Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2021 | All Right Reserved

Home / Mancanegara / Air Terjun Niagara Wisata Amerika Dan Kanada Rute Lokasinya

Air Terjun Niagara Wisata Amerika Dan Kanada Rute Lokasinya

/

Menikmati Indahnya Air Terjun Niagara Yang Berada Di Lokasi Amerika Dan Kanada

Direktori Wisata – Membentang di Ontario lokasi perbatasan antara Kanada dengan Amerika Serikat, Air Terjun Niagara yang indah.

Namun, tetap menjadi air terjun yang keindahannya tidak tertandingi oleh air terjun lainnya yang terbentuk secara alami.

Air Terjun Niagara Wisata Amerika Dan Canada Rute Lokasinya

Air terjun yang terletak di sungai Niagara ini melintang sebagai pembatas antara kota New York Amerika Serikat dengan kota Ontario di Kanada.

Karena itu air terjun ini bisa dinikmati oleh kedua warga negara ini baik Kanada maupun Amerika Serikat. 

Walau termasuk air terjun yang tidak terlalu tinggi karena tingginya hanya berkisar kurang lebih 50 meter saja.

Tapi Niagara merupakan air terjun yang sangat lebar dan terkenal sebagai air terjun yang sangat deras dan sangat kuat karena bisa mengalirkan air sebesar 168.000 meter kubik air per menitnya,

Karena itu air terjun Niagara juga dijadikan sebagai sumber pembangkit listrik terbesar di Amerika Serikat.

Air Terjun Niagara Terbagi Dalam Tiga Bagian Besar

Air Terjun Niagara terbagi dalam tiga bagian besar dan masing-masing bagian memiliki namanya masing-masing.

Ketiga bagian air terjun ini terletak di area yang berbeda-beda namun masih dalam satu kesatuan Air Terjun Niagara. 

Bagian pertama dari air terjun ini dinamakan Horseshoe Falls karena bentuknya dikatakan seperti sepatu kuda dengan tinggi sekitar 57 meter dan lebar 790 meter dan terletak di batas negara Kanada.

Bagian kedua dari Air Terjun Niagara adalah dinamakan American Falls dengan tinggi antara 21 sampai 30 meter dan lebar sekitar 320 meter.

Dan dari seluruh bagiannya itu masuk ke dalam bagian negara Amerika Serikat dan terdapat pulau bernama Goat Island di areanya.

Bagian yang terakhir dinamakan Bridal Veil Falls dimana bagian ini juga termasuk berada dalam wilayah Amerika Serikat yang dipisahkan oleh kedua bagian air terjun lainnya oleh suatu pulau yang bernama Pulau Luna.

Sejarah Zaman Es Sungai Niagara dan Whirlpool Rapids

Sungai Niagara seperti seluruh Great Lakes Basin dimana sungai merupakan bagian integral merupakan warisan dari Zaman Es terakhir. 18.000 tahun yang lalu Ontario selatan ditutupi oleh lapisan es setebal 2-3 kilometer. 

Sejarah Air Terjun Niagara

Saat mereka maju ke selatan, lapisan es mencungkil cekungan Great Lakes. Kemudian saat mereka meleleh ke utara untuk terakhir kalinya, mereka melepaskan sejumlah besar air lelehan ke dalam cekungan ini. 

Air kita adalah “air fosil” kurang dari satu persen yang dapat diperbarui setiap tahun dan sisanya sisa dari lapisan es.

Semenanjung Niagara menjadi bebas dari es sekitar 12.500 tahun yang lalu. Saat es mundur ke utara, air lelehannya mulai mengalir ke bawah melalui apa yang menjadi Danau Erie, 

Sungai Niagara, dan Danau Ontario turun ke Sungai St. Lawrence dan akhirnya, turun ke laut. 

Baca juga : Air Terjun Watu Lumpang Wisata Pacet Mojokerto

Awalnya ada 5 spillways dari Danau Erie ke Danau Ontario. Akhirnya ini dikurangi menjadi satu, Air Terjun Niagara asli, di Queenston-Lewiston. Dari sini Air Terjun mulai mengalami erosi yang stabil melalui batuan dasar.

Namun sekitar 10.500 tahun yang lalu melalui interaksi efek geologis termasuk retret bolak-balik dan kemajuan kembali es dan rebound tanah ketika dilepaskan dari tekanan intens es (rebound isostatik) proses ini terputus. 

Air lelehan glasial dialihkan melalui Ontario utara melewati rute selatan. Selama 5.000 tahun berikutnya Danau Erie hanya tersisa setengah dari ukuran hari ini. 

Sungai Niagara berkurang menjadi sekitar 10% dari alirannya saat ini dan Air Terjun yang jauh berkurang terhenti di area Niagara Glen.

Sekitar 5.500 tahun yang lalu air lelehan sekali lagi dialihkan melalui Ontario selatan, memulihkan sungai dan Air Terjun ke kekuatan penuh mereka. Kemudian Air Terjun mencapai Pusaran Air.

Itu adalah pertemuan yang singkat dan penuh kekerasan dan momen geologis yang berlangsung hanya berminggu-minggu, bahkan mungkin hanya berhari-hari. 

Sungai Air Terjun Nagara

Saat ini, Air Terjun Sungai Niagara yang masih muda memotong dasar sungai tua dan yang telah dikubur dan disegel selama Zaman Es terakhir. 

Air Terjun berubah menjadi ngarai yang terkubur ini dan merobek puing-puing gletser yang mengisinya dan menjelajahi dasar sungai tua hingga bersih. Itu mungkin bukan air terjun sama sekali sekarang, tetapi arus deras yang besar. 

Ketika semuanya berakhir, ia meninggalkan belokan 90 derajat di sungai yang kita kenal sekarang sebagai Pusaran Air dan rangkaian gelombang berdiri terbesar di Amerika Utara yang kita kenal sekarang sebagai Pusaran Air.

Air Terjun kemudian terbentuk kembali di sekitar area Whirlpool Rapids Bridge di sebelah kanan kami dan kembali mengukir jalannya melalui batuan padat ke lokasinya saat ini.

Mengangkangi Perbatasan Internasional Kanada-Amerika Serikat dan keduanya di Provinsi Ontario dan Negara Bagian New York, Air Terjun Niagara menarik sekitar 12 Juta wisatawan ke keindahannya yang mengagumkan dan megah setiap tahun.

Baca juga : Jembatan Banpo (Banpo Brige), Ada Pelangi Ditengah Kota Seoul Korea

Niagara adalah sungai yang cukup muda dan hanya berusia 12.000 tahun, mikrodetik dalam waktu geologis. Tebing Niagara yang diciptakan oleh erosi jauh lebih tua. 

Gletser menekan tanah selama zaman es terakhir dan meletakkan lapisan sedimen kemudian proses erosi es dan air yang lambat memakan permukaan lereng curam.

Sungai besar terjun di atas tebing dolostone dan serpih. Air Terjun Niagara adalah air terjun terbesar kedua di dunia setelah Air Terjun Victoria di Afrika bagian selatan.

Menikmati Indahnyai Air Terjun Niagara Amerika Dan Canada

Seperlima dari semua air tawar di dunia terletak di empat Danau Besar Atas-Michigan, Huron, Superior dan Erie. Semua aliran keluar bermuara ke sungai Niagara dan akhirnya mengalir di atas Air Terjun.

Di dasar Air Terjun, air mengalir sejauh 15 mil melewati banyak ngarai hingga mencapai Great Lake-Ontario kelima. 

Tanah di antara danau tidak memiliki kemiringan yang rata, tetapi membentuk penurunan spektakuler yang tingginya kira-kira sama dengan bangunan 20 lantai dan ini dikenal sebagai “Tebing Niagara” dan dua miliar tahun yang lalu terkubur di bawah selimut es .

Seiring berlalunya waktu, proses erosi terjadi dan lima ‘ngarai’ yang berbeda terbentuk-Lewiston Brange Gorge, Old Narrow Gorge, Upper & Lower Great Gorges dan Whirlpool Narrow Gorge.

Sekitar 500 tahun yang lalu sungai mengalami hambatan yang menyebabkannya terbelah menjadi dua saluran, sehingga terbentuklah Pulau Kambing yang dinamai John Stedman yang kawanan kambingnya mati membeku di musim dingin tahun 1780. Ini adalah sedimen asli yang tersisa dari Danau Tonawanda yang lenyap (nama India).

Di bagian timur pulau, Air Terjun Amerika terbentuk dan Air Terjun Horseshoe berada di sisi barat di mana sudut sungai sekitar 90 derajat. 

Aliran air di sisi Amerika dari Air Terjun jauh kurang kuat karena Pulau Kambing sedangkan Air Terjun Horseshoe tidak memiliki halangan untuk mengalihkannya. 

Perlu dicatat bahwa ada air terjun ketiga yang jauh lebih sempit. Selama bertahun-tahun air terjun ini telah dipanggil pada waktu yang berbeda; Luna Falls, Iris Falls dan saat ini bernama Bridal Veil Falls.

Manusia belum mampu sepenuhnya mengendalikan aliran air di atas air terjun dan bahkan para insinyur modern telah mencobanya. Sebagian besar air saat ini dialirkan melalui saluran bawah tanah dan pipa ke pembangkit listrik tenaga air terdekat.

Volume air yang luar biasa tidak pernah berhenti mengalir. Air yang jatuh dan kabut menciptakan formasi es di sepanjang tepi air terjun dan sungai.

Hal ini dapat mengakibatkan gundukan es setebal lima puluh kaki. Jika musim dingin cukup lama, es akan benar-benar membentang di seberang sungai dan membentuk apa yang dikenal sebagai “jembatan es”. 

Jembatan es ini dapat memanjang beberapa mil menyusuri sungai hingga mencapai daerah yang dikenal sebagai jeram bawah.

Sampai tahun 1912 pengunjung diizinkan untuk berjalan keluar di jembatan es dan melihat Air Terjun dari bawah! 24 Februari 1888 surat kabar lokal melaporkan bahwa setidaknya 20.000 orang menonton atau naik kereta luncur di atas es. 

Shanties yang menjual minuman keras, foto dan keingintahuan berlimpah. Pada tanggal 4 Februari 1912 jembatan es putus dan tiga turis tewas.

Ada juga banyak “gunung es mini” yang mengalir di Sungai Niagara dari Danau Erie yang membeku. Aliran es telah berkurang secara signifikan dengan pemasangan tahunan “ledakan es” di Danau Erie. 

Ledakan es adalah rantai terapung panjang (2mil- 3,2 KM) pelampung baja yang digantung di seberang Sungai Niagara dari Buffalo New York ke Fort Erie Ontario. Itu ditetapkan selama bulan Desember dan dihapus selama bulan Maret atau April. 

Itu dikelola oleh New York State Power Authority. Ledakan es membantu mencegah es menyumbat sungai dan yang terpenting adalah asupan air perusahaan pembangkit listrik tenaga air.

Namun, aliran air terhenti total di kedua air terjun pada tanggal 29 Maret 1848 karena kemacetan es di hulu sungai selama beberapa jam. Ini adalah satu-satunya waktu yang diketahui telah terjadi. 

Air Terjun tidak benar-benar membeku, tetapi alirannya dihentikan ke titik di mana orang benar-benar berjalan keluar dan menemukan artefak dari dasar sungai.

Fakta Menarik Tentang Air Terjun Niagara

Aliran di atas Air Terjun Amerika dihentikan sepenuhnya selama beberapa bulan pada tahu 1969. Idenya adalah untuk menentukan kelayakan pemindahan sejumlah besar batuan lepas dari dasar air terjun untuk meningkatkan penampilannya. 

Fakta Menarik Air Terjun Niagara

Pada akhirnya keputusan akhir adalah bahwa biayanya akan terlalu besar. Kata “Niagara” berasal dari kata India Iroquois “Onguiaahra” yang berarti “selat”

Ada batas internasional antara Amerika Serikat dan Kanada. Sebelum penemuan film, wisatawan akan membuat sketsa gambar Air Terjun.

Aliran juga terhenti di kedua air terjun pada 29 Maret 1848 karena kemacetan es di hulu sungai. Film Niagara dan Superman difilmkan sebagian di Air Terjun.

Dalam lima belas tahun terakhir dua pemberani kehilangan nyawa mereka mencoba untuk menaklukkan air terjun Niagara yang berada di lokasi Amerika dan Canada.

Di malam hari lampu sorot yang intens memandikan air terjun dengan nuansa warna yang berbeda. Air Terjun membuat suara yang luar biasa saat air mengalir dan mendarat di dasarnya.

Dua puluh persen air tawar dunia terletak di Great Lakes dan sebagian besar mengalir di atas Air Terjun Niagara.

Kira-kira jutaan orang wisatawan baik dari mancanegara maupun wisatawan dari Kanada dan Amerika selalu memadati Air Terjun Niagara ini setiap harinya.

Ada banyak orang yang berpendapat jikalau Air Terjun ini lebih kelihatan cantik jika dilihat dari Kanada. 

Hal ini dikarenakan jika kita melihat dari sisi Kanada maka pada malam hari air terjunnya dihiasi dan disorot dengan lampu warna warni. 

Tempat wisata air terjun ini memang selalu dibuka dari pagi hari sampai malam hari. Selain keindahannya dan juga hiasan lampunya di malam hari.

Air Terjun Niagara juga seringkali dihiasi dengan munculnya pelangi yang semakin memperindah suasana di sekitar air terjun itu. 

Pada saat musim dingin lingkungan air terjun Niagara ini sering menyelenggarakan festival musim dingin. 

Pada acara festival tersebut maka di sekitar air terjun akan dihiasi lampu sorot berwarna warni dengan sinar yang spektakuler dan dilengkapi dengan variasi dan animasi warna yang beragam.

Rute Perjalanan Menuju Air Terjun Niagara

Disarankan Sahaabat Direktori Wisata yang hendak menuju Air Terjun Niagara bisa melakukan penerbangan ke Kanada ke kota Toronto.

Dimana jarak tempuh dari kota Toronto ke lokasi Niagara itu akan memakan waktu 2 jam jika menempuh jalur darat. 

Jika menggunakan jalur darat maka beberapa opsi transportasi yang bisa digunakan adalah dengan sewa mobil (biaya berkisar 100 dolar perhari) atau dengan menggunakan bus dengan biaya kira-kira 40 dolar untuk pulang pergi.

Bisa juga menggunakan kereta Api di Kanada untuk menuju Air Terjun Niagra yang indah.

Menurut kesaksian mereka yang menggunakan bus dari Toronto setelah menggunakan taxi dari hotel menuju terminal bus di Toronto lalu di terminal kita bisa menggunakan bus atau lebih disarankan untuk membelinya secara online terlebih dahulu.

Karena pada waktu libur pembelian tiket di termin bus nya langsung akan penuh dan bisa jadi kita kehabisan tiket untuk sampai di Niagara.

Perjalanan akan memakan waktu sekitar 2 jam dan akan berhenti di terminal Niagara Falls dimana sebenarnya jarak terminal ke lokasi Air Terjun Niagara masih cukup jauh.

Biasanya dari terminal tersebut akan ada shuttle bus yang secara rutin akan menjemput wisatawan yang turun di terminal menuju ke lokasi Air Terjun Niagara tersebut.

Demikianlah beberapa keunikan air terjun Niagara yang harus kamu tahu. Keunikan tersebut akan membuat kamu penasaran dan ingin datang melihat dengan mata kepala sendiri keunikan yang dimiliki oleh air terjun tersebut.[] 

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks :Ad Views :