Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2022 | All Right Reserved

Home / Bali / Air Terjun Tukad Cepung Bangli, Daya tarik Lain Pulau Dewata Selainnya Pantai

Air Terjun Tukad Cepung Bangli, Daya tarik Lain Pulau Dewata Selainnya Pantai

/

Directory Rekreasi – Air Terjun Tukad Cepung, sebuah air terjun yang paling cantik karena airnya mengucur di atas lubang goa. Hingga orang yang ingin melihatnya harus masuk lebih dulu ke goa itu.

Air Terjun Tukad Cepung Bangli, Daya tarik Lain Pulau Dewata Selainnya Pantai

Sedikit info untuk kamu beberapa pelancong, jika Kabupaten Bangli ialah kabupaten yang berada di Bali yang tidak mempunyai pantai, hingga kehadiran air terjun jadi muka kesempurnaan Bali. Jika Bali bukan hanya mengenai pantai.

Bagaimana daya tarik keelokan Air Terjun Tukad Cepung? Berikut pembahasan selengkapnya.

Lajur Perjalanan Ke Air Terjun Tukad Cepung

Perjalanan ke Air Terjun Tukad Cepung dari Denpasar bisa banyak disajikan hidangan panorama hijaunya tempat pesawahan, jejeran pohon kelapa dari sisi jalan khusus, dan ornament artistik ciri khas bali.

Setelah tiba di tempat parkir dan lakukan register pembayaran di loket karcis, karena itu mulai perjalanan telusuri keelokan dengan jalan kaki.

Lajur perjalanan ke lokasi khusus Air Terjun Tukad Cepung telah teratur dengan baik. Lajur pjakan telah berupa tembok, ada pagar pemisah, dan dari sisi jaur itu tumbuh tanaman yang dirawat dengan baik.

Tidak terpikirkan bagaimana bila perjalanan ke lokasi khusus masih berupa tanah. Lajur seterusnya akan turun terus menjejaki anak tangga.

Turunan pertama, beberapa pengunjung akan lewat sebuah kafe. Seterusnya di lajur yang datar, persisnya di samping kanan ada saluran air yang paling jernih. Spot itu kerap jadi tempat berenang atau bermain air oleh anak-anak.

Kemudian, teruskan perjalanan ke Air Terjun Tukad Cepung tetap dengan menuruni anak tangga.Luar biasanya, di sejauh lajur benar-benar bersih, nyaris tidak ada sampah plastik yang berantakan.

Di turunan tangga yang paling akhir, persisnya saat bertemu dengan sebuah tebing batu yang lebar dan tinggi. Karena itu saat anda menyaksikan ke samping kanan, ada sebuah air terjun yang kecil. Tetapi itu bukan Air Terjun Tukad Cepung.

Lajur perjalanan ke Air Terjun Tukad Cepung dengan ambil arah ke samping kiri. Disini serunya dan keelokan semakin.

Kaki pelancong akan berjalan pada sungai dengan kedalaman air di bawah mata kaki orang dewasa. Tidak begitu ebar, keadaan airnya benar-benar jernih, dan dijepit antara beberapa tebing batu yang kuat.

Kemudian, tiba anda masuk teritori goa di mana tetes air banyak turun di atas. Hingga ada pula beberapa pelancong yang tiba ke Air Terjun Tukad Cepung dengan bawa payung.

Baca juga : Nusa Lembongan Bali, Alternative Tujuan Cantik Di Pulau Dewata

Tinggal langkah-langkah kembali, dengan masuk ke goa, karena itu anda akan menyaksikan sebuah air terjun yang mengucur dari lobang goa yang berada di atasnya.

Itu Air Terjun Tukad Cepung, sebagai arah khusus perjalanan anda. Waktu pintas dari tempat parkir sampai ke lokasi Air Terjun Tukad Cepung sekitaran 20 menit perjalanan.

Riwayat Air Terjun Tukad Cepung

Riwayat Air Terjun Tukad Cepung sebelumnya sebagai lokasi yang disakralkan oleh warga di tempat. Dan jadi tempat untuk melakukan Melukat atau penyucian diri dan jiwa.

Riwayat Air Terjun Tukad Cepung

Melukat ialah upacara turun-temurun oleh umat Hindu sampai sekarang ini. Dan melukat ialah upacara pembersihan pemikiran dan jiwa secara religius pada diri manusia.

Di tahun 2017, lokasi Air Terjun Tukad Cepung mulai dibuka untuk umum. Jumlahnya orang yang mempublikasikan keelokannya, karena itu makin bertambah orang yang tiba ke lokasi rekreasi Air Terjun Tukad Cepung.

Tidak cuma warga lokal, atau pelancong nasional saja yang tiba. Tetapi wisatawan luar negeri banyak pula yang tiba ke lokasi itu, bahkan juga aktris internasional.

Daya tarik Keelokan Air Terjun Tukad Cepung

1. Daya tarik Keelokan Air Terjun

Air Terjun Tukad Cepung mempunyai ketinggian sekitaran 15 mtr., dengan keadaan air yang jernih, dan arus air yang turun tidak demikian deras.

Air yang turun mneyerupai sebuah gorden raksasa, disoroti cahaya matahari hingga memantulakan sinar keelokan ke goa yang sedikit gelap.

Antiknya, Air Terjun Tukad Cepung tidak mempunyai palung atau kolam khusus. Hingga air yang langsung turun mengucur di sejauh lajur tadi dilalui oleh beberapa pelancong.

Keadaan goanya tidak sempit, hingga tidak sesak. Udara dalam goa sejuk, tidak begitu lembab seperti umumnya goa lainnya. Karena mungkin perputaran udara yang cukup dari lubang tempat Air Terjun Tukad Cepung turun.

Baca juga : Taman Ujung Sukasada, Taman Paling indah Di Ujung Karangasem Bali

Sumber mata air Air Terjun Tukad Cepung datang dari mata air yang berada di atasnya. Bahkan juga saluran air itu meluber, hingga di atas tebing yang dilewati kerap ada tetes air.

Jadi persiapkan pakaian tukar, dan amankan barang electronic anda janganlah sampai terserang tetes air. pakai alas kaki yang pas, saya anjurkan tidak boleh menggunakan sepatu, karena airnya akan masuk ke sepatu.

Tidak ada palung atau kolam khusus, jadikan sebuah kebebasan untuk beberapa pelancong untuk mandi atau berdiri di bawah siraman Air Terjun Tukad Cepung.

2. Daya tarik Panorama Sekitaran

Panorama alam disekitaran Air Terjun Tukad Cepung sangat indah, surga untuk beberapa pencinta dunia photografi. Khususnya tebing dan batu-batuan disekitaran air terjun.

Panoramanya benar-benar instagramable, hingga lumrah saja banyak wisatawan luar negeri yang tiba ke lokasi ini. panorama paling indah ialah saat cahaya matahari menerangi air yang turun, hingga pancarkan refleksi cahata yang paling eksotik.

Baca juga : Liburan Eka Tirta, Pemandian Air Panas Anyar di Tabanan Bali

Dokumentasikan peristiwa kebahagiaan, dan keelokan anda saat ada di sana dengan bidikan camera.

Lokasi Dan Alamat Air Terjun Tukad Cepung

Lokasi dan alamat Air Terjun Tukad Cepung ada di Banjar Penida Kelod, Dusun Tembuku, Kecamatan Tembuku, Kabupaten Bangli, Propinsi Bali.

Jalur Atau Akses Jalan Ke arah Lokasi Rekreasi Air Terjun Tukad Cepung

Jalur atau akses jalan ke arah Air Terjun Tukad Cepung dari Denpasar cuman memiliki jarak 39 km. Dan jarak dari Lapangan terbang Ngurah Rai Bali sekitaran 53 km.

Jalur Atau Akses Jalan Ke arah Lokasi Rekreasi Air Terjun Tukad Cepung

Akses jalannya dapat dilewati oleh motor atau mobil sampai hingga di tempat parkir rekreasi Air Terjun Tukad Cepung, dan keadaan jalannya telah bagus.

Harga Ticket Masuk Air Terjun Tukad Cepung

Harga ticket masuk untuk pelancong lokal ialah sejumlah Rp. 15.000 per-orang.

Jam Operasional Air Terjun Tukad Cepung

Jam operasional Air Terjun Tukad Cepung membuka dari jam 07.00 s/d jam 17.00 dari hari Senin s/d hari Minggu.

Pemondokan Di Sekitaran Air Terjun Tukad Cepung

Banyak pemondokan yang lokasinya tidak begitu jauh dari lokasi rekreasi Air Terjun Tukad Cepung. Harga yang dijajakan bermacam, bergantung tipe pemondokan dan tipe sarananya.

Bali, berjuta keelokan membentang di tanah Dewata. Tidak cuma pantai, tetapi sepanjang mata melihat ialah segi keelokan, terhitung rekreasi alam air terjun.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :