Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2022 | All Right Reserved

Home / Garut / Alun-Alun Garut Dan Riwayat Sampai Muka Baru Kota Garut

Alun-Alun Garut Dan Riwayat Sampai Muka Baru Kota Garut

/

Directory Rekreasi – Alun-Alun Garut bukan sekedar icon, atau landamark saja. Di lain sisi, rupanya sanggup jadi salah-satu tempat rekreasi di Garut yang murah dan meriah, dan favorite rekreasi keluarga, khususnya saat diakhir minggu.

Alun-Alun Garut Dan Riwayat Sampai Muka Baru Kota Garut

Alun-Alun Garut sekarang ini baru usai diatur ulangi. Muka anyarnya memvisualisasikan nuansa yang lebih instagramable, dan tidak hilangkan nilai riwayat, atau nilai filosofisnya.

Namun, untuk sekarang ini beberapa pengunjung harus mengendalikan diri dahulu untuk dapat bertandang ke alun-alun. Karena bersamaan naiknya kembali penebaran Covid-19 variasit baru, karena itu teritori Alun-Alun Garut ditutup untuk beberapa waktu.

Sudah pasti keputusan itu benar-benar menyebalkan beberapa pengunjung, hanya karena berlalu beberapa saat sesudah usai diatur, pada akhirnya harus sementara ditutup.

Baca juga : Wisata Kampung Naga di Lembah Perbukitan Garut Jawa Barat

Walau demikian, kami menyengaja menyuguhkan info sekitar Alun-Alun Garut, komplet dengan riwayat Babancong, sebagai rekomendasi awalnya saat sebelum anda bertandang ke tempat wisata itu, khususnya nanti saat dibuka lagi.

Riwayat Alun-Alun Garut

Riwayat pembangunan Alun-Alun Garut, terhitung riwayat Babancong diawali bersamaan dengan visi cari lokasi baru untuk ibu-kota Kabupaten Limbangan, di tahun 1813, pada periode Rd. Adipati Arya Adiwijaya.

Penetapan lokasi yang sekarang ini jadi teritori Alun-Alun Garut, sebenarnya tidak langsung demikian saja. Pada awalnya ditetapkan di wilayah Suci, sampai pada akhirnya berubah ke lokasi sekarang ini, yang dipandang lebih representatif.

Sebagian besar teori mengenai penetapan sebuah permukiman, atau sebuah peradaban, selalu menimbang faktor jauh dekatnya dengan sumber air.

Begitu juga dengan penetapan lokasi Alun-Alun Garut, satu diantaranya karena dekat sama saluran Sungai Cimanuk, dan salah-satu sungai kecil yang sekarang ini berada di Jl. Siliwangi.

Sudah pasti, keadaan air yang berada di sungai kecil itu telah berbeda jauh dengan keadaan pada waktu itu. Terhitung tingkat kejernihannya.

Baca juga : Leuwi Jurig Eksotisme Saluran Sungai Bungbulang Yang Berada di Garut

Riwayat Alun-Alun Garut jadi akar lahirnya riwayat teritori Pengkolan Garut, dan teritori kulineran Pasa Ceplak Garut.

Daya Ambil Alun-Alun Garut

1. Tata Letak Yang Ciri khas

Diakui atau mungkin tidak, rupanya ide pembangunan sebuah alun-alun yang sudah ada semenjak zaman Belanda, terutamanya dalam segi tatanan letak, rupanya nyaris setiap wilayah memiliki kemiripan. Salah satunya:

* Dekat sama kantor Bupati, atau Pendopo,

* Dekat sama Mushola Agung,

* Dan dekat sama bangunan penjara.

Disamping itu, tempat lapangnya dikitari oleh beberapa pohon besar yang memberi nuansa keteduhan. Begitu juga dengan tatanan letak Alun-Alun Garut.

Baca juga : Leuweung Sancang, Paket Komplet Telusuri Liburan Alam Garut

Sudah pasti peletakan tiap bangunan memiliki tujuan tertentu, dan nilai filosofis. Adapun segi riwayat ialah sebuah kebenaran.

2. Babancong Yang Monumental

Bangunan yang umumnya berada di sebuah alun-alun ialah bangunan yang disebutkan dengan Babancong. Begitu juga di Alun-Alun Garut ada sebuah Babancong yang memiliki segi riwayat yang tinggi.

Riwayat Babancong yang berada di teritori Alun-Alun Kabupaten Garut dibuat bertepatan dengan bangunan yang lain, mulai dari kantor Bupati, dan Mushola Agung.

Peranan Babancong sebenarnya untuk tempat, atau tribune pidato beberapa petinggi. Bahkan juga Babancong Alun-Alun Garut pernah jadi saksi pidato yang membakar semangat, dari Presiden Soekarno.

Disamping itu, peranan Babancong jadi tempat untuk beberapa petinggi waktu itu untuk menyaksikan atraksi harimau.

3. Muka Baru Yang Instagramable

Muka baru Alun-Alun Garut sekarang ini lebih ikuti tren modern, dan jadi tempat rekreasi yang murah dan meriah, pas untuk semuanya umur, dan sanggup jadi tujuan rekreasi keluarga diakhir minggu yang nyaman.

Muka baru yang instagramable bisa kelihatan terang dengan kehadiran spot amphitheater, yang menghadap ke mushola agung.

Disamping itu, ada pula spot taman bermain anak, atau playground. Nach, spot yang menghadap ke bangunan Lapas, menurut faksi pengurus, nanti ditujukan sebagai spot kulineran.

Dan janganlah lupa untuk coba naik Bis Sonagar, yang umum berada di teritori Alun-Alun Garut, persisnya di arah gerbang ke arah pendopo. Bis Sonagar akan bawa beberapa pengunjung berkeliling-keliling kota Garut, komplet dengan keterangan riwayat tiap lokasi yang dilalui.

Lokasi Alun-Alun Garut

Lokasi Alun-Alun Garut ada di alamat Jl. Ahmad Yani, Kelurahan Paminggir, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Propinsi Jawa Barat.

Jalur Ke arah Alun-Alun Garut

Jalur, atau jalan ke arah lokasi Alun-Alun Garut dapat dilakukan dengan memakai sebagian besar jalur angkot yang berada di Kabupaten Garut.

Baca juga : Leuwi Tonjong, Surga Terselinap Serupa Phuket Berada di Garut

Sebagian besar angkot lewat di dekat teritori Alun-Alun Garut, bahkan juga beberapa salah satunya pas lewat di muka alun-alun.

Harga Ticket Masuk Alun-Alun Garut

* Ticket masuk Alun-Alun Garut gratis.

* Beberapa pengunjung cuman dikenai ongkos parkir saja.

Jam Membuka Alun-Alun Garut

* Alun-Alun Garut membuka sepanjang 24 jam.

* Alun-Alun Garut beroperasional tiap hari.

Sarana Di Alun-Alun Garut

Sarana rekreasi di Alun-Alun Garut ialah seperti berikut:

* Tempat parkir,

* Toilet,

* Mushola agung,

* Amphitheater,

* Tempat duduk yang nyaman,

* Lajur trackking,

* Tempat permainan anak,

* Babancong,

* Dan lajur trackking, atau jogging yang nyaman.

Itu cerita narasi dari Alun-alun Garut dan Riwayat sampai muka baru yang Instagramable lokasi untuk berlibur yang berada di pusat Kota Garut.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :