Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2021 | All Right Reserved

Home / Mancanegara / Angel Falls Venezuela, Air Terjun Tertinggi di Dunia Amerika Selatan

Angel Falls Venezuela, Air Terjun Tertinggi di Dunia Amerika Selatan

/

Melihat Air Terjun Tertinggi Yang Indah Dengan Kekayaan Alam di Dunia, Angel Falls Venezuela Ameria Selatan

Direktori Wisata – Angel Falls adalah air terjun tertinggi di dunia tanpa gangguan. Terletak di Taman Nasional Canaima, terbesar kedua di Venezuela.

Air terjun jatuh dari celah dekat puncak puncak gunung Auyán-tepu ke apa yang dikenal sebagai Devil’s Canyon, 3212 kaki (979m) di bawah.

Angel Falls Venezuela, Air Terjun Tertinggi di Dunia Amerika Selatan

Air terjun ini merupakan anak sungai dari Sungai Carrao, yang merupakan bagian dari sistem Sungai Orinoco Venezuela.

Dianggap sebagai salah satu keajaiban alam paling mempesona di dunia, Angel Falls adalah tontonan yang benar-benar tak terlupakan.

Lokasi air terjun pun juga bermacam-macam. Beberapa air terjun mungkin mudah untuk dituju seperti Air Terjun Niagara. 

Namun, ada beberapa air terjun yang sulit dijangkau karena terletak di pedalaman hutan atau gunung. Di antara banyak air terjun, ada salah satu yang memiliki keunikan khusus dengan menyandang predikat sebagai air terjun tertinggi di dunia. 

Lalu manakah air terjun tertinggi di dunia itu? Jawabnya adalah Angel Falls atau Air Terjun Bidadari.

Angel Falls Venezuela, Air Terjun Tertinggi di Dunia

Angel Falls berada di negara Venezuela. Lokasi air terjun ini tepatnya berada di Rio Caroni, tengah-tengah kawasan pegunungan pada bagian terpencil Taman Nasional Canaima, sebelah tenggara Venezuela.

Berada di tengah pegunungan dan dataran tinggi, air terjun ini menawarkan keindahan magis kepada siapa pun yang menyaksikannya. 

Ketinggiannya yang mencapai 979 meter menjadikan Angel Falls memperoleh predikat sebagai air terjun tertinggi di dunia. 

Air terjun ini juga dikenal sebagai El Salto Angel. Penamaannya diambil dari nama seorang pilot yang mengenalkan air terjun ini kepada dunia, James Crawford Angel. Ia melihat air terjun ini saat terbang untuk mencari lokasi tambang emas.

Sejarah Angel Falls Venezuela

Sebelum pertengahan 1950-an, air terjun adalah keajaiban yang tidak diketahui. Bahkan suku asli Kamarakotos Pómon yang menempati lembah di samping Auyán-tepu menjauh, percaya bahwa lokasi terpencil Angel Falls menyimpan roh jahat.

Sejarah Angel Falls Venezuela Air Terjun Tertinggi Dan Terindah di Dunia

Pada tahun 1933, penambang emas Amerika James Crawford (‘Jimmie’) Angel menemukan Angel Falls secara tidak sengaja,

Terbang di atas gunung dengan monoplane Flamingo-nya saat mencari tempat tidur bijih yang berharga.

Pada tahun 1937, Jimmie kembali ke air terjun, istri keduanya, Marie, dan kenalan Gustavo Henry dan Miguel Delgado juga naik pesawat sayap tetapnya yang gelisah.

Meskipun Jimmie berhasil mendaratkan pesawatnya di puncak berbentuk hati Auyán-tepu, roda pesawat tenggelam dalam lumpur, dan pesawat Jimmie tetap terdampar di atas gunung hingga tahun 1970.

Baca juga : Colosseum, Destinasi Wisata Ikonik Sejarah Roma di Italy

Selama 11 hari, kelompok itu berjalan melintasi medan yang berat, harus menjatah persediaan makanan mereka yang terbatas, hingga mereka mencapai sebuah pemukiman kecil di Kamarata.

Penyebaran berita tentang eksploitasi Jimmie dan air terjunnya dinamai menurut namanya. Kisah itu menggelitik minat internasional di Angel Falls dan banyak penyelidikan ilmiah menyusul.

Taman Nasional Canaima didirikan pada tahun 1962. Pada tahun 1994, UNESCO menamakannya sebagai Situs Warisan Dunia.

Cara Mengunjungi Air Terjun Malaikat

Taman Nasional Canaima, dengan berbagai satwa liar tropis yang menakjubkan dan pemandangan yang menakjubkan, adalah pintu gerbang ke Angel Falls. Warisan Dunia UNESCO

Situs hanya dapat diakses melalui udara; tidak ada rute darat ke taman. Maskapai penerbangan Rutaca dan Avior menyediakan penerbangan ke dan dari landasan udara di kamp Canaima.

Cara Mengunjungi Angel Falls Venezuela

Penumpang terbang di atas petak-petak hutan lebat yang dalam, banyak yang masih belum tersentuh oleh manusia, serta gunung-gunung kuno, dan banyak sungai yang berkelok-kelok.

Sebelum terbang keluar, pelancong harus membuktikan bahwa mereka telah divaksinasi demam kuning.

Pengunjung taman umumnya terbang dari kota kolonial Ciudad Bolivar atau ibu kota Venezuela, Caracas. Dimungkinkan juga, meskipun mahal, untuk menyewa pesawat pribadi.

Setibanya di kamp Canaima, dikenakan biaya masuk sekitar $4. Terletak sekitar 50 kilometer dari Air Terjun Tertinggi di Dunia Angel Falls Venezuela, Amerika Selatan.

Kamp Canaima dibingkai oleh beberapa air terjun yang memiliki ketinggian lebih rendah, yang mengalir ke laguna indah bernoda mineral yang dibatasi oleh pantai berpasir.

Perjalanan ke Angel Falls dilakukan dari perkemahan, sementara akomodasi wisata dapat dicapai dengan naik Jeep singkat mengikuti wisata Amerika Selatan ini.

Setelah mencapai taman, cara populer untuk mencapai Air Terjun Angel adalah dengan perahu, meskipun pengunjung juga dapat terbang dari landasan udara Canaima ke laguna Canaima.

Kano bermotor melakukan perjalanan ke hulu antara Mei dan Januari. Waktu perjalanan bervariasi, meskipun rata-rata, dibutuhkan sekitar lima jam untuk mencapai air terjun dari perkemahan.

Baca juga : 16 Tempat Wisata di Paris Prancis Dan Sejarahnya

Saluran air yang berkelok-kelok, berpinggiran dengan hutan lebat, penuh dengan satwa liar yang eksotis; kano meluncur di atas batu-batu besar melalui bagian sungai yang mengalir deras dan yang ada di atas kapal cenderung basah.

Dari laguna, pengunjung kemudian melakukan perjalanan melalui hutan Venezuela yang rimbun, ke berbagai titik pandang.

Jika aliran air terjunnya cukup landai, wisatawan dianjurkan untuk berenang di kolam yang terbentuk dari air yang jatuh. Enak kan ?

Perjalanan ke Angel Falls Air Terjun Tertinggi di Dunia dipesan terlebih dahulu melalui berbagai operator tur.

Pondok taman juga menjalankan perjalanan terjadwal yang dapat dipesan saat Sahabat Direktori Wisata tiba di kamp Canaima.

Hal Yang Dapat Dilakukan di Taman Nasional Canaima

Taman Nasional Canaima kira-kira seukuran Belgia. Sepatutnya, ada banyak hal untuk dilihat dan dilakukan.

Taman ini adalah rumah bagi lebih dari 550 spesies burung, 500 spesies anggrek, ocelot, puma, dan masih banyak lagi.

Hal Yang Dapat Dilakukan di Taman Nasional Canaima

Selain kesempatan untuk terjun ke jacuzzi alami dan berjemur di tepi laguna yang luas, pengunjung didorong untuk ikut serta dalam pendakian, perjalanan perahu, dan tamasya ke desa-desa adat.

Yang semuanya dapat dipesan terlebih dahulu dan melalui penginapan taman pada saat kedatangan di Air Terjun Tertinggi di Dunia Angel Fals Venezuela, Amerika Selatan

Tur berlangsung dari sore hingga beberapa malam dan tur yang berbeda melayani kemampuan dan minat hiking yang berbeda.

Roraima, gunung di atas meja di dekat perbatasan Guyana/Brasil taman, adalah tepui tertinggi di taman dan sangat mengesankan.

Raksasa yang tertidur ini berukuran 2.810 meter di titik tertingginya dan tetap menjadi favorit di antara mereka yang haus akan pemandangan yang memukau.

Perjalanan ke puncaknya memakan waktu lima hari. Panduan sangat penting dan dapat disewa dari kamp Canaima.

Baca juga : Torres del Paine National Park, Yang Indah di Chile

Sebuah “jalan setapak” yang terkenal antara Air Terjun Sapo (“Katak”) dan Sapito (“Katak Kecil”) menawarkan pengunjung ke Taman Nasional Canaima.

Kesempatan untuk berjalan di balik tirai air yang mengalir, sementara Ngarai Kevác dan air terjunnya yang dramatis, La Cueva, adalah terletak di barat laut Kamarata – sebuah desa tua Pómon.

Sebuah resor mini yang dikelola penduduk asli yang terdiri dari beberapa gubuk jerami juga terletak di wilayah Angel Falls Venezuela.

Di sini, sahabat Direktori Wisata akan menemukan toko kecil, akomodasi tamu, dan landasan terbang kecil yang ada di Air Terjun Tertinggi di Dunia Angel Fals Venezuela, Amerika Selatan.

Kapan Mengunjungi Air Terjun Malaikat

Angel Falls paling baik dilihat antara bulan Mei dan November. Antara Desember dan April, curah hujan jauh lebih jarang dan air terjun semuanya menguap, berkurang menjadi giring.

Tempat Menginap di Dekat Air Terjun Angel

Ada berbagai akomodasi yang Angel Falls Venezuela tersedia untuk pengunjung, yang sebagian besar terletak hanya dengan naik Jeep singkat dari kamp Canaima. Berkemah dilarang di Taman Nasional Canaima.

Fakta Menarik tentang Angel Falls

Angel Falls sebenarnya adalah air terjun tertinggi di Dunia. Dalam bahasa Spanyol namanya Salto Angel dan jatuh dari ketinggian 3230 kaki dengan penurunan tak terputus dari ketinggian 2647 kaki yang luar biasa.

Fakta Menarik Tentang Angel Falls

Selama musim hujan, Angel Falls menciptakan cuacanya sendiri. Pada waktu-waktu tertentu dalam setahun, mereka yang berada dalam radius satu kilometer dari air terjun dapat merasakan kabut menempel di kulit mereka.

Angel Falls tiga kali lebih tinggi dari landmark Paris, Menara Eiffel. Taman Nasional Canaima dibagi menjadi dua bagian: barat dan timur. Angel Falls terletak di sektor barat.

Wisatawan hanya diizinkan mengunjungi Angel Falls sejak tahun 1990. Pengunjung pertama Angel Falls tinggal di Boulton Camp, yang sekarang dikenal sebagai Campamento Canaima.

Pesawat Jimmy Angel bisa dilihat di Aeronautics Museum of Maracay di Angel Falls Venezuela, Amerika Selatan.

Meski demikian, air terjun ini sebenarnya ditemukan pertama kali oleh seorang penjelajah bernama Ernesto de Santa Cruz pada awal abad ke-20.  Namun, saat itu dunia belum mengenalnya sebagai air terjun tertinggi di dunia.

Air terjun ini berada di dataran tinggi yang disebut oleh Suku Indian Pemon masyarakat lokal sebagai Auyan-Tepui atau Gunung Setan. Konon banyak orang yang mencoba mendaki gunung itu tetapi tidak pernah kembali. 

Memiliki predikat sebagai air terjun tertinggi di dunia membuat Angel Falls menjadi atraksi wisata paling terkenal di Venezuela.  Meski demikian, mencapai titik air terjun ini tidaklah mudah.

Baca juga : Panduan Naik Transportasi Umum Pada Saat Berwisata di Seoul, Korea

Air terjun ini berada di dataran tinggi yang disebut oleh Suku Indian Pemon (masyarakat lokal) sebagai Auyan-Tepui atau Gunung Setan. Konon banyak orang yang mencoba mendaki gunung itu tetapi tidak pernah kembali. 

Memiliki predikat sebagai air terjun tertinggi di dunia membuat Angel Falls menjadi atraksi wisata paling terkenal di Venezuela. Meski demikian, mencapai titik air terjun ini tidaklah mudah.

Mereka yang ingin mencapai titik Angel Falls harus naik pesawat dari Puerto Ordaz atau Ciudad Bolivar untuk menuju Canaima Camp yang terletak Venezuela.

Itulah yang dapat Kami berikan kepada Sahabat Direktori Wisata tentangAngel Falls Venezuela Air Terjun tertingi di dunia. Semoga dapat menambah wawasan kita.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks :Ad Views :