Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Kuliner / Ah… Nasi Briyani Super Duper ?

Ah… Nasi Briyani Super Duper ?

Β Menikmati Nasi Briyani Super Duper

Direktori WisataΒ Nasi briyani super duper nama kuliner yang unik dan rasanyapun agak sedikit berbeda dari nasi briyani biasanya.

Saat mendengar nama kuliner nasi briyani yang satu ini membuat kami panasaran untuk menyambanginya. Rasa penasaran bercampur ingin tahu kami melihat dari dekat sampai mencobanya pun bagaikan magnet yang menarik kami untuk segera melahapnya.

Seporsi nasi briyani yang dilengkapi dengan siraman kuah kari dengan daging kambing tanpa tulang tersaji di hadapan kami. Sekilas menu nasi ini sama dengan nasi briyani biasa, namun setelah kami coba pada suapan pertama ternyata seperti kena petir di siang hari bolong. Rasa pedas yang bercampur bumbu kari kambing membuat kucuran keringat keluar dari pori-pori kami.

nasi-briyani

Walau daging kambingnya terasa empuk, namun rasa pedas yang meresap di dalam dagingnya pun luar biasa. Sudah kuah karinya pedas, di tambah bumbu yang terdapat dalam campuran nasinya pun sangat pedas.

Segelas air es sirup pun tidak mampu menguragi rasa pedas di bibir sampai di lidah. Entah berapa helai tisu yang kami ambil untuk membasuh keringat yang menetes di dahi kami untuk menghabiskan seporsi nasi briyani super duper ini.

Konon menurut informasi yang kami terima, nasi briyani ini sendiri berasal dari negara Timur Tengah. Dikenal di negeri Arab, Pakistan, dan India. Kuliner ini dibuat dengan bahan dasar beras yang sudah setangah matang, sebelumnya beras direbus terdahulu.

Dari kisah yang diutarakan rekan kami yang menyuguhkan nasi briyani super duper, menu ini awalnya diperkenalkan oleh para pedagang dan pelancong yang datang dari Paris, dari merekalah yang memperkenal cara memasak nasi briyani ini ke orang-orang Pakistan dan India. Dengan berjalannya waktu, menu kuliner ini sampai di negeri Parsi dan dikenal di beberapa negeri Timur Tengah lainnya seperti Iran, Afganistan, Irak, Sri Langka dan Bangladeh.

Lanjut informasi
Bahan-bahan untuk membuat nasi briyani ini pun sangat khas dan khusus, konon untuk membuat nasi briyani yang enak harus menggunakan beras dari India, dan bumbu campurannya pun harus dari India. Itu informasi yang kami dapatkan pada saat bertemu dengan teman-teman Direktori Indonesia yang bertugas di Singapura.

Terlepas dari kebenaran bahan dasar pembuatan nasi briyani yang enak tersebut di atas, bagi kami nasi briyani ini selain memiliki rasa rempah yang dihasilkannya pun sangat khas, ada rasa cengkeh, kayu manis, kapulaga, ketumbar, daun salam, bawang bombay, bawang putih, jahe dan aroma minyak saminnya pun sangat khas. Namun, untuk nasi briyani yang satu ini pedasnya cukup membuat keringat pada keluar semua.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

41 Comments

  1. Cocok buat Sarapan Pagi2 gini Kang Nasi Briyani nya hehehe… πŸ˜€

    • Waduh, kalau siang-siang saja saya berkeringat, gimana yang pagi hari Kang ? πŸ˜€

      • itu makanan cocoknya malam hari itu πŸ™‚

        • Kalau di sini tidak kenal mala atau siang mas, yang penting kalau mau aja πŸ˜€

        • dan harus bayar

        • Uangnya jangan yang besar kang, nanti tidak ada kembaliannya. πŸ˜€

        • saya siap menerima kembaliannya deh mas.hihihi

  2. kayanya enak juga ya mas, tapi masa berasnya harus dari india??emg ada perbedaan rasa beras ya mas?

    • Kalau yang saya pernah coba ada bedanya mas khusus di masakn nadi briyani paling enak dan cocok pakai beras yang dari India. Kalau beras kita enak untuk di makan dengan lauk lain, bukan di buat nasi briyani, itu sih kalau menurut informasi yang saya terima. Tapi kalau yang pernah saya coba sih memang benar mas. πŸ˜€

      • kalau beras kita cocoknya diolah jadi nasi kuning.hihih

        • wkwkwkwkwk….. tahu aja nih Kang Yanto. SUka makan nasi kuning ya Kang ? πŸ˜€

        • saya suka makannya doang mas.
          masaknya urusan mantan pacar(baca istri)

  3. nasi briyani asalnya dari timur tengah ya, tapi nasi ya, di indo ga ada ya, mas punya resepnya ga? hehe..

    • Kalau di Indonesia nasi briyani ini baru ada di beberapa restoran India atau Pakistan yang ada di sini Mba, Kalau masalah resep saya tidak mendapatkannya Mba πŸ˜€

      • pasti dirahasiakan tuh mas

        • Kalau nanti saya minta harus ikut kursus lagi mas untuk bikin nasi briyani. πŸ˜€

        • saya siap jadi juru cicip

  4. kok harus dari india ya, kenapa nggak dari indonesia aja. hhe

    • Mungkin agar nasi briyaninya pas kali Mba ? Informasi yang saya dapatkan, bukanya tidak bisa, tapi rasanya akan beda banget hasilnya, dan rasanyanya jadi berantakan, khususunya rasa di nasinya.

      • kayaknya perlu kursus dulu yamas biar rasanya selezat rasa asalnya

        • Benar mas, mana ada resep yang grtis itu di buka rahasianya sih….. πŸ˜€

  5. Kalau membaca ulasan kuliner memang bikin ngiler.
    Bikin laper.
    Apalagi kalo makanannya ada didepan sayah πŸ™‚

    • berharap gitu maksudnya?

      • Yuk ah makan bareng aja, tapi jangan berebut satu porsi nasi briyani bagi bertiga aja ya… πŸ˜€

        • saya nunggu aja kalau mas indra main kemalang lg

  6. saya dulu pernah bahkan sering merasakan nasi briyani ini mas.memang lezat banget.
    tp setahu saya ini masakan khas india loh ternyata dari timur tengah ya

    • Tadinya saya juga seperti itu mas, apalagi kalau pas ada yang naik haji atau umroh, mereka sering jalan-jalan di sana untuk menikmati nasi briyani yang enak benar tuh di sana.

      • memang rasa nggak pernah dapat dibandingin sama daerah asal yamas.
        seperti nasi pecel bila yg bikin orang eropa tentunya masih lezat yg asli jawa.eh emang dieropa ada nasi pecel gitu?
        *bingung*

        • Bisa aja ada mas, orang di Singapura aja ada nasi Padang ko, barang kali orang jawa yang di Eropa buka rumah makan yang jual nasi pecel ? jadi tidak mustahil juga sih…. πŸ˜€

  7. Aku kira pake daging ayam mas xixixi

    • Nasi briyani itu edentik dengan daging kambing Mba, kalau ayam hanya sebagai pengganti saja untuk kita yang tidak makan daging kambing. Biasanya sih yang mantang karena penyakit tertantu seperti darah tingg dan yang lainnya. πŸ˜€

  8. baru denger nasi briyani,hehe.kayaknya lumayan enak juga ya tuh nasi πŸ™‚

  9. melihat tampilan nasi briyani super sepertinya ngga mengundang selera deh, tapi justru biasanya yang tidak mengundang selera itu lah yang sesungguhnya luar biasa lezat…mereun

    • Awalnya juga seperti itu mang, tapi kalau sudah ngerasa baru deh tahu apa nikmatnya nasi briyani Super duper ini. πŸ˜€

    • kalau saya sih biasa aja…tapi yang tidak biasa melihat ampilannya dan mau mencicipinya…heeee

  10. malem-malem lihat makanan bkin laper nih mas,

    • Matanya di tutup mas, tapi jariya di buka dikit biar bau aroma nasi briyaninya tetap terhirup πŸ˜€

      • makanya cepat tidur…nanti mimpinya makan nasi briyani ya…lumayanlah bisa merasakannya walau hanya di dalam mimpi. hihiiiiii

  11. waaahhh melihat nasi briyani jadi laper lagi. padahal udah makan barusan kang….tapi memang kayaknya nikmat ya. apalagi kalau pedasnya terasa dan disantap saat malam dingin….pasti muaannnttaaabbbb tenan.

  12. Wahh… aromanya pasti membuat perut keroncongan kang πŸ˜€

    • Ga nahan kang, sama harumnya. πŸ˜€

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate Β»
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :