Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2022 | All Right Reserved

Home / Lombok / Air Terjun Jeruk Manis, Liburan Alam Jerman Di Lereng Gunung Rinjani

Air Terjun Jeruk Manis, Liburan Alam Jerman Di Lereng Gunung Rinjani

/

Directory Liburan – Air Terjun Jeruk Manis yang ada pada Nusa Tenggara Barat. Posisi Air Terjun Jeruk Manis berada di lereng Gunung Rinjani. Suatu gunung legendaris di golongan penggemar alam.

Air Terjun Jeruk Manis, Liburan Alam Jerman Di Lereng Gunung Rinjani

Air Terjun Jeruk Manis jadi sisi harta karun yang mulai terungkap yang ada pada Rinjani. Harta karun itu selanjutnya dapat dicicip oleh beberapa orang.

Histori Air Terjun Jeruk Manis Nusa Tenggara Barat

Air Terjun Jeruk Manis pertamanya kali dijumpai di tahun 1983 oleh salah – seseorang penduduk seputar yang memiliki nama Bapak Muis.

Sesudah itu, awalilah kontinyu buat kontinyu Air Terjun Jeruk Manis dirapikan buat menjadi obyek wisata alam lereng Gunung Rinjani.

Penyusunannya benar-benar belum maksimum, seperti lajur lintasankingnya, dan variasi layanan dan fasilitas yang disuguhkan.

Walau begitu, nilai alami Air Terjun Jeruk Manis dapat memukau mata turis buat hadir ke posisi itu.

Akan tetapi sayang, buat orang yang sempat pernah bertandang ke obyek wisata Air Terjun Jeruk Manis sebelumnya gempa Lombok berlangsung, jadi di lajur lintasanking bakal ada begitu banyak monyet.

Diluar itu, di kolam terutamanya, banyak pengunjung dapat lakukan kegiatan mandi serta berenang. Akan tetapi saat ini masa gempa, komunitas monyet jadi menyusut.

Baca juga : Wisata Alam Gunung Rinjani Danau Segara Anak Lombok

Dan pekerjaan liburan berenang jadi tak ada, sebab kolam terutamanya sudah tak ada, remuk oleh longsoran tebing yang ada pada atas Air Terjun Jeruk Manis.

Bekasnya, masih sama. Hampir serupa keadaannya dengan sebelumnya gemmpa Lombok berlangsung.

Lintasanking Tuju Air Terjun Jeruk Manis

Pengunjung yang pengin hadir ke posisi liburan Air Terjun Jeruk Manis dapat memanfaatkan mobil ataupun motor. Situasi jalannya pun suda cukuplah baik.

Lintasanking Tuju Air Terjun Jeruk Manis

Kendaraan cuma dapat sampai di posisi parkir saja. Sebab buat hingga di posisi inti Air Terjun Jeruk Manis, banyak pengunjung mesti melakukan lintasanking.

Di gapura inti obyek wisata Air Terjun Jeruk Manis terdaftar Taman Nasional Gunung Rinjani. Sebab posisi lokasi itu selaku sisi dari Taman Nasional Gunung Rinjani.

Apabila posisi suatu posisi selaku Taman Nasional, jadi begitu terang kalau ekosistem yang ada pada lokasi itu begitu diprotek. Tidaklah mengherankan apabila sebelumnya gempa berlangsung, begitu banyak monyet yang “menegur” banyak pengunjung.

Lintasanking dari ruang parkir tuju Air Terjun Jeruk Manis lumayan jauh. Jaraknya seputar 1,5 km. Lajurnya telah terbuat, akan tetapi masih dibikin dari batu muka yang pasangi kansteen di pinggirannya.

Lajurnya cukuplah lebar, dan di sejauh perjalanan dipenuhinya oleh daun – daun yang bertumbangan dari pohon yang ada pada seputarnya.

Lintasanking tuju Air Terjun Jeruk Manis tidak sangat ekstrim. Serta yang apabila mujur, anda bakal bersua dengan sekawanan monyet yang bergantungan di atas pohon, atau ada dalam lajur lintasanking.

Lintasanking paling akhir yaitu menjajaki turunan, serta di titik itu, banyak pengunjung mesti berhati – hati sebab sedikt licin. Di titik itu pun, view Air Terjun Jeruk Manis bisa tampak.

Baca juga : Pesona Cahaya Tuhan Di Goa Prabu Bangkang Lombok Tengah

Tinggal sejenak kembali anda bakal hingga di posisi inti Air Terjun Jeruk Manis. Serta anda bakal lihat air terjun yang cukuplah tinggi, dengan view alam yang paling manis.

Daya pikat Kecantikan Air Terjun Jeruk Manis

Apabila anda hadir ke Lombok Timur, setelah itu ada penduduk di tempat yang membawa jalan – jalan ke Jerman, jadi anda tidak perlu kuatir mesti menyediakan prasyarat administratif ke luar negeri.

Sebab makna Jerman buat masyaarakat Lombok Timur yaitu kependekan kata dari Air Terjun Jeruk Manis. Menawan serta antik kan?

Jadi makna Jerman tidaklah suatu negara yang ada pada Eropa, akan tetapi suatu air terjun cantik yang bertempat di lereng Gunung Rinjani, ialah Air Terjun Jeruk Manis.

Air Terjun Jeruk Manis punya ketinggian 30 mtr.. Arus air yang turun tidaklah terlalu deras, akan tetapi airnya begitu jernih serta dingin.

Masa gempa, kolamnya saat ini sudah tak ada . Sehingga banyak pengunjung cuma dapat lakukan kegiatan liburan main air, atau mandi di bawah siraman air terjun, serta hunting poto.

Daya pikat alam seputar begitu elok, dimulai dari tebing batu yang tangguh, dan hijaunya lumut serta tumbuhan di seputar tebing, bertambah memperbanyak kondisi asri.

View di muka air terjun yaitu sungai yang dimonopoli oleh batu-batuan besar. Perjalanan terhebat ke obyek wisata Air Terjun Jeruk Manis salakan tak di pucuk musim penghujan.

Baca juga : Desa Wisata Budaya dan Sejarah Di Kabupaten Lombok Tengah

Rasakan kesan liburan alam Jerman di lereng Gunung Rinjani dengan 1 cangkir kopi hangat. Namun pengunjung mesti bawa perbekalan sendiri ya… Sebab di posisi inti, serta di sejauh lajur tak ada warung yang jualan.

Posisi Serta Alamat Air Terjun Jeruk Manis
Posisi Serta Alamat Air Terjun Jeruk Manis

Posisi Air Terjun Jeruk Manis ada dalam lereng Gunung Rinjani. Alamat Air Terjun Jeruk Manis ada dalam Kampung Kembang Kuning, Kecamatan Sikur, Kabupaten Lombok Timur, Propinsi Nusa tenggara Barat.

Trayek Tuju Air Terjun Jeruk Manis

Trayek buat hingga di obyek wisata Air Terjun Jeruk Manis mesti memanfaatkan kendaraan personal, atau penyewaan. Sebab dari sana belum siap angkutan publik.

Apabila perjalanan anda diawali pada Mataram, jadi jarak tempuhnya seputar 50 km. Serta waktu tempuhnya dapat sampai 2 jam perjalanan.

Arah pertama dari Mataram tuju wilayah Cakranegara. Setelah itu teruskan ke wilayah Narmada, serta Sedau. Sesudah itu, teruskan ke Eksg, Kopang, serta Sikur.

Baca juga : Wisata Air Terjun Sendang Gile Lombok

Seusai masuk wilayah Masbagik, jadi sesaat lagi anda bakal masuk ke Kampung Kembang Kuning tempat Air Terjun Jeruk Manis ada.

Dari posisi parkir, teruskan lewat cara lintasanking sepanjang 1,5 km.

Harga Ticket Masuk Air Terjun Jeruk Manis

Harga ticket masuk Air Terjun Jeruk Manis yaitu :

* Rp. 5.000 Weekday

* Rp. 7.500 Akhir minggu

* Rp. 1.000 Asuransi

Jam Operasional Air Terjun Jeruk Manis

* Jam operasional Air Terjun Jeruk Manis membuka dari waktu 07.00 s/d waktu 17.00.

* Air Terjun Jeruk Manis membuka dari Hari Senin S/d hari Minggu.

Pondokan

Tak ada pondokan di obyek wisata Air Terjun Jeruk Manis. Sebab posisinya dengan status Taman Nasional.

Tersebut berita komplet terkait Air Terjun Jeruk Manis alias Jerman di lereng Gunung Rinjani. Buat pengunjung yang hadir, terus turuti prosedur kesehatan, dan prosedur kemanan yang udah ditentukan oleh pemerintahan serta faksi pengurus.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :