Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2022 | All Right Reserved

Home / Makassar / Air Terjun Parangloe, Mistis Keelokan Air Terjun di Gowa

Air Terjun Parangloe, Mistis Keelokan Air Terjun di Gowa

/

Directory Rekreasi – Air Terjun Parangloe sebagai air terjun paling indah yang berada di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Kondisinya yang berundak-undak dan antara jejeran batu yang teratur dengan rapi.

Air Terjun Parangloe, Mistis Keelokan Air Terjun di Gowa

Masyarakat sekitaran kerap mengatakan dengan panggilan Air Terjun Bantimurung II, karena Air Terjun Parangloe ucapnya bersumber dari Air Terjun Bantimurung yang berada di Maros.

Air Terjun parangloe kerap disebutkan Air Terjun Bertingkat atau Air Terjun Bersusun, karena karakter air terjunnya yang bertingkat dan bersusun.

Apa saja panggilan nama yang dipasangkan, Air Terjun Parangloe memang menyajikan ke kita cantiknya nirwana. Baca lebih jauh pembahasan berkenaan Air Terjun parangloe ini, cek this out!

Baca juga : Bugis Waterpark, Penelusuran Dunia Air Dengan 3 Zone Penjelajahan

Trackking Air Terjun Parangloe

Untuk ke arah Air Terjun Parangloe ini kamu wajib melakukan perjalanan yang curam dan membuat peluh bercucur. Sesudah memarkirkan kendaraanmu, kamu harus jalan sepanjang lebih kurang 45 menit sampai 1 jam.

Trackking Air Terjun Parangloe

Saat yang dilakukan bergantung pada kemampuanmu sendiri. Di sejauh perjalanan kamu akan rasakan kesan jalan antara rimba belantara, dengan kondisi yang masih natural serta sepi.

Jalanannya juga berbatu dan masih berbentuk tanah, kamu harus lewat trackking yang naik dan berkelok-kelok. Kadang kamu akan mendapati sebuah pohon besar yang merintangi jalanmu.

Sesudah lama berjalan pada tengah rimba, kamu akan mendapati beberapa warung kecil yang menawarkan camilan. Disamping itu kamu akan mendapati beberapa gazebo atau saung yang penyelesaiannya belum usai. Hal itu karena peristiwa pilu yang menerpa Air Terjun Parangloe.

Tetapi rasa lelahmu akan menyusut karena didampingi oleh kealamian rimba yang kamu lalui, pengalaman itu tidak akan kerap kamu lewati.

Sesudah menuruni jalanan yang berbentuk tanah dan batu dengan pegangan yang seadanya, itu maknanya Air Terjun Parangloe telah makin dekat.

Kamu mulai akan dengar deru saluran air yang berguguran, dan tidak lama kemudian kamu akan menyaksikan bentangan tebing berbatu yang tinggi dengan saluran airnya yang menarik. Tersebut Air Terjun Parangloe yang kamu tunggu.

Baca juga : Taman Nasional Bantimurung, Teritori Karst Paling indah Ke 2 Di Dunia

Daya tarik Keelokan Air Terjun Parangloe

Air Terjun Parangloe mempunyai tinggi sekitaran 20 mtr., dengan wujud yang berundak-undak antara tebing batu yang cantik. Dan tercipta sekitar 3 saluran air dengan tinggi dan lebar yang berbeda.

Daya tarik Keelokan Air Terjun Parangloe

Panorama Air Terjun Parangloe seperti pada nirwana, keelokan saluran airnya yang berundak-undak dan bersih dihias tebing batu yang tinggi yang menarik.

Disekelilingnya ada kolam alami dengan kedalaman yang bermacam dan dihias taburan batu-batuan. Kondisinya yang masih alami, ada di tengah rimba yang teduh hingga mendatangkan situasi yang tenang dan udara yang paling sejuk.

Tidak dikenali tahun berapakah Air Terjun Parangloe dibuka akses jalannya oleh beberapa pengunjung tanpa setahu masyarakat sekitaran. Menyaksikan jumlahnya pengunjung yang tiba pada akhirnya masyarakat juga turut turun dan dalam perubahan tempat ini jadi tempat rekreasi.

Sekarang ini Air Terjun parangloe diatur dan dijaga oleh masyarakat di tempat, keinginan mereka hanya untuk jaga keelokan alam yang ada di sekitaran mereka. Karena mereka berpikir hal itu sebagai tanggung-jawab mereka.

Secara bersama mereka jaga dan melestarikan alam Air Terjun Parangloe, dan tidak pernah jemu memberitahu pengunjung mengenai beberapa hal yang jangan mereka kerjakan.

Baca juga : Goa Mampu di Bone, Legenda Kerajaan yang Disumpah Jadi Batu

Macam Rekreasi Air Terjun Parangloe

Nikmati keelokan Air Terjun Parangloe bisa kamu kerjakan secara bermain air di kolam yang dibolehkan. Namun tetap kamu selalu harus siaga dan berhati-hati.

Macam Rekreasi Air Terjun Parangloe

Atau bila kamu tidak ingin berbasahan, kamu dapat nikmati keelokan dan kesegaran airnya dengan sekedar duduk dalam suatu batu sambil masukkan kaki kamu ke air.

Rasakanlah segarnya Air Terjun Parangloe dengan memandang bentangan keelokan alam disekelilingnya.

Baca juga : Lembah Ramma, Lembah Eksotik di Kaki Gunung Bawakaraeng

Catatan Penting Saat Berkunjung Air Terjun Parangloe

Buat kamu yang hendak berkunjung Air Terjun Parangloe diharap selalu patuhi prosedur keselamatan yang selalu dikatakan oleh masyarakat sekitaran.

Catatan Penting Saat Berkunjung Air Terjun Parangloe

Seperti jauhilah berenang di kolam yang telah dipagari dengan pertanda seadanya, karena kolam itu benar-benar dalam dan banyak peristiwa yang kurang kenakan yang terjadi di kolam itu.

Hati-hatilah bila kamu dengar suara deru di atas air terjun, karena di lokasi itu serig terjadi air bah mendatang di saat musim hujan datang.

Selalu turuti anjuran dan saran yang dikatakan oleh masyarakat yang turut jaga Air Terjun Parangloe, kita tiba untuk nikmati keelokan yang Tuhan beri tidak untuk melawan alam.

Kejadian pilu yang sempat terjadi di lokasi Air Terjun Parangloe sebagai kehendak dari Yang Maha Kuasa, yang tidak dapat dielakkan. Tetapi kita bisa meminimalkan agar kejadian semacam itu tidak terjadi kembali.

Dibalik kejadian pilu itu, keelokan Air Terjun Parangloe masih dicari beberapa pelancong yang haus akan keelokan alam. Faktanya Air Terjun Parangloe tak pernah sepi didatangi beberapa pecinta alam.

Baca juga : Harland, Rekreasi Kebun Favorite di Kabupaten Gowa

Lokasi Dan Alamat Air Terjun Parangloe

Lokasi dan alamat Air Terjun Parangloe berada di Dusun Bori, Kecamatan Parangloe, Kabupaten Gowa, Propinsi Sulawesi Selatan.

Jalur Ke arah Air Terjun Parangloe

Jalur ke arah Air Terjun Parangloe bila kamu mengawali dari Makassar kamu akan tempuh perjalanan sekitaran 20 km. Dengan jalur Makassar ke arah Gowa selanjutnya melalui Malino lalu sampai juga di Bendungan Bili-Bili.

Jalur Ke arah Air Terjun Parangloe

Dari Malino sekitaran 200 mtr. kamu akan mendapati kantor kehutanan, dari sisi kantor Kehutanan ada jalan masuk. Jarak yang perlu dilalui dari kantor kehutanan ke arah Air Terjun Parangloe sekitaran 2 km kembali, dan bisa dilewati kendaraan motor walau jalannya berbatu.

Baca juga : Selainnya Nikmati Pantai, Ini 5 Aktivitas Hebat di Wakatobi

Ticket Masuk Air Terjun Parangloe

Untuk ticket masuk ke Air Terjun Parangloe kamu harus bayar Rp. 5.000,- per-orangnya. Kelak sesudah ingin dekati tempat Air Terjun Parangloe kamu akan diminta uang kebersihan sejumlah Rp. 3.000,- per-orangnya.

Jam Operasional Air Terjun Parangloe

Jam operasional Air Terjun parangloe sendiri dibuka tiap hari, dan tidak ada jam khusus yang disebut.

Jam Operasional Air Terjun Parangloe

Karena lokasi ke arah Air Terjun Parangloe ini memotong rimba dan masih alami, jadi dianjurkan untuk tidak begitu sore hingga pulangnya tidak kemalaman dijalan.

Sarana Air Terjun Parangloe

Kondisi Air Terjun masih alami, hingga untuk sarana yang ada masih seadanya. Disekitaran Air Terjun Parangloe ada banyak warung yang menawarkan minuman dan makanan.

Pemondokan Paling dekat Dengan Air Terjun Parangloe
Pemondokan Paling dekat Dengan Air Terjun Parangloe

Belum ada pemondokan paling dekat dengan Air Terjun Parangloe ini, karena masih natural serta sedikit mendapatkan perhatian dari Pemerintahan.

Baca juga : Goa Londa:: Tempat Wisata Makam di Tana Toraja

Panduan Rekreasi di Air Terjun Parangloe

Beberapa panduan rekreasi berikut menjadi deskripsi buat kamu yang merencanakan berkunjung Air Terjun Parangloe, salah satunya:

Panduan Rekreasi di Air Terjun Parangloe

* Tidak boleh tiba waktu hujan datang, karena disekitaran Air Terjun Parangloe umum terjadi air bah.

* Persiapkan keadaan kendaraan dan fisik kamu secara baik dan sempurna.

* Bawa stok minuman untuk perbekalan dalam perjalanan.

* Seharusnya memakai kendaraan motor.

* Tidak tiba terlampau sore untuk menahan kemalaman di saat pulang.

* Pakai alas kaki yang nyaman untuk digunakan trackking jalanan yang berbentuk tanah dan berbatu.

* Hati-hatilah saat nikmati kesegaran Air Terjun Parangloe.

* Turuti saran yang dikatakan oleh masyarakat sekitaran.

* Persiapkan handphone kamu untuk mendokumentasikan tiap keelokan Air Terjun Parangloe.

Tersebut yang perlu Anda kenali untuk berekreasi ke Air Terjun Parangloe di Goa. Bahagia traveling ya.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :