di Bali. Hotel ini baru mulai dioperasikan pada November 1966.

Pariwisata di Bali pun kemudian berkembang di berbagai lokasi. Seperti pantai Kuta, Ubud serta Nusa Dua. Hingga kini Bali telah memiliki lebih dari 35 ribu kamar hotel yang terdiri dari Pondok wisata, hotel melati hingga hotel bintang lima. Sarana dan prasarana hotel juga tersedia dalam berbagai variasi seperti rumah tinggal, standar hotel, Villa, Bungalow dan boutiqe hotel.

Dalam perkembangannya industri wisata lainnya juga berkembang pesat di Bali. Seperti restoran, art shop, pasar seni, hiburan seni dan budaya kha Bali juga tempat rekreasi. Jadi kalau Bali bisa melakukan proses hingga bisa menjadi salah satu tempat kunjungan wisata terindah di dunia, maka bagian Indonesia lainnya pun tentu saja bisa. Hanya saja perlu proses juga. Cepat atau lambatnya proses sebuah tempat menjadi destinasi wisata terbaik di dunia tergantung dari peran serta masyarakat sekitar dan dukungan pemerintah. Baik itu pemerintah pusat maupun daerah.

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa sarana dan prasarana pariwisata di Indonesia masih banyak yang harus dibenahi. Kendala utama untuk bisa sampai ke destinasi wisata yang belum terkenal adalah soal transportasi dan akomodasi. Tapi apapun itu kekurangannya, Indonesia adalah negara terindah di dunia. Potensi inilah yang harus kita syukuri. Jangan sampai masyarakat Indonesia terlena dan melihat negara tetangga lebih Indah kemudian melalaikan negara sendiri. Padahal keindahan negara Indonesia jauh melebihi negara manapun di dunia ini.

Menjadi salah satu bagian yang terbaik dari penghargaan wisata kelas dunia ini tentu saja menjadi kebanggan tersendiri bagi Indonesia. Ini berarti promosi yang dilakukan oleh pemerintah melalui Kementrian Pariwisata sudah berhasil. Semoga di tahun-tahun mendatang Indonesia bisa menerima lebih banyak lagi penghargaan tingkat dunia dalam dunia Pariwisata.

 
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
 
 

2 Comments

  1. Seumur-umur, saya baru sekali ke Bali, itupun sudah sangat lama. Ada keinginan untuk ke sana lagi, namun masih saja belum bisa kesampaian. Semoga bisa terwujud di 2016 ini.. 🙂

  2. Hmmm, setelah membaca artikel ini dapat menumbuhkan lagi kebanggaan saya terhadap Indonesia,
    Bangga punya pantai-pantai indah yang bisa mendunia seperti, sanur, kuta, baron, klayar, sundak dll.

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
 
Translate »
Ad Clicks :Ad Views :