Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2022 | All Right Reserved

Home / Sulawesi Tenggara / Air Terjun Tirta Rimba, Rekreasi Air Terjun Eksotik di Baubau

Air Terjun Tirta Rimba, Rekreasi Air Terjun Eksotik di Baubau

Air terjun Tirta Rimba salah satunya rekreasi Air Terjun eksotik alam yang mengagumkan di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara. Air terjun terselinap yang menyajikan panorama yang paling cantik pantas Anda telusuri saat berlibur dan akhir minggu.

Air Terjun Tirta Rimba, Rekreasi Air Terjun Eksotik di Baubau

Air Terjun jadi rekreasi yang memikat di datangi saat liburan. Di Indonesia sendiri, banyak air terjun di semua beberapa daerah. Satu diantaranya yakni di wilayah Sulawesi Tenggara, persisnya di kota Baubau. Ada sebuah air terjun yang paling cantik pada tempat ini yang namanya Air Terjun Tirta Rimba.

Rekreasi Air Terjun ini jadi tujuan khusus saat liburan di kota Baubau. Tidak itu saja daya tarik alamnya, yang hebat membuat pengunjung kagum. Satu diantaranya ialah airnya yang jatuh dari batu besar. Batu itu berwujud unik yaitu serupa dengan jamur.

Oleh karenanya, saat sebelum Anda liburan ke kota Baubau, sebaiknya Anda ketahui apa info menarik dari rekreasi ini. Salah satunya daya magnet, alamat, jalur, harga ticket, dan lain-lain. Hingga berlibur Anda dapat jalan sama sesuai gagasan. Langsung yok baca sampai habis.

Baca juga : Air Terjun Parangloe, Mistis Keelokan Air Terjun di Gowa

Daya Ambil yang Dipunyai Air Terjun Tirta Rimba

1. Air Terjun Unik

Daya magnet yang sangat menarik pengunjung ialah tempat jatuhnya air terjun Tirta Rimba ini. Air jatuh itu jatuh di atas batu-batuan yang paling unik. Kekhasan itu karena memiliki bentuk yang seperti jamur. Seperti pada dunia dongeng, tetapi perbedaannya dia tidak berwarna-warna tapi warna hitam saja.

Daya Ambil yang Dipunyai Air Terjun Tirta Rimba

Air terjun dinamai Air jatuh oleh warga di tempat. Air jatuh ini turun dari saluran sungai Kokalukuna, dengan tinggi capai 6 mtr., dan untuk lebarnya sekitaran 5 mtr.. Cukup lebar dan tinggi sekali dan dia terlihat cantik.

Dengan kekhasan itu Anda dapat berpose memakai handphone Anda atau camera DSLR yang Anda membawa. Karena background dengan hal itu benar-benar cantik dan kelihatan nikmat dilihat.

2. Pohon-pohonan yang Teduh

Di tempat rekreasi ini banyak pohon-pohonan teduh yang melingkari. Perihal ini pula pemicu dari udara sejuk dan dingin. Disamping itu pohon-pohonan ini dapat membuat penglihatan jadi jelas dan terang. Benar-benar pas untuk melepas capek dan berat hidup Anda khusus satu hari.

Pohon-pohonan yang Teduh

Jumlahnya pohon-pohonan yang teduh dan terlihat asri itu disertai oleh beragam satwa disitu. Satu diantaranya ialah ciutan burung yang merdu dan menambahkan ketenangan Anda. Hingga terbentuk ekosistem yang prima. Karenanya, janganlah lupa ke arah tempat ini ya saat ke kota Baubau.

3. Air yang Jernih

Hal yang dapat memikat pengunjung untuk liburan ke sini ialah airnya yang jernih. Kejernihan air di rekreasi ini membuat pengunjung kerasan berenang lama-lama. Karena di bawah air terjun ini ada kolam untuk merendam atau berenang. Anda tak perlu takut tenggelam, karena saluran airnya tidak demikian deras dan aman untuk bermain air.

Air yang Jernih

Disamping itu air yang jernih itu sangat terasa fresh, karena hawanya yang paling sejuk. Air Terjun Tirta Rimba ini selalu terlindungi kebersihannya supaya terlihat jernih. Karena air jatuh ini terhitung sisi dari teritori konvensional. Disamping itu dia ada di bawah pemantauan Menteri Kehutanan Republik Indonesia.

Air jatuh ini akan kelihatan tenang dan sepi bila pada hari biasa. Hingga Anda dapat menentramkan pemikiran Anda dan dapat bermain air yang jernih ini sepuasnya tanpa masalah. Untuk bermain air telah ada sebuah kolam selebar 10×7 mtr. yang serupa waterpark dibarengi tempat untuk seluncuran.

Baca juga : Air Terjun Ciupang, Daya tarik Air Terjun Cantik Yang Eksotik di Pesawaran

Alamat dan Jalur Ke arah Lokasi Air Terjun Tirta Rimba

Air Terjun eksotik ini berada di Dusun Kadolomoko lebih persisnya di kecamatan Kokalukuna yang ada di kota Baubau Sulteng. Sekarang ini akses ke arah air jatuh ini sangat gampang dan jalanannya juga mulus. Hingga Anda tidak terhalang saat ke situ, baik memakai sepeda motor atau kendaraan roda 4 punya Anda.

Alamat dan Jalur Ke arah Lokasi Air Terjun Tirta Rimba

Untuk jalurnya sendiri bergantung darimanakah Anda pergi, tetapi yang terang jarak Rekreasi terkenal ini cuma memerlukan waktu 1/2 jam dari pusat perkotaan Baubau. Tetapi alangkah baiknya kalau Anda bertandang pada hari biasa karena banyak pelancong yang berwisata saat hari liburan. Hingga Anda tidak dapat bebas. Bila Anda masih bimbang jalannya, karena itu Anda dapat memakai google maps.

Harga Ticket Masuk Air Terjun Tirta Rimba

Apa Anda terhitung orang yang irit? Bila iya pasti Air Terjun Rekreasi Rimba ini benar-benar pas untuk Anda yang ingin liburan dengan ongkos kurang. Tempat ini dapat menjadi pilihan ke-2  saat Anda liburan di wilayah Baubau Sulteng . Maka dia benar-benar pas sebagai tempat singgah sekedar untuk refreshing. Karena harga yang relatif murah barusan.

Harga Ticket Masuk Air Terjun Tirta Rimba

Harga ticket masuk di rekreasi ini termasuk sangatlah murah yaitu cuma Rp 2.000 saja. Tetapi, harga ticket ini dapat diganti kapan pun oleh pengurus di tempat. Tetapi tidak boleh cemas tentunya harga relatif masih murah kok. Karena pada harga yang lumayan murah itu, kita dapat nikmati daya tarik alam Air Terjun Tirta Rimba.

Tetapi harga ticket di rekreasi ini dapat setiap saat berbeda. Kemungkinan dapat menjadi tempat ini semakin lebih dikelola kembali nantinya jadi tempat rekreasi dengan bermacam sarana yang dapat mendukung keperluan pelancong. Hingga harga ticket ini jadi kuasa dari pengurus di tempat.

Baca juga : Air Terjun Luweng Sampang, Air Terjun Elok yang Super Jernih di Gunung Kidul

Kegiatan yang Menarik Dilaksanakan di Tirta Rimba

1. Memburu Photo Kece

Air terjun Tirta Rimba bagus sekali untuk berpose, baik selfie, dipotretkan, atau photo bersama. Salah satunya yakni photo dengan background air terjun dengan batunya yang unik. Bukan hanya itu, adapun rongga-rongga yang ada pada batu itu. Di mana tempat itu didokumentasikan oleh pengunjung.

Kegiatan yang Menarik Dilaksanakan di Tirta Rimba

Pada saluran sungainya air terjun ini dibikin berundak-undak tetapi dia kelihatan saat musim hujan saja, hingga waktu terbaik untuk liburan pada tempat ini ialah musim penghujan. Di saat musim kemarau, dia kelihatan cukup kering. Disamping itu saat curahan hujan tinggi pohon-pohonan sekitaran terlihat lebih hijau. Dengan demikian photo selfie Anda akan terlihat lebih instagramable.

2. Nikmati Keelokan Alam

Sekalian jalanan melingkari rimba Anda dapat menyaksikan panorama hijau yang memikat. Disertai irama kicauan burung yang tinggal di teritori rimba lindung ini sambil mengisap udara yang fresh sekalian menggunakan jaket yang membuat perlindungan Anda dari udara dingin.

Nikmati Keelokan Alam

suara derasnya air yang jatuh di Air Terjun Tirta Rimba ini akan membuat pemikiran Anda tenang dan  lebih tenteram dan membuat Anda makin kerasan pada tempat ini. Anda juga bisa juga bawa perbekalan sekalian nikmati daya tarik Air terjun itu karena tidak ada penjual makanan di situ. Tetapi tidak boleh buang sampahnya asal-asalan.

Tidak cuma hanya itu, alam yang asri ini dapat membuat Anda rasakan ketenangan. Seolah-olah kenyamanan sedang mendekati Anda. Menarik kan? Segara saran daftar gagasan berlibur Anda.

Baca juga : Curug Ciherang Bogor, Rekreasi Air Terjun Eksotik Dengan Bermacam Sarana

3. Bermain Air

Kurang komplet rasa-rasanya bila liburan ke arah tempat rekreasi air tanpa mencelupkan diri kedalamnya. Entahlah cuma kaki saja atau semua badan yang merendam atau lomba berenang dengan rekan. Hingga ini sebagai aktivitas bagus yang dapat dilaksanakan di Air Terjun Tirta Rimba.

Bermain Air

Air Jatuh Tirta Rimba ini benar-benar pas untuk berenang, karena airnya yang tidak begitu deras. Hingga aman dan tak perlu resah terjadi musibah tenggelam dan lain-lain. Adapun hal yang penting Anda lihat yakni pakaian tukar. Maksudnya supaya Anda langsung bisa tukar sesudah berenang, supaya tidak masuk angin karena hawanya yang demikian dingin.

4. Kemping

Untuk Anda sang pecinta alam dan petualang sejati, karena itu tempat ini benar-benar cocok untuk Anda. Karena hutannya yang dan alamnya yang terhitung rimba lindung membuat tempat ini pas untuk menginap atau kemping. Pada tempat ini juga Anda dapat lakukan jelajahi rimba.

Jelajahi benar-benar sangat melawan, menarik dan membahagiakan. Pada tempat ini Anda dapat menelusuri rimba atau telusuri sungai. Serunya semakin lebih membahagiakan bila Anda kesini untuk kemping dengan kelompok atau rekan-rekan seorganisasi. Hingga di saat malam hari Anda dapat mengganggu kesepian rimba dengan menyanyi bersama ditemani hangatnya api unggun.

Tetapi ada sesuatu hal yang penting Anda lihat, satu diantaranya ialah tidak buang sampah merata-rata, tidak menghancurkan lingkungan alias liburan dahulu tangan nakalnya dan taati ketentuan yang berjalan di situ.

Baca juga : Air Terjun Benang Kelambu, Pengiring Setia Air Terjun Benang Stokel

Sarana yang Ada di Air Terjun Tirta Rimba

Tempat wisata air terjun ini benar-benar masyur, baik oleh warga di tempat atau warga wilayah lain. Namun, sarana pada tempat ini masih tidak cukup mendukung keperluan pelancong. Di tempat rekreasi ini juga tidak ada warung atau tempat makan. Hingga Anda perlu bawa perbekalan saat kesini.

Sarana yang Ada di Air Terjun Tirta Rimba

Tetapi dibalik itu semuanya ada maknanya, jadi Air terjun ini masih tetap bersih dan terbangun keasriannya. Disamping itu tempat ini pas untuk kemping, apa lagi bila beramai-ramai dengan rekan-rekan Anda. Tentu saja tentu akan membahagiakan dan jadi peristiwa tidak terlewatkan.

Baca juga : Air Terjun Tanggedu, Alam Sumba Yang Serupa Grand Canyon Amerika

Air terjun memang pas untuk menentramkan pemikiran. Selain recikan airnya yang jatuh dan memunculkan kesegaran tapi juga karena pohon-pohonan yang menyejukan. Tidak kecuali Air Terjun Tirta Rimba ini yang mempunyai ke-2 nya itu. []

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :